Fungsi dan Prinsip Kerja Mikropipet

Tetap mengulas mengenai alat laboratorium. Kali ini, kami akan memaparkan mengenai alat laboratorium yang sering digunakan pada biokimia, Mikropipet. Bagi anda yang ingin tahu apa saja fungsi dan bagaimanakah cara menggunakan alat mikropipet ini, baca penjelasan di bawah.

Mengenal Mikropipet

Pengertian Mikropipet ialah salah satu jenis pipet (alat laboratorium) yang dipakai untuk penanganan (pengukuran serta pemindahan) cairan dalam volume kecil secara akurat. Jumlah volumenya sampai satuan microliter.

Alat pemipet cairan dengan takaran mikro ini kerap dipakai di laboratorium mikrobiologi, kimia, biologi, lab farmasi, ab forensic serta lab pengembangan obat-obatan.

Penggunaan alat mikropipet ini harus dengan benar agar tidak salah pada hasil penelitian.

Fungsi Mikropipet

fungsi mikropipetMikropipet merupakan salah satu alat laboratorium, yang mana fungsinya adalah untuk mengambil cairan dengan jumlah sangat sedikit (microliter). Penggunaan alat ini memang bertujuan untuk membantu memudahkan proses uji coba yang membutuhkan keakuratan tinggi.

Tingkat keakuratan yang dihasilkan mikropipet menjadikan penggunaan alat ini tak dapat digantikan dengan alat lain. Dengan kata lain fungsi mikropipet di dalam laboratorium sangatlah penting dan tak dapat digantikan oleh alat lain.

Tip atau ujung mikropipet ini tersedia dalam berbagai ukuran. Anda bisa mengatur volume cairan dengan memilih volume tipe atau menggeser bagian pengatur skala volume yang ada di bagian batang pipet.

Bagian-Bagian Mikropipet

bagian mikropipetJika biasanya alat laboratorium hanya terdiri dari beberapa bagian sederhana yang saling terhubung atau tampak menyatu, namun lain halnya dengan alat satu ini.

Mikropipet ini memiliki beberapa bagian yang saling terhubung dan masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Berikut adalah beberapa bagiannya.

  • Plunger button

Fungsi dari tombol penekan ini adalah sebagai pompa yang menarik dan mengeluarkan cairan maupun larutan.

Caranya cukup mudah. Ketika tombol ditekan, maka udara yang berada di dalam tip akan terdorong keluar. Ketika anda melepaskan, liquid atau cairan akan tertarik ke dalam ujung (tip) pipet. Kemudian, pindahkan cairan ke alat gelas lain.

  • Tip ejector button

Mikropipet ini memiliki fungsi untuk melepaskan tip yang ada pada bagian ujung.

Cara menggunakannya yakni dengan menekan tombol kemudian tip akan terlepas dari body pipet mikro. Tombol pelepas tip ini digunakan ketika setelah selesai menggunakn tip dengan volume tertentu.

  • Volume display

Volume display berfungsi menunjukkan volume cairan. Di dalam penunjuk volume ini juga ada volume adjustment knob yang berfungsi untuk mengatur volume. Cara menggunakannya cukup dengan memutar knob tersebut sesuai dengan volume cairan yang anda inginkan.

  • Shaft (Batang Mikropipet)

Bagian ini merupakan penghubung antara bagian atas (plunger buttion dan tip ejector button) dan bagian paling bawah (tip). Shaft ini dibuat ergonomis sehingga cukup nyaman saat digenggam tangan.

  • Ujung Pipet

Pada bagian ini berfungsi untuk menampung cairan atau larutan. Pipette tip ini memiliki hubungan langsung dengan cairan.

Keakuratan pengukuran mikropipet juga sangat ditentukan oleh seberapa ukuran tip yang digunakan. Anda harus menyesuaikan ukuran tip dengan volume cairan yang akan dipindahkan.

Perbedaan alat laboratorium ini dengan alat lainnya tak hanya terletak pada desainnya, namun juga berat, daya tekan hingga posisinya.

Cara Menggunakan Mikropipet

cara menggunakan mikropipet

  1. Atur volume sesuai yang diinginkan

Pertama atur volume yang anda inginkan dengan putar bagian pengatur volume. Selalu perhatikan angka yang tercantum pada bagian tengah mikropipet.

  1. Pasang Tip

Pipih tip yang tepat agar pemipetan akurat. Sesuaikan tip yang anda gunakan dengan merek yang sama dengan pipetnya, karena tidak semua pipet cocok dengan tip yang tersedia.

Cara pasang tips dengan menancapkan ujung mikropipet dengan tips yang sesuai, serta pastikan tips sudah terpasang dengan baik dan benar.

  1. Mengambil dan Mengeluarkan Tip

  • Setelah anda memasang tips dengan benar, anda bisa menekan tombol knob sampai hambatan pertama (setengah tekanan), jangan ditekan lebih dalam lagi.
  • Kemudian masukkan mikropipet hingga tercelup ke dalam larutan sampel.
  • Lalu lepaskan tekanan dari tombol knob secara perlahan hingga cairan tertarik ke dalam mikropipet serta pastikan tidak ada gelembung udara.
  • Pindahkan larutan sampel ke dalam wadah lain, caranya cukup dengan menekan tombol knob hingga hambatan kedua (tekanan penuh)
  • Terakhir, lepaskan tips dengan menekan tombol tips ejector button.

