2 Cara Reset HP Xiaomi Semua Type: (Redmi 3, 4, 4a, 5, 5a)

Cara reset HP Xiaomi– Saat ini ponsel keluaran pabrik China Xiaomi Redmi dari type 3, 4a hingga 5a sedang banyak diminati di pasar Indonesia. Bukan tanpa alasan jika produk-produk Xiaomi banyak diburu. Fitur super lengkap layaknya ponsel high-end namun dibandrol dengan harga terjangkau adalah alasan utamanya. Pengguna Xiaomi juga dimudahkan dengan cara reset Xiaomi redmi  yang bisa dibilang sangat sederhana. Proses reset ini akan sangat berguna bagi setiap ponsel apabila sudah mulai mengalami penurunan performa.

Sama seperti halnya dengan smartphone lainnya, tak jarang ponsel Xiaomi juga mengalami error atau nge-hank. Untuk mengembalikan performanya kembali seperti saat awal membeli, biasanya reset HP xiaomi menjadi pilihan bagi para penggunanya. Cara ini akan membantu menghapus data-data di dalam ponsel yang telah menyebabkan ponsel menjadi lebih berat dan menghambat performanya.

Cara mereset ponsel Xiaomi redmi ini pun bisa dilakukan dengan beberapa metode. Anda bisa melakukan hard reset maupun factory reset. Berikut ini adalah cara reset Xiaomi hard reset maupun factory reset yang bisa diterapkan pada semua jenis ponsel xiaomi (3, 4, 4a, 5, 5a dll).

Cara Reset HP Xiaomi

Tips-tips sebelum reset Xiaomi Redmi (3, 4, 4a, 5a, dll)

  • Lakukan back-up dulu semua data yang telah tersimpan dalam HP Xiaomi kamu ( Reset akan membuat handphone kembali seperti kondisi baru beli sehingga prosesnya akan menghapus semua data maupun aplikasi. Terutama data-data yang ada di dalam penyimpanan internal.
  • Sisakan baterai HP minimal 50 %. Agar proses reset HP lancar dan tidak berhenti di tengah jalan.

Cara Reset HP Xiaomi (3, 4, 4a, 5, 5a) dengan Factory Reset

Cara reset Xiaomi yang pertama adalah cara mereset ponsel Xiaomi yang paling simpel. Factory reset ini bisa anda lakukan dalam keadaan ponsel menyala. Sebelum memulai tahap-tahap meresetnya, ada baiknya jika anda mencadangkan atau melakukan backup data di dalam ponsel anda ke perangkat lain.

Setelah anda berhasil mencadangkan atau melakukan back up data-data di memori penyimpanan internal, selanjutnya anda bisa memulai step-step dari reset Xiaomi melalui factory reset.

1. Buka Menu Setting (Pengaturan)

cara reset xiaomiLangkah pertama untuk melakukan proses factory reset adalah masuk ke menu Settings atau Pengaturan. Setiap ponsel biasanya sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan factory reset. Nah, di produk Xiaomi ini Anda bisa menemukan fitur ini di dalam menu ‘Pengaturan’.

2. Pilih Menu ‘Additional Settings’ > ‘Back Up & Reset’

cara reset xiaomi mudahStep selanjutnya untuk melakukan factory reset setelah masuk ke menu Settings adalah pilih pada opsi ‘Additional Settings’ atau pengaturan tambahan. Setelah menemukan pilihan ‘Additional Settings’ ini, akan ada beberapa opsi menu lain di dalamnya. Salah satunya adalah menu ‘Back up & Reset‘.

Setelah itu Anda akan dialihkan lagi pada pilihan menu selanjutnya. Pada pilihan menu ini akan ada beberapa pilihan menu untuk melakukan backup atau pencadangan.

Jika sebelumnya Anda sudah mengatur pilihan backup untuk data-data berupa password atau kode keamanan (backup data untuk memulihkan kembali data yang hilang ketika reset ke akun Google Anda), maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan keseluruhan data. Jika belum, centang pada pilihan auto back up untuk data-data tersebut.

3. Klik Factory Data Reset

cara reset xiaomi cepatSetelah memastikan back up data-data penting tersebut, langkah selanjutnya adalah pilih pada opsi yang berada di bagian paling bawah ‘Factory Data Reset’ atau kembalikan ke setelan pabrik.

4. Restart Phone

cara reset xiaomi lengkapSetelah memilih opsi tersebut, langkah berikutnya pilih pada opsi menu ‘Restart Phone‘.

