Cara Mudah Burning CD/DVD Tanpa Software( Windows 7, 8, 10)

Saat ini sudah banyak inovasi perangkat yang semakin memudahkan dalam proses penyimpanan data digital. Namun untuk berbagai kebutuhan, penyimpanan dengan cara burning CD pun masih digunakan karena memberikan kelebihan yang mungkin tidak dimiliki media penyimpanan lain. Berikut ini pemaparan cara burning cd yang mudah tanpa menggunakan software namun dengan fitur yang ada pada berbagai sistem operasi Windows 7, 8 maupun windows 10.

Burning CD/DVD ( Windows 7, 8 & 10)

burning cd dvdSedikit berbeda dengan media penyimpanan lain, ketika menyimpan data ke dalam media CD atau DVD, proses menyimpannya juga berbeda. Ketika menyimpan ke dalam media CD atau DVD, ada proses yang dinamakan dengan burning atau membakar. Inilah yang membedakan dengan proses penyimpanan lain.

Proses menyimpan data ke dalam CD atau DVD dengan cara burning bisa dilakukan dengan bantuan software atau aplikasi tambahan. Selain itu, pada beberapa jenis sistem operasi terbaru, menyimpan data dengan burning bisa juga dilakukan tanpa bantuan aplikasi atau software lain.

Membakar CD Data ini  menyimpan semua data ( berkas, folder, foto, video maupun dokumen) pada CD yang hanya bisa dilihat dan dibuka seperti media penyimpanan yang lain. Hal ini berbeda dengan membakar musik ke dalam CD untum bisa dimainkan secara otomatis.

Berikut ini adalah beberapa cara burning CD data yang bisa Anda terapkan.

1. Cara Burning CD Melalui Fitur ‘Burn to Disc’ dari Management File

Bagi Anda pemilik komputer atau laptop, sebelum melakukan proses burning data ke dalam CD atau DVD, pastikan komputer atau laptop Anda memiliki drive cakram  ( DVD- RW) di dalamnya. Drive cakram ini adalah tempat khusus DVD atau CD, baik untuk memutar ataupun melakukan burning.

Drive cakram ini pada umumnya  ada pada setiap PC komputer, yang mana biasanya berada di CPU nya. Sedangkan pada laptop, tidak semua memiliki drive cakram ini. Anda mungkin bisa juga menggunakan drive cakram eksternal jika laptop anda tidak memilikinya.

burning cd dan dvd mudah

berbagiinfo4u.com

Jika sudah, masukkan dulu kepingan CD atau DVD yang masih baru (kosong) ke dalam drive cakram tersebut. Ketika baru pertama kali dimasukkan, akan muncul kotak pemberitahuan untuk memproses CD atau DVD tersebut, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

burning cd dvd tanpa software

wikihow.com

burning cd dvd tanpa software aplikasi

Kemudian, klik pada lambang DVD yang ada di bagian kiri tray drive. Jika sudah akan ada pilihan yang ditampilkan. Isikan nama drive yang akan anda gunakan pada kolom ‘Disc Title’. Dan Klik pada pilihan ‘Like a USB Flash Drive’ agar DVD kosong anda bisa digunakan layaknya USB drive.

Jika langkah di atas sudah selesai, kini Anda sudah bisa memulai cara burning CD dari komputer atau laptop. Cara ini bisa diterapkan pada komputer berbasis Windows terutama Windows 7, 8 maupun 10. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Windows Explore dan Pilih Berkas yang Akan Diburn

burning cd dvd mudah windows 10Langkah pertama dari cara burning CD melalui fitur Management File ini adalah buka Windows Explore pada komputer Anda. Caranya bisa dengan klik pada ikon folder berwarna kuning pada tray di sebelah kiri layar.

Selain itu, Anda juga bisa membuka Windows Explore ini dengan Shortcut ‘ctrl+E’. Disana akan ada beberapa drive di dalam komputer Anda. Buka folder dimana yang menyimpan semua file yang akan anda bakar. Jika ada lebih dari 1 file yang akan dibakar, akan lebih baik jika file-file tersebut dijadikan satu dalam 1 folder.

