Fungsi dan Cara Menggunakan Tabung Reaksi

Salah satu alat yang juga sering digunakan dalam berbagai proses uji coba di laboratorium yaitu tabung reaksi. Tabung reaksi sendiri merupakan tabung yang terbuat dari kaca borosilikat tahan panas. Penasaran dengan apa saja fungsi yang dimiliki dan bagaimana cara menggunakan tabung reaksi ?

Mengenal Tabung Reaksi

Tabung ini memiliki ukuran yang variatif dan kadang dilengkapi dengan tutup serta beberapa lainnya tidak dilengkapi.

Jadi secara umum, tabung reaksi merupakan peralatan gelas yang umum ada di laboratorium dengan bentuk tabung kira-kira sebesar jari tangan manusia dewasa. Tabung yang juga bisa terbuat dari plastik ini bisa terbuka di bagian atasnya dan membentuk huruf U di bagian dasarnya.

Fungsi Tabung Reaksi

fungsi tabung reaksiJika diamati lebih jeli, mungkin alat laboratorium ini sangat mudah dijumpai di berbagai proses uji coba. Namun umumnya, fungsi tabung reaksi ada 3.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Tempat Mereaksikan Bahan Kimia

Fungsi pertama dan utama dari tabung reaksi ialah untuk tempat mereaksikan bahan kimia. Di dalam tabung ini berbagai bahan kimia dapat direaksikan dengan sempurna dan aman karena bahannya yang aman terhadap bahan kimia.

2. Untuk Melakukan Reaksi Kimia dalam Skala Kecil

Tabung reaksi juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk melakukan reaksi bahan kimia. Dimana beberapa reaksi bisa dilakukan hanya dalam tabung ini tanpa menggunakan media lain. Hanya saja perlu diingat, jika reaksi kimia yang bisa dilakukan di tabung reaksi adalah reaksi skala kecil.

3. Tempat Perkembangbiakan Mikroba

Fungsi tabung reaksi lainnya ialah sebagai tempat perkembangbiakan mikroba yang menggunakan media cair. Biasanya proses uji coba biologi ini juga dilakukan dalam skala kecil, sehingga hasil yang didapatkan maksimal.

Dari paparan di atas, bisa disimpulkan jika fungsi tabung reaksi  merupakan salah satu alat laboratorium yang dibutuhkan untuk setiap uji coba kimia dan memiliki fungsi utama sebagai wadah mereaksikan atau pembakaran zat kimia serta dapat digunakan menjadi wadah untuk tempat perkembangbiakan bakteri.

Keberagaman fungsi ini menjadikan tabung reaksi lebih fleksibel untuk berbagai macam proses percobaan. Selain itu, ukurannya yang beragam juga memudahkan peneliti untuk menyesuaikan jenis uji coba dengan ukuran tabung reaksi yang hendak digunakan.

Bentuk Tabung Reaksi

cara menggunakan tabung reaksiYa, tabung reaksi ini tersedia dalam berbagai macam ukuran diameter dan panjang. Diameter terkecil biasanya mulai dari 10 sampai 20 mm dengan panjang 50 sampai dengan 200 mm. perbedaan ukuran ini biasanya disesuaikan dengan fungsi utama dari alat laboratorium satu ini.

Sementara untuk bentuknya, tabung reaksi memiliki bagian atas atau bagian bibir yang melebar yang fungsinya untuk memudahkan proses penuangan larutan atau cairan ke dalamnya. Bagian atas ini juga kerap dilengkapi dengan penutup.

Beberapa pendapat juga mengatakan jika adanya bibir di bagian atas tabung reaksi ini bertujuan untuk membedakan tabung reaksi dengan tabung biasa.

Tabung reaksi juga memiliki bentuk yang cukup beragam pada bagian dasarnya, yakni ada yang memiliki dasar rata, mengerucut dan yang paling banyak dijumpai merupakan tabung reaksi dengan dasar bulat. Beberapa tabung reaksi juga dibuat agar bisa dipasangi tutup berulir atau sumbat kaca.

Bahkan beberapa lainnya juga dilengkapi dengan ground glass (kaca kasar) atau area berglazur pada bagian atas, yang fungsinya tak lain adalah untuk memudahkan pembuatan tandan menggunakan pensil.

Lalu adakah perbedaan bentuk yang berdasarkan dari ukurannya? Tidak, meskipun secara ukuran ada beberapa varian berbeda, namun setiap ukuran masih memiliki bentuk yang sama persis.

