Download Suara Burung Murai Batu: Betina, Terbaik, hingga Masteran MP3

Download Suara Burung murai batu– Bersama dengan kacer, kenari ataupun cucak ijo, murai batu juga  merupakan burung primadona peliharaan yang sangat populer di berbagai penyelenggaran lomba. Untuk menjadikan suara burung murai menjadi gacor, tentu anda harus melatihnya dengan suara masteran yang terbaik. Di sini kami membagikan kumpulan suara burung murai baru terbaik betina hingga masteran dalam bentuk audio rekaman MP3 dan dapat anda manfaatkan untuk pemasteran.

Selain pemasteran, anda juga harus paham betul bagaimana cara merawat burung murai dan apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih burung murai batu. Dapatkan suara masteran dan pejelasannya di bawah ini.

Burung Murai Batu

mengenal burung murai batuBurung murai baru memiliki kicauan yang merdu dan vocal yang bervariasi. Dapat dikatakan burung murai batu selalu menjadi kelas paling bergengsi. Burung ini dikenal sebagai burung yang memiliki mental pemberani dan mudah tersinggung.

Jika seekor burung murai mendengar kicauan atau melihat burung lain, maka burung tersebut akan selalu ingin bertempur. Dengan perkasanya, ia akan langsung membusungkan dada, perut dan mengangkat ekornya untuk menandakan bahwa ia berkuasa.

Selain suara dan memiliki mental petarung, burung ini juga memiliki 3 warna bulu yang cantik. Burung murai memiliki bulu berwarna hitam yang hampir menyelimuti semua bagian tubuhnya kecuali bagian badan bawah yang mempunyai bulu dengan gradasi warna merah jingga dan pada kepala dihiasi bulu dengan semburat biru.

Dengan semua keunggulannya tidak heran jika hewan ini banyak diburu memiliki nilai jual yang tinggi.

Download Suara Burung Murai Batu Betina, Terbaik, Masteran MP3

download burung murai batu

jalaksuren.com

Burung murai batu termasuk burung yang gampang untuk menirukan berbagai kicauan dari burung lainnya. Sebelum melakukan pemasteran, wajib sekali anda untuk memahami karakter burung murai kesayangan. Perdengarkan suara-suara burung murai batu pilihan yang terbaik dan jelas agar murai anda menjadi gacor dan juara.

Berikut kumpulan audio rekaman suara burung murai batu terbaik hingga betina yang  memiliki kualitas jernih dan dapat anda jadikan masteran dengan format MP3.

Download Suara Burung Murai Batu Betina MP3

Download

Download Suara Murai Batu Masteran MP3

Download 1

Download 2

Download Suara Burung Murai Batu Terbaik dan Juara MP3

Download 1

Download 2

Download 3

Download Suara Burung Murai Batu Isian MP3

Download 1

Download 2

Download Suara Burung Murai Batu Medan, Borneo, Aceh dan Nias

Suara-Burung-Murai-Rasa-Lovebird

Suara-Burung-Murai-Batu-Medan

Suara-Burung-Murai-Batu-Nias

Suara-Burung-Murai-Batu-Aceh

Suara-Burung-Murai-Batu-Borneo

Saat pemasteran pastikan kondisi Burung Murai dalam keadaan fit dan tempatkan pada lokasi yang tenang dan rileks. Pilihlah suara burung murai batu masteran yang tepat. Jika sampai salah memilih jenis isian burung masteran, kemungkinan besar suara burung murai malah rusak dan biasanya sulit untuk dikembalikan seperti semula. Lakukan pemasteran dengan baik dan benar seperti penjelasan di bawah.

