Fungsi dan Cara Menggunakan Corong Buchner

Corong Buchner adalah sebuah peralatan laboratorium yang mempunyai bentuk seperti corong-corong pada umumnya. Secara garis besar, fungsi dari corong buchner ini digunakan dalam penyaringan vakum. Bagi anda yang ingin  tahu lebih lengkap mengenai bagaimana prinsip kerja dan cara menggunakan corong buchner, berikut adalah ulasannya.

Mengenal Corong Buchner

Umumnya alat ini terbuat dari bahan porselen, namun tak sedikit pula dijumpai Corong Buchner yang terbuat dari kaca atau plastik.

Bentuk peralatan laboratorium ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan corong lain seperti corong gelas, hanya saja jenis Buchner ini memiliki karakteristik sendiri pada bagian bawahnya. Sementara untuk bagian atasnya terdapat sebuah silinder yang membuat corong tampak bulat sempurna.Bentuk bulat ini hingga ke bagian dasar.

Jadi yang membedakan Corong Buchner dengan corong lain adalah bentuk corong yang tak mengerucut melainkan rata dari bagian atas sampai dasarnya.

Kemudian di bagian dasar Anda akan menjumpai pori-pori yang berfungsi sebagai penyaring atau media untuk larutan menembus ke bagian batang corong. Meskipun sudah memiliki pori di bagian dasarnya, namun untuk proses penyaringan menggunakan alat ini tetap membutuhkan bahan penyaring lain seperti kertas saring.

Letakkan kertas saring tersebut di atas corong tersebut kemudian basahi menggunakan pelarut untuk mencegah kebocoran saat awal penyaringan.

Cairan yang dituangkan ke dalam corong serta dihisap ke dalam labu dari dasar corong yang memiliki pori menggunakan pompa vakum. Keuntungan menyaring menggunakan Corong Buchner ialah dapat menyaring dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan penyaringan menggunakan corong gelas.

Fungsi Corong Buchner

Fungsi Corong Buchner yakni untuk memfiltrasi atau memisahkan suatu filtrate atau cairan dari endapannya (residunya). Dimana filtrate merupakan bagian yang akan digunakan pada proses selanjutnya.

Meski dalam beberapa kasus sejumlah endapan dipisahkan dari filtratnya dengan tujuan untuk mempercepat pengeringan dari residu itu sendiri.

Jadi fungsi Corong Buchner ini ialah untuk memisahkan suatu larutan dari residunya secara cepat dan maksimal. Selain itu, jenis corong ini juga dapat berfungsi untuk mempercepat penyaringan residu dari sebuah larutan.

Prinsip Kerja Corong Buchner

prinsip kerja corong buchnerBerbeda dengan jenis corong lain yang prinsip kerjanya lebih berdasar pada penekanan larutan hingga masuk ke dalam bagian batang corong. Corong Buchner ini lebih menitik beratkan pada pemakaian prinsip kerja tekanan udara, yakni memisahkan endapan atau residu dari pelarut atau cairan residunya.

Hal ini dilakukan dengan cara menyedot udara yang ada di dalam corong dengan menggunakan pompa bucher atau pompa vakum sehingga tekanan yang ada di dalam lebih kecil dibanding yang ada di luar. Tekanan di dalamnya yakni hampir sama dengan nol.

Sementara air yang berada di dalam corong bisa menetes dan menghasilkan filtrat yang lebih banyak dengan residu atau ampas yang tetap bisa ditinggalkan di dalam corong tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, biasanya diletakkan pula kertas penyaring dengan diameter yang sama dengan diameter corong. Dengan begitu tingkat kemurnian cairan yang dihasilkan pun lebih besar.

Setelah difilter melalui Corong Buchner, biasanya fitrat akan langsung dimasukkan pada Erlenmeyer Buchner yang dapat menahan tekanan sebesar 5 atm serta digunakan untuk menampung cairan hasil filtrasi tersebut.

Cara Penggunaan Corong Buchner

cara menggunakan corong buchnerUntuk menggunakan Corong Buchner ini secara tepat dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa tahapan cara penggunaanya.

Berikut panduan cara menggunakan Corong Buchner.

