Cara Partisi (Menambah/Menghapus) Harddisk di Windows 7,10

Pengelolaan data dalam komputer atau laptop harus dilakukan dengan baik agar bisa mengefektifkan kinerja komputer serta memudahkan dalam pengelolaan data tersebut. Untuk melakukan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara partisi harddisk. Untuk memudahkan anda dalam memahami apa itu partisi dan bagaimana cara partisi harddisk, berikut ini adalah ulasan lengkapnya pada Windows 7 maupun windows 10.

Partisi Harddisk

Sebagian besar pengguna komputer mungkin masih asing dengan istilah partisi hardisk. Namun, metode pengelolaan data ini akan sangat membantu pengguna dalam pengelolaan datanya. Cara atau metodenya pun mudah dilakukan dan efektif.

Sebelum mulai mempelajari bagaimana cara partisi harddisk yang benar dan mudah, Anda harus tahu apa itu partisi terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan partisi adalah sebuah metode yang digunakan untuk membagi hardisk di dalam komputer agar pengelolaan datanya bisa menjadi lebih efektif.

Bisa dibilang metode partisi hardisk bertujuan untuk membagi kapasitas dari hardisk sesuai kebutuhan penggunanya maupun sesuai dengan jumlah ruang yang dibutuhkannya. Dasar dari metode ini adalah mengelompokkan atau membagi data-data berdasarkan ruang penyimpanannya.

Umumnya, setiap komputer atau laptop sudah memiliki dua partisi, yaitu disk C yang biasa digunakan untuk menyimpan system pada komputer. Sedangkan disk D digunakan untuk menyimpan data. Anda masih bisa menambahkan partisi lagi di dalamnya sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Partisi Harddisk di ( Windows 7 dan Windows 10)

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari partisi, kini anda bisa mulai mempelajari cara partisi harddisk atau membagi ruang penyimpanan pada hardisk ini. Adapun cara yang bisa anda lakukan beragam, tergantung pada tipe Windows yang anda gunakan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam proses partisi harddisk :

  • Delete Volume : Menghapus partisi harddisk
  • Shrink Volume : Memperkecil ukuran partisi Harddisk
  • Extend Volume : Memperbesar ukuran partisi Harddisk
  • New Volume : Membuat Partisi Baru pada Harddisk

1. Cara Partisi Harddisk pada Windows 7

Meskipun saat ini kebanyakan pengguna komputer atau laptop sudah menggunakan sistem operasi berbasis Windows 10 atau ke atas, tapi masih ada juga pengguna yang menggunakan Windows 7. Alasan kemudahan dan tampilannya yang lebih sederhana membuat masih banyak orang yang menggunakan sistem operasi ini.

Bagi Anda pengguna komputer yang masih berbasis Windows 7, cara partisi hardisk yang bisa dilakukan juga cenderung lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Pilih Control Panel pada Desktop
cara partisi harddisk di windows 7

sawinternal.blob.core.windows.net/

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin membuat partisi dari Windows 7 adalah buka menu ‘Control Panel‘. Menu ini bisa dibuka dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah melalui desktop atau tampilan utama layar.

Pada tampilan utama komputer ini, klik pada logo Windows atau klik pada start menu. Begitu anda klik, akan langsung ditampilkan menu ke atas. Disana anda bisa melihat berbagai menu yang memiliki fungsi masing-masing. Cari menu ‘Control Panel’ seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

  • Pilih Menu ‘System and Security’
cara partisi harddisk di windows 7 dengan mudah

sawinternal.blob.core.windows.net

Setelah Anda memilih menu ‘Control Panel’ selanjutnya Anda akan dialihkan pada menu-menu pengaturan pada komputer. Akan ada berbagai jenis menu di dalamnya. Anda harus memilih menu ‘System and Security’.

