Jual Wayang Kulit Kualitas Halus
Dikirim Langsung dari Pengrajin

Wayang Kulit  Lengkap 100% Asli Handmade dengan Kualitas Halus dan Harga Terbaik yang cocok sekali untuk  Pendalangan, Koleksi maupun Hiasan.

Jual Wayang Kulit

Dapatkan Yang Terbaik !

Asli 100% Handmade

Dengan selalu menggenggam tradisi warisan budaya yang telah turun-temurun dari masa ke masa, Wayang kulit yang Anda terima bernilai seni tinggi dan tentunya indah.

Kualitas Terjamin

Puluhan tahun kami telah melayani permintaan wayang kulit dengan prioritas kepuasan pelanggan. Menggunakan kulit kerbau dan kulit kambing berkualitas terbaik serta ditatah oleh seniman yang berpengalaman dalam membuat wayang kulit berkualitas tinggi.

Produk Lengkap

Berbagai tokoh wayang kulit telah kami produksi setiap bulannya. Anda dapat memilih dan custom tokoh wayang kulit sesuai keinginan anda.

Harga Terbaik

Dikirim langsung oleh pengrajin sehingga harga wayang kulit yang Anda dapatkan adalah yang terbaik.

Informasi dan Pemesanan
0812-1788-2384

Produk Wayang Kulit Halus Standart Pendalangan

HARGA    :  925.000

HARGA : 955.000

HARGA : 955.000

 

HARGA  : 965.000

 

HARGA  : 1.115.000

 

HARGA  : 1.115.000

Wayang Kulit Standart Pendalangan
Ukuran  : 45 cm tanpa gapit & 65 cm dengan gapit/tangkai
Bahan   : Kulit Kerbau Berkualitas
Tangkai : Tanduk Kerbau Putih
Teknik   :  Teknik Tatah Sungging

Bonus Cerita Wayang

Informasi dan Pemesanan
0812-1788-2384

Wayang Kulit Punakawan

HARGA  :  1.315.000

 

HARGA : 800.000

 

HARGA  : 1.520.000

 

HARGA  : 950.000

Wayang Kulit Standart Pendalangan
Ukuran  : 45 cm tanpa gapit & 65 cm dengan gapit/tangkai
Bahan   : Kulit Kerbau Berkualitas
Tangkai : Tanduk Kerbau Putih
Teknik   :  Teknik Tatah Sungging

Bonus Cerita Wayang

Informasi dan Pemesanan
0812-1788-2384

Wayang Kulit Ukuran Mini

 

Harga : 165.000

Ukuran  : 30 cm dengan tangkai
Jenis : Gagrak Surakarta
Bahan : Bahan Kambing Kualitas
Tangkai : Tanduk Kerbau Putih
Teknik  : Tatah Sungging Tradisional
Motif  : Warna Batik
Bonus  : Cerita Wayang

 

HARGA : 230.000

Ukuran   : 30 cm dengan tangkai
Jenis : Gagrak Surakarta
Bahan : Bahan Kambing Kualitas
Tangkai : Tanduk Kerbau Putih
Teknik  : Tatah Sungging Tradisional
Motif  : Warna Batik
Bonus  : Cerita Wayang

 

HARGA  : 85.000

Ukuran : 8 cm tanpa Tangkai
Bahan : Kulit Kambing Berkualitas
Cat bolak balik

Informasi dan Pemesanan
0812-1788-2384

Cara Merawat Wayang Kulit

Wayang Kulit perlu selalu dirawat untuk mempertahankan kualitasnya seperti warna yang tahan lama dan tidak pudar. Jika perawatan wayang kulit dilakukan dengan rutin dan benar, maka wayang kulit akan bisa berumur lama bahkan sampai seumur hidup.

Berikut ini adalah tips cara merawat wayang kulit :

1.Simpan wayang dalam wadah / box dengan rapi dan periksa wayang secara berkala dengan jangka waktu tertentu

2. Keluarkan wayang kulit, dan kemudian dijereng atau diangin-anginkan di tempat terbuka ( Jangan terkena sinar matahari)

3. Untuk membersihkan dari debu atau kotoran, cukup hilangkan debu dengan kuas halus secara perlahan. Jika ada kotoran yang membandel bisa dilap dengan kain halus dengan pelan.

4. Untuk melindungi wayang kulit dari serangga ketika disimpan pada kotak, anda bisa memberikan akar wangi. Sementara untuk menjaga kelembapan wayang kulit berikan silica gel.

Informasi dan Pemesanan
0812-1788-2384

Jenis - Jenis Wayang Kulit

Pada umumnya setiap daerah memiliki wayang kulit dengan teknik pembuatan, ciri-ciri dan tampilan yang tidak sama. Berikut adalah jenis wayang berdasarkan daerahnya masing-masing.

Wayang kulit Purwa Jogjakarta atau yang biasa disebut dengan Wayang Kulit gaya Yogyakarta merupakan wayang kulit yang secara struktur dan komposisi memiliki ciri bentuk, pola tatahan, dan sunggingan (pewarnaan) yang khas.

