Download Suara Burung Cendet: Asli, Betina, Juara & Jawa Timur MP3

Download Suara Burung Cendet- Burung cendet, burung predator yang manja dan memiliki nama berbeda-beda disetiap daerah. Bagi pecinta cendet, burung ini terkenal super cerdas dalam hal menirukan ratusan suara dan menyanyikannya dengan bagus dan indah. Untuk anda yang mencari masteran burung cendet, kami membagikan kumpulan suara burung cendet lengkap dari Betina, Asli, JawaTimur hingga juara dalam bentuk MP3 yang bisa anda unduh secara mudah.

Selain itu, anda juga harus bagaimana cara  merawat burung cendet  dengan benar dan baik agar burung anda selalu sehat bahkan gacor.

Burung Cendet

suara burung cendetBurung Cendet merupakan jenis burung petarung yang mahir dalam menirukan suara jenis burung lain. Burung predator ini juga merupakan burung cerdas dari keluarga Turdidae yang memiliki suara variasi yang sangat baik.

Burung ini memiliki nama yang bervariasi, banyak yang memanggil burung ini burung pentet, ada juga yang menyebutnya burung betet, maupun burung toet seperti bunyi yang dihasilkan. Bagi pecinta burung yang pemula pasti sangat asing dengan burung ini, mengingat burung ini sangat jarang ada yang memelihara, dan kepopulerannya tidak seperti burung kicau lain.

Karakter Burung Cendet/Pentet

download saura burung cendet

  • Ganas, burung pentet ini akan sangat agresif bila merasa kelaparan.
  • Petarung yang memiliki teritorial, jika melihat dan mendengar suara burung lain dalam teritorialnya, maka dengan gagahnya burung ini akan menyahut lebih keras.
  • Birahi mudah naik. Burung ini memiliki tingkat kenaikan birahi yang sangat mudah. Biasanya disebabkan oleh ektra food yang over, penjemuran yang berlebih, atau bisa juga melihat burung cendet lain.
  • Mudah jinak. Burung yang juga dijuluki betet ini mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga burung ini sangat mudah jinak kepada manusia.

Download Suara Burung Cendet Betina, Asli, Jawa Timur dan Juara MP3

cara merawat burung cendet gacorBerikut kumpulan suara burung cendet dengan beragam isian dan berkualitas jernih dari Betina, Asli, Jawa Timur dan Juara yang bisa anda unduh secara mudah dan cepat.

Download Suara Burung Cendet Betina MP3

Suara Burung Cendet Betina 1

Suara Burung Cendet Betina Pikat Panjang

Download Suara Burung Cendet Asli MP3

Burung Cendet  Asli 

Burung Cendet Asli Hutan

Download Suara Burung Cendet Juara MP3

Suara Burung Cendet Juara

Download Suara Burung Cendet Juara Internasional

Download Suara Burung Cendet Jawa Timur MP3

Download Suara Burung Cendet Jawa Timur 1

Suara Burung Cendet Jawa Timur 2

Suara Burung Cendet Madura

Download Suara Burung Cendet Masteran & Gacor MP3

Download Gacor

Download Tembakan

Download Masteran

Dalam melakukan pemasteran, sebenarnya anda tidak perlu harus menunggu burung berkicau dalam keadaan masa mabung atau berganti bulu. Burung yang berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan performance yang bagus pun juga bisa dilakukan pemasteran.

Salah satu kunci keberhasilan dalam memaster burung cendet ialah memaster dengan suara-suara master yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan anda master. Yang tidak kalah penting lagi, selalu rutin memperdengarkan suara-suara master tersebut secara berkala kepada burung cendet tersebut. Agar irama lagu yang sudah tersimpan tidak hilang dan menjadi rusak.

Jenis Burung Cendet

Burung predator yang satu ini mempunyai banyak jenisnya, yang membedakan mulai dari ukuran, pola warna dan daerah asal mulanya. Dan diantara berbagai jenis burung cendet,  jenis yang paling populer di Indonesia yaitu :

  1. Burung Cendet Coklat

burung pentet coklatCendet coklat merupakan jenis burung kicau yang mempunyai tubuh berukuran sedang dan karakter burung ini mirip dengan burung cendet pada umumnya. Spesies burung ini sebenarnya bukan asli dari Indonesia. Burung ini merupakan salah satu burung migran dari negara Asia Timur dan hanya mampir di Indonesia menjelang musim dingin. Yakni antara bulan Agustus sampai dengan September, dan tinggal selama beberapa bulan.

Ciri-ciri burung cendet coklat :

  • Panjang tubuh sekitar 17 – 20 cm
  • Beratnya mencapai 27 – 34 gram
  • Warna bulu mayoritas coklat
  • Pada alis dan dahi berwarna putih
  • Terdapat strip berwarna hitam besar pada bagian mata
  1. Burung Cendet Blangkon

burung cendet blangkonBurung cendet blangkon juga sering dijuluki dengan burung cendet gondrong dan cendet ngupluk karena begitu identik dengan madura. Para pecinta burung kicau percaya bahwa cendet blangkon merupakan burung cendet terbaik. Dengan kepala warna hitam yang mirip dengan blangkon menjadikan burung ini seakan tampil garang dan seram.

Ciri-ciri burung cendet blangkon :

  • Bagian kepala dipenuhi dengan warna hitam gelap seperti blangkon
  • Terlihat lebih gagah dan garang
  • Warna bulu yang kontras antara warna hitam, putih dan sedikit coklat
  • Memiliki ukuran tubuh yang ramping dan proporsional dengan ekor yang tampang pajang.
  1. Burung Cendet Macan

burung cendet lorengBurung cendet macam memiliki motif bulu yang agak berbeda dari jenis burung cendet lainnya. Burung ini mendiami daerah hutan-hutan dengan pepohonan rindang serta area pertanian yang ada di dataran rendah. Burung ini juga berasal dari kawasam Siberia dan Asia Timur yang akan bermigrasi menuju negara Asia Tenggara ketika akan memasuki musim dingin tiba.

