Download Suara Burung Perkutut: Pikat, Lokal Asli, & Bangkok MP3

Download suara burung perkutut– Sebagai salah satu jenis burung kicau yang pernah populer di kalangan masyarakat, sampai saat ini burung perkutut masih banyak digemari oleh kalangan dewasa hinngga orang tua sebagai pengisi suasana rumah supaya asri. Untuk menjadikan burung perkutut anda mengeluarkan kiacauan yang merdu dan indah, kami membagikan kumpulan suara burung perkutut lokal asli untuk pikat dan bangkok yang dapat kalian unduh dalam bentuk MP3.

Burung Perkutut

burung perkututSaat ini, burung perkutut sudah tidak begitu populer seperti jaman dulu lagi. Hal ini dikarenakan suaranya yang datar dan monoton. Padahal burung ini memiliki keunikan dan keistimewaan yang sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat mistis.

Burung yang terlihat kalem dengan ukuran kecil dan berwarna abu-abu ini lebih diminati para orang yang sudah tua dari kalangan menengah kebawah.Biasanya mereka percaya bahwa burung perkutut bisa mendatangkan rezeki, kedamaian dan ketentraman rumah tangga serta meningkatakn kewibaan ataupun jabatan.

Meski sudah jarang sekali dijumpai, jenis burung ini jumlahnya sangatlah banyak. Burung perkutut juga memiliki suara yang khas dan unik, yang tidak dimiliki maupun ditirukan oleh burung jenis lain. Burung ini termasuk jenis burung pemakan biji-bijian yang mirip dengan burung tekukur.

Perbedaan Burung Perkutut Jantan dan Betina

perbedaan burung perkutut jantan dan betinaBagi yang baru memelihara burung perkutut, akan merasa kesulitan dalam membedakan mana perkutut jantan dan betina. Berikut beberapa ciri-ciri dari burung perkutut jantan dan betina :

Burung Perkutut Jantan

  • Bentuk kepala yang cenderung kecil
  • Memiliki paruh yang panjang dan melengkung tipis
  • Raut muka yang garang dengan sorot mata yang terlihat tajam
  • Ekor yang panjang
  • Burung perkutut jantan mempunyai postur tubuh yang relatif lebih besar
  • Perkutut jantan akan mengeluarkan bunyi sambil menganggukkan kepalanya di dekat burung betina

Burung Perkutut Betina

  • Raut muka yang sayu
  • Bulu kepala cenderung lebih gelap
  • Kulit yang melingkar pada bagian mata terlihat tipis
  • Bentuk kepala cenderung bulat
  • Memiliki ekor yang lebih pendek
  • Ukuran tubuh perkutut betina lebih kecil dari Perkutut Jantan

Download Burung Perkutut Lokal Asli, Pikat dan Bangkok Mp3

suara burung perkututSuara burung perkutut yang kami bagikan berikut berasal dari beberapa jenis yang telah populer di Indonesia, yaitu perkutut lokal asli atau pikat dan Bangkok dalam bentuk MP3. Suara berikut juga berkualitas baik dan jernih sehingga sangat tepat bila anda gunakan untuk melatih burung perkutut anda di rumah.

Download Suara Burung Perkutut Pikat MP3

Download 1

Download 2

Download Suara Burung Perkutut Lokal Asli MP3

Download 1

Download 2

Download Suara Burung Perkutut Bangkok MP3

Download

Download Suara Burung Perkutut Bangkok Manggung

Download Suara Burung Perkutut Bangkok Gacor

Jenis – Jenis Burung Perkutut

Berikut 3 jenis burung perkutut yang paling populer dan banyak peminatnya di Indonesia, antara lain :

  1. Perkutut Jawa

burung perkutut jawaBurung perkutut jawa juga disebut dengan burung perkutut lokal. Burung perkutut lokal memiliki kepala dan postur tubuh yang lebih kecil dan ramping dibanding dengan perkutut jenis lain, yakni sekitar 21 cm.Kepala berwarna abu-abu dengan punggung warna coklat dan di bagian tepi dikelilingi warna hitam. Sementara bagian leher dan sisi tubuh bergaris halus. Memiliki ekor yang cukup panjang, dan bulu bagian luarnya berwarna kehitaman dengan ujung putih.

Burung ini termasuk jenis burung pemakan serangga atau biji-bijian. Kualitas suara perkutut lokal ini juga sangat merdu dan unik. Konon, burung jenis ini diyakini masyarakat Jawa bisa mendatangkan keberuntungan atau rezeki bagi yang memeliharanya.

  1. Perkutut Bangkok

burung perkutut bangkokSecara umum, burung perkutut Bangkok mempunyai postur tubuh yang lebih besar dari perkutut Jawa atau Lokal. Bahkan begitu besarnya hampir dua kali lipat ukurannya dari perkutut biasa. Burung perkutut Bangkok sudah dikenal akan suaranya yang ngebass dan besar.  Meski bernama Bangkok, perkutut ini berasal dari Australia bagian utara.