  • Pilih pada Opsi ‘Administrative Tools’ > Computer Management
cara partisi harddisk di windows 7 mudah

sawinternal.blob.core.windows.net

Jika sudah, selanjutnya Anda akan dialihkan pada menu di dalam System and Security tersebut. Di dalamnya akan terbagi lagi menjadi beberapa menu, pilih pada opsi ‘Administrative Tools’ dan Anda akan dialihkan ke menu di dalamnya.

Selanjutnya pilih ‘Computer Management’ untuk mulai mengatur partisi hardisk Anda.

  • Klik ‘Disk Management’ untuk Mulai Mengatur Partisi Hardisk

Pada ‘Computer Management’ klik dua kali untuk memunculkan menu ‘Disk Management’. Nah, di dalam menu inilah Anda bisa mulai mengatur management disk atau penyimpanan komputer Anda. Di sebelah kiri tampilan akan terlihat beberapa menu, termasuk ‘System Tools’ dan ‘Storage’.

Klik pada menu ‘Storage’ maka akan ditampilkan sebuah sub menu, yaitu sub menu Disk Management. Klik dua kali pada menu tersebut. Maka, selanjutnya akan ditampilkan disk yang ada di dalam komputer Anda.

  • Pilih Shrink Volume

cara partisi harddisk di windows 7 cepatKlik kanan pada drive atau disk yang sudah anda dipartisi. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa menu di dalam drop box. Klik pada pilihan ‘Shrink Volume’. Setelah itu akan ditampilkan kolom untuk mengisi besarnya kapasitas hardisk yang akan dipecah atau dibagi.

Terakhir klik pada kolom ‘Shrink’ dan volume di dalam hardisk yang langsung dikompresi. Ruang penyimpanan yang tidak terlokasi akan dialihkan dan dibuat menjadi drive atau ruang penyimpanan baru.

2. Cara Partisi Harddisk pada Windows 10

Berikutnya akan dijelaskan cara partisi hardisk pada komputer dengan sistem operasi berbasis Windows 10. Sistem operasi ini adalah OS yang saat ini banyak dipasang pada setiap komputer atau laptop keluaran terbaru. Berikut langkah-langkah melakukan partisinya.

  • Mengecilkan Ukuran Partisi

Berbeda dengan cara sebelumnya, dalam cara partisi hardisk pada Windows 10 ini pertama-tama Anda harus mengecilkan ukuran partisi ruang penyimpanan Anda terlebih dahulu. Langkah dasarnya sama seperti sebelumnya, yaitu Anda harus masuk ke menu ‘Disk Management‘ terlebih dahulu.

menghapus partisi di windows 10Kali ini Anda bisa langsung masuk ke menu tersebut melalui fitur pencarian. Di tampilan desktop biasanya akan langsung ditemukan menu ini dengan lambang kaca pembesar. Klik dan ketikkan ‘disk management’.

mengecilkan partisi di windows 10Jika sudah, maka Anda akan langsung dialihkan pada rincian ruang penyimpanan di dalam komputer Anda. Klik kanan pada drive atau ruang penyimpanan yang akan dipartisi. Pilih menu ‘Shrink Volume’.

mengurangi partisi harddisk di windows 10Setelah itu tinggal masukkan kapasitas atau volume ruang penyimpanan yang akan dikecilkan. Lalu klik pada tombol ‘Shrink’. Maka ruang penyimpanan Anda akan dibagi lagi menjadi lebih kecil berdasarkan ukuran yang Anda masukkan sebelumnya.

mengurangi partisi harddisk di windows 10 mudahKapasitas ruang penyimpanan yang baru Anda shrink ini akan berstatus ‘unallocated’. Kapasitas inilah yang bisa Anda gunakan untuk membuat partisi baru.

