Download Suara Burung Kacer:Juara, Isian, Betina MP3 & Cara Perawatannya

Download suara burung kacer MP3– Bagi para pecinta burung kacer pasti ingin sekali memiliki kacer peliharaan yang bersuara gacor dan dapat menjuarai disetiap kontes maupun perlombaan. Nah, di sini kami akan membagikan informasi bagaimana cara perawatan agar menghasilkan burung kacer yang gacor. Selain itu anda juga dapat mendownload secara cuma-cuma suara burung kacer gacor, isian, masteran maupun betina untuk pancingan.

Tidak kalah penting untuk selalu menerapkan cara merawat burung kacer dengan benar agar cepat gacor dan bagaimana cara memilih burung kacer yang berkualitas.

Burung Kacer

mengenal burung kacerBurung kacer merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari di Indonesia. Burung ini sebenarnya hidup bebas di hutan-hutan yang ada di Indonesia, namun populasinya kini semakin menurun.

Suara burung kacer tidak kalah merdu dibanding burung jenis lain dan sangat nikmat didengarkan. Disetiap perlombaan burung ini selalu tampil memamerkan kicauannya.

Burung ini memiliki karakteristik sendiri dalam berkicau, sehingga tak sedikit orang yang tertarik dan menjadikan kacer sebagai peliharaan kesayangan. Burung kacer memiliki nama lain (kucica kampung), habitatnya di dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, sehingga jarang terlihat di permukiman warga.

Keunikan dari kacer yaitu ketika burung ini mengangkat ekor panjangnya. Hal seperti ini terjadi ketika burung kacer bertengger atau berkicau dan juga mencari makan di tanah.

Ciri – Ciri Burung Kacer

  • Berwarna hitam dan putih
  • Memiliki ekor yang panjang
  • Ketika makan ekornya akan terangkat ke atas
  • Terbangnya bisa mengungkuli kerabatnya ( murai batu)

Untuk anda semua yang ingin memiliki burung kacer gacor, hendaknya memelihara dan merawatnya sejak dini atau anakan.

Download Suara Burung Kacer Betina, Isian dan Masteran MP3

download suara burung kacerUntuk mendorong kacer berkicau, kacer anda memerlukan suara burung kacer betina sebagai pancingan.  Selain itu, agar pemasteran menghasilkan gacor yang maksimal, maka anda harus memiliki sumber suara yang terbaik untuk diperdengarkan.

Di sini kami menyediakan suara kicauan yang jernih dan terbaik,  yang jawara dalam kontes lomba kicauan untuk anda semua.

Berikut beberapa suara burung kacer gacor, masteran dan jawara yang bisa anda gunakan untuk pemasteran dan melatih mental burung kesayangan anda di rumah.

Download Suara Burung Kacer Betina Pancingan

Suara burung kacer pancingan 1

Suara burung kacer pancingan 2 

Download Suara Burung Kacer Masteran

Suara burung Kacer Masteran 1

Suara Burung Kacer Masteran 2 

Suara Burung Kacer Masteran 3 

Download Suara Burung Kacer Isian

Suara Burung Kacer Isian 

Suara Burung Kacer Juara Kontes 

Suara Burung Kacer Durasi Panjang

Ketika anda memutar dan memperdengarkan audio player kacer di sekitar burung kacer anda, namun setelah beberapa saat kacer anda tidak merespon maupun menyahut, sebaiknya matikan suara audio player  tersebut.

Biasanya kacer kesayangan anda dalam kondisi belum baik, tunggu dalam kondisi yang tepat. Jika anda paksakan akan membuat kacer anda stress dan tidak mau berkicau lagi.

Untuk menghasilkan suara gacor yang bagus dan juara, terapkan cara perawatan , pancingan dan pemasteran di bawah ini.

Perawatan Burung Kacer Agar Bersuara Gacor

cara merawat burung kacer

youtube.com

Cara perawatan burung kacer yang sesuai dan benar akan membuat  burung yang lebih sehat dan lebih senang, sehingga burung akan mudah berkicau. Untuk merawat burung ini membutuhkan kesabaran yang ektra agar mendapatkan burung dengan kualitas yang maksimal sehingga suara burung kacer lebih baik dan mental yang kuat.

Burung ini dikenal sebagai jenis burung yang sulit untuk berkicau. Untuk itu perawatan kacer ini dapat dikatakan cukup unik dan berbeda dengan perawatan jenis burung lainnnya seperti lovebird atau kenari.

