4 Cara Simpel Mengunci Aplikasi HP Android

Mengetahui cara mengunci aplikasi kemudian mengaplikasikannya menjadi salah satu solusi agar privasi kita tetap terjaga. Namun, ada beberapa orang yang masih belum tahu bagaimana melakukannya. Oleh sebab itu, di bawah kami bagikan 4 cara untuk mengunci aplikasi android agar tidak bisa diakses orang lain dengan mudah yang bisa anda terapkan pada berbagai aplikasi seperti wa, instagram maupun facebook serta di semua jenis smartphone hp (samsung, oppo, xiaomi redmi, vivo).

Mengunci aplikasi android kadang dibutuhkan oleh beberapa orang untuk menjaga privasi. Aplikasi yang tidak dikunci dapat dengan mudah dilihat oleh teman atau orang lain yang sedang meminjam HP Anda. Pesan chatting yang terbaca oleh orang lain tentu saja sangat mengganggu karena hal tersebut merupakan privasi yang ingin anda simpan sendiri.

Cara Mengunci Aplikasi HP Android dengan Aplikasi

Meski terlihat sepele namun mengunci aplikasi yang bersifat pribadi cukup penting untuk dilakukan. Dari berbagai macam aplikasi yang ada di handphone anda, pasti ada aplikasi yang tidak boleh dilihat atau digunakan orang lain misalnya seperti aplikasi chatting atau sosial media.

Untuk Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengunci aplikasi android, berikut ini diberikan 4 cara mudah yang bisa dipilih.

  1. Mengunci Aplikasi dengan AppLock

cara mengunci aplikasi di hp android

cara mengunci aplikasi di hp android

AppLock merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis di playstore. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengunci berbagai aplikasi, folder, ataupun galeri yang dirasa penting. Untuk Anda yang sudah memakai android 6.0 terdapat fitur pemindai sidik jari yang bisa digunakan.

Berikut ini cara mengunci aplikasi android menggunakan AppLock :

cara mengunci aplikasi di android dengan app lock

  • Instal AppLock melalui playstore atau download di google dan install aplikasinya.
  • Setelah terinstal di android, kemudian buka aplikasi tersebut hingga muncul perintah untuk memasukkan kunci pola.
  • Masukkan kunci pola yang Anda inginkan sebanyak dua kali. Hal tersebut berguna untuk verifikasi bahwa pola yang dimasukkan sesuai keinginan dan selanjutnya diubah menjadi password. Setelah itu, isikan alamat email aktif untuk recovery dan klik pilihan Save.
  • Setelah proses verifikasi tersebut maka pola yang Anda masukkan tadi sudah bisa diterapkan pada aplikasi yang diinginkan. Selanjutnya Anda tinggal memilih dengan mengklik aplikasi mana yang ingin dikunci.
  • Tanda bahwa aplikasi sudah terkunci adalah jika ikon aplikasi tersebut sudah ada icon gembok berwarna hijau atau tulisan Locked.
  • Selanjutnya Anda sudah bisa mengecek apakah cara mengunci aplikasi dengan AppLock berhasil. Cara mengeceknya yaitu dengan membuka aplikasi yang tadi dikunci, jika anda disuruh memasukkan pola sebelum masuk maka cara tadi berhasil. Namun jika tidak berhasil maka anda bisa mencoba cara selanjutnya di bawah ini.
  1. Mengunci Aplikasi dengan 360 Security

cara mengunci aplikasi android dengan 360 securityAplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi adalah 360 security. Aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda karena memiliki fungsi yang cukup banyak. Selain dapat mengunci aplikasi android lain, 360 security juga biasa digunakan untuk menghapus junk file yang memenuhi penyimpanan ponsel. Aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai antivirus untuk menjaga ponsel dari virus yang mungkin masuk.

