Tak Berkategori

6 Tips dan Design Ruang Tamu Kecil yang Menawan

Ruang yang terbatas menjadi masalah utama bagi sebagian besar masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Mungkin salah satunya adalah anda. Anda dihadapkan...

Written by dawan setiawan · 1 min read >
design ruang tamu minimalis

Ruang yang terbatas menjadi masalah utama bagi sebagian besar masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Mungkin salah satunya adalah anda. Anda dihadapkan menciptakan sebuah ruang tamu yang layak dari ruang tamu yang kecil. Dengan design yang kreatif anda dapat membuat ruang tamu kecil yang nyaman dan seperti yang anda idamkan.

Design Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu menjadi wajah dari sebuah rumah. Karena di tempat inilah tamu akan singgah untuk pertama kalinya. Ruang tamu yang nyaman tentu akan  memberikan kesan baik bagi setiap tamu yang datang.

Ruang tamu sendiri tidak harus selalu luas. Ruang tamu kecil atau mini juga dapat anda jadikan lebih indah dengan design ruang tamu minimalis yang sederhana. Dengan gaya dan konsep yang tepat akan membuat ruang tamu kecil anda memberikan kesan tak terlupakan.

Berikut adalah beberapa tips bagi anda yang ingin memiliki ruang tamu istimewa dan mengundang dengan ruang yang minimal.

1 . Ruang Tanpa Batas

design ruang tamu kecilBerdasarkan dari beberapa survey  bahwa ruang tamu yang kecil akan terasa sempit jika terdapat banyak pembatas seperti tembok atau lemari berukuran besar.

Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan menggunakan design open lay out.  Pada ruang tamu yang terbatas, anda bisa membuka dinding pembatas sehingga ruang-ruang di sekitarnya dapat menyatu. Sehingga ruang tamu ini bisa terdiri dari gabungan antara ruang tamu, ruang makan maupun dapur.

2. Pilih Furniture Tepat

ruang tamu kecilFurniture merupakan point utama yang wajib anda perhatikan.

Anda dapat memanfaatkan perabotan built-in sebagai solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruang tamu yang terbatas. Pastikan anda menyesuaikan masing-masing furniture dan menambahkan satu atau dua elemen untuk memaksimalkan penggunaannya.

Salah satu contohnya yakni tempat penyimpanan multifungsi yang terdapat di bawah sofa built in.

  • Gunakan Dua Bangku

mengatur ruang tamu miniAnda bisa menggantikan meja besar di tengah ruangan dengan dua bangku kecil yang digabungkan dan membentuk sebuah meja unik. Selain digunakan sebagai meja, anda dapat memanfaatkan meja kecil sebagai tempat duduh tambahan.

  • Letakkan Dua Meja Kecil

ide ruang tamu kecilAnda dapat memanfaatkan dua buah meja kecil yang memiliki efek sama dan bisa menghemat ruang. Selain itu, gunakan juga meja tembus pandang atau meja kaca yang dapat menciptakan ilusi ruangan yang terasa lebih luas.

3. Berikan Lukisan Berwarna Cerah

Menempatkan lukisan di ruang tamu juga dapat memberikan dampak ilusi ruangan yang lebih luas.

4. Cahaya Alami

ide ruang tamu minimalisGunakan sinar cahaya matahari  untuk membuat ruangan lebih cerah.

Sebuah ruangan yang terkena cahaya alami terlihat lebih terbuka dan bisa menghilangkan bayang-bayang yang dapat membuat daerah tertutup tampak lebih kecil.

5. Pilihan Warna yang Tepat

Penggunaan warna terang dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk ruang tamu anda yang kecil.

Warna-warna netral seperti putih atau krem dapat menghilangkan kesan sempit pasa sebuah ruangan yang kecil. Sebaliknya, hindari penggunaan warna gelap seperti hitam atau biru tua.

Selain itu berikan warna cat yang sama antara lis dan dinding agar menarik perhatian.

6. Gunakan Cermin

konsep ruang tamu minimalisTak banyak orang tahu bahwa pemberian cermin pada sebuah ruangan akan menghadirkan kesan luas dan lapang, khususnya pada ruangan yang berukuran kecil.

Namun yang paling penting dan harus anda perhatikan adalah penempatan yang tepat dan terbaik.

Yang terakhir adalah anda harus pintar mengatur posisi perabotan dan semua aksesoris. Jangan jadikan ruang tamu anda terlihat berantakan dan sesak karena terlalu banyak peraboran.

Ruang tamu yang miinimalis dan rapi serta terang menjadi kunci bagaimana cara menata ruang tamu kecil agar terlihat luas, lapang dan yang pasti nyaman.

Selain inspirasi di atas, anda juga bisa mencari berbagai ide design seperti minimalist living room hingga home di avantela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.