Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus & Berbagai Contoh Kreasi

Bagi kalian yang ingin membuat bingkai foto, di sini kami akan berbagi setiap langkah dan cara membuat bingkai foto dari kardus dengan jelas dan mudah di pahami. Dengan bahan kardus yang murah dan mudah diperoleh, kamu sudah bisa mengkreasikan sebuah bingkai foto dengan semua idemu. Selain itu, ada juga berbagai contoh kreasi bingkai foto dari kardus yang dapat kamu jadikan inspirasi.

Selain itu bingkai foto ini sendiri, cukup awet dan tahan lama jika kamu menyimpannya dengan benar. Langsung saja, simak langkah-langkah dan cara membuat bingkai foto dari kardus dengan mudah berikut ini :

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

bahan cara membuat bingkai foto dari kardus

busy.org

Langkah pertama yang kalian kerjakan adalah menyiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan untuk membuat bingkai foto. Alat dan bahannya antara lain :

  • Kardus
  • Pensil dan Spidol Warna
  • Gunting atau Pisau Cutter
  • Lem
  • Penggaris
  • Kertas Kado / Kertas Warna
  • Tali / Benang

Siapkan kardus yang menjadi bahan dasar bingkai, bisa juga menggunakan kardus bekas maupun kardus baru. Semakin tebal kardus, maka bingkai foto juga semakin kokoh. Untuk membuat bingkai foto yang besar, maka kalian perlu menggunakan kardus bekas mie instan atau peralatan elektronik.

Namun jika ingin membuat dengan ukuran kecil, maka pilihkan kardus bekas susu, sereal, kue, atau kardus berukuran kecil lainnya.

Pastikan gunting atau pisau cutter yang cukup tajam untuk menggunting, agar kardus dapat terpotong dengan baik. Untuk menjadikan bingkai foto berwarna dan unik, jangan lupa sediakan lem, kertas warna dan benang.

  1. Potong Kardus

langkah membuat bingkai foto dari kardus

busy.org/@marlinahamid

Langkah selanjutnya setelah semua bahan telah lengkap adalah menggunting kardus.

  • Gunting bagian yang ingin dibuat sebagai bingkai foto agar terpisah dari kardus.
  • Buat dua potongan kardus sebagai bagian depan dan bagian belakang bingkai foto.
  • Pastikan ukuran kardus yang kamu potong memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran foto yang akan kamu bingkai.
  • Terakhir rapikan setiap sisi dan sudut pada kardus bingkai agar terlihat menarik.

Untuk ukuran bingkai, kamu dapat menyesuaikan dengan ukuran foto yang akan kamu pajang. Dan tentukan berapa lebar bingkai yang kamu inginkan.

langkah langkah membuat bingkai foto dari kardus

busy.org/@marlinahamid

Misalnya kamu ingin memasang foto dengan ukuran 4 x 6 dan ingin mempunyai lebar bingkai 2 inchi, maka kamu harus memotong kardus menjadi kotak dengan ukuran 6 x 8. Jka ukuran 2 inci di rasa terlalu besar atau kecil, maka kamu dapat menyesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan dan imajinasimu.

Untuk bentuk bingkai bisa bermacam-macam, jika tidak menyukai dengan bentuk persegi , silahkan potong kardusnya menjadi bulat, segitiga atau bentuk lainnya.

  1. Berikan Lubang untuk Foto

cara mudah membuat bingkai foto dari kardus

youtube.com

Sekarang giiran kamu untuk memotong salah satu dari dua kardus. Potong bagian tengah kardus tersebut dengan memberikan lubang yang digunakan sebagai tempat foto yang akan kamu pajang. Caranya sangat mudah, jika ukuran fotomu 4 x 6 inci, maka kamu juga harus potong dengan ukuran tersebut.

Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, kamu bisa dengan menempelkan foto tepat di tengah-tengah kardus, kemudian berikan tanda dengan penggaris untuk dipotong. Namun sebaiknya kamu memotong kardus kurang dari ukuran foto agar nantinya untuk menghindari jarak antara foto dengan bingkai.

  1. Membuat Garis dalam Bingkai

cara cepat membuat bingkai foto dari kardusGaris di dalam bingkai ini optional, bisa kalian buat juga tidak. Garis di dalam bingkai biasa disebut dengan inner liner, sementara tujuannya ialah memperindah tampilan bingkai seperti double frame.

langkah mudah membuat bingkai foto dari kardusUntuk membuatnya, kamu cukup membutuhkan selembar kertas yang cukup tebal berwarna putih atau hitam. Potong kertas tersebut seukuran bingkai yang sudah kamu buat. Langkah terakhir buatlah lubang yang ukurannya lebih kecil dari bingkai awal.

