Download Suara Burung Masteran Cililin: Coklat, Asli, Jernih, Juara MP3

Download Suara Burung Cililin– Burung Cililin merupakan salah satu burung yang menjadi favorit masteran untuk burung kicau lain karena suara tembakan yang cukup panjang dan melengking. Tidak heran jika banyak sekali pecinta burung yang mencari burung ini untuk pemasteran. Bagi anda yang menginginkan suara burung ini tak perlu khawatir, kami menyediakan kumpulan suara burung cililin dari Coklat, Asli, yang jernih hingga Juara dalam file MP3 dan dapat anda unduh dengan mudah.

Perawatan burung cililin yang tepat dan benar sangat penting sekali untuk anda perhatikan agar burung cililin anda selalu sehat dan berkualitas.

Burung Cililin

suara burung cililin Burung cililin merupakan salah satu burung yang mempunyai variasi suara rapat, tajam, serta volume suara yang sangat kencang. Burung ini terdiri dari dua jenis, yakni burung cicilin coklat dan burung cililin hitam. Ciri ciri fisik burung ini, memiliki ukuran postur tubuh yang besar dibanding burung kicau lain, terdapat jambul pada kepalanya, tengkuknya berwarna putih kombinasi hitam dan ekor yang panjang.

Cililin lebih dikenal sebagai burung masteran, karena biasanya burung ini lebih banyak dipelihara sebagai master/guru vokal untuk burung lain seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo dan burung-burung lain yang biasanya dilombakan.

Burung ini termasuk jenis burung yang cepat naik darah, karena burung ini tidak suka akan keberadaan burung lain disekitarnya yang bersuara keras. Bila dia menjumpai burung lain yang bersuara keras, maka cililin akan menyahuti dengan suara yang lebih keras. Habitat asli burung ini yaitu di dalam hutan atau pegunungan yang rimbun dan sejuk.

Download Suara Burung Cililin Asli, Jernih, Juara hingga Coklat MP3

download suara burung cililinSuara burung cililin termasuk suara masteran terbaik untuk burung-burung lomba, meski tidak semua pecinta burung menggunakan burung ini sebagai masteran karena harganya yang cukup mahal. Suara tembakan burung cililin yang panjang dan melengking sangat terdengar indah bila dibawakan oleh burung lain saat diajang perlombaan.

Di bawah ini kumpulan suara burung cililin asli dari coklat dan hitam, jernih hingga juara nasional dalam bentuk MP3 yang berkualitas baik dan cocok sekali bila anda manfaatkan sebagai pemasteran burung kesayangan anda di rumah.

Download Suara Burung Cililin Asli MP3

Suara Burung Cililin Asli Hutan 1

Suara Burung Cililin Asli Hutan 2

Suara Cililin Durasi Panjang

Download Suara Burung Cililin Coklat & Hitam Asli MP3

Suara Burung Cililin Coklat Asli

Suara Burung Cililin Hitam Asli

Suara Tembakan Coklat

Download Suara Burung Cililin Juara & Full Isian MP3

Suara Burung Cililin Juara

Suara Burung Cililin Full Isian

Suara Burung Cililin Ngerol Panjang

Download Suara Burung Cililin Jernih MP3

Suara Burung Cililin Jernih

Suara Cililin dan Gemercik Air 1

 

Jenis-Jenis Burung Cililin

Di Indonesia, terdapat 2 jenis burung cililin yang sering dijumpai, di antaranya :

Burung Cililin Coklat

burung cililin coklatBurung cililin coklat penyebarannya di luar Pulau Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan dan Sumbawa. Burung cililin jenis ini seringkali digunakan sebagai salah satu burung masteran bagi burung kicau lain. Hal ini karena burung ini memiliki kualitas suara yang bisa ngeroll panjang, suara kristal dan nyaring. Burung ini juga rajin dalam berkicau dan memiliki mental yang lebih kuat. Untuk harganya sendiri, harga burung cililin jenis ini bisa dibilang mahal.

Burung Cililin Hitam

burung cililin hitamBurung ciliin hitam ini berasal dari Pulau Jawa. Burung ini memiliki kualitas suara cenderung agak pendek serta sedikit kasar, bahkan bisa dibilang kurang rajin untuk berbunyi. Berbeda dengan burung cililin coklat, burung ini bermental tubuh rendah dan jarang sekali orang yang memeliharanya. Untuk harga, burung ini lebih murah dibanding cililin coklat.

Cara Merawat Burung Cililin

Sebagai seekor burung masteran, perawatan burung ini termasuk cukup susah dan rawan mati bila tidak dirawat dengan tepat. Burung ini termasuk jenis burung yang sangat sensitif terkait dengan mental dan tingkat stress. Hal inilah yang membuat para pecinta burung kicau berpikir dua kali untuk memelihara burung ini.

Akan tetapi, sebenarnya perawatan burung cililin tidak jauh berbeda dengan burung-burung kicau lain, asalkan anda benar-benar memahami karakter dan kemauannya. Bagi anda yang mungkin baru pertama kali merawat burung cililin,mungkin sedikit kesulitan mengingat burung ini gampang stress, harus ektra hati-hati dalam setiap perawatannya.

