Penjelasan Lengkap Kabel NYA, NYM, NYYHY, NYFGBY dan Lainnya

Kabel NYY-Dari berbagai jenis kabel listrik, ada beberapa yang sering membuat para teknisi kebingungan, yaitu seperti kabel NYY, NYA, NYM, NYYHY, NYFGBY dan lain sebagainya. Nama-nama dari semua jenis kabel tersebut memang sedikit mirip sehingga agak sulit untuk membedakannya.

Didalam dunia kelistrikan terdapat berbagai jenis kabel listrik beserta ukuran, fungsi , manfaat, dan penggunaan masing-masing jenisnya. Untuk seorang teknisi wajib memahami semua jenis kabel yang ada agar penerapan masing-masing kabel tepat dan sesuai dengan kapasitas yang ada.

Seorang teknisi listrik tidak dapat sembarangan dalam memilih jenis kabel listrik yang akan digunakan, agar tidak terjadi pemasangan jenis kabel yang salah dan tidak sesuai dengan kondisi kapasitas arus yang ada sehingga dapat menyebabkan hal yang yang tidak diinginkan.

Ciri-ciri kabel NYY, NYA, NYM, dan NYRGBY  cukup jauh berbeda. Di artikel ini akan diulas lebih lengkap semua mengenai perbedaan dari ukuran, karakteristik, penggunaan, warna dan harga kabel NYY, NYA, NYM, NYRGBY dan lain sebagainya.

Kabel Listrik

Kabel listrik

sumber : dekoruma.com

Kabel bisa didefinisikan sebagai sebuah kawat penghantar listrik atau media penghantar arus listrik menuju ke perangkat pengguna listrik, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Sedangkan kemampuan menghantarkan arus listrik ditentukan oleh KHA (Kemampuan Hantar Arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere(A). Kemampuan hantar arus ini ditentukan dari luas penampang pada konduktor yang berada dalam kabel listrik. Untuk tegangan listrik dinyatakan dalam Volt (V), besar daya yang diterima dalam satuan Watt (P).

Sehingga dapat dinyatakan dalam rumus :

“ P (Daya) = V (Tegangan) x  l (Arus)”

Pengelompokkan kabel listrik

Berdasarkan tegangannya, kabel listrik dapat dikelompokkan menjadi :

  1. Kabel listrik tegangan rendah
  2. Kabel listrik tegangan menengah
  3. Kabel listrik tegangan tinggi

Bagian-bagian kabel listrik

bagian kabel listrikPada umumnya bentuk fisik kabel listrik terdiri dari  2 bagian , yaitu :

  1. Konduktor

Bagian inti ini berfungsi sebagai menghantarkan arus listrik. Kemampuan kapasitas dari setiap jenis konduktor dalam menghantarkan listrik sangat ditentukan oleh jenis dan ukuran konduktor yang digunakan.

Bagian ini terbuat dari bahan tembaga, aluminium atau logam yang berupa serabut. Terkadang juga digunakan bahan lainnya seperti perak dan emas, namun ini untuk penggunaan khusus dan harganya juga sangat mahal.

  1. Isolator

Bagian yang membungkus konduktor dan tidak bisa menghantarkan arus listrik. Isolator berfungsi untuk melindungi kabel supaya tidak terpapar oleh pengaruh alam sekitar, melindungi perangkat agar tidak terjadi hubungan pendek (konslet), serta melindungi manusia dari tersengat aliran listrik yang mengalir.

Pada umumnya, isolator terbuat dari bahan karet, plastik, dan bisa juga dari bahan polymer. Semakin baik tingkat isolator dalam menghambat arus listrik dan menahan panas, maka semakin baik pula kualitas isolator tersebut.

Jenis-jenis Kabel Listrik

Jenis-jenis kabel listrik

sumber : photosgratuite.eu

Jenis-jenis kabel berdasarkan type dan ukuran dan sering digunakan dalam dunia kelistrikan Indonesia :

  1. Kabel listrik NYA
  2. Kabel listrik NYM
  3. Kabel listrik NYY
  4. Kabel listrik NYAF
  5. Kabel listrik NYCY
  6. Kabel listrik NYMHYO
  7. Kabel listrik NYMHY/NYYHY
  8. Kabel listrik NYRGBY
  9. Kabel listrik AAAC
  10. Kabel listrik ACSR
  11. Kabel listrik ACAR

Kabel Listrik NYA

Kabel listrik NYA

Sumber : Bukalapak.com

Kepanjangan kabel NYA, yaitu :

N          = Kabel inti tembaga

Y          = Isolasi PVC

A          = Kabel tunggal

Bisa kita diartikan bahwa kabel NYA merupakan kabel tembaga tunggal dengan isolator terselubung dengan berbahan PVC. Pada umumnya, kabel ini sering digunakan dalam instalasi listrik rumah tinggal dan sistem tenaga.

Spesifikasi ukuran diameter dari kabel NYA ini rata rata sekitar 1,5 mm –  2,5 mm. Isolator pembungkus kabel NYA memiliki warna merah, kuning, biru dan hitam yang berguna untuk memudahkan pemasangan jalur jaringan instalasi listrik.

