Kumpulan Contoh – Contoh Pidato Tentang Disiplin

Contoh Pidato tentang Disiplin– Secara umum pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan banyak orang yang menyaksikan dengan tujuan menyampaikan sebuah ide atau gagasan yang lebih menuju ke arah motivasi untuk menjadi lebih baik. Meskipun pidato hanya disampaikan berupa kata-kata, tetapi dalam menyampaikannya tetap harus memperhatikan ekspresi wajah, intonasi suara, serta tingkah laku yang baik.

contoh pidato tentang disiplin

Sumber : Inc.com

Sebuah pidato yang baik dapat memberikan kesan yang positif bagi orang-orang yang menyaksikannya. Pidato memiliki berbagai tema ditinjau dari sisi ide penyampaian. Beberapa diantaranya ialah, pidato tentang disiplin, kebersihan , politik dan sebagainya.

Pada artikel ini, mari kita belajar bersama contoh pidato tentang disiplin. Bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi terkait contoh pidato tentang disiplin , tersedia banyak di sini.

Daftar Isi

Tujuan Pidato

contoh pidato tentang disiplin

Sumber : d7toastmasters.org

Berikut tujuan pidato yaitu :

  1. Pidato digunakan untuk memberikan suatu pemahaman maupun informasi terhadap orang banyak yang menyaksikan.
  2. Pidato digunakan untuk meyakinkan pendengar atau bisa disebut argumentative.
  3. Pidato juga bisa digunakan sebagai memberikan hiburan bagi orang lain.
  4. Pidato digunakan untuk memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia mengikuti dan melaksanakan sesuai dengan isi pidato atau bisa disebut persuasive

Contoh Pidato tentang Disiplin 1

contoh pidato tentang disiplin

Sumber : Entepreneur.com

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh,,,

Salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 10 Kediri

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru dan Staff sekolah

Serta anak-anakku sekalian yang saya sayangi

Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia yang Dia berikan kepada kita semua. Sehingga kita dapat kembali berkumpul di lapangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tidak lupa, shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan pada Nabi Besar Muhammad SAW.

Terima kasih kepada Bapak Made selaku Kepala Sekolah SMAN 10 Kediri yang telah mengizinkan saya untuk berpidato. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato dengan tema “ Disiplin di Sekolah”.

Hadirin yang berbahagia,

Disiplin merupakan suatu ketaatan dan kepatuhan seseorang terhadap nilai-nilai yang dipercaya, termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

Mengapa kita perlu disiplin ?

Tidak ada seorang ilmuwan yang selalu belajar , belajar dan membaca setiap hari. Tidak ada seorang pemain bola yang hebat jika tidak berlatih keras dengan disiplin setiap hari. Karena dengan disiplin , seseorang dapat menjadi ahli.

Orang yang hidupnya teratur, pasti lebih memiliki prestasi dibanding dengan yang tidak teratur. Karena dengan berdisiplin mereka akan tahu dan mengerti, apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Karena itu, pentingnya disiplin maka kita harus melaksanakannya di setiap tempat dimana kita berada, salah satunya yaitu di Sekolah.

Hadirin yang berbahagia,

Disiplin di sekolah sangat penting bagi siswa maupun guru, karena sekolah merupakan tempat untuk membentuk dan membangun karakter sehingga mereka dapat menjadi individu yang sukses.

Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah, terciptalah tata tertib yang mengatur segala sesuatu tindakan yang dilakukan siswa siswi di sekolah. Isi tata tertib itu bisa berupa hak dan kewajiban siswa, larangan, dan sanksi-sanksi yang wajib ditaati oleh semua siswa.

Meskipun tata tertib ini sudah dibuat tetapi tetap saja ada siswa yang melanggar. Ini permasalahan yang sering terjadi dan cukup parah, karena sudah menunjukkan bahwa didalam diri siswa sudah tidak ada lagi keinginan untuk menjadi orang yang disiplin.

Kalau seorang siswa tidak bisa berdisiplin di sekolah, bagaimana nanti dia akan bisa berdisiplin di masyarakat dan juga di dunia kerja. Apabila siswa tidak ada keinginan untuk berdisiplin sudah bisa dipastikan bahwa masa depannya akan suram.

Hadirin yang berbahagia,,

Untuk meminimalisir hal tersebut, saya memiliki beberapa cara atau tips yang bisa kita terapkan untuk selalu berdisiplin :

  1. Belajar menepati waktu

Biasakan kita tepat waktu, untuk belajar di sekolah maupun di rumah. Rencanakan dan Jadwalkan segala kegiatan yang kalian lakukan. Sehingga ini melatih kita untuk selalu tepat waktu.

  1. Mematuhi peraturan yang ada

Tata tertib yang ada di sekolah maupun di lingkungan rumah, wajib kita patuhi dan laksanakan. Karena sejatinya tata tertib itu ada demi untuk kebaikan semua bersama. Jika tata tertib kalian langgar, pasti kalian akan mendapat konsekuensi atau hukuman.

  1. Belajar menepati janji

Belajarlah untuk selalu menepati janji yang kita ucapkan kepada seseorang. Menepati janji dalam segala hal berarti melatih diri untuk menjadi orang yang disiplin. Kita pun menjadi orang yang dipercaya.

Dari pidato yang telah saya sampaikan, dapat kita simpulkan bersama bahwa sikap disiplin itu sangatlah penting karena menjadikan kita individu yang lebih baik. Kedisiplinan ini harus kita biasakan di berbagai tempat termasuk sekolah.

