Cara Membuat Montase dengan Berbagai Contoh Gambar (LENGKAP)

Cara Membuat Montase- Karya montase adalah sebuah karya seni yang kurang dikenali masyarakat luas Indonesia. Montase mempunyai bentuk yang mirip dengan seni lukis, seni kriya dan seni patung, sehinggal hal inilah yang dianggap karya montase sebagai salah satu dari jenis karya tersebut. Keunikan dan kemudahan montase dapat dipraktekkan semua orang, tak terkecuali anak-anak. Nah, bagi kalian yang belum tahu apa itu montase, baca artikel ini sampai selesai yaaa ! Di sini disajikan pengertian montase, teknik dan cara membuat montase hingga contoh-contoh gambar montase secara lengkap.

Pengertian Montase

karya montasePengertian Montase berdasarkan Buku Besar Bahasa Indonesia (BKBI) adalah komposisi gambar-gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur dari beberapa sumber. Pada  awalnya montase terbatas pada karya 2 dimensi, namun dalam perkembangannya sekarang telah merambah kepada karya tiga dimensi.

Karya montase dibuat dari berbagai gambar yang disatukan dan diatur sedemikian rupa sehingga mereka bergabung dan tumpang tindih  yang  membentuk suatu cerita maupun kejadian baru. Sebagai contoh karya montase adalah sebuah gambar rumah dari majalah dipotong dan hanya diambil gambar rumahnya saja kemudian ditempelkan pada permukaan alas gambar.

Banyak sekali referensi gambar seni montase, seperti gambar dari majalah, koran, poto, kalender, dan sebagainya lalu dipotong dan ditempelkan. seni montase sendiri terbagi menjadi dua, yaitu montase dua dimensi dan montase tiga dimensi.

Montase dua dimensi mirip seperti lukisan karena materialnya terdiri dari sekumpulan gambar yang sudah jadi hanya karena dipotong-potong lalu dipadupadankan sehingga menjadi satu kesatuan karya ilustrasi. Sementara montase tiga dimensi berbentuk seting.

Teknik montase ini sangat baik untuk pembelajaran bagi anak TK, yang dapat menggali potensi siswa dan mengembangkan daya imajinasi siswa dalam menghasilkan berbagai hasil karya yang menarik.

Fungsi Montase

fungsi teknik montaseTeknik montase memiliki fungsi yaitu sebagai berikut :

  1. Fungsi praktis, yaitu fungsi yang terdapat pada benda sehari-hari, karya montase tersebut dapat digunakan sebagai dekorasi atau hiasan rumah.
  2. Fungsi edukatif, yaitu montase dapat mengembangkan daya pikir, daya serap, emosi, estetika dan kreativitas.
  3. Fungsi ekspresi, yaitu teknik montase menggunakan berbagai bahan dan tekstur sehingga dapat membantu menuangkan semua ekspresi.
  4. Fungsi psikologis, yaitu saat kita menghasilkan sebuah karya dengan menuangkan semua ide, emosi yang menimbulkan rasa puas dan kesenangan sehingga dapat mengurangi beban psikologis.
  5. Fungsi sosial, yaitu dengan banyaknya karya menarik dan unik yang dihasilkan ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas.

Teknik dan Cara Membuat Montase

cara membuat montase 1

rumahlebahpay.com

Berikut adalah teknik dan cara membuat karya montase :

  1. Sediakan semua alat dan bahan seperti :membuat montase

  • Sumber referensi gambar, contohnya = majalah, koran , foto, kalender, dan sebagainya.

Pilhlah sumber gambar semenarik mungkin dan memiliki kualitas gambar yang  bagus.

  • Gunting
  • Lem perekat
  • Buku gambar atau kertas HVS untuk menempelkan gambar
  • Crayon atau pensil warna
  1. Buatlah tema dan konsep gambar montase

Buatlah rancangan gambar montase apa yang ingin kalian buat dari sumber gambar yang ada. Pikirkan juga susunan gambar dengan mengatur penempatan setiap gambar yang sesuai. Disini kreativitas dan imajinasi kalian berperan penting untuk menghasilkan sebuah susunan baru.