Apabila anda memiliki Mi Account di dalam ponsel maka anda harus memasukkan kode akses untuk masuk ke Mi Account tersebut. Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengonfirmasi proses reset dengan memilih pilihan ‘Hapus‘. Setelah itu proses factory reset akan langsung dimulai.

Namun jika anda tidak mendaftar Mi Account di dalam ponsel, maka anda akan langsung dialihkan ke proses di atas. Tunggu sampai factory reset proses ini selesai. Setelah proses selesai maka ponsel anda akan direstart atau dimulai ulang secara otomatis. Tunggu sampai proses restart selesai dan ponsel menyala kembali, maka ponsel  sudah selesai direset.

Reset HP Xiaomi (3, 4, 4a, 5, 5a) dengan Hard Reset

Selain cara reset HP Xiaomi dengan factory reset, anda juga bisa mereset dengan metode hard reset. Langkah-langkah dalam melakukan hard reset sedikit berbeda dengan factory reset. Namun sama seperti metode reset sebelumnya, pastikan Anda juga sudah membackup atau mencadangkan data-data ponsel anda ke dalam perangkat lain.

Selain itu, agar proses reset bisa tetap berjalan dan tidak berhenti di tengah proses reset, pastikan bahwa baterai ponsel Anda mencukupi untuk melakukan proses ini. Paling tidak daya baterai masih 50%.

Setelah memastikan semua hal yang disebutkan di atas, Anda bisa langsung memulai cara reset Xiaomi dengan hard reset ini. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Matikan Ponsel > Masuk ke Menu Recovery Mode

recovery modeLangkah paling awal dalam cara reset Xiaomi dengan hard reset ini adalah masuk ke menu Recovery Mode. Untuk masuk ke menu Recovery Mode ini ponsel Anda harus dalam keadaan mati atau off.

Jika sudah mati, masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol power dan tombol volume tambah secara bersamaan. Tekan selama beberapa waktu sampai ponsel bergetar dan lambang Mi muncul. Jika sudah, setelah itu menu Recovery Mode akan ditampilkan di layar ponsel Anda.

2. Pilih “Bahasa Inggris”

cara reset dengan hard reset 2Setelah masuk ke menu Factory Reset, maka langkah selanjutnya dari cara reset Xiaomi dengan metode hard reset adalah memilih bahasa. Anda akan diberikan beberapa pilihan bahasa. Pilih pada opsi bahasa Inggris.

Ketika masuk ke mode Recovery, layar Anda tidak akan bisa berfungsi sama sekali. Oleh karena itu,  anda bisa menggunakan tombol volume up (+) dan down (-) untuk navigasi. Sementara untuk memilih salah satu pilihan, anda bisa menggunakan tombol power.

Namun, ada pengecualian pada beberapa tipe produk Xiaomi, anda tidak perlu memilih bahasa karena pemilihan bahasa sudah diatur secara otomatis oleh ponselnya.

3. Pilih Wipe Data > Wipe All Data

cara reset dengan hard resetJika sudah memilih bahasa, langkah selanjutnya dari cara reset HP Xiaomi adalah pilih  opsi Wipe Data atau pada beberapa tipe ponsel juga dituliskan Factory Reset. Gunakan tombol power untuk memilih. Setelah itu anda akan dialihkan pada tampilan selanjutnya.

Pada tampilan ini pilih pada opsi ‘Wipe All Data‘. Setelah itu, anda akan dialihkan lagi pada tampilan menu untuk mengkonfirmasi proses reset. Pilih pada opsi ‘Confirm’.

4. Tunggu Proses Reset Selesai

Setelah memilih opsi ‘Confirm’ maka langkah terakhir dari cara melakukan hard reset pada ponsel Xiaomi ini adalah menunggu hingga proses reset selesai. Setelah anda mengkonfirmasi proses penghapusan data, maka proses reset akan dimulai secara otomatis. Tunggu sampai proses reset ini selesai dan ponsel anda dinyalakan ulang. Ketika sudah menyala, atur kembali setting dasar seperti pemilihan bahasa, pengaturan tema, jaringan dan pengaturan umum lainnya.

Melakukan proses reset akan membantu meningkatkan performa ponsel seperti awal saat anda baru membeli. Proses reset ini akan menghapus semua data dari aplikasi yang anda gunakan, yang mana data-data tersebutlah yang membuat performa ponsel jadi semakin menurun. Dengan beberapa cara reset HP Xiaomi di atas anda bisa meningkatkan kembali performa ponsel kesayangan.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.