  • Mulai Proses Burning

Jika sudah, Anda bisa memilih dan menyatukan file yang akan dibakar menjadi satu folder, langkah selanjutnya dari cara burning CD adalah memulai proses burning.

burning cd dvd mudah cepat windows 10

wikihow.com

Caranya, klik pada folder yang akan dibakar. Setelah Anda klik, di bagian atas akan ada beberapa menu seperti ‘Home’, ‘Share’ dan ‘View’. Pilih pada opsi meni ‘Share’. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

burning cd dvd windows 10

wikihow.com

Setelah Anda klik menu ‘Share’ ini akan muncul toolbar atau bilah alat dengan berbagai fungsi di bawahnya. Untuk membakar atau burning data ke dalam CD, pilih menu ‘Burn to Disc’ pada toolbar tersebut.

burning cd dvd windows 7, 10

wikihow.com

Jika sudah, berikutnya akan ditampilkan perintah untuk memulai proses burning dari jendela yang baru dibuka tersebut. Pilih pada tombol ‘Burn’ yang ada di dalam kotak.

burning cd dvd tanpa software finish

wikihow.com

Langkah terakhir dari cara burning CD ini adalah tinggal menunggu proses burning selesai. Ketika proses selesai akan ada pemberitahuan. Klik Finish. Maka, data burning Anda sudah selesai dan siap digunakan kembali.

2. Cara Burning CD dengan Klik Kanan > Send To

Selain menggunakan data management seperti yang dijelaskan di atas, Anda juga bisa menggunakan cara burning CD dengan cara ‘send to’ seperti halnya anda mengirim berkas ke USB atau melalui bluetooth. Cara ini juga sangat mudah dilakukan.

Sama seperti sebelumnya, langkah awalnya juga sama persis. Pastikan Anda sudah memproses DVD atau CD yang kosong ke dalam cakram drive dan setting agar DVD atau CD tersebut bisa terbaca. Untuk proses burning selanjutnya, berikut langkah-langkahnya.

  • Pilih File yang akan Dibakar atau Diburn

Sama seperti langkah ketika akan memindahkan atau menyalin data pada umumnya, cara burning CD yang pertama ini anda juga harus memilih file yang akan diburn terlebih dahulu. Jika ada lebih dari satu file yang akan diburn, akan lebih baik jika Anda pisahkan di dalam satu folder khusus.

  • Klik Kanan > Send to

bakar cd dvdLangkah selanjutnya, pada file yang akan diburn, klik kanan maka nanti akan muncul beragam menu ke samping. Pilih pada opsi ‘Send to’. Apabila ada lebih dari 1 file yang akan diburn, untuk memudahkan dan mengefektifkan waktu burning, sebaiknya  pilih semua file terlebih dahulu.

Blok semua file yang akan diburn, lalu langkah selanjutnya juga sama, klik kanan > send to. Lakukan sampai tahapnya sesuai seperti yang ada pada gambar berikut ini.

Setelah itu, akan muncul pilihan menu lagi ke samping. Pilihan-pilihan ini adalah tujuan drive kemana Anda akan mengirimkan file tersebut. Pilih pada opsi di bagian paling bawah bertuliskan ‘DVD RW Drive (F)’.

bakar cd dvd tanpa softwareApabila Anda sudah melaksanakan langkah tersebut, secara otomatis akan ditampilkan jendela ‘How do you want to use this disc?’. Pada jendela ini akan ada 2 pilihan penggunaan disc beserta kolom untuk menuliskan judul disc.

Tulis  judul disc yang anda inginkan, lalu pilih pada pilihan kedua bertuliskan ‘With a CD/DVD Player‘. Kemudian klik Next.

  • File Disalin ke CDRoom dan Mulai Proses Burning

Berbeda dengan cara burning CD sebelumnya, di dalam cara ini, ketika sudah menjalankan langkah kedua di atas, file yang akan diburn akan dipindahkan ke dalam CDRoom yang secara otomatis terbuka di jendela baru.

bakar cd dvd mudah finishJika sudah, pada jendela baru tersebut akan terdapat tulisan ‘Files Ready to be Written to The Disc’ yang artinya file anda sudah siap untuk dibakar. Pada langkah ini anda sudah bisa memulai proses burning.

Cara burning CD dari sini sudah mudah. Anda tinggal klik menu ‘Manage’ pada toolbar di bagian atas tampilan layar. Setelah Anda klik menu ini, akan muncul beberapa pilihan di bawahnya. Klik pada opsi ‘Finish Burning’.

Selanjutnya akan ditampillan jendela untuk memulai proses burning. Di jendela ini juga ada kolom untuk memberi judul atau nama pada disc Anda. Isikan sesuai kebutuhan Anda. Klik Next.

Tahap terakhir dari cara burning CD ini adalah menunggu hingga proses burning selesai. Setelah selesai, file yang diburn akan ditampilkan dan file yang ada di dalamnya bisa Anda gunakan namun tidak bisa diedit atau dihapus.

Demikian cara burning CD dengan berbagai metode dan langkah yang mudah. Cara-cara di atas tergolong mudah karena tidak membutuhkan software tambahan dan hanya menggunakan fitur yang sudah ada di dalam komputer. Selain informasi di atas, berikut tips dan cara  Partisi Harddisk dan Root HP Android untuk managemen data yang baik pada PC maupun mobile.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.