Penjelasan Bagian-Bagian, Prinsip Kerja, dan Fungsi Elektroskop

Elestroskop merupakan alat yang biasanya diajarkan pada materi Fisika di sekolah. Terdapat beberapa fungsi elestroskop yang harus anda ketahui. Namun, dalam pembahasan kali ini tidak akan membahas tentang fungsi dari alat itu saja, akan tetapi juga akan mengulas lengkap tentang bagian-bagian, prinsip dan cara kerja serta elektroskop sederhana.

Elestroskop

Elektroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya muatan dari suatu benda. Selain itu elestroskop juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis muatan yang ada pada suatu benda. Meski fungsi yang dimiliki oleh elektroskop ini bisa dibilang cukup sederhana, namun untuk menentukan jenis muatan yang ada pada sebuah benda bukanlah menjadi hal yang mudah untuk dilakukan.

Untuk bisa menentukan jenis muatan dari benda itu sendiri, Anda harus melakukan pemisahan muatan dengan menggunakan cara konduksi. Cara tersebut akan membuat elektroskop memiliki muatan. Jika sudah, maka elektroskop baru bisa digunakan untuk menentukan jenis muatan dari sebuah benda.

Lalu, apa lagi fungsi elektroskop selain penjelasan di atas? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memahami berbagai macam pembahasan tentang elektroskop mulai dari fungsi, bagian, prinsip dan cara kerja hingga elektroskop sederhana.

Fungsi Elektroskop

prinsip kerja elektroskopBeberapa fungsi penggunaan alat elestroskop antara lain :

  1. Mengetahui dan mendeteksi adanya muatan listrik pada suatu benda
  2. Memisahkan muatan
  3. Mengetahui jenis muatan listrik pada suatu benda
  4. Mengetahui jumlah muatan listrik pada suatu benda

Bagian-Bagian Elektroskop

bagian bagian elektroskop

idschool.net

Elektroskop tersusun atas dua bagian penting, yakni bola logam serta daun-daun elektroskop. Bagian ini terdiri atas tabung kaca, insulator, dua buah daun elektroskop serta bola logam.

Kedua daun elektroskop tersebut ditaruh dalam tabung kaca serta terhubung dengan bola logam yang berada di luar tabung kaca tersebut. Nah, yang menghubungkan bola logam dengan kedua daun elektroskop tersebut adalah konduktor.

Prinsip dan Cara Kerja Elektroskop

prinsip kerja elektroskopTernyata, dalam kondisi netral jumlah muatan negatif yang ada di dalam elektroskop sama dengan jumlah muatan positifnya. Lalu, bagaimana cara kerja dari alat yang satu ini? Ternyata cara kerja dari elektroskop dibagi menjadi dua bagian. Yakni induksi dan konduksi. Untuk penjelasan tentang cara kerjanya, akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Fungsi elektroskop tentu saja tidak lepas dari cara kerjanya. Untuk prinsip dan cara kerja dari alat tersebut dibagi menjadi dua, yaitu induksi dan konduksi. Berikut cara kerja dari elektroskop:

  1. Memberi Muatan Elektroskop dengan Induksi

Untuk memberikan muatan elektroskop dengan cara induksi menggunakan elektroskop netral. Elektroskop netral tersebut akan didekati oleh sebuah benda yang memiliki muatan negatif. Benda tersebut akan menarik muatan positif dari daun elektroskop ke bola logam yang berada di bagian atas.

Muatan-muatan negatif tersebut akan saling tolak menolak dengan muatan benda yang didekati serta menuju ke daun-daun elektroskop. Hal tersebut membuat kedua daun elektroskop tersebut kelebihan elektron (bermuatan negatif) serta saling menjauh karena sama-sama memiliki muatan yang sama yakni muatan negatif.

Jarak dari kedua kaki daun elektroskop tersebut akan semakin jauh jika muatan yang ada di dalamnya semakin besar. Kondisi ini juga akan berlaku apabila benda dengan muatan positif diinduksi pada elektroskop.

Nah, satu hal yang harus Anda ketahui bahwa, cara induksi ini tidak dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan dari suatu benda. Untuk bisa menentukan jenis muatan dari benda, maka cara konduksi merupakan cara yang paling tepat untuk dilakukan.