Ciri-ciri lain dari perkutut bangkok yaitu :

  • Leher lebih panjang dan kepala juga lebih besar
  • Lingkar mata yang lebar
  • Warna bulu perkutut bangkok lebih cerah dibanding dengan burung perkutut lokal
  • Pada warna kaki burung perkutut Bangkok cenderung merah kehitaman
  • Burung ini mempunyai ekor yang sedikit dan lebih pendek serta ujungnya tumpul.
  1. Perkutut Maungeus

burung perkutut maungeusBurung perkutut maungeus merupakan jenis burung belang yang berasal dari Sumba atau pulau Timor. Burung ini juga kerap disebut sebagai burung perkutut lokal karena jika dilihat sekilas bentuk  dan rupanya sama. Beberapa ciri-ciri burung perkutut maungeus yaitu :

  • Kepala memiliki warna abu-abu dengan mahkota yang berwarna krem kecoklatan.
  • Tubuh bagian atas berwarna krem dengan corak hitam yang terdapat pada ujung bulu.
  • Tubuh bagian samping bercorak garis-garis
  • Tubuh bagian bawah dan ekornya mempunyai warna krem kecoklatan yang sama dengan warna mahkotanya.
  • Paruh berwarna abu-abu dan irsinya mempunyai warna hitam.

Cara Merawat Burung Perkutut

Burung perkutut yang rajin berbunyi dan berkicau indah tentu menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Untuk menjadikannya rajin berbunyi dan bersuara indah pun diperlukan langkah yang teratur dalam perawatan burung perkutut sehingga menjadi gacor. Banyak orang yang merawat burung perkutut namun tidak bisa mendapatkan kicauan yang indah.

Bila anda ingin mendapatkan suara yang merdu dan gacor, maka hendaknya anda memelihara burung perkutut yang berjenis kelamin pejantan. Karena pejantanlah yang lebih rajin mengeluarkan suara gacor dan merdu dibanding dengan perkutut betina.

Berikut adalah tips merawat burung perkutut dengan baik dan benar agar cepat gacor :

  1. Tempat/Kandang yang Nyaman

kandang burung perkututKenyamanan tempat tinggal sangat memperngaruhi kondisi fisik dan psikis burung dan secara otomatis seni serta kualitas burung perkutut juga bergantung dengannya. Secara umum, letakkan kandang burung perkutut dari gangguan atau semacam predator seperti kucing , anjing maupun manusia yang membuatnya tidak nyaman.

Kandang dimana burung perkutut ini tinggal haruslah bersih dan terawat. Kandang yang bersih akan menjauhkan perkutut dari berbagai penyakit atau bakteri. Sehingga kesehatan perkutut akan selalu terjamin. Anda hendaknya membersihkan tempat minum dan sisa makanan yang bercampur dengan kotoran di bawah setiap harinya.

  1. Pakan

pemberian pakan burung perkututMemberikan makanan yang bernutrisi menjadi salah satu hal yang berperan penting agar burung selalu sehat dan bahkan rajin manggung. Jangan memberikan pakan yang asal ada, yang terkadang belum tentu burung perkutut sukai untuk dikonsumsi. Anda dapat memberikan pakan jenis biji-bijian seperti jagung, beras merah, milet dan sebagainya.

Selain itu, berikan extra foor untuk meningkatkan kualitas perkutut seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, serangga dan hewan kesukaan lainnya. Anda juga bisa memberikan pakan pabrikan yang mengandung nutrisi tinggi.

  1. Memandikan

Memandikan merupakan perawatan yang penting bagi burung perkutut. Selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, perkutut yang rajin dimandikan akan memiliki bulu yang mengkilat. Selain itu perkutut akan lebih aktif dan lincah untuk mengeluarkan kicauan indahnya.

Dalam memandikan burung perkutut, sebaiknya anda menggunakan air anti bakteri. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran,kutu atau bakteri yang menempel pada bulu perkutut.  Biasanya para pecinta perkutut menggunakan air beras dicampur dengan daun sirih sebanyak 7 lembar.

Cara memandikannya cukup mudah, anda cukup menyemprotkan air menggunakan spray (penyemprot). Gunakan  semburat yang paling halus agar air yang disemprotkan bisa menyebar rata dan membasahi tubuh perkutut seperti embun. Waktu yang tepat untuk memandikan burung perkutut yaitu sekitar pukul 07.00 – 08.00 pagi, sementara untuk waktu sore yakni sekitar pukul 04.00 – 05.00 sore.

  1. Menjemur

menjemur burung perkututMatahari pagi hari sangat baik bagi kesehatan burung. Menjemur sendiri sudah merupakan kebiasaan yang wajib untuk sebagian besar burung kicauan. Dengan menjemur burung mendapatkan vitamin D dari pancaran matahari yang dapat meningkatkan kualitas kicauan. Waktu yang baik untuk menjemur burung perkutut yaitu sekitar jam 07.00 – 09.00 sebelum panas matahari menyengat.

  1. Melatih

Untuk menjadikan burung perkutut anda berkicau dengan indah, anda perlu melakukan latihan atau pemasteran untuk membuat suara perkutut anda lebih panjang lagi. Anda bisa memanfaatkan audio rekaman MP3 sebagai suara masteran, untuk ditiru dan memicu perkutut agar mengeluarkan suaranya.

Pilih kualitas suara rekaman MP3 yang baik agar perkutut juga menghasilkan suara yang indah pula.

  1. Vitamin dan Pakan tambahan

Jika ada, anda dapat memberikan vitamin agar daya tahan tubuh perkutut kuat. Selain vitamin, pakan tambahan kencur bermanfaat membuat suara burung perkutut memiliki suara yang nyaring. Kencur ini bisa menghilangkan lendir yang bisa menghambat pada tenggorokan burung, sehingga membuat tenggorokannya menjadi lebih lega dan otomatis membuat suaranya lebih lancar.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.