Kumpulan Contoh Kop Surat dari Berbagai Instansi & Cara Membuat

Contoh Kop Surat– Keberadaan Kop surat pada surat resmi harus diperhatikan betul. Penting sekali untuk memiliki kepala surat ini agar surat anda terlihat menarik. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan berbagai contoh kop surat, bagaimana cara membuat agar surat anda terlihat menarik, serta tidak ketinggalan apa saja fungsi dari kepala surat ini.

Kop Surat

Pengertian dari Kop surat atau kepala surat adalah bagian surat yang menunjukkan identitas suatu perusahaan/instansi sebagai pengirim surat.

Tujuan memberikan kop surat yaitu agar penerima surat mengetahui asal surat tersebut, serta perusahaan atau lembaga apa yang mengirim surat. Pada umumnya Kop surat atau kepala surat ini terletak di bagian paling atas surat.

Kepala surat yang telah tercantum di bagian surat ini menyatakan bahwa surat tersebut merupakan surat resmi. Dan penggunaan kop surat ini biasanya dikeluarkan oleh suatu badan lembaga, perusahaan, instansi maupun organisasi.

Bagian Kop Surat / Kepala Surat

Sebelum membuat kop surat yang merupakan bagian dari surat resmi ini, perlu kalian perhatikan bagian-bagian yang menyusun kepala surat ini.

  1. Nama Lembaga

Point yang paling wajib adalah harus tercantum nama lembaga, organisasi atau instansi yang mengeluarkan surat resmi tersebut. Nama lembaga atau instansi ini harus ditulis dalam huruf besar atau capital dan tebal (bold). Misal surat  dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, maka harus tercantum juga DINAS PENDIDIKAN.

  1. Alamat

Cantumkan juga alamat lengkap dan jelas ( nama jalan, nomor, kota, hingga provinsi ) lembaga yang mengeluarkan surat.

  1. Kontak dan Kode Pos

Kepala surat wajib tertera alamat kontak yang lengkap, agar bisa dihubungi oleh penerima surat dan kode pos agar dapat diketahui dari wilayah mana surat tersebut dikeluarkan. Alamat kontak meliputi alamat email, no telepon, no faximile.

Saat ini, kepala surat pada surat resmi sebagian besar tercantum logo dari intstansi yang mengeluarkan, namun jika instansi tersebut tidak memiliki logo maka tidak masalah. Logo menunjukkan instansi lebih profesional. Logo dapat diletakkan disebelah kiri maupun kanan kepala surat.

  1. Website

Jika ada juga, ikutsertakan website resmi instansi yang bersangkutan .

  1. Garis

Unsur kepala surat terakhir adalah garis. Garis di sini berfungsi sebagai pembatas antara kepala surat dengan isi surat.

Cara Membuat Kop Surat dengan MS Word

Berikut cara membuat Kop Surat dengan menggunakan Microsoft Word dengan mudah dan sederhana.

  1. Siapkan dan buka lembar baru Microsoft Word
  2. Setting margin dokumen dan jenis kertas yang akan kalian gunakan. Kalian dapat menggunakan ukuran standar margin maupun bisa mengatur sendiri sesuai keinginan.mermbuat kop surat dengan margin
  3. Arahkan kurson pada bagian atas dokumen, dan Klik dua kali untuk mengaktifkan fungsi Header. Berikan centang pada kota Different First Page, hal ini berfungsi agar kop surat hanya muncul pada halaman pertama saja. mermbuat kop surat dengan klik
  4. Tulis kepala surat instansi/lembaga yang meliputi identitas lengkap dan jelas. Atur posisi kepala surat tersebut di tengah dokumen menggunakan Align Center.mermbuat kop surat dengan kepala surat
  5. Masukkan Logo Instansi/lembaga yang mengeluarkan surat resmi di sebelah teks kepala surat, dengan cara : Klik Menu Insert – pilih Picture – cari lokasi penyimpanan Logo.mermbuat kop surat dengan kepala surat 2

Setelah berhasil, untuk memudahkan mengatur posisi logo maka klik kanan logo dan pilih Text Wrapping – pilih IN Front of Text.

