Ragam

Cara Membuat Gelembung Sabun Tidak Mudah Pecah

Cara membuat gelembung sabun –  Gelembung atau balon sabun menjadi salah satu permainan favorit anak kecil, baik dari bangku TK hingga SD....

Written by dawan setiawan · 3 min read >
cara membuat gelembung sabun banyak dan besar

Cara membuat gelembung sabun –  Gelembung atau balon sabun menjadi salah satu permainan favorit anak kecil, baik dari bangku TK hingga SD. Permainan yang berbentuk bulat dan dapat melayang-layang di udara ini sangat menyenangkan. Untuk itu, anda wajib mencoba membuat permainan ini sendiri di rumah untuk kesayangan anda. Berikut adalah cara membuat gelembung atau balon sabun yang banyak.

Cara Membuat Gelembung Sabun Besar dan Banyak

Gelembung atau balon sabun merupakan permainan berupa suatu cairan yang berasal dari air dan sabun. Untuk membuat gelembung sabun ini cukup mudah, karena menggunakan beberapa bahan dan peralatan yang dapat anda temukan di mana saja.

Namun, untuk membuat gelembung sabun ini tampak lebih besar dan menjadi banyak serta tahan lama di udara (tidak mudah pecah) dibutuhkan bahan gliserin. Untuk bahan gliserin ini dapat anda temukan di sebagian besar apotek anda. Bila anda tidak mendapatkan bahan gliserin ini, anda masih bisa menggunakan bahan alami seperti bunga sepatu .

cara membuat gelembung sabun aman
id.wikihow

Alat dan Bahan :

  1. Sabun jenis apapun 50ml100 ml ( sabun colek, deterjen pencuci piring). Sebaiknya hindari penggunaan produk deterjen yang kurang aman bagi anak-anak.
  2. Air Bersih sekitar 1 liter
  3. Tepung kanji atau tapioka (opsional) kurang lebih sekitar 50 ml.
  4. Campuran bisa menggunakan salah satu atau juga campuran
  • Satu sendok makan glycerin atau gula
  • 7 – 10 kuntum bunga sepatu

Untuk perbandingan kira kira seperti berikut : 90% air, 5% sabun atau detergen dan 3%  campuran (gula/garam dan gliceryn).

Langkah membuat gelembung sabun yang besar

  1. Persiapkan sabun atau detergen

Persiapkan detergen yang akan anda gunakan untuk membuat gelembung sabun. Agar gelembung ini aman dimainkan anak-anak, sangat disarankan untuk menggunakan jenis detergen atau  sabun yang alami. Hindari penggunaan detergen komersial yang kurang aman dan dapat menyebabkan iritasi bagi anak – anak.

  1. Campurkan sabun dan air

Larutkan sabun yang telah anda siapkan dengan air di dalam sebuah wadah.  Aduklah hingga sedikit berbusa.  Dalam mengaduk larutan ini harus secara pelan dengan gerakan memutar satu arah. Bila mengaduk dengan terlalu kuat, maka akan menghasilkan larutan dengan busa yang terlalu banyak sehingga akan kesulitan dalam menggunkannya.

  1. Tambahkan Campuran

langkah membuat gelembung sabun

Kemudian adalah proses penambahan beberapa campuran ke larutan tadi.  Sebenarnya anda dapat memberikan gula atau garam pada larutan. Namun gula tidak mampu membuat gelembung sabun lebih kuat, lebih tebal dan banyak serta besar dari gelembung sabun biasa.

Untuk itu tambahkan glycerin ke dalam larutan air dan sabun. Masukkan tepung tapioka ke dalam air dan aduk secara perlahan.

“ingat dalam memasukkan bahan-bahan di atas harus hat-hati dan perlahan agar tidak menghasilkan banyak buih”.

Gelembung telah jadi dan diamkan campuran beberapa saat serta tutup wadah.

Cara membuat gelembung sabun dengan campuran bunga sepatu

bunga sepatu untuk gelembung sabun

Apabila anda kesulitan dalam menemukan glycerin, anda dapat memanfaatkan bunga sepatu yang ada. Zat yang dihasilkan dari bunga sepatu juga mampu membuat gelembung sabun menjadi lebih besar, banyak dan kuat.