Prinsip Kerja Mikropipet

prinsip kerja mikropipetBegitu banyaknya bagian-bagian dari alat ini, lalu bagaimana cara kerja mikropipet Menurut pabrikannya, semua jenis alat mikropipet memiliki prinsip kerja yang sama. Saat bulb (plunger) ditekan, maka udara yang ada di bagian dalam pipet akan terdorong keluar dan menjadi vakum.

Selanjutnya, saat ujung pipet dimasukkan ke dalam cairan lalu plunger dilepaskan, maka cairan akan masuk ke dalam pipet lewat tip. Cairan di dalam pipet ini akan siap dipindahkan ke wadah lain, yakni dengan cara menekan plungernya.

Yuk, ketahui juga bagaimana cara menggunakan Labu Ukur dan Neraca Analitik yang benar.

Cara Merawat Mikropipet

cara merawat mikropipetSelain menggunakan, anda juga harus tahu bagaimana cara merawat alat ini dengan benar. Namun, secara umum perawatan alat ini tidak membutuhkan perlakuan khusus.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam cara merawat mikropipet ini.

  1. Pastikan anda selalu membersihkan alat ini setelah menggunakannya, baik menggunakan air maupun alkohol.
  2. Selanjutnya sterilkan dengan memanfaatkan autoclave komponen yang berhubungan dengan bakteri.
  3. Jangan pernah memakai mikropipet tanpa tip yang terpasang
  4. Sediakan beberapa tip untuk digunakan berbagai jenis sampel yang berbeda, agar tidak saling terkontaminasi.
  5. Pastikan anda menggunakan mikropipet yang sesuai dengan ukuran volume sample yang akan anda ukur, tidak terlalu besar maupun kecil.
  6. Jangan lupa periksa tip apakah sudah terpasang dengan baik sebelum menyedot sample.
  7. Hindari penekanan yang terlalu kencang maupun secara tiba-tiba, hal ini menghindari ketidakakuratan pengambilan sample
  8. Jangan menyimpan mikropipet secara sembarangan, apalagi jika masih terdapat sample di dalamnya.

Jenis Mikropipet

Single – Channel Micropipette dan Multi-Channel Micropipette Merk Scilogex

Dalam pemasarannya, mikropipet banyak dipasarkan dengan berbagai merk. Nah salah satu merk terbaik yang memproduksi alat laboratorium ini adalah Scilogex. Dimana mikropipet merk Scilogex sudah dirancang sedemikian rupa sehingga ergonomis dan ringan ketika digunakan.

Dengan desain yang ergonomis, alat ini tentu lebih nyaman digunakan karena bisa menangani pemindahan cairan dengan mudah. Selain unggul dari segi desain nya, Scilogex uga menyediakan jenis pipet mikro multi channel yang memiliki tip (ujung) kelapa yang bisa berputar sampai 360 derajat celcius.

Tak cukup disitu, cara mengkalibrasi serta memelihara mikropipet ini juga relatif mudah karena memang didesain khusus sehingga penyimpanannya pun menjadi lebih praktis dan aman.

Micropipette Plus Single-channel sudah dirancang begitu baik sehingga kompatibel dengan autoclave mencapai suhu 121 derajat celcius. Proses sterilisasi mikropipet ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Setap mikropipet pun sudah dilengkapi dengan ejector (pendorong) yang membuat tip lebih mudah dilepas setelah selesai dipakai. Mikropipet merk Scilogex ini pun tersedia dalam berbagai varian ukuran, mulai dari 0,1 sampai 10000 mikroliter untuk jenis single-channel mikropipet. Sementara untuk jenis mikropipet multi-channel tersedia dalam ukuran 0,5-300 mikroliter.

Beli Mikropipet Terbaik

Alat semacam ini tentu bukan merupakan alat laboratorium yang bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko laboratorium maupun peralatan kimia. Untuk bisa mendapatkan mikropipet sendiri Anda harus mencari toko terbaik seperti toko alat laboratorium, kesehatan kimia, pertanian, farmasi dan lain sebagainya yang menjual alat lengkap.

Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara online. Pembelian secara online tentunya jauh lebih mudah, karena Anda bisa langsung jelajah melalui marketplace atau mencari website terbaik di internet yang menjual barang terkait.

Hanya saja yang menjadi PR disini adalah, bagaimana Anda bisa mengetahui kualitas produk yang dijual di toko tersebut? Terlebih lagi jika Anda membelinya secara online?

Tips penting bagi Anda yang ingin membeli mikropipet secara online adalah dengan mencari toko yang sudah memiliki rekam jejak baik. Pastikan toko tempat Anda membeli sudah mengantongi kepercayaan dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Ulasan baik juga sudah banyak diberikan, baik dari kualitas produk yang dikirim, harga hingga pelayanan yang diberikan.

Ya harga juga menjadi satu faktor yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Sebaiknya cari produk dengan harga yang sesuai standar pasar. Hindari membeli produk yang dijual jauh di bawah harga standar, karena produk semacam ini sangat jarang dijual dengan harga diskon alias murah-meriah.

Bahkan untuk jenis paling sederhana saja Anda harus merogoh kocek di atas 50-150 USD. Semntara untuk jenis multinya Anda bisa mendapatkan dengan kisaran harga 400 USD.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.