Berikut ini cara merawat burung cililin untuk harian yang baik dan benar dan bisa membuat burung cililin anda rajin berkicau.

  1. Pemberian Pakan

makanan burung cililinPakan burung ini sangat bervariasi. Berikan pakan yang cukup gizi, serasi dan seimbang. Pakan yang seimbang yaitu pakan yang memiliki kecukupan gizi, mulai dari energi metabolisme (EM), protein, karbohidrat, lemak, serat, serta aneka mineral dan vitamin. Pakan dengan kandungan protein tinggi sangat diperlukan cililin, namun dalam pemberiannya dalam batasan tertentu.

Jika kadar protein yang diberikan berlebihan, cililin pasti akan mengalami overbirahi yang malah membuatnya jarang berbunyi. Sementara dalam pemberian voer, hindari juga burung dari kekenyangan maupun kekurangan. Bila kekurangan biasanya cililin akan mudah stress.

Anda bisa memberikan voer pada pagi hari, selanjutnya bisa anda tambahi dengan jangkrik sebagai ektra fooding setiap pagi dan sore hari sebanyak 3-4 ekor. Alangkah baiknya dalam tiga kali seminggu diberikan kroto segar sebanyak satu sendok makan, namun bila burung cililin tidak menyukai bisa anda ganti dengan ulat hongkong yang dipotong terlebih dahulu pada bagian kepalanya sekitar 15 ekor.

  1. Kandang

kandang burung cililinTempat tinggal burung harus terawat dan bersih agar kesehatan burung selalu terjaga. Pastikan anda membersihkan sangkar, tempat minum maupun tempat makan secara rutin dan berkala , jangan tunggu sampat kotoran menumpuk dan mengundang berbagai bakteri. Penempatan kandang burung cililin sendiri kalau bisa jangan di posisi angin masuk, misalnya lurus dengan pintu atau jendela, karena hal ini tidak membuat cililin nyaman. Anda bisa menempatkan di salah satu sudut ruangan.

  1. Pengembunan atau Diangin-anginkan

Pengembunan atau mengangin-anginkan, sangat baik bagi kesehatan burung cililin. Pada umumnya pengembunan dilakukan antara pukul 05.00 – pagi sampai 06.00, Untuk durasi maksimal sekitar 30 menit. Pengembunan ini dilakukan sebelum anda memandikan cililin agar burung menghirup udara segar, fresh dan menikmati suasana pagi yang bisa memancingnya berkicau.

  1. Pemandian Burung

burung cililin mandiMemandikan burung merupakan hal yang wajib dalam perawatan burung cililin. Anda bisa memandikan cililin dengan disemprot menggunakan spray atau mandu keramba. Waktu yang tepat untuk memandikan yaitu sekitar jam 7 pagi atau setelah anda mengangin-anginkan. Mandi rutin juga membuat tubuh burung cililin tetap stabil.

Alangkah baiknya, anda juga memandikan burung cililin di sore hari sekitar pukul 3 sore. Setelah memandikan, letakkan cililin pada tempat yang teduh untuk mengeringkan bulu-bulunya. Anda juga dapat memberikan beberapa ekor jangkrik ketika diangin-anginkan. Ketika burung cililin anda dalam masa mabung, sebaiknya jangan dimandikan untuk sementara waktu.

  1. Penjemuran Burung

menjemur burung cillilinBiasanya setelah diangin-anginkan, burung ini dapat anda jemur. Menjemur cililin sangat penting, karena dapat meningkatkan birahi dan membasmi kutu-kutu yang bersarang pada bulu cililin. Penjemuran baik dilakukan sebelum jam 11 siang, atau baiknya maksimal jam 10 siang. Namun yang harus digarisbawahi dalam menjemur yakni tak boleh berlama-lama dengan suhu panas.

Anda bisa menjemur cililin dengan durasi waktu 15 – 30 menit saja. Burung ini sangat tidak menyukai suhu yang panas. Menjemur terlalu lama bisa mengakibatkan cililin stress dan bahkan kematian. Sementara untuk masa mabung, penjemuran dapat sedikit ditingkatkan menjadi sekitar 40 menit untuk mempercepat masa mabungnya.

Setelah selesai, anda bisa menggantang cililin di tempat yang sejuk dan berikan kroto segar. Pastikan anda meletakkan di tempat yang dekat dengan suara gemercik air agar burung merasa nyaman dan terpancing untuk berkicau.

  1. Multivitamin

Pemberian multivitamin juga penting untuk selalu menjaga kekebalan tubuh dan membuat stamina selalu prima. Anda bisa memberikan vitamin dengan mencampurnya pada minuman burung cililin tersebut. Berikan secukupnya, bisa 2 sampa 3 kali dalam seminggu. Ingat, yang anda berikan adalah vitamin, bukan doping penggacor cililin.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.