  • Buat Partisi Baru

membuat partisi baru di windows 10Setelah mendapatkan unallocated disk, kini anda bisa mulai melakukan cara partisi hardisk untuk membuat partisi baru. Caranya klik kanan pada ruang ‘Unallocated space‘ tersebut. Lalu pilih lagi pada opsi ‘New Simple Volume’

membuat partisi baru di windows 10 mudahJika sudah kemudian akan ditampilkan jendela ‘New Simple Volume Wizard‘. Klik saja opsi ‘Next’ di dalam jendela tersebut.

membuat partisi baru di windows 10 cepatBerikutnya, anda akan dialihkan pada jendela tampilan untuk menentukan kapasitas ruang penyimpanan yang akan ditambahkan. Akan ada batas minimal dan maksimal yang bisa dimasukkan. Batas maksimal biasanya setara dengan volume ruang yang anda sudah shrink sebelumnya. Klik ‘Next’

cara membuat partisi baru di windows 10Setelah itu Anda akan dialihkan pada menu untuk menentukan drive letter. Biasanya akan ditandai dengan huruf C atau D atau F dan seterusnya. Jika sudah mengisikan drive letter. Klik ‘Next‘.

cara membuat partisi baru di windows 10 mudahLangkah berikutnya dari cara partisi hardisk untuk menambahkan volume adalah Anda akan dialihkan pada tampilan jendela untuk memformat ruang penyimpanan tersebut. Klik pada kolom bertuliskan ‘Format‘ lalu isikan nama drive yang anda inginkan pada kolom yang disediakan.

Jika sudah maka langkah-langkah partisi untuk menambahkan drive baru pun selesai. Tinggal klik ‘Finish‘ maka ruang penyimpanan Anda siap digunakan.

  • Menghapus Partisi Harddisk

Jika anda ingin menghapus sebuah partisi pada harddisk anda, pastikan semua data yang ada pada partisi tersebut telah anda back up dan kosongkan partisi tersebut. Partisi yang nantinya anda hapus akan menjadi free space dimana akan berubah menjadi unallocated space. Di sini anda bisa menggunakannya untuk dijadikan partisi baru maupun menambahnya ke partisi lain.

menghapus partisi dengan mudah di windows 10Pilih partisi mana yang akan anda hapus. Kemudian klik kanan partisi tersebut dan klik Delete Volume.

Selanjutnya akan muncul Notifikasi peringatan menghapus partisi. Jika akan sudah yakin untuk melanjutkan proses menghapus partisi, klik Yes.

Jika proses delete partisi selesai, partisi tadi akan menjadi Free Space. Free Space tidak sama dengan Unallocated space. Free Space merupakan partisi yang telah kosong namun belum diformat dan tidak memiliki identitas atau drive letter.

Untuk membuat menjadi Unallocated Space, klik Kanan pada free space tersebut dan pilih delete partition.

  • Memperbesar Ukuran Partisi Harddisk

Sebelum memperbesar ukuran partisi, anda membutuhkan unallocates space terlebih dahulu buka free space. Jika anda tadi sudah memiliki unallocated space, sekarang anda tinggal memperbesar partisi lain dengan menambahkan unallocated space tersebut ke partisi yang ingin anda perbesar.

memperbesar ukuran partisi harddisk di windows 10Tetap di Disk Management, Klik kanan pada partisi yang ingin anda perbesar. Pilih Extend Volume.

Selanjutnya akan muncul Extend Volume Wizard, Pilih Next.

Pada tahap ini tentukan ukuran partisi yang ingin anda tambahkan pada partisi yang akan diperbesar. Anda bisa menambahkan ukuran maksimal yang sudah tertera. Ukuran ini mengambil dari partisi unallocated space sehingga untuk menambah ukuran tergantung dari besarnya unallocated space. Kemudian pilih Next

Tunggu Proses selesai dan klik Finish

 

Itulah tadi beberapa cara partisi hardisk yang bisa Anda terapkan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi berbasis Windows 7&10. Dengan metode partisi ini Anda bisa semakin dimudahkan dalam pengelolaan data di dalam komputer Anda. Untuk pengelolaan data lainnya yang tidak kalah penting Membuat File ISO dan untuk mobile anda bisa membaca ulasan lengkap Root HP Android .

Tags:
    1. Anwar 09/21/2019
      • dawan setiawan 09/22/2019

    Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.