10 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal Wifi di Rumah(Indihome, Speedy, Dll)

Cara memperkuat sinyal wifi– Wifi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masa kini. Hampir di berbagai tempat pasti ada wifi yang dapat memberikan layanan internet. Akan tetapi biasanya semakin banyak yang menggunakannya maka kekuatan sinyalnya bisa menurun. Itu sebabnya, penting bagi kalian untuk mengetahui cara memperkuat sinyal wifi yang ampuh (Indihome, Speedy, Biznet) .

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Indonesia tidak termasuk negara yang memiliki kecepatan internet tinggi. Banyak orang yang bergantung pada wifi maupun provider untuk bisa mengakses internet. Jika kalian adalah salah satu orang yang kerap memakai wifi, maka cara di bawah ini bisa menjadi bantuan untuk menguatkan sinyal internet di android maupun laptop. Berikut langkah-langkah yang dapat dicoba:

10 Cara Memperkuat Sinyal Wifi yang Ampuh

cara memperkuat sinyal wifi di rumah

1.Pilih Posisi Terbaik

mencari posisi yang terbaik untuk wifiMedia perambatan wifi adalah melalui gelombang radio di udara. Makin sedikit penghambat router dengan perangkat kalian maka sinyal yang diperoleh akan makin tinggi juga. Itu sebabnya pilihlah posisi terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga. Kalian bisa mencoba posisi yang dekat dengan router terlebih dahulu.

Jika hal tersebut belum berhasil maka beralihlah ke tempat lain. Kegagalan itu biasanya dikarenakan adanya banyak penghalang di sekitar posisi kalian seperti misalnya benda padat yang dapat memantulkan maupun menahan sinyalnya ( tembok, pintu, jendela). Itu sebabnya sinyal jadi tidak beraturan. Jadi carilah posisi yang paling pas sebisa mungkin.

2. Sistem Keamanan yang Baik bisa Menentukan Sinyal

mengatur sistem keamanan untuk wifiTahukah kalian bila sistem keamanan yang baik bisa menentukan kualitas sinyalnya? Apabila kalian mempunyai jaringan internet yang sebenarnya cepat namun terasa jadi lemot saat mengaksesnya melalui wifi, maka kemungkinan besar terdapat seseorang yang membobol jaringan wifi tersebut.

Untuk itu menggunakan sistem keamanan yang bagus adalah solusinya. Untuk saat ini sistem enkripsi yang paling baik yaitu WPA2. Selain sistem keamanan yang baik cobalah ganti password wifi Anda menggunakan kode yang unik dan lebih rumit. Kode unik tersebut membuat hacker sulit menebaknya.

3. Lakukan Reboot Secara Berkala

restart router untuk menguatkan sinyal wifiPemakaian router dalam waktu yang lama nyatanya juga bisa membuat permasalahan muncul. Jadi bukan hanya laptop atau ponsel saja yang error jika terus menerus dipakai. Solusinya adalah dengan melakukan reboot/restart secara berkala. Restartlah router tersebut supaya kondisinya jadi segar lagi. Dengan melakukan reboot maka router itu bisa digunakan lagi tanpa adanya masalah. Untuk proses reboot secara otomatis, gunakan saja aplikasi DD-WRT firmware. Lakukan reboot itu di waktu-waktu tertentu.

4. Pakai Wifi Dengan Teknologi Terbaru

menggunakan teknologi terbaru untuk wifiCara memperkuat sinyal wifi selanjutnya adalah dengan memakai wifi berteknologi paling baru. Seiring berkembangnya teknologi, maka teknologi untuk wifi juga makin banyak mulai dari wireless A, B, G, N, maupun AC. Ganti saja wireless card di PC dengan versi paling baru. Jika kalian menggunakan wireless A, B, maupun G maka kemungkinan kecepatannya lambat. Ketiganya adalah teknologi yang lama.

Jika ingin lebih cepat maka pakai saja wireless N ataupun AC. Keduanya adalah teknologi yang paling baru dan cepat. Apabila wifi yang kamu miliki ternyata routernya sudah berteknologi AC atau N maka pakailah wireless card berteknologi dua-duanya. Dengan begitu maka kecepatannya bisa lebih maksimal.

5. DD-WRT Firmware

cara memperkuat sinyal wifi di rumah dengan dd wrtSeperti yang disinggung di poin ketiga, penggunaan DD-WRT firmware ternyata juga bisa membantu menguatkan sinyal. Aplikasi itu berguna untuk membajak routernya supaya kekuatan pemancar sinyalnya jadi makin kuat. DD-WRT firmware juga mempunya banyak pilihan keamanan untuk router. Sebenarnya cara memperkuat sinyal wifi ini terbilang membahayakan router. Tapi nyatanya cara ini dapat meningkat dua kali lipat atau mencapai 70 mW.

