Download Suara Burung Ciblek: Betina, Pikat, Sawah & Gacor MP3

Download Suara Burung Ciblek– Ciblek merupakan jenis burung kicauan yang juga digemari oleh pecinta burung kicauan. Burung ini berperawakan imut dan gerakan yang lincah. Untuk anda yang mendambakan burung ciblek kesayangan berkicau indah, di sini kami membagikan kumpulan suara burung ciblek betina untuk pikat, sawah, hingga masteran dalam fie MP3 untuk anda jadikan masteran. Selain pemasteran, anda juga wajib merawat burung  ciblek dengan benar agar menghasilkan ciblek yang berkualitas.

Burung Ciblek

download suara burung ciblekCiblek merupakan burung kecil dengan perawakan mungil yang juga disebut dengan burung prenjak. Burung ciblek atau prenjak ini burung pemakan serangga kecil, ulat dan kroto. Meski bertubuh kecil, burung ini terkenal sebagai fighter (petarung sejati) dengan suara yang kencang, tinggi, ngebren serta nembak yang ngotot. Keunikan burung ini ketika berkicau yaitu mengangkat-angkat ekornya

Pada umumnya ciblek tumbuh maksimal dengan panjang bisa mencapai 13 cm dari ujung paruh hingga ujung ekor. Warna bulu didominasi oleh coklat hijau-zaitun, bulu pada tenggorokkan hingga dada berwarna putih. Sementara bulu pada bagian perut  hingga pantat berwarna kuning pudar, serta pada paha mayoritas abu-abu.

Ciblek juga terkenal sebagai burung yang lincah dan ramai ketika berkicau, habitat burung mungil satu ini mendiami daerah seperti hutan sekunder, hutan bakau, persawahan, taman sampai dengan pohon rindang di permukiman warga.

Burung prenjak ini memiliki ciri khas suara yang cukup jelas terdengar seperti anak ayam. Namun, bila dirawat dengan baik dan benar, prenjak juga bisa bersuara gacor yang dikenal dengan istilah ngebren. Sebagai informasi bahwa ciblek termasuk salah satu jenis burung kicau terbaik di dunia, tak heran jika burung ini menjadi favorit bagi pecinta burung kicau.

Perbedaan ciblek jantan dan ciblek betina

Burung Ciblek Jantan

  • Ciblek Jantan bertubuh besar dibanding ciblek betina
  • Lebih aktif dan lincah ketika berkicau
  • Memiliki ekor yang lebih panjang
  • Memiliki sayap berwarna lebih gelap
  • Kuku pada jari-jari terlihat lebih kusam

Burung Ciblek Betina

  • Ciblek betina memiliki postur tubuh lebih kecil
  • Kurang aktif dalam berkicau
  • Memiliki ekor yang lebih pendek
  • Memiliki sayap berwarna lebih terang
  • Paruh bagian bawah berwarna putih pucat
  • Kuku bagian jari terlihat lebih bersih

Download Suara Burung Ciblek Betina, Pikat, Sawah, Gacor MP3

burung ciblek

omkicau.com

Di bawah ini kumpulan suara burung ciblek betina, pikat , sawah hingga gacor dalam bentuk MP3 yang tepat anda gunakan sebagai pancingan suara serta masteran :

Download Suara Burung Ciblek Betina Pikat MP3

Download 1

Download 2

Download 3

Download Suara Burung Ciblek Jantan Pikat MP3

Download 1

Download 2

Download Suara Burung Ciblek Gacor MP3

Download Suara-Burung-Ciblek-Juara

Download Suara-Burung-Ciblek-Kristal-Gacor

Download Suara-Burung-Ciblek-Kristal-Masteran

Download Suara-Burung-Ciblek-Full-Isian

Download Suara Burung Ciblek Sawah Ngebren MP3

Download 1

Download 2

Jika burung ciblek anda masih malu-malu atau masih belajar berkicau, maka sebaiknya anda pancing dengan suara burung ciblek betina atau sejenis. Namun, jika sudah berkicau dengan sendiri dan tidak membutuhkan pancingan, maka anda dapat melakukan pemasteran dengan suara ciblek ngebren.