Kalebihan        : memiliki kabel inti tunggal yang mudah dan sederhana pada instalasi kabel listrik, sehingga jika ada tarikan kabel tertentu bisa dengan mudah dilakukan. Harga kabel NYA juga lebih terjangkau.

Kekurangan     : Lapisan isolasi PVC hanya terdiri dari satu lapis dan tidak tahan terhadap gigitan hewan pengerat seperti tikus dan mudah cacat terhadap factor cuaca hujan atau panas. Untuk menghindari kerusakan tersebut, gunakan saluran pipa PVC untuk melindungi jalur jaringan kabel dan dipasang di udara yang jauh dari jangkauan.

Kabel ini biasanya dibuat  Sambungan Kabel Listrik  untuk mempermudah instalasi listrik di rumah.

Harga kabel NYA sekitar Rp.2.200 – Rp. 300.000 per meter.

Kabel Listrik NYM

Kabel listrik NYM

Sumber : Blogteknisi.com

Kepanjangan kabel NYM yaitu :

N          = kabel tembaga

Y          = Isolasi PVC

M         = Inti kabel lebih dari satu

Artinya kabel NYM merupakan kabel yang memiliki konduktor atau tembaga lebih dari satu dengan isolator terselubung dengan berbahan PVC. Kabel NYM sering digunakan khusus untuk pada instalasi tetap bangunan, dimana penempatannya biasanya di luar/di dalam tembok.

Ukuran kabel NYM sangat tergantung dari berapa jumlah inti kabel tembaga, bisa terdiri dari 2, 3, sampai 4 jika diperlukan untuk tambahan grounding. Warna lapisan isolator PVC pada kabel NYM biasanya putih atau abu-abu.

Kelebihan        : memiliki Isolasi sebanyak 2 lapis, sehingga tingkat keamanan lebih baik dari kabel NYA. Kabel ini dapat digunakan pada area yang kering maupun basah,.

Kekurangan     : penggunaan kabel ini tidak dapat ditanam langsung ke tanah dan untuk harganya lumayan mahal.

Harga untuk kabel NYM biasanya sekitar Rp. 7000 – Rp. 63.000 per meter.

Kabel  Listrik NYY

Kabel listrik NYY

Sumber : Jembo.co.id

Kepanjangan Kabel NYY yaitu :

N          = Kabel inti tembaga

Y          = Isolasi PVC

Y          = Selubung luar isolasi PVC

Kabel NYY merupakan kabel yang memiliki  lebih dari satu inti tembaga dengan isolasi PVC dan selubung luar berbahan PVC. Kabel NYY bisa dibilang penyempurnaan dari kabel NYA dan NYM. Kabel ini cocok digunakan untuk instalasi listrik tetap seperti di bawah tanah ataupun tempat outdorr lain namun tetap harus diberikan perlindungan khusus seperti pipa.

Kabel NYY memiliki jumlah inti tembaga 2 , 3 atau 4 dengan lapisan isolasi PVC berwarna hitam. Bahan isolator untuk jenis kabel ini memiliki konstruksi yang lebih kuat dan kaku karena terdapat selubung tambahan dan berbahan anti gigitan tikus.

Kelebihan        : kabel ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi dan lebih aman, serta kabel bisa ditanam dibawah tanah.

Kelemahan      : Harga cukup mahal.

Harga kabel NYY sekitar Rp. 322.000 untuk 2 inti kabel 1,5 mm dan Rp. 434.000 untuk 2 inti kabel 2,5 mm.

Kabel Listrik NYAF

Kabel listrik NYAF

Sumber : tipsrawatrumah.com

Kabel NYAF secara konstruksi hampir mirip dengan kabel NYA, sama sama memiliki inti tunggal dengan satu lapisan isolator PVC. Perbedaannya adalah kabel NYAF memiliki inti tembaga yang menggunakan jenis serabut. Kabel NYAF sering digunakan untuk instalasi panel yang membutuhkan fleksibilitas tinggi, seperti area yang banyak memiliki belokan tajam atau tekukan.

Kabel NYAF memiliki isolasi tipis dan warna yang beragam. Seperti kabel NYA, kabel ini juga perlu diberi pelindung pipa.

Kelebihan        : memiliki inti penghantar tembaga berserabut sehingga mudah dalam instalasi.

Kelemahan      : tidak disarankan digunakan untuk area dalam kondisi lembab,basah serta terkena pengaruh cuaca langsung.

Harga kabel NYAF relative murah yaitu bekisar Rp. 2.800 – Rp. 450.000 per meter.

Kabel Listrik NYCY

Kabel listrik NYCY

Sumber : Jembo.co.id

Kabel NYCY dirancang untuk digunakan sebagai penghantar dalam ruangan, ditanam bawah tanah ataupun juga jaringan diluar ruangan serta alam terbuka. Memiliki lapisan pita serabut tembaga yang kuat di antara selubung dalam dan selubung luar yang terbuat dari PVC.