6. Memakai Wifi Repeater

cara memperkuat sinyal wifi di rumah dengan wifi repeaterWifi repeater adalah sebuah alat yang berguna untuk menerima sinyal wifi yang kemudian akan dipancarkan lagi dengan sinyal yang lebih baik. Jika di rumah kalian sinyal wifinya sangat jelek maka cara memperkuat sinyal wifi yang bisa dicoba adalah dengan memakai repeater tersebut.

Repeater tersebut juga baik dipakai di tempat-tempat yang terdapat banyak penghalangnya seperti misalnya tembok. Selain membeli repeater baru, kalian juga bisa memakai router lama yang tidak dipakai dan menjadikannya repeater.

7. Memakai Channel Kosong

cara memperkuat sinyal wifi di rumah dengan channel kosongApabila di sekitar ternyata banyak orang yang memakai wifi router maka itu artinya channel kamu sama dengan router tersebut. Hal ini menyebabkan kualitas sinyalnya menjadi lemah. Untuk itu cara memperkuat sinyal wifi yang praktis adalah dengan memilih channel wifi yang kosong. Channel wifi yang penggunanya sedikit bisa meminimalisir gangguan sinyal. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama inSSider.

8. Jangan Dekat-Dekat Dengan Alat Elektronik

meningkatkan sinyal wifiCara memperkuat sinyal wifi yang lain yaitu dengan menjauhkannya dari alat elektronik. Bukan hanya router saja yang bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal, alat elektronik lain juga menjadi salah satu pemicunya. Gelombang radio dari perangkat elektronik lain bisa mengganggu jaringan sinyal router. Jadi cukup jauhkan saja router dari alat-alat elektronik tersebut. Kalian juga dapat memakai router dual band supaya pemindahan frekuensi jadi lebih mudah.

9. Pemakaian Bandwidth Dikontrol

mengatur bandwidthAnda bisa memperhatikan di sekeliling, jika banyak yang menggunakan jaringan wifi, maka itu artinya pengguna lain adalah penyebab koneksi jadi lemot. Bisa saja pengguna lain mengakses game online, streaming video, ataupun mengunduh file-file dengan ukuran besar yang semakin membuat jaringan melambat.

Solusi dari permasalahan itu adalah dengan mengatur QoS atau Quality of Service supaya pemakaian bandwidthnya terkontrol. Cara memperkuat sinyal wifi ini membuat router kalian mengutamakan layanan di atas layanan lain. Jadi pemakaian bandwidth akan lebih terkontrol supaya tidak boros.

10. Memanfaatkan Kaleng Bekas

cara memperkuat sinyal wifi menggunakan kalengBagaimana bisa kaleng bekas menjadi cara memperkuat sinyal wifi yang ampuh? Tentu saja bisa. Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika perambatan sinyal adalah melalui udara. Karena melewati udara maka sinyal bisa dengan mudah terhalang bahkan arahnya berubah. Supaya sinyal itu hanya mengarah ke kalian, maka pakai saja kaleng bekas sebagai solusinya.

Kamu hanya memerlukan kaleng bekas baik itu kaleng soda atau minuman lain. Potonglah bagian atas dan bawah dari kaleng itu. Sisakan hanya beberapa centi saja. Kemudian potong juga bagian dalam kaleng supaya kaleng itu terbagi menjadi dua bagian. Jika sudah maka taruh sisi dalam kaleng yang telah terpotong itu di antara pemancar routernya.

Cara memperkuat sinyal wifi ini sebenarnya juga bisa dipakai untuk menguatkan sinyal modem CDMA dan GSM. Kamu hanya perlu meletakkan kaleng yang sudah dirubah seperti di atas, di dekat modem. Jika kalian tak bisa menemukan kaleng maka bisa diganti dengan alumunium foil dan panci yang sudah tidak terpakai.

Demikianlah 10 cara memperkuat sinyal wifi yang ampuh untuk dicoba. Sepuluh cara tersebut akan berhasil jika Anda melakukannya dengan tepat. Jika cara di atas tidak ada yang berhasil maka mungkin terdapat permasalahan lain di router wifinya.

Apabila memang ternyata wifinya bermasalah serius maka mintalah bantuan pada orang yang lebih ahli di bidang itu. Bagi anda yang bermasalah dengan SIM card, berikut cara ampuh Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca.

 

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.