  1. Pertama – tama jangan lupa untuk mencuci bersih corong buchner yang akan anda gunakan.
  2. Timbanglah kertas saring yang akan digunakan, dan tulis massanya. Kemudian pasang kertas saring di atas.
  3. Siapkan larutan yang hendak disaring dengan menampungnya terlebih dahulu pada gelas beaker.
  4. Letakkan corong di bagian leher labu yang akan digunakan, selanjutnya hubungan labu dengan kran saluran air memakai selang serta water jet ejector.
  5. Sebelum dipakai, timbang terlebih dahulu kertas saring agar diketahui massa jenisnya. Setelah itu letakkan kertas saring tepat di atas pori-pori corong lalu semprotkan aquades secukupnya di permukaan kertas saring.
  6. Tuangkan larutan atau cairan secara perlahan ke dalam corong dengan menggunakan bantuan batang pengaduk agar padatan yang ada di dalam larutan tersebut bisa masuk ke dalam Corong Buchner
  7. Amati proses penyaringan yang terjadi secara perlahan melalui pori-pori corong.
  8. Setelah semua larutan atau cairan selesai disaring, kemudian bersihkan corong dengan cara menyemprotnya secara perlahan di bagian pinggir menggunakan aquades. Semprot pula bagian dalam corong hingga semua bagian tampak bersih seperti semula.
  9. Terakhir cabut selang dan corong dari leher labu.
  10. Proses penyaringan pun selesai.

Itulah tahapan cara menggunakan Corong Buchner. Untuk mendapatkan hasil saringan yang sempurna dan memiliki tingkat kemurnian tinggi memang dibutuhkan bantuan kertas penyaring yang akan menghalau setiap residu larutan.

Sementara untuk labu dan juga selang digunakan sebagai media pendukung yang mempermudah proses penyaringan. Jikapun Anda menggantinya atau tak menggunakan alat ini, maka hasil penyaringan yang didapat pun tidak akan jauh berbeda.

Pelajari juga apa saja fungsi dari Neraca Analitik dan Labu destilasi.

Tips Membeli Corong Buchner Secara Online

tips membeli corong buchnerJika membicarakan belanja, sekarang ini berbagai kemudahan sudah ditawarkan oleh pedagang bagi calon-calon pembelinya. Termasuk untuk penjual Corong Buchner yang sudah menjual produknya baik secara offline maupun online, sehingga pembeli tak perlu lagi repot-repot mencarinya dari toko ke toko.

Hanya saja, jika Anda membeli alat laboratorium ini secara online, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dengan baik, sehingga produk yang Anda dapatkan tidak salah. Berikut adalah tips beli Corong Buchner secara online.

1. Perhatikan Spesifikasi Produk

Sama seperti alat laboratorium lain, alat ini juga memiliki ukuran yang cukup variatif, sehingga ketika membelinya pun Anda harus jeli memilih corong dengan ukuran yang tepat. Disini penting bagi Anda untuk memperhatikan spesifikasi produk secara detail.

Biasanya dalam spesifikasi produk bukan hanya tertera ukuran atau diameter corong namun juga material yang digunakan. Seperti pada penjelasan sebelumnya, jika corong ini bisa terbuat dari beberapa bahan termasuk porselen, kaca ataupun plastik.

Pilih produk yang memiliki spesifikasi sesuai dengan keinginan Anda.

2. Lihat Review dan Real Pictnya

Setelah melihat spesifikasi produk, kemudian lihat bagaimana review yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya. Perhatikan bagaimana ulasan yang diberikan, apakah banyak yang memberi komplain terkait barang tersebut atau tidak.

Selain itu, Anda juga perlu melihat bagaimna real pict produk. Jangan sampai antara gambar yang menjadi display dengan barang yang dikirim berbeda.

3. Harga Corong

Untuk harga corong sendiri sebenarnya sangat beragam, tergantung dengan ukuran serta material yang digunakan. Namun untuk mendapatkan produk terbaik, sebaiknya Anda mencari Corong Buchner yang dijual dengan harga standar.

Hindari corong yang dijual dengan harga terlalu murah, sebab barang tersebut bisa jadi merupakan barang reject atau barang cacat. Begitu pentingnya peralatan laboratorium ini tentunya Anda tak harus memberikan toleransi jika produk yang didapatkan tak sesuai ekspektasi.

Selain itu, peralatan laboratorium seperti ini juga termasuk barang yang jarang dijual dengan harga diskon, sehingga justru patut diwaspadai jika Anda mendapati corong yang dijual dengan harga terlalu murah.

Yuk jadi pembeli dan pengguna yang cerdas, baik ketika memilih produk maupun menggunakannya untuk kepentingan uji coba.

Demikianlah penjelasan lengkap dari fungsi hingga cara menggunakan corong buchner. Semoga anda sudah memahami dan siap untuk mempraktikkannya,,,

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.