Cara Menggunakan Tabung Reaksi

tabung reaksiUmumnya, tabung reaksi akan digunakan pada proses uji coba yang melalui pemanasan bahan kimia. Dalam proses pemanasan bahan kimia dengan menggunakan tabung reaksi ini, biasanya ada 2 cara berbeda, yakni:

  1. Tabung reaksi akan dipanaskan terlebih dahulu ke dalam gelas kimia yang sudah diisi dengan air. Selanjutnya akan dipanaskan menggunakan heater pembakar spirtus atau kompor.
  2. Memegang tabung reaksi harus dijepit menggunakan penjepit tabung reaksi atau Anda yang memegangnya menggunakan sarung tangan anti panas, kemudian bakar tabung reaksi di atas api dengan suhu tertentu.

Cara menggunakan tabung reaksi tersebut diperuntukkan bagi proses reaksi bahan kimia. Sementara untuk mengembangbiakkan mikroba tentu caranya berbeda, tergantung dari penelitian dan jenis mikroba yang hendak dikembang biakkan.

Tak hanya tabung reaksi, anda juga harus bisa bagaimana cara penggunaan neraca analitik dan tabung erlenmeyer.

Kelebihan Tabung Reaksi

pengertian tabung reaksiTabung reaksi merupakan alat laboratorium yang terbuat dari gelas ataupun plastik. Pemilihan bahan ini memiliki beberapa kelebihan, seperti:

1. Tidak Bereaksi dengan Bahan Kimia

Ya kedua jenis bahan ini tidak akan bereaksi dengan bahan kimia yang dituangkan ke dalam tabung reaksi. Bahkan meskipun cairan kimia tersebut dipanaskan, namun tetap tak memberi reaksi apapun terhadap larutan.

2 Tahan Panas

Cara penggunaan yang dipanaskan tentu membuat tabung ini harus tahan panas. Namun untuk proses ini material kaca jauh lebih banyak dipilih.

3. Tidak Mudah Pecah

Satu lagi kelebihan tabung reaksi adalah tidak mudah pecah meskipun dipanaskan dan digunakan untuk mereaksikan bahan kimia. Tentunya ini sangat penting mengingat proses uji coba kerap kali melalui tahapan pemanasan.

Beli Tabung Reaksi Untuk Laboratorium

Jika Anda sedang membutuhkan tabung reaksi untuk kebutuhan peralatan laboratorium, Anda tak perlu lagi bingung dimana bisa mendapatkannya. Saat ini begitu banyak toko peralatan laboratorium offline maupun online yang menjual tabung reaksi dengan ukuran lengkap.

Namun jika Anda tinggal di kota kecil, tentu bukan hal yang mudah untuk menemukan toko peralatan laboratorium, sebab tak sedikit kota yang belum memiliki toko terkait. Solusinya ialah dengan beli tabung reaksi secara online. Selain tak perlu repot pergi ke toko fisiknya, Anda juga akan lebih mudah memilih produk yang diinginkan.

Hanya saja pembelian secara online membutuhkan ketelitian lebih dari pembelinya. Berikut ini adalah tips membeli tabung reaksi secara online.

1. Cari Toko Terpercaya

Salah satu kunci untuk mendapatkan produk terbaik ialah dengan mencari/membelinya di toko terpercaya. Anda bisa mencari toko yang sudah memiliki rekam jejak baik dengan ulasan positif dari pelanggan-pelanggan sebelumnya.

2. Produk Lengkap

Ketika hendak membeli tabung reaksi, kerap kali Anda membutuhkan lebih dari 1 ukuran tabung. Dengan begitu Anda pun harus mencari toko yang menjual tabung reaksi dengan ukuran lengkap.

3. Real Pict

Seperti yang Anda ketahui jika penjualan produk secara online sangat bergantung dengan foto maupun video yang diunggah oleh toko tersebut. Sayangnya hal ini kerap menjadikan toko online memajang foto referensi atau foto palsu.

Oleh sebab itu, sebelum membeli tabung reaksi, ada baiknya Anda selalu meminta real pict dari produk yang hendak dikirimkan. Dengan begitu produk yang dikirim tak akan mengecewakan.

4. Harga Terbaik

Yang dimaksud dengan harga terbaik bukan selalu tentang harga paling murah, namun juga harga yang sesuai dengan standar pasar. Pastikan jika tabung reaksi yang hendak Anda beli dibandrol dengan harga standar dan tidak terlalu rendah bahkan sebaliknya.

Itulah penjelasan lengkap tentang fungsi tabung reaksi, bentuk, cara menggunakannya hingga tipe membeli tabung reaksi. Semoga ulasan di atas bermanfaat ☺

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.