Harapan saya dari pidato ini kedepannya agar seluruh siswa ataupun guru, untuk selalu meningkatkan sikap disiplin mereka dan jangan terpengaruh dengan ajakan orang lain untuk berbuat salah.

Bagi semua siswa dan guru yang telah bersikap disiplin dan melaksanakan semua tata tertib, dapat dipertahankan.

Baiklah, demikian pidato dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih banyak atas perhatian anda. Saya juga meminta maaf sebesar-besarnya, bila terdapat salah kata maupun perbuatan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato tentang Disiplin 2

contoh pidato tentang disiplin

Sumber : sman1-cineam.sch.id

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh,,,

Salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 10 Kediri

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru dan Staff sekolah

Serta anak-anakku sekalian yang saya sayangi

Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia yang Dia berikan kepada kita semua. Sehingga kita dapat kembali berkumpul di lapangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tidak lupa, shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan pada Nabi Besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato bertemakan kedisiplinan, agar kita dapat menjadi individu yang lebih disiplin lagi dalam kehidupan sehari-hari.

Hadirin yang berbahagia,

Sikap disiplin merupakan salah satu kunci yang dapat mengantarkan kita pada titik keberhasilan dan kesuksesan di dalam hidup ini.

Seperti yang disampaikan oleh Paul J. Meyer di dalam bukunya yang berjudul 24 KUNCI SUKSES, yaitu “ Disiplin merupakan suatu keharusan yang kita miliki dalam hidup ini, sebab apabila anda tidak memiliki sikap disiplin, maka anda tidak akan mendapatkan apa-apa di dunia ini.

Namun sayangnya, sekarang ini sangat banyak sekali orang yang menganggap disiplin  adalah suatu hal yang  sulit untuk dilaksanakan. Mereka telah dipenuhi rasa malas dan kebodohan. Orang yang seperti ini biasanya beranggapan bahwa yang terpenting hidup senang seperti air yang mengalir.

Sesungguhnya hal seperti itulah yang bisa menjadi hambatan untuk menumbuhkan kedisiplinan dalam kehidupan kita sehari-hari. Padahal, kenyataannya semua aspek kehidupan di dunia ini memerlukan sikap disiplin.

Hadirin yang berbahagia,,

Sebagai seorang siswa, sikap disiplin sangat wajib dimiliki, karena di sekolah akan diterapkan berbagai macam peraturan dan tata tertib. Peraturan-peraturan tersebut dibuat untuk kebaikan semua dan harus dipatuhi oleh setiap siswa.

Kepatuhan dan ketaatan mereka terhadap berbagai macam peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut disebut dengan sikap kedisiplinan siswa. Maka dari itu, kita semua harus mematuhi peraturan-peraturan yang ada di sekolah, seperti masuk dengan tepat waktu, berpakaian dengan baik dan benar dan sebagainya.

Selain itu, kita harus melatih dan menanamkan sikap disiplin pada diri kita sendiri untuk membantu agar tetap di jalan menuju kesuksesan.  Sebagaimana tugas seorang siswa sebagai pelajar adalah belajar, maka kita harus belajar dengan giat agar kita dapat menjadi orang yang sukses dan berguna kelak.

Hadirin yang berbahagia,

Meskipun sikap disiplin sangat sulit untuk dibiasakan, bahwasanya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menanamkan sikap kedisiplinan, diantaranya adalah :

  1. Memprioritaskan sesuatu

Ketika kita memprioritaskan sebuah pekerjaan, maka sikap disiplin tersebut akan muncul di dalam diri kita dengan sendirinya. Sebaiknya kita merencanakan dan menyusun hal-hal yang kita anggap penting dan utama. Tetapi jangan pula menyepelekan hal-hal yang remeh dan kecil.

  1. Kesadaran Hati dan Diri

Selalu intropeksi dan ingat pada diri sendiri, apakah kita sudah menerapkan perilaku disiplin di dalam hidup kita. Jika kita sudah merasa cukup, maka bisa kita tingkatkan. Namun, jika salama ini kita kurang disiplin, maka kita harus menanamkan kesadaran hati di dalam diri kita dan berubah untuk mengambil langkah sikap kedisiplinan.

  1. Komitmen

Sudah seharusnya kita dapat memutuskan mana yang baik bagi kehidupan kita, maka yang kita butuhkan adalah sebuah komitmen. Penting sekali bagi kita untuk membangun sikap komitmen agar disiplin yang telah kita tanamkan tidak akan hilang begitu saja.

  1. Membiasakan Diri

Jika kita sudah membiasakan diri untuk selalu berperilaku disiplin, maka lama-kelamaan dengan seringnya kita berdisiplin kita akan menjadi orang yang benar-benar disiplin. Hal ini dikarenakan sesuatu hal yang dilakukan secara terus menerus dan teratur tanpa kita sadari akan menjadi kebiasaan.

Maka dari itu, jadikan kedisiplinan sebagai sebuah kebiasaan.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, marilah kita semua membiasakan hidup disiplin agar kita semua dapat meraih kesuksesan di dunia ini.

Terimakasih atas perhatiannya. Mohon maaf jika saya ada salah kata dan perbuatan.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga contoh pidato bahasa jawa lengkap berbagai tema di cakmaman.com

Pidato-pidato di atas adalah contoh pidato tentang disiplin. Semoga contoh pidato tentang disiplin di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua dan memudahkan kalian dalam berpidato.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.