Kelebihan        : lapisan isolator yang tebal menjadikan kabel ini tahan lama dari berbagai kondisi cuaca, lembab ataupun kering.

Kelemahan      : harga kabel NYCY cukup mahal.

Kabel Listrik NYMHYO

Kabel listrik NYMHYO

Sumber : bpj.we.id

Kabel NYMHYO tidak diperuntukkan instalasi listrik arus besar, hanya digunakan untuk arus rendah saja, seperti kabel soundsystem, kabel pada rangkaian elektronika, audio video, dan sebagainya.

Kabel ini tidak memiliki isolator dengan tahan cuaca, karena penggunaaannya khusus indoor. Harga kabel NYMHYO dengan 1 inti dengan tembaga 0,75 adalah Rp. 180.000 dan Rp. 310.000 untuk tembaga 1.5 mm.

Kabel Listrik NYMHY/NYYHY

kabel listrik NYMHY

Sumber : tabelberatjenisbaja.wordpress

Kabel NYMHY/NYYHY pada umumnya digunakan untuk instalasi di dalam rumah yang tidak permanen. Memiliki inti tembaga berbentuk serabut yang terdiri dari 3 inti dengan pelindung lapisan isolator yang aman bagi jangkauan manusia.

Kabel NYMHY/NYYHY ini sangat fleksibel dan tidak mudah patah. Kabel ini disarankan untuk digunakan sebagai penghubung alat elektronik rumah tangga yang sering pindah-pindah serta digunakan  untuk area kering dan di dalam ruangan.

Kelebihan        : instalasi kabel mudah karena inti berbentuk serabut.

Kelemahan      : tidak cocok digunakan di luar ruangan.

Kabel Listrik NYRGBY/NYFGBY

kabel listrik NYRGBY

Sumber : Jembo.co.id

Kepanjangan kabel NYRGBY

N             : Kabel inti tembaga

Y              : Isolasi PVC

R             : Pelindung kawat baja bulat

GB          : terlilit oleh plat baja

Y              : Isolasi PVC

Bisa diartikan bahwa kabel NYFGBY memiliki satu atau lebih inti tembaga dengan isolasi PVC, yang dilindungi kawat baja bulat, terlilit plat baja serta isolasi luar berbahan PVC.

Kabel NYRGBY/NYFGBY digunakan untuk instalasi listrik tetap dalam tanah yang ditanam secara langsung  tanpa membutuhkan perlindungan tambahan karena daya tahan yang sudah sangat kuat. Kecuali jika ditanam di bawah jalan raya, tetap diperlukan perlindungan berupa PVC tambahan.

Kedalaman maksimal untuk pemasangan kabel disarankan  80cm.

Kelebihan           : kabel ini  memiliki lapisan isolator yang sangat baik, sehingga kabel NYRGBY bisa dibilang yang palinng kuat dari kabel jenis lainnnya.

Kekurangan        : Harga kabel ini paling mahal

Harga kabel NYRGBY yaitu sekitar Rp. 12.500 – Rp. 935.000 per meter.

Kabel Listrik AAAC

Kabel listrik aaac

Sumber : Jembo.co.id

Kepanjangan kabel AAAC :

Aluminium Alloy Conductors

Kabel AAAC terbuat dari bahan campuran alumunium dan magnesium. Kabel ini termasuk kabel yang tidak memiliki isolator pelindung karena memang bukan kabel sembarangan.  Umumnya kabel ini sering digunakan sebagai penghantar anti petir ke grounding.

Kelebihan           : Kabel AAAC  terbuat dari bahan alumunium sehingga tahan karat, kekuatannya dan daya hantarnya sangat bagus.

Kabel Listrik ACSR

kabel listrik ACSR

Sumber : Jembo.co.id

Kepanjangan kabel ACSR :

Aluminium Conductor Steel-Reinforced

Kabel ACSR tidak digunakan untuk instalasi listrik rumahan atau tegangan kecil. Kabel ini hanya digunakan pada perusahaan listrik saja, misalnya PLN. Kabel ACSR digunakan untuk menghantarkan transmisi tegangan ekstra tinggi antar menara distribusi listrik.

Kabel ACSR terdiri dari kawat penghantar berbahan aluminium dengan inti kawat baja serta tidak terdapat isolator dengan  tujuan mendinginkan inti utama kabel.

Kabel ACAR

Kabel listrik ACAR

Sumber :tentangteknikumum.blogspot

Kepanjangan kabel ACAR             :

Aluminium Conduktor Alloy Reinforced

Kabel ACAR hampir mirip dengan kabel ACSR, namun kabel ACAR lebih kuat dan kokoh karena memiliki kawat penghantar yang diperkuat dengan logam campuran.

Kabel ini juga sering digunakan untuk transmisi listrik serta jalur distribusi listrik PLN.

 

Kami juga menyediakan informasi lengkap mengenai Kabel Straight dan Cross  serta fungsinya yang bisa kalian pelajari juga.

Demikian pembahasan tentang kabel listrik beserta semua jenisnya yang ada didunia kelistrikan Indonesia. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

 

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.