  1. Potonglah gambar-gambar dari sumber referensi yang ada

langkah membuat karya montaseSetelah menentukan rancangan gambar maka pilihlah dan potong gambar yang menarik dan cocok dari majalah atau sumber gambar tersebut  menggunakan gunting. Berhati-hati lah dalam memotong objek gambar agar tidak merusak kualitas gambar.

Potong dan kumpulkan semua objek gambar yang akan kalian tempel dengan rapi.

  1. Tempelkan gambar-gambar tersebut

langkah membuat montaseSetelah objek gambar terpilih, tempelkan satu persatu gambar yang telah dipotong pada posisi tempat yang telah kalian rancang di buku gambar atau kertas.

  1. Tambahkan warna dan atau arsiran

Untuk menambah keindahan dan nilai artistik, kalian dapat memberikan warna atau arsiran menggunakan pensil warna atau crayon. Namun, warna ini sebagai pelengkap sehingga pastikan warna tidak mendominasi gambar montase.

  1. Lihatlah hasil karyamu

Setelah selesei, karya montase akan membentuk sebuah gambar baru dan menghasilkan cerita yang baru.

 

Pada dasar teknik montase ini tidak sulit alias mudah. Kita hanya perlu memilih, memotong dan menempel gambar sehingga menghasilkan rangkaian dan cerita baru. Meskipun demikian, cara membuat montase ini diperlukan kreativitas dalam menentukan dan memilih gambar agar hasilnya pun menarik.

Contoh Gambar Montase

Contoh Gambar Kolase Kartun

contoh gambar montase

pictame.com

Gambar Montase Kartun di atas cukup menarik dan unik. Pemilihan gambar masjid yang bagus sebagai latar belakang dan penempatan berbagai objek gambar kartun anak yang sesuai dan pas. Meski sederhana, namun montase di atas cukup artistik dan mendidik.

Contoh Gambar Kolase 2

contoh Gambar montase 2

Gambar montase dengan memadukan beberapa tokoh kartun yang ada. Gambar hamparan rerumputan yang hijau dengan langit yang biru sebagai latar belakang sangat menjadikan montase ini bagus.

Contoh Gambar Kolase 3

contoh Gambar montase 3

foratssake.com

Kalian dapat membuat gambar montase yang berisikan idola-idola kalian. Gambar montase di atas contoh bagaimana menempatkan foto-foto idolamu dengan tepat.

Contoh Gambar Kolase 4

contoh Gambar montase 4

yuliwitanto.wordpress.com

Gambar montase di atas memerlukan kreativitas sang pembuat. Montase ini berhasil menggabungkan berbagai objek gambar dan menampilkan sebuah ilustrasi cerita.

Contoh Gambar Montase 5

contoh Gambar montase 6

Bagaimana dengan montase di atas ? dengan menempelkan beberapa tokoh superhero kesayangan, kalian dapat menuangkan semua imajinasi dan ide kalian. Memuaskan bukan..!!!

Contoh Gambar Montase 6

contoh Gambar montase 7

Gambar montase yang menampilkan habitat dasar laut lengkap dengan penghuninya. Di tambah lagi sang pembuat menempelkan objek gambar putri duyung dan menyelam. Meski dengan objek yang banyak, montase di atas  dengan penempatan yang sesuai maka tidak akan terlihat kacau.

Contoh Gambar Montase 7

contoh Gambar montase 8

Gambar montase yang seru dan lucu. Montase ini menceritakan seekor dinosaurusa dan beberapa objek gambar orang yang lari dan memanjat pohon kelapa.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat montase beserta contoh-contohnya. Tidak sulit jika kalian mempraktikkannya dan selalu berusaha. Teruslah berlatih dan semangat yaaa. Semoga bermanfaat dan sukses.

Simak juga pemaparan bagaimana cara membuat karya kolase yang menawan dan elegan.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.