  • Elektroskop netral didekati benda bermuatan negatif
prinsip kerja elektroskop induksi

idschool.net

  • Elektroskop netral didekati benda bermuatan positif
prinsip kerja elektroskop induksi 2

idschool.net

  1. Memberi Muatan Elektroskop dengan Cara Konduksi

prinsip kerja elektroskop konduksiCukup berbeda dengan cara kerja sebelumnya, konduksi hanya bisa dilakukan jika elektroskop tidak dalam keadaan netral. Daun-daun elektroskop dan bola logam hanya mempunyai suatu jenis muatan saja yang diperoleh dengan cara kerja konduksi oleh konduktor logam.

Penggambaran dari cara kerja konduksi ini bisa Anda pahami lewat penjelasan berikut.

Sebuah elektroskop diinduksi sehingga memiliki muatan negatif di dalamnya. Kondisi yang dapat terjadi ialah sebagai berikut:

  1. Apabila benda negatif didekatkan pada bola logam: elektron kemudian akan turun menuju ke daun kaki sehingga akan membuat kedua daun kaki tersebut lama kelamaan semakin menjauh.
  2. Apabila benda yang bermuatan positif didekatkan pada bola logam: elektron akan tertarik dari daun kaki dan pergi menuju bola logam sehingga kedua kaki dari daun elektroskop tersebut akan saling mendekat.
  3. Begitu pula untuk kondisi sebaliknya.

Cara Membuat Elektroskop Sederhana

cara membuat elektroskop sederhanaJika Anda ingin melakukan eksperimen tentang elektroskop, ternyata Anda membuat sebuah elektroskop sederhana dari beberapa bahan yang mudah ditemukan. Nah, kira-kira bagaimana cara membuat elektroskop sederhana ini? Untuk selengkapnya, akan dijelaskan pada penjelasan di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

bahan dan alat membuat elektroskop sederhana

  • Paper klip/alumunium foil
  • Kawat tembaga
  • Gabus sebagai penutup
  • Gelas percobaan, juga bisa menggunakan bekas wadah kue atau selai dari bahan transparan

Langkah untuk membuat elektroskop sederhana:

  1. Siapkan kawat tembaga dengan panjang 10 sampai dengan 12 cm. kemudian tusukkan kawat tembaga tersebut ke gabus.
  2. Setelah itu, bagian ujung tembaga dibengkokkan menjadi dua lekukan. Lekukan ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk daun elektroskop.
  3. Sementara itu, bagian atas dari kawat tembaga dibengkokkan sehingga berbentuk bulat yang mana akan berfungsi sebagai kepala kepala elektroskop atau bola logam.
  4. Langkah selanjutnya, kaitkan dua buah paper clip yang sudah disiapkan di ujung tembaga sebagai daun elektroskop. Jika tidak ada paper clip, Anda bisa menggunakan alumunium foil sebagai daun elektroskop.
  5. Setelah itu, gabus penutup, kawat tembaga serta paper clip/alumunium foil diletakkan pada wadah bening yang sudah disiapkan.
  6. Langkah selanjutnya ialah dengan menguji elektroskop sederhana tersebut dengan menggunakan sebuah benda yang bermuatan (yakni penggaris plastik yang digosokkan dengan kain wol atau balon yang digosokkan pada rambut kering) ke kepala elektroskop. Setelah itu, lihat dan amati apa yang terjadi.

Dengan mempelajari berbagai macam hal tentang elektroskop mulai dari fungsi elektroskop, bagian-bagian elektroskop, prinsip dan cara kerja hingga cara membuat elektroskop sederhana membuat Anda paham bahwa alat tersebut bisa dipakai untuk menentukan suatu tanda muatan di dalamnya.

Nah, dari hasil pengamatan yang Anda lakukan dengan menggunakan elektroskop sederhana, dapat disimpulkan bahwa suatu benda yang digosok dengan benda lain akan memiliki muatan di dalamnya. Apabila muatan tersebut sejenis, maka satu dengan lainnya akan saling tolak menolak. Begitu pula sebaliknya, jika muatannya tidak sejenis maka akan saling tarik menarik.

Untuk membuktikan prinsip dan cara kerja dari elektroskop ini sendiri, Anda tidak harus menggunakan alat elektroskop asli yang tentunya memiliki harga lebih mahal. Justru Anda bisa menggunakan beberapa alat sederhana yang bisa Anda temukan dengan mudah untuk membuat percobaan tersebut.

Dengan melakukan percobaan sederhana ini juga akan membantu Anda untuk mengetahui fungsi elektroskop secara langsung. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk lebih paham tentang cara kerja dari elektroskop itu sendiri ketimbang harus belajar dengan teori.

Selain itu, Anda juga akan lebih paham bahwa cara kerja dan fungsi elektroskop bisa Anda temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Nah, semoga bermanfaat ya!

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.