Cara mengunci aplikasi android menggunakan 360 security cukup mudah dan bisa dilakukan siapapun. Caranya adalah sebagai berikut:

cara mengunci aplikasi android dengan 360

  • Download dan install aplikasi 360 security melalui playstore atau google.
  • Jika sudah terinstall, kemudian buka aplikasi dan cari opsi App Lock. Karena fungsinya yang banyak sehingga ada beberapa menu yang tersedia. Caranya yaitu dengan menekan tombol menu yang berada di bagian kiri atas ponsel Anda. Selanjutnya pilih dengan mengklik pilihan app lock.
  • Pada menu app lock, Anda akan dihadapkan pada berbagai aplikasi yang terinstall di ponsel. Selanjutnya pilih dan tandai aplikasi yang ingin Anda kunci. Jika sudah terpilih, kemudian klik opsi Lock untuk mengunci.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan sandi sebanyak dua kali untuk memastikan bahwa sandi yang dimasukkan benar. Jika muncul notifikasi, Anda harus mengklik tombol confirm.
  • Setelah itu klik 360 security dan ubah Permit Usage Access yang awalnya off menjadi on.
  • Kemudian klik tombol back atau kembali maka akan muncul pesan dengan tulisan Notifikasi Lock Success.
  • Cara mengunci aplikasi dengan 360 security yang terakhir adalah dengan mengecek apakah yang Anda lakukan sudah berhasil atau belum. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi yang telah dikunci, jika Anda diminta memasukkan sandi maka penguncian yang dilakukan berhasil.
  1. Mengunci Aplikasi dengan LOCKit

cara mengunci aplikasi android dengan lockitAplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi LOCKit. Ada beberapa ponsel yang tidak bekerja jika menggunakan 360 security atau AppLock sehingga bisa dicoba menggunakan aplikasi ini. LOCKit memiliki pengaturan yang cukup mudah dipahami sehingga siapa saja bisa mencobanya.

Berikut ini cara mengunci aplikasi android pada smartphone menggunakan LOCKit :

mengunci aplikasi di smartphone

  • Download dan install aplikasi LOCKit melalui playstore atau google.
  • Buka aplikasi yang sudah Anda install.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan sandi berupa pola atau pin. Pilih jenis sandi sesuai keinginan.
  • Masukkan sandi sebanyak dua kali dan tunggu aplikasi memverifikasi sandi tersebut.
  • Cara mengunci aplikasi android dengan LOCKit sedikit berbeda dengan aplikasi lain karena pada aplikasi ini Anda akan diminta memasukkan pertanyaan keamanan. Hal tersebut menjaga jika Anda lupa sandi.
  • Selanjutnya klik opsi Protect dan pilih aplikasi apa saja yang akan diberi sandi.
  • Ketika Anda memilih aplikasi yang akan dikunci, biasanya akan muncul pesan dengan tulisan Power Saving Mode. Jika muncul pesan tersebut klik opsi Permit.
  • Cari opsi Pengaturan Accessbitility dan klik menu LOCKit.
  • Selanjutnya pilih tombol On dan jika muncul pesan pilih Ok.
  • Terakhir cek apakah aplikasi sudah terkunci atau belum.

Cara Mengunci Aplikasi HP Android tanpa Aplikasi

Mengunci aplikasi android tanpa aplikasi lain sangat membantu, terutama untuk Anda yang memiliki RAM terbatas. Namun tidak semua ponsel memiliki fitur ini, jadi hanya bisa dilakukan pada tipe smartphone tertentu.

Untuk Anda yang memiliki ponsel dengan fitur pengunci, berikur ini cara mengunci aplikasi android yang bisa dilakukan :

  • Masuk ke menu pengaturan pada ponsel.
  • Pilih sub menu pengaturan tambahan.
  • Jika sudah masuk ke sub menu tersebut, selanjutnya klik opsi Privasi
  • Klik menu pilihan Lock Individual Apps, kemudian pilih Choose Apps to Lock.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan pola yang kemudian digunakan sebagai password aplikasi yang telah terkunci. Buat pola sesuai keinginan Anda, yang tidak mudah ditebak tapi mudah diingat.
  • Jika pola yang digunakan sebagai sandi sudah berhasil dibuat, selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan mengklik ikon aplikasi pilihan.
  • Setelah itu Anda tinggal kembali ke menu utama dan membuka aplikasi yang sudah dikunci apakah berhasil atau tidak.

 

Itulah 4 cara mengunci aplikasi andorid yang bisa Anda lakukan baik dengan bantuan aplikasi lain ataupun tanpa aplikasi bantuan. Kunci aplikasi yang menurut Anda pribadi karena cara di atas bisa digunakan untuk mengunci semua aplikasi android di ponsel. Semoga penjelasan yang diberikan dapat membantu Anda menjaga privasi yang berada di ponsel.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.