Jenis-jenis Burung Ciblek

Beberapa jenis burung ciblek yang paling populer di Indonesia :

  1. Ciblek Sawah/Ciblek Pari

ciblek sawah atau pariBurung ciblek ini sering dijumpai hidup bebas di area sawah, padang rumput, gelagah, paya-paya, dan kebun jagung. Ciri-ciri yang terdapat pada burung ciblek sawah antara lain :

  • Ukuran tubuh bisa mencapai 15 cm
  • Warna bulu tubuh bagian atas berwarna coklat abu-abu buram dan bagian bawah kuning tua sampai merah karat.
  • Warna paruh atas coklat dan paruh bawah merah jambu pucat
  • Alis mata berwarna cenderung putih, iris coklat muda dan kaki berwarna kekuningan.
  1. Ciblek Gunung

ciblek gunungBurung ciblek gunung biasa ditemui di dataran tinggi yaitu perbukitan dan pegunungan. Sebagian pecinta ciblek juga menamainya dengan Cigun atau Ciblek Sumatera. Ciri-ciri pada ciblek gunung yaitu :

  • Hampir seluruh tubuhnya berwarna coklat
  • Bagian pipi berwanr abu-abu dan alis mata berwarna putih
  • Sisi-sisi samping tubuhnya memiliki warna kekuningan
  • Iris mata berwarna coklat kemerahan sementara kaki berwarna merah muda
  • Pada paruh bagian atas cenderung lebih gelap dibanding paruh bagian bawah.
  1. Ciblek Semi/Kebun

ciblek kebun atau semiBurung ciblek kebun memiliki habitat di tempat terbuka atau daerah bersemak seperti di taman, pekarangan, tepi sawah, hutan sekunder hingga hutan bakau. Ciri-ciri burung ciblek kebun yakni :

  • Badan sisi atas berwarna coklat hijau-zaitun
  • Warna pada tenggorokan hingga dada yakni putih sedangkan pada perut hingga pantat kekuningan
  • Sisi samping dada hingga paha berwarna keabu-abuan.
  • Terdapat dua garis putih pada sayap
  • Memiliki ekor yang panjang dengan ujung berwarna hitam dan putih.
  1. Ciblek Tambak

ciblek tambakCiblek Tambak terkenal dengan suara tembakan yang keras atau biasa disebut dengan tembakan ngebrem. Ciri-ciri  burung ciblek tambak yaitu :

  • Warna pada bagian leher hingga perut mayoritas putih, sementara punggung hingga pantat berwarna kuning
  • Ekornya panjang dan memiliki warna kecoklatan
  • Memiliki kaki berwarna merah jambu pucat
  • Pada kepala dan tubuh bagian atas berwarna abu-abu.
  1. Ciblek Putih/Ciblek Kristal

burung ciblek putih atau kristalBurung ciblek putih ini tersebar di pulau Jawa. Habitatnya adalah di hutan, kebun dan alam liar. Ciblek kebun dan ciblek putih memiliki ciri fisik yang hampir sama, sehingga sangat sulit untuk dibedakan. Ciri-ciri burung ciblek kristal antara lain :

  • Warna bagian dada putih dan kepala hitam
  • Ujung ekor berwarna putih
  • Pada tubuh bagian bawah berwarna putih keabu-abuan

Cara Merawat Burung Ciblek Agar Gacor

cara merawat burung ciblek agar gacor

hewanpeliharaan.org

Perawatan burung ciblek atau prenjak bisa dibilang tidak terlalu sulit. Awalnya, perawatan burung ini harus dibedakan antara burung yang dirawat sejak kecil, burung dari penangkaran maupun burung hasil tangkapan di hutan. Namun saat ini, untuk semua burung jenis ini dirawat dengan cara yang sama setiap harinya. Sebelum anda merawat Burung Ciblek, pastikan anda memilih anakan yang berkualitas dan kondisi fisik yang sehat, jika anda membeli di penjual burung. Namun, jika anda mendapatkan burung ciblek dari hasil tangkapan di sawah, kebun maupun hutan, anda harus bekerja lebih ektra untuk membuatnya jinak terlebih dahulu.

Anda sebagai pemelihara burung ciblek, pasti mendambakan untuk memiliki burung ciblek dengan kualitas yang tinggi, yang memiliki gacor yang lantang dan bermental tangguh. Berikut  adalah beberapa cara perawatan burung ciblek agar cepat gacor :

  1. Pakan

pakan burung ciblek

kicaumania.com

Cara merawat yang pertama yakni memberinya pakan yang berkualitas. Rata-rata burung ini menyukai makanan jenis Extra Food, kategori makanan ekstra food antara lain yaitu jangkrik, kroto, ulat hongkong, belalang, voer, susu bubuk, dan sebagainya.

