2 Materi Belajar Bahasa Inggris Dasar yang Wajib bagi Pemula

Diera globalisasi sekarang ini, bahasa Inggris telah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Hampir disemua bidang pekerjaan menuntut setiap orang untuk bisa memahami bahasa Inggris. Bagi anda yang merasa pemula tidak perlu takut akan bahasa Inggris. Ada banyak cara mudah belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa anda terapkan.

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula  yang tepat yakni belajar bahasa Inggris dasar. Belajar dan memahami bahasa Inggris dasar akan sangat memudahkan untuk pemula dalam mempelajari bentuk kalimat yang lebih kompleks. Dimulai dari mempelajari bentuk kata dasar, struktur kalimat, cara pelafalan serta cara penulisan.

Bila pemula telah menguasai materi-materi bahasa Inggris dasar tersebut,  maka akan lebih mudah untuk memahami materi selanjutnya. Lantas apa saja materi belajar bahasa Inggris dasar ?

Materi Bahasa Inggris Dasar

Berikut adalah materi belajar  bahasa Inggris dasar yang wajib pemula kuasai dan pahami :

Vocabulary

materi bahasa inggris vocabularyMateri bahasa Inggris dasar pertama yang wajib pemula pelajari yakni vocabulary. Vocabulary atau kosa kata sangat penting dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pemula. Mengapa ? Karena pemula akan lebih cepat berbicara maupun menulis dengan memiliki perbendaraan kosa kata yang cukup banyak.

Awali dengan mempelajari dan menghapal beberapa kosakata yang mudah dan sederhana  terlebih dahulu. Mulai dari nomor, hari, bulan, angka hingga kegiatan sehari-hari.  Selanjutnya pemula bisa  menghapalkan kosa kata berdasarkan tema-tema yang telah ditentukan terlebih dahulu.

Misal pada hari ini mempelajari vocabulary tentang school, dihari selanjutnya bisa menghapalkan dan mempelajari ke vocabulary mengenai class, dan seterusnya. Hal ini sebaiknya diterapkan secara berkala dan teratur, serta dapat dimulai dengan menghapalkan dan memahami kosakata yang ada di sekitar terlebih dahulu.

Grammar

Materi belajar bahasa Inggris untuk pemula selanjutnya yaitu Grammar. Grammar juga sangat wajib dan tidak kalah penting bagi pemula. Karena dengan mempelajari Grammar dapat mengembangkan kemampuan menulis dan berbicara dengan baik.

Berikut adalah materi Grammar yang wajib dipelajari bagi pemula :

  1. Tenses

Tenses merupakan materi Grammar yang bisa dikatakan memakan cukup lama untuk bisa menguasai semua bagiannya. Tenses sendiri memiliki 16 bagian dengan fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda.

Akan tetapi, anda jangan takut terlebih dahulu karena 16 tenses akan anda kuasai nanti bila anda telah benar-benar mahir bahasa Inggris.  Sementara bagi pemula, anda cukup mempelajari dan memahami 3 materi dasar Tenses yaitu Simple Presen, Simple Past Tense, dan Present Continuous Tense.

  • Simple Present Tense

simple present tenseSimple present tense merupakan suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan fakta, kebiasaan, maupun kejadian yang terjadi saat ini.  Tenses ini dapat dikatakan sebagai bentuk bahasa Inggris paling dasar dan paling sering digunakan.

Simple present tense dapat dirumuskan sebagai :

Subject + Verb 1

  • Present Countinuous Tense

present continous tensesPresent Continuous Tense adalah bentuk kata kerja yang menyatakan kejadian/kegiatan yang sedang berlangsung sekarang  (present) maupun rencana di masa depan (future).  Karena menyatakan kegiatan yang dilakukan sekarang, Present Continous Tense dibentuk dengan auxiliary verbbe”, yakni berupa is/am/are dan ditambah dengan present participle (ing)

Sehingga dapat dirumuskans sebagai :

Subject + To be + Verb 1 -Ing

  • Simple Past Tense

simple past tensesSementara Simple Past Tense adalah suatu bentuk kata kerja sederhana yang menunjukkan kejadian yang telah terjadi atau sudah berjalan. Seperti bentuk 2 tenses di atas, Simple Past juga sangat wajib anda kuasai sebagai pemula.

Simple Past Tense dibentuk dari verb-2 yang berupa kata kerja biasa atau verb ‘to be”.

Subject + Verb 2

  1. Kata Ganti (Pronounce)

kata ganti pronouncePronounce atau kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan sebuah kata benda (noun), baik berupa nama orang, hewan, benda maupun tempat. Selain itu tujuan dari pronoun yakni menyingkat kalimat agar lebih efektif dan mudah dipahami.

Bila anda akan menyusun kalimat dan tidak ingin menyebut kata benda tersebut secara berulang-ulang maka harus mengganti dengan pronounce.  Contohnya adalah :

She : menyatakan dia perempuan

He   : menyatakan dia laki-laki

It     : menyatakan kata ganti hewan, barang maupun tempat.

  1. Kata Bantu ( To be)

Sama halnya dengan kata ganti, kata bantu (to be) juga sering dan wajib digunakan ketika percakapan sehari-hari, menulis maupun presentasi bahasa Inggris. To be dalam bahasa Inggris mempunyai berbagai macam jenis seperti : Am, Is, dan Are.

To be ini berfungsi sebagai penghubung antara subjek dengan predikat. Namun dalam menghubungkannya pun ada aturannya sendiri.

Is  : digunakan jika subjek adalah orang ketiga tunggal. Seperti He, She, dan It

Am : digunakan untuk subjek yang mengacu pada orang pertama tunggal yang mana hanya ada satu yaitu I.

Are : digunakan untuk 2 jenis sudut pandang, antara lain subjek pada sudut pandang orang kedua dan subjek yang berbentuk jamak. Seperti : you, we, dan they.

Materi belajar bahasa Inggris dasar di atas merupakan sekilas penjelasan saja. Untuk meningkatkan kemampuan anda dalam belajar bahasa Inggris dasar, anda dapat mengimbangi dengan cara-cara lain seperti mendengarkan musik, menonton tv atau film yang berbahasa Inggris.

Bila anda sebagai pemula ingin benar-benar mahir berbahasa Inggris, jangan khawatir. Anda bisa bergabung dengan paket kampung inggris pare. Dengan sistem pengajaran yang canggih, nyaman dan mudah serta mentor yang telah profesional dan berpengalaman yang dijamin akan membuatmu menyukai bahkan menaklukan bahasa Inggris.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.