Ciri-ciri burung cendet macan :

  • Motif bulunya belang-belang mirip seperti macan
  • Ukuran tubuhnya mungil yakni sekitar 14 cm
  • Terdapat strip warna hitam pada bagian mata
  • Memiliki paru-paru pendek berwarna hitam
  • Kakinya pendek dan berwarna abu-abu
  1. Burung Cendet Kembang

burung cendet kembangBurung cendet kembang juga sering disebut dengan Cica Matahari, karena bentuk kedua fisik burung ini hampir sama. Burung ini memiliki keindahan dari segi fisik dan juga kualitas suara. Di Indonesia sendiri, cendet kembang salah satu jenis burung endemik yang langka dan jarang dijumpai. Bahkan bisa dibilang burung ini terancam punak keberadaannya.

Ciri-ciri burung cendet kembang :

  • Memiliki sayap yang berwarna coklat tua
  • Motif pada punggung cendet kembang terdapat sedikit garis
  • Pada bagian iris mata terdapat warna merah yang menyala

Burung ini hidup berpasang-pasangan dan berkelompok di hutan lebat.

Cara Merawat Burung Cendet

Cara merawat burung cendet/pentet  sebenarnya bisa dibilang gampang jika anda sudah benar-benar tahu seluk beluk burung cendet. Jika pemeliharaan burung ini dilakukan dengan benar dan baik maka dijamin burung penter akan gacor. Bila anda telaten dan rajin dalam merawat burung anda dengan benar, cendet kesayangan aku berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.

  1. Makanan Terbaik

Burung cendet membutuhkan banyak  nutrisi agar kesehatannya selalu terjaga dan kondisinya prima. Burung yang sehat pasti akan aktif dan lincah untuk terus mengeluarkan suara. Anda harus memberikan makanan yang berkualitas secara teratur untuk membuat burung cendet anda rajin gacor yang sehat.

Voer, pilih makanan jenis voer dengan kadar protein yang sedang sekitar 12%-18%. Belum tentu voer yang memiliki kandungan protein tinggi dan mahal cocok dengan sistem metabolisme burung cendet anda. Selalu ganti voer setiap hari secara rutin.

Selain voer, ektra food juga wajib diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung cendet. Extra food bisa berupa jangkrik, orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, belalang dan sebagainya. Dalam memberikan ektra food ini juga harus anda sesuaikan dengan karakter dan kebutuhan setiap burung cendet.

  1. Kandang

Kebersihan kandang sering diabaikan oleh para pemelihara burung kicau. Padahal kebersihan kandang juga berpengaruh terhadap kesehatan burung. Kandang yang kotor akan menjadi sarang bakteri yang berbahaya pada burung.

Anda sebaiknya membersihkan kandang, tempat makan, dan tempat minum secara teratur. Kandang yang bersih, selain membuat burung cendet sehat juga dapat memberikan rasa nyaman sehingga cendet tidak mudah stress. Usahakan anda menempatkan burung cendet pada kandang yang berukuran agak besar.

  1. Memandikan Burung Pentet

Untuk membersihkan badan dan bulu cendet, anda wajib memandikan burung ini setiap harinya. Anda bisa memandikan burung kesayangan ini sekitar jam 08.00 pagi. Bisa di semprot maupun karamba, tergantung pada kebiasaan setiap burung. Cukup sehari sekali, badan cendet bisa terjamin bersih dan sehat.

  1. Menjemur Burung Pentet

Pada umumnya setelah burung ini dimandikan, perawatan selanjutnya ialah menjemur. Menjemur ini dilakukan dengan tujuan agar bulu kering kembali dan burung mendapatkan sinar matahari sebagai vitamin D. Dalam penjemuran  burung cendet, ada waktu tertentu dan tempat yang khusus dan jangan sembarangan.

Anda bisa menjemur burung ini setelah anda mandikan yaitu sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 pagi. Sementara untuk penempatannya, lebih baik anda letakkan di lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya yakni dekat dengan pepohonan rindang.

  1. Memasterkan Burung Pentet

Perawatan yang penting dalam menjadikan burung cendet rajin berbunyi dan gacor yaitu memasterkan burung cendet anda. Anda dapat memasterkan cendet  anda pada burung lain yang memiliki suara indah dan berbeda agar mendapatkan variasi jenis kicauannya. Waktu yang tepat untuk memasterkannya yakni sekitar jam 10.00 – 15.00 siang. Namun yang perlu anda perhatikan saat pemasteran yaitu selalu awasi burung cendet dari gangguan burung lainnya.

  1. Pengasingan Burung Pentet

Pengasingan burung dilakukan untuk menjauhkan atau mengisolasi burung cendet dari jenis burung lainnya. Perawatan ini dilakukan ketika burung cendet anda macet bunyi. Burung cendet yang aktif berkicau dan kemudian berhenti secara tiba-tiba menandakan burung ini merasakan tersaingi dengan burung lain.

Maka dari itu, lebih baik dijauhkan saja dari burung lain untuk menambahkan kepercayaan diri burung cendet tersebut.

  1. Jamu dan Multivitamin

Tidak sedikit pecinta burung memberikan ramuan jamu dan multivitamin untuk membuat cendet lebih lincah bertenaga dan gacor. Pastikan anda memberikan multivitamin atau jamu sesuai dengan kadarnya. Jangan terlalu sering agar tidak mengganggu kesehatannya.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.