Fungsi, Cara Menggunakan dan Merawat Tabung Erlenmeyer

Tabung Erlenmeyer tidak asing lagi bagi anak IPA dan bagi anda yang sedang bekerja pada laboratorium. Fungsi dari tabung erlenmeyer inipun banyak dan untuk berbagai macam hal. Lantas apa saja sebenarnya fungsi alat ini ? dan bagaimana cara menggunakan tabung erlenmeyer ?

Mengenal Tabung Erlenmeyer

mengenal tabung erlenmeyerTabung Erlenmeyer atau disebut juga dengan Labu Erlenmeyer adalah sebuah tabung yang memiliki dasar yang datar dan juga termos titrasi.  Wadah untuk bahan kimia ini berbentuk kerucut dan leher yang berbentuk silindris sebagai pengangan.

Nama alat laboratorium ini dinamai oleh seorang tokoh yang bernama Emil Erlenmeyer yang mana ia adalah seorang ahli kimia dari Jerman di tahun 1825 hingga 1909. Alat yang satu ini menjadi alat yang paling umum digunakan dalam lab kimia.

Adapun ukurannya juga beragam lho mulai dari 50 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml dan ada juga tabun yang memiliki ukuran 1000 ml.

Cara kerja dari tabung erlenmeyer yakni dengan tutup asah yang digunakan untuk mencampurkan reaksi dengan pengocokkan yang kuat sementara erlenmeyer tanpa tutup asah sering digunakan untuk mencampurkan reaksi dengan kecepatan lemah.

Fungsi Tabung Erlenmeyer

fungsi tabung erlenmeyerSetelah Anda mengetahui apa itu Labu Erlenmeyer, bukankah kini saatnya Anda tahu apa fungsinya. Labu yang satu ini memiliki banyak fungsi dalam dunia eksperimen yang ada di laboratorium kimia.

Tabung ini biasanya digunakan untuk melakukan reaksi pada sebuah zat. Pada dasarnya, fungsi Tabung Erlenmeyer digunakan untuk mengukur, mencampur dan juga menyimpan suatu cairan.

Dalam mikrobiologi, labu erlenmeyer sering digunakan untuk pembiakan mikroba. Alat ini juga tidak dapat digunakan untuk mengukur volume. Beberapa fungsi labu erlenmeyer ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tabung Erlenmeyer digunakan untuk mengukur dan mencampurkan bahan-bahan analisa.
  • Tabung Erlenmeyer digunakan sebagai salah satu tempat untuk melakukan titrasi pada suatu
  • Tabung Erlenmeyer digunakan untuk meracik serta melarutkan bahan-bahan yang ada pada komposisi media.
  • Tabung Erlenmeyer dijadikan sebagai wadah yang digunakan untuk menampung larutan, baik berupa bahan cair ataupun bahan padat.
  • Tabung Erlenmeyer tanpa tutup asah juga digunakan untuk titrasi dengan cara mengocoknya secara lemah hingga sedang.
  • Tabung Erlenmeyer dengan menggunakan tutup asah biasa digunakan untuk titrasi pengocokan kuat dengan cara dihubungkan menggunakan alat destilasi, alat ekstraksi ataupun alat lainnya.

Biasanya, tabung ini juga dimanfaatkan untuk kultur sel yang telah disterilkan yang kemungkinan memiliki tutup dengan tujuan untuk meningkatkan pertukaran gas pada saat terjadi inkubasi dan bergetar.

Adapun untuk volume minimal cairan yang digunakan dengan menggunakan tabung ini sendiri adalah seperlima dari total tabungnya. Sehingga secara umum, fungsi Tabung Erlenmeyer digunakan untuk menyimpan cairan atau mencampur larutan kimia yang nantinya akan diujikan pada laboratorium.

Cara Menggunakan Labu Erlenmeyer

cara menggunakan tabung erlenmeyerLabu Erlenmeyer sendiri merupakan salah satu alat laboratorium yang memiliki bentuk seperti botol. Namun, tahukah Anda bagaimana cara menggunakan labu ini terutama untuk kebutuhan laboratorium?

Dalam proses penggunaanya, cara menggunakan Tabung Erlenmeyer tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, hal ini akan mempengaruhi ergonomitas kerja dari labu ini pada saat diujikan.

Untuk memegang tabung ini saja diperlukan cara yang khusus. Untuk menggunakan tabung ini, maka disini Anda bisa memegang bagian leher botolnya. Pasalnya, banyak orang yang berfikir jika memegang labu ini dengan cara memegang bagian perut botol.

Hal tersebut merupakan cara yang tidak benar, sebab labu ini kerap digunakan untuk mencampurkan larutan yang bersifat panas. Bahkan, suhunya juga bisa lebih dari 90 derajat. Karena itu, memegang bagian perut labu pada saat tabung ini berisi adalah cara yang salah.