  1. Hiasi Bingkai Foto

membuat bingkai foto dari kardusSekarang kita masuk ke dalam tahap dekorasi. Pada tahap ini kamu bebas mengekspresikan semua ide yang kamu inginkan.

  • Berikan hiasan dengan memberikan sekeliling bingkai dengan warna-warna tertentu atau pola agar terlihat elegan.
  • Kamu bisa menggunakan kertas kado atau kertas warna yang sesuai dengan warna dan motif yang semenarik mungkin. Caranya cukup merekatkan kartas kado pada bingkai dan cover bagian belakang. Lakukan perlahan-lahan dan hati-hati agar hasilnya rapi.
  • Selain itu untuk mempercantik bingkai, kamu bisa menambahkan beberapa hiasan lain, seperti pita, manik-manik, benang dan sejenisnya.

membuat bingkai foto dari kardus mudahBuatlah seindah dan seunik mungkin untuk mendapatkan hasil yang mengagumkan.

Lem bisa merekatkan hiasan pada bingkai secara permanen dan lebih kuat. Namun jika kamu suatu saat nanti ingin mengganti hiasannya, silahkan gunakan double tape. Double tape lebih mudah untuk dilepas namun tidak merusak bahan yang ditempelinya.

frame kardus

  1. Buat Cover Belakang Bingkai

membuat bingkai foto dari kardus mudah cepatSetelah kreasi pada bingkai atau frame bagian depan sudah selesai, kini kamu bisa menggabungkan semua bingkai dan hiasannya. Pastikan bingkai bagian belakang yang sudah kamu potong memiliki ukuran yang sama dengan bingkai depan.

Gabungkan semua elemen dengan hati-hati :

  • Berikan lem di setiap sudut bingkai dan rekatkan semua bagian mulai dari foto, inner liner dan bingkai luar.
  • Untuk menjadikan hasil kreasi bingkai lebih awet dan tahan lama, kamu bisa menambahkan pelindung berupa plastik bening di atas foto.
  • Jadi kalau diurutkan mulai dari atas, yaitu pertama bingkai luar, kedua inner liner, plastik bening, baru foto dan bingkai bagian belakang.
  1. Buat Penyangga

penyangga bingkai foto dari kardusLangkah terakhir adalah membuat penyangga agar bingkai dapat berdiri dan kamu pajang di tempat yang kamu inginkan.

  • Cari kardus atau karton dengan ukuran yang cukup tebal dan kuat untuk menyangga bingkai foto yang sudah kamu buat.
  • Potong kardus dengan bentuk seperti dasi.
  • Pastikan panjangnya penyangga sesuai dengan tinggi bingkai foto.
  • Tempelkan penyangga tersebut ke cover belakang dari bingkai foto.

cara membuat bingkai foto dari kardus

Jadilah kreasimu membuat bingkai foto dari kardus. Gampang kan cara membuat bingkai foto dari kardus ini??

Contoh Kreasi Bingkai Foto dari Kardus

Berikut beberapa contoh kreasi bingkai foto kardus yang bisa kamu jadikan referensi.

contoh bingkai foto dari kardus

brilio.net

Bingkai foto di atas sangat unik dan kreatif, menonjolkan dekorasi dengan bermacam aneka pernak-pernik dari beberapa ornamen. Ada batu, bunga, mainan, pita dan sebagainya. Untuk membuat bingkai foto di atas agak sedikit rumit, karena dibutuhkan penyangga yang cukup kuat untuk hiasan yang banyak tersebut.

contoh bingkai foto dari kardus 2

Simple bukan berarti tidak menarik. Hanya dengan manik-manik pita di dua sudut dengan satu warna, namun tetap memberikan kesan elegan dan rapi. Kamu juga bisa membuat bingkai dengan lebih indah, jika kamu benar-benar menggunakan kreatifitasmu.

contoh bingkai foto dari kardus unik

Bingkai foto yang satu ini juga patut untuk kamu jadikan referensi. Dengan manik-manik kumpulan bunga yang menjalar indah ini sangat cocok untuk kamu pasang poto apapun.

Demikianlah pembahasan bagaimana kardus bekas dapat dimanfaatkan menjadi sebuah bingkai foto yang unik dan dapat kalian kreasikan sebebasnya. Selain kardus, ada banyak sekali bahan yang juga bisa menghasilkan produk-produk bernilai jual tinggi seperti Produk Kerajinan dari sabun, bambu menjadi Produk Unik Kerajinan dari Bambu .

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.