Jenis Suara Burung yang Dilarang untuk Masteran Murai Batu

  • Burung Jalak Kebo
  • Burung Ciblek
  • Burung Cucak Ijo
  • Burung Betet
  • Burung Prenjak
  • Burung Cucak Rowo
  • Burung Anis Merah
  • Burung Trucukan
  • Burung Beo
  • Burung Jalak Suren
  • Burung Anis Kembang
  • Burung Kutilang
  • Burung Blackthroat

Cara Merawat Burung Murai Batu

Sebagai pecinta burung murai batu tentu anda sangat mendambakan jika murai peliharaan bisa menghasilkan suara kicau yang merdu dan indah serta keras, apalagi jika bisa masuk kontes lomba dan memenangi  juara kontes pula.

Wajib bagi anda untuk melakukan perawatan dengan baik dan benar agar murai anda juga selalu sehat. Selain itu jika anda merawat burung murai dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin anda bisa meraih pundi-pundi uang jika memenangkan kontes. Burung ini bisa berkompetisi dari skala yang paling kecil hingga besar.

  1. Asupan Pakan

pakan burung murai batuBerikan makanan yang berkualitas dan mengandung banyak manfaat bagi murai. Biasanya makanan yang baik yakni serangga kecil seperti kroto, jangkrik, ulat kandang, ulat hongkong. Bisa juga cacing, telur dari semut merah serta ikan guppy.

Anda dapat memberikan 5 ekor jangkrik pada pagi hari dan sore hari, sebaiknya letakkan jangkrik pada wadah agar burung tidak menjadi manja. Bisa juga anda selingi dengan kroto seminggu sekali sebanyak 1 cepuk. Selain itu, por yang  berkualitas juga dapat anda berikan. Yang paling penting ialah jika murai anda tidak cocok, maka segera ganti pakan yang sesuai dengan  kesukaannya.

  1. Kandang

kandang burung murai batuSangkar burung merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. Pastikan sangkar burung selalu bersih dan terawat. Selain membersihkan kandang secara rutin, jangan lupa untuk selalu mengganti air minum burung sehari sekali. Sangkar burung yang bersih dan terawat tentu akan membuat murai anda lebih sehat dan lincah.

Aturlah kandang burung murai batu anda semirip mungkin dengan habitat aslinya. Anda bisa menambahkan beberapa ranting di dalam sangkar. Burung murai akan lebih merasa nyaman dan lebih mudah gacor jika berada di dalam lingkungan yang menyerupai habitatnya. Dan satu lagi, hendaknya anda meletakkan burung pada tempat yang bersuasana tenang, rileks  dan jauh dari kebisingan. Murai akan gampang stress jika sering mendengarkan kegaduhan.

  1. Pemandian

memandikan burung murai batuPemandian burung murai bertujuan untuk menjaga agar kondisi tubuhnya selalu bersih dan mencegah dari berbagai virus. Cara memandikannya bisa dengan menyemprot,  karamba atau wadah yang berisi dengan air bersih. Dalam memandikan murai janganlah terlalu lama dan bila anda menyemprot sebaiknya disemprot pelan-pelan.

  1. Pengembunan

pengembunan burung murai batuPengembunan biasanya juga disebut dengan mengangin-anginkan burung pada pagi hari. Anda dapat meletakkan burung anda diluar rumah sebelum memandikannya selama kurang lebih 30 menit. Lakukanlah secara rutin dan teratur. Pengembunan ini bertujuan agar burung lebih tenang dan rileks serta dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

  1. Penjemuran

penjemuran burung murai batuPenjemuran termasuk perawatan yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya penjemuran berperan penting dalam membentuk kicau burung murai batu, sehingga lakukan penjemuran secara teratur. Pastikan ketika anda menjemur, murai anda tidak melihat burung murai lain.

Lakukan penjemuran selama 1 jam saja antara jam 7 sampai jam 10 pagi setiap harinya. Kemudian setelah penjemuran, angin-anginkan burung murai anda selama 10 menit di tempat yang lebih teduh. Setelah penjemuran dan diangin-anginkan, anda dapat memasukkan murai baru ke dalam rumah.

