13 Aplikasi Pembersih RAM Ringan, Terbaik Ampuh HP Android

Aplikasi pembersih RAM– Random Access Memory atau RAM adalah suatu bentuk penyimpanan data yang terdapat pada perangkat (PC), termasuk juga perangkat Android. Masing-masing ponsel memiliki kapasitas RAM masing-masing.  Jika penyimpanan RAM mulai penuh biasanya akan mengganggu kinerja ponsel, umumnya ponsel menjadi lambat atau nge-lag. Untuk mengatasi RAM yang penuh adalah dengan membersihkan RAM menggunakan aplikasi pembersih RAM.

Sebenarnya RAM dapat dibersihkan secara manual tanpa menggunakan aplikasi. Namun, cara tersebut akan lebih rumit dan hasil pembersihannya pun kurang maksimal. Menggunakan aplikasi pembersih penyimpanan RAM akan membantu anda menghapus sampah atau cache yang memenuhi RAM secara lebih mudah dan otomatis. Berikut ini rekomendasi aplikasi pembersih RAM terbaik untuk Anda.

Aplikasi Pembersih RAM Terbaik

Sebenarnya banyak sekali program pembersih RAM yang tersedia di toko aplikasi seperti di Play Store. Selain cara kerjanya yang baik, pertimbangan lain dari pengguna adalah ukuran aplikasi yang ringan.

Berikut ini adalah ulasan beberapa aplikasi untuk membersihkan RAM yang tidak hanya bekerja dengan baik namun juga ukurannya ringan untuk ponsel Anda.

  1. Clean Master

aplikasi pembersih ram clean masterSalah satu aplikasi pembersih RAM yang paling populer adalah Clean Master. Aplikasi ini dapat membantu menghapus file sampah, cache, dan file sampah dari aplikasi yang sudah terhapus dengan mudah. Selain itu aplikasi ini tergolong cukup ringan dengan ukuran yang hanya sebesar 18 MB.

Clean Master juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang luar biasa dan sangat komplit. Selain fitur History Eraser untuk menghapus file residual, Clean Master juga memiliki fitur penghemat baterai hingga bertahan 1 hari, dan fitur keamanan saat menggunakan Wifi, bahkan ada antivirusnya juga.

  1. CC Cleaner

aplikasi pembersih ram cc cleanerCC Cleaner merupakan aplikasi yang juga berfungsi untuk membersihkan RAM. Cara kerjanya mirip dengan Clean Master yang dapat membersihkan sampah-sampah yang ada di RAM dengan mudah. CC Cleaner juga sangat ringan, hanya berukuran 15 MB. Tak kalah dengan Clean Master, Aplikasi buatan Piriform ini telah diunduh sebanyak 50 juta kali di Google Play Store.

Keunggulan CC Cleaner sebagai aplikasi pembersih RAM adalah terdapat fitur pengaturan jadwal pembersihan RAM berkala. Hal ini akan memudahkan anda karena proses pembersihan RAM pada smartphone bisa berjalan dengan otomatis. Sehingga anda tidak perlu repot lagi membersihkannya secara manual. Selain itu, dengan CC Cleaner Anda juga dapat melakukan uninstall terhadap aplikasi di ponsel.

  1. Power Clean

aplikasi pembersih ram power cleanerAplikasi untuk membersihkan RAM selanjutnya adalah Power Clean. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat ringan hanya 6 MB saja. Meski Power Clean hanya berukuran 6 MB saja, namun aplikasi ini memiliki fitur yang tidak bisa diragukan.

Keunggulan software ini adalah dapat meningkatkan daya dengan cara memberhentikan aplikasi yang menguras kinerja baterai secara otomatis. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengatur notifikasi seperti memblokir notifikasi saat tidak diinginkan sehingga tidak mengganggu pengguna saat mengoperasikan ponsel.

  1. Nox Cleaner

aplikasi pembersih ram nox cleanerAplikasi pembersih RAM selanjutnya adalah Nox Cleaner. Seperti halnya aplikasi sebelumnya, penggunaan Nox Cleaner sangat mudah hanya sekali klik sudah dapat menghapus file-file sampah dan cache yang memenuhi RAM. Fitur lain yang ada pada Nox Cleaner adalah Game booster dan Batery saver. Yang unik  dari Game booster adalah dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja ponsel agar kegiatan bermain game anda lancar dan tidak nge-lag.

  1. Speed Booster

Speed Booster memiliki ukuran yang sangat kecil hanya 2 MB sehingga cocok untuk ponsel dengan ukuran memori yang kecil. Walaupun ukurannya kecil, fitur yang ditawarkan speed bosster tidak kalah lengkap. Selain untuk meningkatkan kinerja RAM dengan RAM Booster dan Junk File Cleaner, terdapat pula fitur-fitur lain yang sangat berguna seperti CPU Cooler, Battery Booster, dan terdapat fitur tambahan lain pula. Sehingga smartphone kesayanganmu menjadi cepat layaknya baru beli.

