Penjelasan Makna dan Arti Hari Lahir (SuperLengkap)

Setiap manusia memiliki karakter dan kepribadian masing – masing, perbedaan ini oleh para orang jaman dahulu dilambangkan dengan berbagai hal seperti arti hari lahir pada manusia. Berikut akan admin ulas selengkapnya mengenai arti hari lahir maupun arti hari lahir menurut Islam Insyaallah. Namun kita harus ingat bahwa prediksi semacam ini jangan dibuat acuan untuk menilai seseorang yaaa !!!

Ilmu perhitungan  tentang watak manusia sudah ada sejak jaman dahulu hingga turun temurun. Kepercayaan ini kemudian ditulis didalam sebuah kitab yang kita kenal dengan istilah primbon.

Ilmu perhitungan watak  biasanya didasarkan pada Hitungan Weton Jawa .

Pada hakikatnya semua hari adalah baik dimata Allah SWT. Tidak ada hari istimewa kecuali yang disitimewakan Allah dan RasulNya. Tidak ada hari agung kecuali yang telah diagungkan oleh syariat Yang Mulia. Tidak ada hari spesial kecuali didalamnya kita penuhi dengan amal – amal kebajikan. Begitu juga dengan hari lahir, semua memiliki arti yang baik.

Arti Hari Lahir menurut Primbon dan Islam

Arti Hari Senin

Dalam Primbon

Bunga

bunga

Sumber : pixabay.com

Arti hari lahir pada hari senin dilambangkan dengan bunga. Bunga identik dengan keindahannya dan disukai banyak orang. Orang yang lahir hari senin cenderung mementingkan penampilan lahiriah. Selalu tampak rapi dan sempurna dimanapun dia berada. Tidak sedikit juga orang yang menyukainya. Selain itu lambang bunga memiliki sifat murah hati.

Kekurangan : terkadang membanggakan diri dan keras kepala

Dalam Islam

Si Rupawan

si rupawan

Sumber : pixabay.com

InsyaAllah mereka yang lahir pada hari senin memiliki ciri – ciri :

  1. Berwajah ceria
  2. Murah senyum
  3. Tingkah laku periang
  4. Memiliki rasa humor yang tinggi
  5. Suka tampil di depan umum dan memberikan sesuatu yang enak dilihat

Si rupawan ini memiliki daya tarik yang kuat dibanding orang – orang disekitarnya. Paras yang lebih bercahaya dan menonjol membuat lebih enak dipandang. Dia pandai menyimpan berbagai persoalan hati dan pikiran namun tetap tersenyum.

Karakter ini sangat pantas sebagai simbol hari pertama dalam memasuki masa periode baru setelah menjalani sepekan waktu yang lalu.

Arti Hari Selasa

Dalam Primbon

Api

api

Sumber : pexels.com

Hari selasa memiliki lambang api. Layaknya sifat api yang panas, orang yang lahir pada hari selasa mudah marah dan tersinggung karena hati yang sensitif. Jika dia sedang marah, selalu membesar – besarkan masalah. Dibalik itu, dia memiliki jiwa sosial amat tinggi. Gemar menolong orang lain tanpa membeda – bedakan. Orang ini juga sangat setia dan susah untuk jatuh cinta.

Dalam Islam

SI Kharisma

si kharisma

Sumber : hbr.org

InsyaAllah mereka yang lahir pada hari selasa memiliki ciri – ciri :

  1. Mempunyai kharisma
  2. Ada bakat sebagai pemimpin
  3. Percaya diri
  4. Bila laki-laki berpenampilan yang tegap
  5. Bila perempuan memancarkan keanggunan

Si kharisma ini sering disegani dan diakui keberadaannya. Penampilannya juga penuh dengan daya pikat. Mereka yang lahir pada hari selasa cenderung mengambil karir dibidang seni peran ( tampil di panggung). Penampilan yang mengesannkan membuat dia cocok menjadi public relation ataupun bisnismen/woman.

Arti Hari Rabu

Dalam Primbon

Daun

daun

Sumber : pexels.com

Arti hari rabu memiliki lambang daun. Mereka yang lahir dihari rabu diyakini memiliki sifat pendiam, tidak suka banyak bicara, berkepribadian yang tenang, mempunyai wibawa dan ramah tamah. Orang ini lebih suka bekerja daripada bicara yang tidak bermanfaat.

Sebenarnya dia orang yang sangat menyenangkan, jika kita mengenalnya secara dekat. Namun, dia mudah dipengaruhi lingkungan sekitar dan gampang percaya terhadap perkataan orang yang belum tentu benar. Tidak suka diperintah tapi sangat sayang pada keluarga.

Dalam Islam

Si Dermawan

si dermawan

Sumber : babycenter.com

InsyaAllah mereka yang lahir pada hari selasa memiliki ciri – ciri :

  1. Mempunyai rasa penuh kasih sayang
  2. Sosok yang memberikan kenyamanan ( Cinta)
  3. Rasa simpati dan empati yang tinggi
  4. Mudah merasa iba secara berlebihan

Si dermawan memiliki kegemaran memberi dan memberi. Mereka dipenuhi tabiat untuk selalu memberikan sesuatu pada orang lain yang dirasa membutuhkan. Terkadang rasa iba ini berlebihan dan kurang tepat sasaran.

Dampak negatifnya adalah membuat orang yang menerima pemberiannya menjadi tidak mandiri dan kadang menjadi bumerang. Karena hatinya didera oleh penderitaan orang lain, si dermawan mendapat julukan sebagai anak penuh kasih sayang.