Anda dapat memberikan pakan 2-3 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari. Selain jangkrik, anda juga bisa memberikan ulat hongkong yang dipotong terlebih dahulu dan diberikan pada pagi dan sore hari. Kroto bisa anda berikan setiap 2-3 kali dalam seminggu. Untuk Voer sebagai makanan utama, sebaiknya anda mencampurkannya  dengan susu bubuk dan lalu dilembutkan.

Pemberian pakan yang berkualitas, bertujuan agar burung anda mendapatkan nutrisi dan gizi yang tinggi. Extra food sangat berperan untuk membuat burung ciblek anda menjadi lebih gacor, karena tinggi akan protein hewani dan meningkatkan birahi ciblek.

  1. Kandang

kandang burung ciblekUntuk tempat kandang, usahakan burung berada di lingkungan yang tenang dan kondusif, serta aman dari ancaman berbagai  predator atau burung sejenis lainnya. Hal ini agar burung selalu tenang dan tidak mudah stress. Kebersihan kandang juga harus terjaga. Selalu rawat dan bersihkan kandang secara teratur dan rutin Tempat makan dan minum juga harus anda bersihkan serutin mungkin. Kandang yang bersih dan berada di lingkungan kondusif akan membuat ciblek bermental tangguh dan lincah sehingga akan lebih gacor.

  1. Memandikan

memandikan burung ciblekKebersihan burung ciblek juga sangat penting untuk diperhatikan. Mandikan burung ciblek setiap harinya agar terhindar dari berbagai bakteri. Waktu yang tepat untuk memandikan burung ciblek yaitu pukul 07.00 hingga 10.00 pagi, bila sore pukul 15.00 – 17.00. Dalam memandikan, anda bisa menggunakan semprotan atau wadah yang berisi air. Untuk wadah yang berisi air, anda dapat meletakkan burung pada wadah tersebut dan biarkan burung bermain air dengan sendirinya.

  1. Menjemur

menjemur ciblekPenjemuran juga tak kalah penting dalam perawatan burung ciblek. Penjemuran ini bermaksud untuk menyegarkan dan menghangatkan kembali burung yang telah dimandikan. Selain itu burung anda juga akan lebih rileks dan santai. Waktu yang tepat untuk menjemur burung ciblek yaitu antara jam 07.00 hingga jam 10.00 pagi dan jam 15.00 – 17.00 sore hari. Untuk durasi cukup 1 sampai 2 jam sehari.

  1. Memasterkan

Pemasteran ini sangat penting sekali guna membuat burung ciblek cepat gacor. Untuk membuat burung ciblek mengeluarkan kicauannya, maka diperlukan pancingan dari suara burung betina atau suara burung lain yang memiliki karakter suara yang sama. Jika burung ciblek telah terbiasa untuk berkicau, maka bisa memasterkan dengan suara yang berkualitas yang lebih tinggi agar bisa ditirukan oleh burung anda.

Pemasteran sendiri bisa anda lakukan pada waktu malam hari atau siang hari, biasanya lebih efektif pada malam hari. Anda bisa memanfaatkan suara kicauan dalam bentuk MP3 untuk masteran.

  1. Pengerodongan

Pengerodongan sebenarnya metode yang cukup lama, namun tidak ada salahnya jika anda menerapkan cara ini. Tujuan dari pengerodongan yakni menjadikan burung lebih tenang saat istirahat dan tidak terganggu dengan aktivitas yang dapat mengakibatkan burung tersebut stress. Pengerodongan ini biasanya dilakukan pada waktu malam hari saat akan tidur, atau bisa juga digunakan ketika akan dibawa pergi.

  1. Multivitamin

Untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan burung ciblek dalam berkicau secara maksimal, anda bisa memberikan multivitamin yang berkualitas. Anda  dapat memberikan madu dan air hangat serta ditambah multivitamin khusus burung ciblek. Untuk  waktu pemberian, sebaiknya pada pagi hari saat akan dimandikan, agar multivitamin ini dapat terserap seefektif mungkin.

  1. Pengumbaran

Pengumbaran ini bersifat opsional, jika bersedia anda bisa menerapkannya. Pengumbaran merupakan salah satu olahraga fisik yang dilakukan pada burung. Letakkan burung ciblek pada sebuah kandang yang lebih besar, sehingga burung dapat berterbangan kesana kemari. Dengan pengumbaran dapat membuat ciblek lebih prima dan fit.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.