  1. Langkah selanjutnya membuat garis sebagai pembatas. Letakkan kursor pada bagian bawah teks kepala surat. Klik Home – Klik Horizontal LineFormat Horizontal Line – pilih warna dan jenis garis. Jika sudah selesai klik OK.mermbuat kop surat dengan garis
  2. Hasil cara membuat kop surat menggunakan Microsoft Word

membuat kop surat

Contoh Kop Surat

Contoh Kop Surat Perusahaan

contoh kop surat perusahaan

contoh kop surat perusahaan 1Pada umumnya surat resmi yang dikeluarkan setiap perusahaan memiliki format yang sama. Untuk kepala surat pada perusahaan, wajib cantumkan logo sebagai identitas dan agar perusahaan terlihat profesional. Sementara untuk website, jika tidak ada pun tidak masalah.

Contoh Kop Surat Yayasan

contoh kop surat yayasan 1Kepala surat sangat penting untuk menunjukkan identitas dan informasi yayasan sebagai pihak yang mengeluarkan surat resmi. Pada kop surat yayasan lebih menitikberatkan informasi pada kop surat.

contoh kop surat yayasan 2

Pastikan anda menulis informasi dan identitas yang lengkap dan jelas mengenai yayasan tersebut. Hal ini bertujuan agar si penerima benar-benar mengetahui dan yakin, mengingat banyaknya yayasan di luar sana.

Contoh Kop Surat Pemerintahan

contoh kop surat pemerintahan 2

contoh kop surat pemerintahan 3Kop surat pada surat resmi yang dikeluarkan pemerintahan/instansi sudah menjadi hal umum. Format semua kop surat pun sama,hanya saja logo dari tiap instansi berbeda.

Contoh Kop Surat Universitas / Sekolah

contoh kop surat sekolah

contoh kop surat sekolah 2

contoh kop surat universitasUniversitas dan sekolah merupakan badan resmi untuk menempuh pendidikan, tentu penggunaan surat resmi juga sangat diwajibkan. Biasanya kop surat antara universitas maupun sekolah sedikit berbeda, namun tetap saja intinya informasi akan pihak yang mengeluarkan surat.

Contoh Kop Surat Lembaga Kursus

contoh kop surat lembaga kursus

contoh kop surat lembaga kursus 1Besar maupun kecil, sebaiknya lembaga kursus selalu menyertakan kop surat pada setiap surat resmi. Selain sebagai identitas, kop surat dapat memberikan kesan yang baik dan profesional dari lembaga kursus tersebut. Formatnya pun tidak berbeda dengan kop surat pada umumnya.

Contoh Kop Surat Lembaga Hukum

contoh kop surat lembaga hukum

contoh kop surat lembaga hukum 1Surat merupakan sebagai alat komunikasi antara lembaga hukum yang sah dan resmi. Sehingga sebauh lembaga hukum sering berkutat dengan hal surat-menyurat. Pada dasarnya kop surat pada lembaga hukum juga tidak jauh berbeda.

Namun pastikan nama lembaga dan informasi lembaga tercantum dengan lengkap.

Contoh Kop Surat Niaga

contoh kop surat koperasiSurat niaga adalah sebuah surat yang dibuat dengan tujuan kepentingan bisnis maupun perdagangan. Seperti halnya surat resmi, surat niaga juga harus tercantum kop surat atau kepala surat.

Kop surat pada surat niaga juga hampir sama dengan surat resmi lainnya.

Contoh Kop Surat Osis / BEM / Organisasi

contoh kop surat organisasi 1

contoh kop surat organisasiPenting sekali surat resmi bagi sebuah BEM/Osis maupun organisasi lainnya. Dengan surat resmi yang baik, akan membuat citra dan nama baik organisasi tersebut semakin baik. Pastikan gunakan bahasa resmi dan logo yang baik serta sopan.

Fungsi Kop Surat

Beberapa fungsi dari kop / kelapa surat antara lain :

  • Sebagai Identitas

Pada bagian kop surat selalu menampilkan identitas resmi dan lengkap dari instansi atau lembaga yang mengeluarkan kop surat tersebut.

  • Kesan yang Baik

Dengan memiliki kop surat maka instansi atau lembaga terkait akan meninggalkan kesan yang baik bagi penerima surat. Selain itu intansi tersebut terlihat kredibel dan profesional.  Kesan yang baik merupakan salah satu modal dalam keberhasilan.

  • Media Promosi

Setiap surat resmi dengan kop surat yang telah keluar secara tidak langsung telah mempromosikan instansi/lembaga tersebut secara cuma-cuma. Dengan identitas lengkap instansi, maka yang membaca surat bahkan orang-orang yang mengenal si penerima surat secara tidak langsung akan mengetahui instansi tersebut.

Baca juga : Contoh Invoice/Faktur Lengkap.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.