Arti Hari Kamis

Dalam Primbon

Angin

angin

Sumber : Kompasiana.com

Hari kamis dilambangkan dengan angin. Seperti halnya angin  yang suka bergerak kesana kemari, orang yang lahir pada hari kamis merupakan orang yang tidak mudah menyerah. Semangat kerja yang tinggi, tekun, bersungguh – sungguh serta gigih berlatih. Namun dia tidak betah lama-lama di rumah.

Terkadang orang ini juga lupa diri akan masa lalu, banyak bicara dan curiga secara berlebihan. Sifatnya yang baik yaitu tidak pernah dendam.

Dalam Islam

Si Pekerja

si pekerja

Sumber : Radiobbr.co.za

InsyaAllah mereka yang lahir pada hari kamis memiliki ciri – ciri :

  1. Gemar bekerja, bekerja dan bekerja
  2. Tidak bisa diam
  3. Selalu Produktif

Si pekerja ini selalu ada saja kegiatannya, baginya bekerja seperti bernafas. Mereka akan melakukan pekerjaan semaksimal mungkin dengan penghayatan dan ketulusan. Mereka juga menikmati dan menghargai hasil kegiatannya sebagai sebuah karya.

Si anak kamis akan mengarahkan seluruh kemampuan dan kreatifitasnya, jika menemukan sebuah persoalan dalam pekerjaanya. Hal ini membuat mereka suka belajar dan belajar  untuk memaksimalkan karyanya.

Arti Hari Jumat

Dalam Primbon

Air

air

Sumber : pexels.com

Hari jumat melambangkan air. Air yang tenang, menyejukkan dan menghadirkan kesegaran, tetapi terkadang juga dapat luar biasa dahsyat bagaikan ombak laut. Orang yang lahir pada hari jumat lebih banyak diam , karena dia berprinsip lebih baik diam daripada berbicara yang tidak ada gunanya tapi suka bikin penasaran orang.

Memiliki wibawa yang tinggi, sehingga tak sedikit air ini lebih  terkenal dan dikagumi. Namun terkadang dia egois, keras kepala, suka membanggakan diri dan semua keinginannya harus dituruti.

Dalam Islam

Si Pemurung

si pemurung

Sumber : pixabay.com

InsyaAllah mereka yang lahir pada hari jumat memiliki ciri – ciri :

  1. Mudah merasa sedih
  2. Mudah bereperasaan dan sensitif
  3. Sering murung
  4. Sering menyendiri

Si pemurung ini sangat sulit untuk ceria. Hal ini terlihat dari penampilannya sehari – hari yang dapat kita jumpai. Mereka sering mempersoalkan , sesuatu yang kecil dan tak perlu dipikirkan.

Arti Hari Sabtu

Dalam Primbon

Bumi

bumi

Sumber : Unsplash.com

Orang yang lahir pada hari sabtu memiliki lambang bumi. Mereka memiliki fisik yang kuat, kokoh, tegar serta berpendirian kuat. Bercita-cita tinggi dan sangat murah hati. Dia juga gemar menolong orang dengan memberi apa yang dia punya.

Kekurangan si bumi ini ingin selalu menguasai atau memiliki apa yang dia inginkan, merasa benar sendiri, egois dan sombong. Namun dia tidak cepat putus asa dan selalu berusaha.

Dalam Islam

Si Pelancong

si pelancong

Sumber : pexels.com

InsyaAllah mereka yang lahir pada hari sabtu memiliki ciri-ciri :

  1. Suka petualangan
  2. Pemberani
  3. Ulet tak mudah menyerah dan lelah
  4. Mudah bergaul dan sportif

Si pelancong ini  selalu saja ada ide untuk hidup dalam gerak dan pergi melancong. Dia selalu ingin bertanya dengan berbagai hal baru dan jiwanya selau tertantang. Sangat mudah menerima orang apa adanya dan saat mengalami kegagalan dia hanya tersenyum.

Arti Hari Minggu

Dalam Primbon

Mega

gambar mega

Sumber : astronacci.com

Arti hari lahir minggu memiliki lambang sebagai mega. Mega adalah semesta alam raya yang terletak di langit yang luas bersama dengan awan. Orang yang lahir pada hari minggu biasanya mempunyai banyak  teman, pergaulannya luas. Selalu ramah dan menyenangkan pada setiap orang.

Kekurangannya, dia mudah berlarut dalam kesedihan dan segala kemauannya harus dituruti. Dia akan berusaha mendapatkan semua kemauannya dengan cara apapun.

Dalam Islam

Si Optimis

si optimis

Sumber : Insperity.com

InsyaAllah mereka yang lahir pada hari minggu memiliki ciri-ciri:

  1. Periang
  2. Optimis
  3. Selalu tampil bugar

Orang yang lahir pada hari minggu senantiasa tampak bugar dan ceria meskipun mengalami kegagalan. Mereka suka menikmati hidup dengan penuh harapan. Mereka layak mendapat julukan pribadi yang selalu ceria.

Demikian arti hari lahir berdasarkan primbon dan Islam dari orang terdahulu. Ketahui juga bagaimana dan penjelasan tentang Syarat Nikah dan  Urutan Bulan dalam Kalender Jawa dan Hijriyah.

Prediksi di atas jangan jadikan acuan yang mutlak untuk menilai sifat seseorang berdasarkan hari lahir. Kerpibadian atau karakter seseorang terbentuk dari lingkungan sekitar dimana dia tumbuh dan berkembang. Apa yang dia lalui dan lewati semasa kecil sangat berperan dalam membangun karakter. Sehingga kita harus lebih bijak lagi.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.