Langkah-langkah :

  • Siapkan 7 – 10 kuntum bunga sepatu. ( anda dapat mengambil bunga sepatu yang telah jatuh di bawah, karena yang sudah layu juga cukup bagus.
  • Buang bagian yang berwarna hijau
  • Gunakan cobek atau ulekan, kemudian giling bunga sepatu hingga menjadi halus. Berikan aie secukupnya hingga menyerupai pasta.
  • Campurkan lendir halusan bunga sepatu ke dalam larutan air dan sabun
  • Aduk perlahan hingga rata
  • Diamkan beberapa saat

Wadah Gelembung Sabun

Gelembung telah jadi, maka selanjutnya ialah membuat wadah yang tepat untuk larutan gelembung sabun anda.

Siapkan wadah dengan bentuk sesuai selera, namun alangkah baiknya bila wadah larutan gelembung ini berbentuk tabung kecil. Sehingga akan lebih mudah bagi anak-anak untuk membawanya dan dapat menjangkau bagian bawah dari gelembung.

Wadah yang memiliki bentuk selain tabung, cenderung menyulitkan anak-anak dalam menjangkau bagian terbawah dari wadah. Pastikan wadah telah memiliki tutup, agar tidak mudah tumpah dan lebih aman.

Cara Membuat Alat Peniup Gelembung Sabun

cara membuat alat peniup gelembung sabun

Sebenarnya anda dapat membeli alat ini di toko, namun sebagian besar material yang memiliki lubang dapat dimanfaatkan sebagai alat peniup gelembung sabun. Anda dapat membuat alat peniup gelembung sabun dari bahan apapun, baik itu kawat, kayu maupun plastik.

Perhatikan di sekeliling rumah anda untuk menemukan bahan yang mungkin dapat dibengkokkan atatu dibentuk menjadi sebuah alat peniup gelombang sabun.

  • Kawat, merupakan bahan yang paling gampang untuk dijadikan alat peniup gelombang sabun. Cukup dengan membengkokkan menggunakan tangan kosong, dan bentuklah menjadi sebuan lingkaran dengan diameter yang cukup. Lilitkan ujung lingkaran ke batang sehingga terbentuk tangkai dan gelembung yang terlepas tidak akan pecah saat terlepas dari kawat.
  • Plastik, sedotan plastik dapat digunakan menjadi alat peniup gelombang sabun. Bengkokkan sedotan hingga membentuk lingkaran dan sesuaikan diameternya. Ikat bagian ujung lingkaran dengan menggunakan pita perekat (selotip) agar membentuk tangkai.

Tips Memainkan Gelembung Sabun

tips memainkan gelembung sabubn

  • Saat meniup gelombang sabun, pergilah keluar ruangan. Gelembung sabun akan tampak lebih indah saat terkena sinar matahari melalui pusaran warna-warna gelembung.
  • Celupkan alat peniup yang telah anda buat ke dalam larutan gelembung sabun. Angkat dan posisikan lingkaran tangkai peniup tepat di depan mulut anda, dan mulailah meniup secara perlahan. Saksikan cantiknya gelembung-gelembung keluar dari lingkaran dan melayang di udara dengan pancaran sinar matahari.
  • Bila anda membuat gelembung sabun dengan tambahan pewarna makanan, maka hindari meniupnya di dalam ruangan karena gelembung dapat menyebabkan noda pada furniture rumah.
  • Pastikan setelah bermain selalu menutup wadah gelembung sabun kembali secara rapat dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Tips Membuat Gelembung Sabun Lebih Lama Pecah

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat gelembung lebih kuat di udara atau lebih lama pecah, yaitu sebagai berikut :

  1. Buatlah larutan air dan sabun yang lebih sulit untuk menguap, yaitu dengan cara menambahkan larutan air dan sabun dengan glycerin seperti yang telah dijelaskan di atas serta tambahkan gula.
  2. Bermain gelembung di saat cuaca lebih lembab dan sejuk akan menyebabkan gelembung lebih tahan lama disbanding ketika matahari terik.
  3. Sebelum memainkan gelembung, usahakan basahi terlebih dahulu tangan anak agar tidak terasa licin terkena gelembung serta gelembung yang menyentuh tangan tidak mudah pecah.

 

Demikianlah panduan dan tips bagaimana cara membuat gelembung sabun yang cantik, kuat, banyak dan besar. Selamat mencoba dan berhati – hati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.