Penjelasan Arti Syafakillah dan Syafakallah serta Jawabannya

Arti syafakillah dan syafakallah. Dalam ajaran Islam, semua doa menggunakan bahasa Arab sehingga tidak heran penggunaan kalimat lain dalam aktivitas sehari-hari terkadang juga ikut menggunakan bahasa Arab meskipun bukan sebuah doa. Salah satu kalimat yang sering digunakan adalah syafakillah. Syafakillah atau syafakallah sering diucapkan oleh kaum muslim untuk orang yang sedang sakit.

Secara garis besar, arti syafakillah maupun syafakallah adalah mengharapkan kesembuhan orang lain. Sambil menjenguk kerabat Anda yang sakit, Anda bisa mendoakannya melalui kalimat ini .Syafakallah untuk laki-laki sementara syafakillah untuk perempuan. Penyampaian kalimat syafakillah maupun syafakallah ini yaitu ketika anda bertemu dan mengobrol langsung dengan orang yang sedang sakit.

Berbeda lagi dengan anda jika mendengarkan kabar seseorang yang sedang sakit dari mulut orang lain maka, kalimat yang harus anda ucapkan yakni syafahullah untuk laki-laki dan sayfahallah untuk perempuan.

Kalimat syafakillah dan syafakallah sangat sering digunakan. Namun ternyata tidak banyak yang mengetahui maknanya secara dalam. Selain itu, beberapa orang juga tidak tahu perbedaan syafakillah dengan syafakallah. Supaya keutamaan kalimat tersebut diperoleh, sangat baik untuk tahu apa arti syafakillah dan syafakallah yang benar dan bisa mengungkapkannya dengan sesuai.

Arti Syafakillah

arti syafakillah dan syafakallahSyafakillah adalah kalimat yang tidak asing lagi di telinga terutama kaum muslim. Penganut agama Islam tentunya pernah sekali atau malah sering mengucapkan kalimat ini. Jika Anda masih merasa asing dengan ungkapan syafakillah, tidak perlu cemas karena Anda bisa mengetahui arti, penulisan, sejarah, tujuan, jawaban, dan hal lain mengenai syafakillah dan syafakallah melalui uraian di bawah ini.

Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai kalimat syafakillah.

  1. Arti berdasarkan penulisan

Secara kalimat, arti syafakillah adalah semoga Allah menyembuhkanmu. Kalimat lain seperti syafakallah juga memiliki arti yang sama, bahkan hurufnya sama. Namun, tanda baca yang digunakan berbeda. Syafakillah menggunakan kaf dengan kasroh, sedangkan syafakallah menggunakan.kaf dengan fathah.

Sehingga, apa yang membedakan syafakillah dengan syafakallah? Penggunaan syafakillah yang tepat adalah ketika orang yang sakit perempuan. Hal ini berdasarkan huruf kaf yang diberi kasroh berarti kamu untuk perempuan.

Sedangkan syafakallah merupakan kalimat yang ditujukan untuk laki-laki dengan menggunakan kaf diiringi dengan fathah. Kalimat lain yang mungkin Anda temukan adalah syafakumullah. Kalimat tersebut ditujukan untuk sekelompok orang baik laki-laki maupun perempuan yang sedang sakit.

  1. Penulisan syafakillah dalam bahasa Arab

tulisan arab syafakillahDalam bahasa Arab dapat ditulis dengan شفاك الله. Dilihat dari kalimat tersebut, huruf yang ditulis adalah ش (syiin) dengan fathah, ف (fa) dengan fathah yang diikuti dengan alif mati, ك (kaf) dengan kasroh, kemudian dilanjutkan lafaz Allah. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, kasroh pada kaf membuat arti syafakillah ditujukan untuk orang perempuan secara khusus. Penulisan Arab harus benar supaya makna yang diinginkan tepat. Dengan tahu penulisan dan arti syafakillah, Anda bisa mengungkapkannya dengan sasaran yang benar.

  1. Sejarah pengucapan syafakillah

Sejak kapan kalimat syafakillah digunakan? Berdasarkan sejarahnya, Rasulullah telah menggunakan baik syafakillah maupun syafakallah untuk para sahabatnya yang sedang sakit. Arti syafakillah sepintas memang sederhana, tetapi ucapan tersebut memberikan makna bahwa Rasulullah peduli dengan kondisi kerabatnya.

Namun ditilik dari riwayatnya, kata syafakillah masih belum diketahui penggunaannya dalam doa yang dilantukan oleh Rasulullah. Syafakilah merupakan ungkapan sehari-hari dari satu orang ke orang lain.

Meskipun begitu, ungkapan syafakillah masih membawa doa untuk orang lain sehingga tidak dipermasalahkan untuk digunakan sehari-hari dan ditujukan untuk kerabat yang sakit. Sebagai umat muslim, sebaiknya kita juga meneladani Rasulullah dengan mengayomi kerabat yang sakit. Tidak lupa untuk terus mendoakan kerabat supaya sembuh. Dengan mengetahui arti syafakillah, ungkapan yang Anda berikan bisa lebih tulus.