  1. Pemasteran

Pemasteran atau melatih suara burung murai batu dengan suara burung lain agar bisa menghasilkan gacor yang merdu dan indah. Jika tidak memiliki burung lain, anda dapat memanfaatkan suara burung murai dalam bentuk MP3 sebagai masteran.

Lakukan pemasteran secara rutin pada waktu pukul 10.00 – 16.00,karena pada waktu ini burung cenderung merasa lebih tenang sehingga lebih fokus dan mudah untuk menangkap suara masteran burung. Untuk durasi pemasteran bisa 15 menit atau bisa juga sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Multivitamin

Multivitamin dapat meningkatkan stamina, kesehatan dan performa burung murai batu anda. Anda dapat memberikan multivitamin 3 kali dalam seminggu, cukup campurkan pada makanan dan minumannya. Saat pemberian sesuaikan dosis dengan petunjuk yang ada pada kemasan. Jangan pernah memberikan multivitamin dengan dosis yang berlebihan malah.

Tips Memilih Burung Murai Batu yang Gacor

burung murai gacorMemilih burung murai batu bisa dibilang susah susah gampang. Susah karena tidak ada standar yang pasti yang dijadikan pedoman untuk menentukan burung yang berkualitas. Namun hal ini juga gampang bagi yang telah memelihara murai batu sejak lama.

Berikut adalah beberapa point yang biasa digunakan para pecinta murai batu dalam menentukan kualitas anakan yang baik dan dapat dijadikan petarung atau burung lomba nantinya.

  1. Kepala

Perhatikan bentuk kepala burung murai, biasanya murai yang memiliki kualitas bagus mempunyai bentuk kepala yang cenderung ceper. Selain itu, paruhnya berukuran sedang dan agak lurus. Sementara pada leher, pilihlah yang besar dan panjang.

Pastikan burung murai batu yang akan kalian beli tidak memiliki tanda katarak atau terdapat selaput putih pada bola mata. Burung yang memiliki tanda katarak, kemungkinan besar akan mengalami kebutaan dan dapat menurunkan pada anakannya.

  1. Kaki

Sebagian besar para pecinta murai batu lebih menyukai burung murai yang memiliki kaki berwarna hitam, tak hanya itu mereka juga percaya jika murai yang berkaki hitam pasti bermental petarung yang tinggi. Lihat juga kuku kaki  bagian belakang atau kelingking, banyak yang mengatakan jika kedua kuku ini memiliki warna yang tidak sama maka mental burung kurang stabil.

  1. Ekor

Hindari membeli burung murai batu yang mempunyai ekor bercabang seperti gunting dan tidak berekor, biasanya kondisi ini menandakan bahwa burung tersebur kurang sehat. Ambilah burung murai yang mempunyai ekor rapat dan tidak terlalu tebal maupun panjang serta melengkung dari pangkal.

  1. Bulu Dada

Pilihlah burung murai batu yang mempunyai bulu dada berwarna coklat kekuningan, karena banyak dijumpai burung murai yang berciri tersebut lebih mudah bunyi dan gampang dimasterkan. Dan ada garis hitam di dada agak ke atas.

  1. Usia

Anda bisa mengetahui usia murai batu dari bagian dalam paruh burung atau rongga mulutnya. Pada rongga mulut murai yang masih muda berwarna putih dan sedikit cerah. Sedangkan murai yang berusia tua pada rongga mulutnya berwarna hitam, semakin pekat warna hitam maka semakin tua pula.

  1. Perilaku

Cobalah untuk menyentuh atau memegang burung tersebut. Ketika anda sentuh, dan burung tersebut berusaha mematuk matuk dan menjerit kencang maka murai tersebut memiliki mental petarung yang cukup tangguh dan cocok dijadikan sebagai burung lomba. Perhatikan pada suaranya, pilihlah yang memiliki suara kretekan keras dan padat.

 

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.