Berikut beberapa tips dan cara merawat burung kacer agar membuat burung yang lebih sehat, aktid dan yang terpenting memiliki gacor yang bagus :

Kualitas Pakan

pakan burung kacerMakanan yang berkualitas menjadi fakto utama dalam perawatan kacer. Jangan memberikan pakan yang asal-asalan dan waktu pemberian pakan yang sembarang. Hindari memberikan makanan dalam jumlah yang banyak, pakan yang terlalu banyak bisa membuat burung malas untuk berkicau.

Untuk burung kacer yang masih kecil atau belum memiliki pengalaman berkicau, bisa anda berikan pakan EF atau Extra Food. Extra food atau serangga disini seperti ulat hongkong, jangkrik ataupu  ulat kandang.

Biasanya waktu yang tepat dalam memberikan pakan serangga ini ketika saat pengumbaran. Untuk pagi hari dan sore hari dapat memberikan 3 – 5 ekor jangkrik agar terhindar dari rasa lapar.

Kandang

kandang burung kacerGunakan kandang yang mempunyai ukuran dan jenis sesuai dengan kebutuhan kacer peliharaan anda. Gunakan kandang yang tidak terlalu besar, hal ini karena kacer yang terlalu banyak bergerak akan membuatnya mudah lelah.

Usahakan selalu menjaga kebersihan kandang dari semua kotorannya. Kotoran dan sisa-sisa makanan yang bercamput akan membuat kondisi lingkungan lembab dan berpotensi mengundang berbagai macam penyakit.

Untuk kacer masih kecil dapat memberikan kerodong pada kandang terlebih dahulu dan cobalah taruh ditempat yang ramai. Bila burung kacer tersebut telah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, maka anda bisa membuka kerodong.

Pengembunan

Pengembunan adalah sebuah proses dimana burung kacer ini menikmati udara pagi buta yaitu sekitar pukul  03.00 hingga 05.00. Anda cukup meletakkan burung di luar ruangan dan buka kerodong kemudian cukup diangin-anginkan.  Biarkan selama  5 menit.

Selanjutnya bukalah kerodong secara keseluruhan dan biarkan kacer anda menikmati proses pengembunan secara alami.

Waktu Mandi

mandi burungSetelah pengembunan, anda bisa memandikan burung kacer anda sekitar jam 7 pagi dan sore hari. Memandikan kacer  secara teratur merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun jangan terlalu sering juga dan jangan tidak terlalu jarang, jarang mandi dapat berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan burung.

Mandi juga dapat membasmi tungau dan kutu yang bersarang pada tubuh kacer. Tungau atau kutu yang berada pada area pernapasan burung dapat mengganggu tarikan nafas sehingga burung juga tidak akan berkicau lebih lama.

Jangan memandikan burung kacer anda yang masih awal berada dirumah anda. Tunggu hingga 3 – 1 bulan, hal ini agar kacer bisa menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan lingkungan baru, sehingga tidak mudah stress.

Ada dua cara yang biasanya digunakan untuk memandikan kacer, yakni disemprot atayh mandi keramba. Gunakan cara mandi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter burung.

Penjemuran

penjemuran kacerAnda dapat menjemur kacer setelah mandi agar bulu-bulunya kering. Sebelum menjemur angin-anginkan terlebih dahulu selama  kurang lebih 10 menit. Jemur kacer selama 2 jam dari jam 7 hingga 9 agar kacer mandapatkan paparan matahari sebagai vitamin D yang baik bagi ketahanan tubuhnya.

Penjemuran juga dapat mengatasi burung kacer yang mbedesi. Burung kacer terkadang mengalami kondisi mbegeng atau mbedesi. Kondisi mbedesi ini biasanya disebabkan karena pemberian makanan yang terlalu banyak, sedang birahi maupun dalam kondisi stress.

Letakkan tempat penjemuran di tempat yang tenang dan tidak ada burung kacer maupun burung pemangsa lainnya, untuk menghindari burung ini stress.

Pengumbaran

pengumbaran burung kacerPengumbaran merupakan salah satu perawatan yang tidak penting untuk menghasilkan burung kacer dengan gacor yang bagus.  Selain itu dengan pengumbaran dapat menstabilkan birahi dan meningkatkan stamina burung agar selalu prima.

Pengumbaran dapat dilakukan pada kandang yang lebih luas dan dikhusukan untuk kacer agar kacer merasa hidup di alam bebas. Lakukan pengumbaran selama sekitar 10 menit.