  1. Tujuan pengucapan syafakillah

mengucapkan syafakillah pada orang sakitMengucapkan syafakillah dan syafakallah bertujuan utama mendoakan kerabat agar cepat sembuh.  Ungkapan syafakillah menunjukkan bahwa sesama muslim harus peduli ke kerabatnya dalam kondisi apapun. Selain itu, sesama muslim juga harus senantiasa mengharapkan yang terbaik untuk lainnya. Dengan tumbuhnya sikap peduli antar sesama muslim, tentunya persaudaraan akan tumbuh rekat dan tetap terjaga.

Umumnya orang sakit akan sulit untuk beraktivitas. Apabila bisa diusahakan, sebaiknya Anda juga membantu kerabat yang sedang sakit. Bantuan yang diberikan akan membuat kerabat Anda memiliki lebih banyak waktu untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Sesuai arti syafakillah, kesembuhan bisa diperoleh dengan optimal apabila tubuh benar-benar istirahat.

  1. Jawaban yang disampaikan ketika mendapatkan ucapan syafakillah

menjenguk orang sakitJika Anda adalah orang yang sakit dan menerima ucapan syafakillah dari kerabat, Anda harus mensyukuri hal tersebut. Memiliki orang lain yang peduli dengan Anda meskipun kondisi tidak sehat adalah suatu berkah tersendiri.

Ungkapkan kalimat terima kasih sebagai balasan dari kalimat syafakillah. Jawaban yang bisa diberikan bergantung dengan siapa yang mengucapkan kalimat ini kepada Anda. Penggolongan jawaban syafakillah dan syafakallah berdasarkan jenis kelamin orang yang mengucapkan.

Untuk ucapan dari seorang laki-laki bisa dibalas dengan jazakallah khairan yang memiliki arti semoga Allah membalas dengan banyak kebaikan. Apabila yang mengucapkan adalah sekelompok orang laki-laki, maka jawaban yang diberikan adalah jazakumullahu khairan. Arti dari kalimat tersebut sama dengan sebelumnya.

Apabila ucapan arti syafakillah diberikan oleh seorang perempuan, maka jawaban yang diberikan adalah jazakillahu khairan. Sedangkan ucapan yang diberikan oleh sekelompok perempuan, jawaban yang diberikan adalah jazakunallahu khairan. Kedua jawaban tersebut berarti semoga Allah membalas dengan banyak kebaikan.

Jawaban lain yang bisa diberikan untuk sekelompok orang yang mengucapkan ketika Anda sakit adalah jazakumullah khairan katsiran. Arti jawaban tersebut tidak berbeda dengan jawaban sebelumnya. Penggunaan jawaban ini bisa dilakukan ketika Anda tidak tahu siapa saja yang mengucapkan arti syafakillah karena kalimat ini ditujukan untuk umum.

  1. Adab ketika kerabat sakit

mengucapkan kalimat syafakillah dan syafakallahApabila kerabat Anda sakit, usahakan tidak hanya mengucapkan kalimat syafakillah maupun syafakallah saja. Adanya bantuan apapun itu akan dirasa sangat membantu dan dapat mengurangi beban kerabat Anda. Jika tidak bisa membantu, maka setidaknya Anda bisa menjenguk kerabat Anda.

Bahkan dalam Alquran dan hadits riwayat Muslim juga dijelaskan mengenai sikap untuk menjenguk kerabat yang sakit. Ketika menjenguk, Anda bisa membawakan makanan yang bisa membantu proses pemulihan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menemani dan mendengar keluh kesah supaya kerabat Anda lebih senang. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus memilih waktu menjenguk yang tepat. Jangan sampai mengganggu waktu istirahat kerabat Anda.

  1. Keutamaan menjenguk kerabat sakit

Peduli terhadap sesama dan mendoakan yang terbaik untuknya InsyaAllah akan mampu menghadirkan balasan yang terbaik. Keutamaan yang akan diperoleh ketika menjenguk kerabat sakit membawa banyak berkah.

Keutamaan tersebut antara lain mendapatkan pahala, didoakan oleh malaikat Allah, kelancaran urusan dunia, jaminan kebaikan Allah, mendapat kebun di surga, dan lain-lain. Melihat keutamaan yang sangat banyak, mulailah untuk peduli dengan sesama muslim atau kerabat Anda terutama ketika mereka sedang sakit.

 

Ungkapan syafakillah ditujukan untuk kerabat perempuan yang sedang sakit. Berdasarkan arti syafakillah, mengungkapkan kalimat tersebut menunjukkan bahwa Anda mengharapkan kesembuhan dari Allah untuk kerabat.

Jangan lupa untuk membantu kerabat yang sakit atau setidaknya mengunjungi untuk mengetahui kondisinya. Apabila Anda adalah orang yang sakit dan mendapatkan ucapan syafakillah, maka jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dengan balasan yang sesuai dengan orang yang mengucapkan syafakillah. Selain syafakillah, ada banyak informasi di alhadiibrahim.com yang bermanfaat dan berguna.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.