  1. Super Cleaner

aplikasi pembersih ram supercleanSuper Cleaner adalah aplikasi pembersih RAM yang dikembangkan oleh Hawk App Studio. Selain sebagai Phone cleaner untuk membersihkan RAM dari file-file sampah, Super Cleaner juga berfungsi sebagai antivirus dan booster. Ukuran aplikasi Super Cleaner ini kurang lebih hanya 14 MB.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendinginkan suhu CPU ponsel. Selain itu terdapat fitur penghemat baterai yang bekerja dengan menghentikan aktivitas atau aplikasi yang tidak diperlukan sehingga performa ponsel dapat meningkat. Aplikasi juga dapat digunakan untuk membuat pengaman ponsel berupa PIN atau pola pada layar. Dapat dibilang super cleaner sangat lengkap dan luar biasa.

  1. DU Cleaner

aplikasi pembersih ram du cleanerAplikasi pembersih RAM selanjutnya adalah DU Cleaner yang dikembangkan oleh DU Security Lab. DU Security memiliki ukuran ringan yaitu 6 MB dan sudah diunduh sebanyak 1o juta kali di Playstore. Fungsi aplikasi adalah untuk membersihkan perangkat serta meningkatkan performa perangkat ponsel anda. Fitur DU Boost yang ada pada DU Cleaner dapat digunakan untuk mempercepat kinerja perangkat dan mengatasi ponsel lemot atau nge-lag.

  1. Clean Master Lite

aplikasi pembersih ram clean master liteClean Master juga memiliki versi Lite atau ringan dengan ukuran 5 MB saja. Versi ini cocok sekali jika digunakan untuk ponsel yang memorinya tidak memiliki terlalu banyak space kosong. Walaupun ukurannya lebih kecil, fungsi Clean Master Lite tidak jauh berbeda dengan versi yang biasa. Fungsi Clean Master Lite diantaranya adalah untuk menghapus file-file sampah, menghemat baterai, menambah kecepatan ponsel, serta antivirus.

  1. The Cleaner – Speed Up & Clean

aplikasi pembersih ram the cleanerThe Cleaner – Speed Up & Clean adalah aplikasi untuk membersihkan RAM yang dikembangkan oleh Liuidium Limited. Aplikasi ini ukurannya juga relatif kecil hanya 6 MB. Fungsi aplikasi ini sebagai cleaner yaitu untuk membersihkan sampah-sampah dan cache yang memenuhi RAM. The Cleaner juga menampilkan total sampah yang ada pada setiap aplikasi. Selain itu sebagai Speed up, The Cleaner juga berfungsi untuk mempercepat kinerja ponsel. Fitur ini dapat sangat membantu Anda saat bermain game misalnya.

  1. Avast Cleanup & Boost

aplikasi pembersih ram avast cleanupAvast mungkin sudah sering dikenal sebagai software antivirus untuk pengguna laptop. Ternyata Avast juga mengeluarkan aplikasi pembersih RAM sekaligus booster untuk perangkat Android yang bernama Avast Cleanup & Boost. Avast Cleanup & Boost dikembangkan oleh Avast Software memiliki ukuran 18 MB. Selain sebagai cleaner dan booster, aplikasi ini juga berfungsi sebagai antivirus. Fitur lain yang ada pada aplikasi ini adalah fitur pengunci layar yang bisa menjadi pengaman perangkat Android kamu menggunakan PIN atau pola.

  1. RAM Cleanup

aplikasi pembersih ram cleanerAplikasi selanjutnya adalah RAM Cleanup. Sesuai dengan namanya, RAM Cleanup bekerja untuk membersihkan junk dan cache pada RAM Android. Keunggulan aplikasi ini adalah pada ukurannya yang sangat kecil yaitu hanya 2 MB. Cara kerja aplikasi simple namun baik, selain itu terdapat fitur untuk menjadwalkan pembersihan RAM secara otomatis yang dapat memudahkan pengguna karena tidak perlu untuk selalu mengecek dan membersihkan sendiri.

  1. SD Maid

aplikasi pembersih ram sd maidAplikasi pembersih RAM selanjutnya adalah SD Maid. Ukurannya hanya 6 MB namun dapat bekerja dengan baik dalam membersihkan file-file sampah dan cache pada RAM Android secara otomatis. Keunggulan aplikasi ini adalah terdapat fitur yang dapat mengelola file ganda dengan menghapus salah satunya.

  1. AMC Cleaner

aplikasi pembersih ram amc cleanerAda lagi software pembersih RAM yang bernama AMC Cleaner. Aplikasi yang telah diunduh sebanyak 10 juta kali di google play store ini di kembangkan oleh iObit Mobile Secutiry. Fitur canggih yang ada pada AMC Cleaner yaitu dapat membersihkan dalam sekali sentuh, pembersihan ruang secara mendalam, game booster.Dengan fitur game booster, para gamers tidak perlu khawatir lagi akan lag dan hank.

Itulah rekomendasi beberapa aplikasi pembersih RAM yang dapat digunakan untuk membersihkan RAM dari junk dan cache agar ponsel dapat bekerja kembali dengan optimal. Pilihlah aplikasi yang memiliki fitur yang Anda butuhkan serta kualifikasi yang cocok dengan Android Anda.

Cara lain untuk meningkatkan kinerja ponsel anda bisa dengan Cara Root HP Android  dan bagi kamu yang ingin menjaga privasi kunci android yang aman dengan Cara Mengunci Aplikasi .Semoga bermanfaat!

 

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.