Pancingan

Anda dapat memancing kacer kesayangan dengan suara burung kacer juara. Jika tidak ada, anda bisa memanfaatkan audio suara pada smartphone sebagai pancingan agar burung berlatih berkicau.

Berikan pancingan pada kacer ketika burung kacer tersebut dalam keadaan aktif, karena burung akan cepat sekali menyahut dan sering bunyi ketika dipancing.

Latihan Pemasteran

Setelah burung anda telah gacor, maka perlu dilatih untuk menjadi master. Yaitu dengan pemasteran langsung dari burung lain seperti lovebird, kenari atau cucak jenggot atau dengan memperdengarkan audio player yang telah diisikan dengan suara masteran.

Lakukan pemasteran saat burung kacer dalam keadaan istirahat, santai dan dalam kondisi tidak aktif. Karena pada saat ini mereka akan lebih fokus dan berkonsentrasi mendengarkan dan menikmati suara kicauan masterannya. Sehingga bisa cepat masuk ke memori otaknya dan nantinya diriukan burung tersebut.

Jadi sesuaikan waktu ketika akan melalukan pemasteran, saat burung mulai sering diam, anda dapat melakukannya. Biasanya waktu terbaik ketika malam hari yaitu jam 7 malam, selama 1 – 2 jam, sambil menutup kandang dengan kerodong. Dan pada cuaca yang tidak terlalu dingin maupun panas.

Jangan juga terlalu sering menggantang kacer sambil memutar suara kacer mp3 maupun dengan suara burung asli. Hal ini dapat membuat burung cepat lelah dan mudah terkena macet bunyi.

Tips Memilih Burung Kacer yang Memiliki Prospek

tips memilih burung kacer

burungmaster.com

Sebelum anda memelihara burung Kacer apalagi ingin diikutsertakan dalam lomba, maka ada beberapa tips untuk mendapatkan burung kacer yang berkualitas, antara lain :

  1. Kacer Jantan

memilih kacer jantanPada umumnya burung kacer yang memiliki kualitas suara paling bagus adalah pejantan. Kacer jantan sering berkicau di alam liar sebagai cara untuk menarik perhatian kacer betina dan untuk mempertahankan daerah kekuasaannya.

Untuk mengenali mana  burung kacer jantan dan kacer betina yaitu dari warna bulu, untuk pejantan memiliki warna buru yang hitam mengkillat dan juga tegas. Kepala pejantan terlihat lebih cepak dan betina berbentuk bulat.

  1. Bentuk Kepala Papak

memilih kacer berkualitasSelanjutnya yang tidak kalah penting yaitu anda perlu memperhatikan bentuk fisik dari kacer tersebut. Biasanya kacer yang berkualitas memiliki bentuk kepala yang cenderung papak.

Sebagian besar kacer yang telah menjuarai perlombaan memiliki bentuk kepala yang papak atau lebih sederhananya berbentuk seperti kotak.

  1. Mempunyai Pangkal Paruh Lebar

memilih kacer berkualitas 2Ciri berikutnya yang ada pada kacer berkualitas yaitu bentuk paruhnya, atau lebih tepatnya pada pangkal paruhnya. Pangkal paruh yang lebar, tebal dan juga panjang  menandakan burung kacer tersebut berkualitas baik.

Selain itu pada bagian bawah paruh harus lurus dan memiliki lubang hidung yang dekat dengan mata. Hal ini karena  bentuk pangkal paruh yang diuraikan di atas akan menghasilkan gacor yang bagus.

  1. Memiliki Leher Panjang

Leher kacer merupakan salah satu bagian penting yang menciptakan suara kicauan burung kacer. Kacer yang memiliki leher panjang  dan padat juga sering menyabet jawara dibanding kacer yang berleher pendek.

Ukuran tubuhnya pun sedang, dimana panjang leher dan tubuh terlihat seimbang.

  1. Sayap Rapat

Sayap juga tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam mendapatkan burung kacer. Burung kacer yang memiliki kualitas gacor yang baik kebanyakan mempunyai sayap yang rapat, kaki besar dan kering.

  1. Kacer yang Sehat

Yang wajib sekali adalah burung kacer yang akan anda beli haruslah sehat. Burung kacer yang sakit, ia akan enggan berkicau.

Anda harus benar-benar memahami bagaimana karakter burung kacer  sebelum merawatnya. Burung ini dikenal gampang stress. Penting sekali bagi pemelihara burung ini untuk selalu memahami setiap kebutuhannya.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.