Adapun alasan memegang bagian leher tabung sendiri dikarenakan alasan keamanan. Untuk memegangnya juga diperlukan satu tangan saja. Sedangkan untuk Anda yang akan mencampurnya, Anda bisa memegangnya dengan memgang satu tangan kemudian menggiyafabta secara berputar dan perlahan hingga larutan menyatu.

Untuk tangan satunya bisa tenang dan santai. Sedangkan mata Anda harus tertuju kepada larutan yang sedang dicampur. Sebagai pertimbangan keamanan juga, pada saat Anda memegang di laboratorium, maka Anda harus menggunakan jas, sarung tangan serta kacamata pengaman.

Perlu Anda perhatikan pula bahwa di tabung ini juga terdapat skala volume,  sehingga dipastikan pada saat Anda menggunakannya, isikan larutan sesuai dengan takarannya. Jangan sampai larutan yang ada dalam tabung melebihi aturan takaran.

Pasalnya, ada beberapa jenis larutan yang mengalami reaksi dan bisa memuai. Jika larutan ini sampai naik, maka hal tersebut bisa berbahaya untuk Anda. Karena itu, dalam menggunakan Tabung Erlenmeyer harus dilakukan dengan kehati-hatian.

Pelajari juga mengenai alat labratorium lain yang tentunya tidak kalah penting yakni fungsi Labu Ukur dan Cara Menggunakan Gelas Beker.

Cara Merawat Tabung Erlenmeyer

cara merawat tabung erlenmeyerSebagai alat laboratorium, bagaimana sih cara merawat Tabung Erlenmeyer? Ternyata untuk merawat tabung ini bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Mengapa demikian? Ini karena tabung ini digunakan untuk melarutkan berbagai macam zat, sehingga sebelum digunakan harus dalam keadaan yang bersih dan setelah digunakan juga harus dalam keadaan yang bersih.

Karena itulah dibutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga tabung ini dalam kondisi yang steril. Nah, sebagai pengguna, maka di sini Anda harus tahu cara merawatnya. Pastikan bahwa sebelum menggunakan tabung ini, Anda mengecek apakah tabung ini sudah bersih atau belum.

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membersihkan tabung dengan mengelapnya menggunakan tisu kering. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakannya. Lantas, bagaimana jika labu ini selesai digunakan, bagaimana cara membersihkannya?

Ini adalah pertanyaan yang sering muncul mengingat tabung ini digunakan untuk melarutkan berbagai macam zat. Nah, untuk keamanan dan perawatannya, ada baiknya setelah menggunakan tabung, buang semua larutan yang ada pada tabung.

Pastikan bahwa tabung ini dalam keadaan yang kosong. Jika tabung sudah dalam keadaan yang kosong, maka langkah selanjutnya adalah Anda membilasnya dengan menggunakan air bersih terlebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk membuang sisa-sisa larutan yang masih ada pada tabung. Jika sudah begini angan langsung simpan tabung yang sudah dibilas tadi. Namun, langkah selanjutnya adalah Anda harus mencucinya dengan menggunakan detergen.

Cara ini digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa zat atau larutan yang masih ada di dalam tabung baik berupa bau ataupun warnanya. Pastikan bahwa bagian dalamnya benar-benar bersih dan terkena detergen semua.

Jika Anda kesulitan menjangkau bagian dalamnya, maka di sini Anda bisa menggunakan bantuan sikat pencuci tabung yang didesain khusus untuk membersihkan tabung ini. Cuci bersih menggunakan sabun, jika sudah silahkan bilas menggunakan air bersih sampai benar-benar bersih dan tidak berbau lagi.

Jika tabung ini sudah selesai dicuci, maka jangan langsung menyimpannya. Namun, yang harus Anda lakukan adalah mengeringkannya terlebih dahulu. Cara mengeringkan tabung ini bisa dilakukan dengan dua cara.

Cara yang pertama dengan membalik tabung dna biarkan sisa air hilang dna kering dengan sendirinya. Sedangkan cara kedua adalah dengan mengeringkannya menggunakan tisu. Kedua cara ini bisa dilakukan sekaligus. Jika tabung sudah benar-benar kering, baru deh Anda bisa kembali menyimpannya untuk digunakan kembali.

Cukup mudah bukan? Setelah Anda mengetahui pengertian, fungsi Tabung Erlenmeyer dan cara menggunakan serta merawatnya. Kini sebagai pengguna Anda tahu bahwa tabung ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Semoga informasi ini memberikan banyak wawasan baru untuk Anda.

Bingung bagaimana menggunakan neraca analitik ? Berikut adalah pemaparan neraca analitik.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.