Selain itu, dalam pertunjukannnya sendiri Wayang kulit Yogyakarta juga memijliki unsur-unsur khas, yakni seperti lakon wayang (penyajian alur cerita dan maknanya), catur ( narasi dan percakapan), karawitan (gendhing, sulukan dan properti panggung).

Wayang kulit asli Solo ini merupakan salah satu wayang yang sudah terkenal di Indonesia. Wayang ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan wayang daerah lain. Wayang Kulit Surakarta mempunyai detail tatahan dan sunggingan yang sangat halus.

Kreasi wayang kulit purwa surakarta sendiri berpusat di Surakarta dan bertumbuh banyak di kota sekitar seperti di Klaten, Kartasura, Sukoharjo, Sragen dan Wonogiri.

Wayang Kulit Gragag Banyumas merupakan salah satu gaya pendalangan di Pulau Jawa, yang juga sering disebut dengan istilah pakeliran. Wayang kulit ini berperan sebagai bentuk seni klangenan dan sering dijadikan wahana untuk mempertahankan nilai etika, devosional, dan hiburan. Kualitasnya pun selalu terjaga dan ditangani sungguh-sungguh oleh para pakar yang memahami benar.

Pakeliran ini meliputi unsur-unsur yaitu, lakon wayang (penyajian alur cerita dan maknanya), sabet (seluruh gerak wayang), catur (narasi dan cakapan), karawitan (gendhing, sulukan dan properti panggung).

Wayang kulit cirebon juga tak kalah akan keunikannya. Wayang ini memiliki tatahan halus, warna cat kehijauan, dan untuk ciri khasnya ialah pakaian. Beberapa tokoh dewa pada wayang kulit cirebon tidak memakai baju atau telanjang dada.

Pakem wayang cirebon mengambil cerita dari kitab Mahabharata dan Ramayana yang kemudian diperbarui dan disesuaikan dengan dasar ajaran Islam oleh Sunan Kalijaga. Tokoh Punakawan disini menjadi 9 orang, yaitu : Semar, Gareng, Dewala, Bagong, Curis, Witorata, Ceblek, Cingkring, dan Bagol Buntung ( yang melambangkan sebagai 9 wali dalam menjalankan dakwah Islam).

Wayang kulit mojokerto memiliki ukuran yang agak kecil. Sementara ukirannya, ornamen dan tata warnanya juga berbeda bila dibandingkan dengan wayang kulit gaya Surakarta dan Yogyakarta.

Tatahan Wayang Purwo Jawa Timur ini lebih sederhana dan cenderung lebih banyak memakai warna merah.

Wayang kulit purwa Bali bercerita tentang “Mahabarata dan Ramayana” dan biasanya dipergelarkan pada hari raya Agama Hindu serta festival-festival. Wayang kulit ini berasal dari perkembangan wayang Batu berupa relief candi Penataran di Bali. Contoh wayangnya adalah Bima, Arjuna, Puntadewa, Anoman, Subali, Sugriwa, dll.

Wayang kulit sasak berasal dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Disebut dengan wayang sasak karena wayang ini dibule oleh etnis sasak. Dahulu kala, wayang sasak digunakan untuk berdakwah Islam di pulau Lombok, dan untuk saat ini dipertontonkan dan untuk upacara adat, misalnya di masyarakat Malang kecamatan Gerung, kabupaten Lombok Barat.

Wayang Banjar diperkirakan lahir dari zaman kesultanan Demak pada abad ke-16 Masehi. Wayang Banjar dikenal oleh suku Banjar, di Kalimantan Selatan, Tengah maupun Timur. Bentuk wayang banjar ini tidak jauh berbeda dengan wayang kulit Purwa, hanya saja kulitnya terbuat dari kulit lembu (sapi) dan pewarnaannya dari cat minyak/kayu.

Wayang kulit betawi sekilas mirip dengan wayang kulit purwa Yogyakarta. Wayang ini turunan langsung dari wayang kulit purwa Yogyakarta. Dalam pagelarannya, wayang betawi ini menggunakan bahasa Betawi yang bercampur logat Jawa.

Wayang kulit Palembang diperkirakan berkembang pada pertengahan abad ke-19 Masehi. Wayang ini mempunyai bentuk fisik dan sumber cerita yang sama persis dengan wayang purwa dari Jawa.

Informasi dan Pemesanan
0812-1788-2384

Tanya Jawab (FAQs)

Jual Wayang Kulit

Kami men-jual Wayang Kulit ini berkualitas dan garansi asli 100% handmade dengan perngrajin yang berpengalaman dengan bahan pilihan.

Sebagian besar stok wayang kulit telah siap, namun untuk stok wayang yang custom permintaan anda ditatah dengan sangat hati-hati, tentu akan membutuhkan waktu paling tidak 1-2 minggu.

Seperti yang dijanjikan, wayang kulit yang anda terima dikirim langsung dari pengrajin. Sehingga kita tidak membuka toko offline. Hanya toko online ini. Lokasi pembuatan wayang kami berada di Bantul, Yogyakarta. 

Untuk membeli wayang kulit, anda bisa menghubungi CS melalui tombol WA. Setelah pembayaran diselesaikan, wayang kulit Anda segera dikirimkan ke alamat Anda melalui espedisi yang disepakati.

Informasi dan Pemesanan
0812-1788-2384