Ragam

11+ Kerajinan dari Bubur Kertas Unik

Kali ini kami akan memberikan ulasan seputar beberapa contoh hingga bagaimana cara membuat kerajinan dari bubur kertas yang bisa menginspirasi anda. Kerajinan...

Written by dawan setiawan · 6 min read >
kerajinan dari bubur kertas

Kali ini kami akan memberikan ulasan seputar beberapa contoh hingga bagaimana cara membuat kerajinan dari bubur kertas yang bisa menginspirasi anda. Kerajinan tangan dari bubur kertas merupakan salah satu contoh kerajinan yang dapat anda praktikkan sendiri di rumah. Dengan memanfaatkan bubur kertas, anda juga berperan dalam rangka mendaur ulang penggunaan kertas maupun menjaga kelestarian lingkungan.

Jika anda menekuni kerajinan ini, bukan tidak mungkin karya anda tersebut malah bisa menjadi ladang rezeki yang bisa memberikan masukan yang tidak sedikit. Sekedar informasi bahwa bubur kertas adalah kertas yang sudah diproses menjadi lembek seperti bubur.

Untuk kertas yang bisa anda gunakan adalah jenis kertas yang mudah larut atau hancur ketika dicampur dengan air.Salah satu kertas yang paling cocok dan mungkin paling banyak dipilih adalah kertas koran.

Sebelum membuat sebuah kreasi cantik dari bubur kertas, anda wajib paham terlebih dahulu bagaimana membuat bubur kertas.

Langkah-langkah membuat bubur kertas :

langkah langkah membuat bubur kertas

  • Seperti biasa, hal pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah menyiapkan bahannya. Bahan yang harus anda siapkan antara lain koran dan lem rajawali. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa alat seperti ember, gunting, cutter.
  • Anda harus menyobek kertas koran. Anda bisa menyobeknya menggunakan cutter atau gunting. Sobek dengan potongan kecil-kecil. Ingat, semakin kecil potongan yang anda buat, maka semakin cepat pula proses peleburan menjadi bubur.
  • Langkah ketiga, anda masukkan potongan-potongan koran ke dalam ember yang sebelumnya sudah anda isi dengan air. Tunggulah beberapa saat sampai koran benar-benar hancur. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih bagus, maka kami sarankan agar anda merendamnya kurang lebih semalaman.
  • Jika sudah melebur, maka anda harus mengeringkannya dengan membuang air dalam ember. Hati-hati ketika membuang air agar bubur kertas juga tidak terbuang. Cukup sisakan sedikit air saja.
  • Langkah selanjutnya yaitu masukkan lem rajawali. Sebelumnya anda harus tahu mengenai perbandingan antara air, lem rajawali, dan juga kertas. Perbandingan yang tepat akan memberikan hasil bubur kertas yang baik.
  • Jika sudah, anda campurkan lem rajawali dengan bubur kertas lalu aduk secara perlahan-lahan sampai tercampur sempurna.
  • Bubur kertas seharusnya sekarang sudah bisa anda siapkan.

Produk Kerajinan dari Bubur Kertas

1. Membuat diorama

diorama bubur kertasContoh kerajinan tangan dari bubur kertas yang pertama adalah diorama.

Diorama merupakan salah satu karya tangan yang memanfaatkan bubur kertas. Mungkin bisa menggunakan bahan lain, namun bubur kertas akan memberikan hasil yang lebih bagus.

Bubur kertas yang anda buat nantinya akan difungsikan sebagai malam dan nanti juga bisa mengeras jika anda diamkan. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat diorama dengan memanfaatkan bubur koran.

  • Langkah awal adalah siapkan koran bekas atau koran yang sudah tidak terpakai.
  • Kemudian anda rendam koran tersebut ke dalam ember yang telah berisi air dan biarkan sampai benar-benar hancur. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa memotong koran tersebut menjadi bentuk yang kecil-kecil menggunakan gunting atau cutter.
  • Jika sudah hancur, maka anda harus mengangkat koran tersebut, kemudian anda remas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kandungan air di dalamnya.
  • Jika kandungan air sudah berkurang, maka selanjutnya anda bisa menambahkan lem rajawali. Anda juga bisa menggunakan lem fox. Anda bisa memilih salah satu diantara keduanya yag menurut anda memiliki daya rekat yang bagus.
  • Bubur koran yang sudah jadi selanjutnya bisa anda bentuk menjadi sebuah diorama.
  • Ingat, proses pembentukan diorama tidak boleh memerlukan waktu yang terlalu lama. Mengapa? Karena bubur koran ini semakin lama akan semakin mengeras.

2. Aksesoris Kulkas

kerajinan bubur kertas kulkasKreasi dari bubur kertas selanjutnya adalah aksesoris tempelan kulkas.

Dengan kreasi cantik yang berwarna warni ini bisa menjadikan kulkas anda lebih menarik dan berwarna. Untuk cara pembuatannya cukup mudah. Pertama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu :

  • Kertas koran bekas
  • Air
  • Cetakan es atau coklat
  • Cat warna
  • Lem tembak dan magnet

Langkah membuatnya adalah

  • Sobek keras koran menjadi potongan yang kecil-kecil dan rendam dengan air selama kurang lebih 1 hari.
  • Halus hasil rendaman tadi menggunakan blender, dan pastikan benar-benar halus.
  • Cetak bubur kertas yang sudah halus tadi menggunkan cetakan coklat atau cetakan yang sesuai dengan keinginan anda.
  • Jemur hingga mengering.
  • Setelah kering, tambahkan warna pada cetakan tadi sesuai selera anda dan semenarik mungkin.
  • Jemur lagi hingga cat kering
  • Berikan magnetik pada cetakan dengan lem tembak
  • Aksesoris tempelan kulkas siap memperindah kulkas anda

3. Topeng

topreng bubur kertas

Topeng juga merupakan salah satu karya yang bisa anda buat dengan memanfaatkan bubur kertas.

Namun untuk bisa membuat topeng yang bagus, kami sarankan anda membuat cetakannya terlebih dahulu. Kemudian bubur kertas bisa anda masukkan ke dalam cetakan tersebut.

Tunggulah beberapa saat sampai nanti cetakan topeng bisa membentuk topeng seperti yang anda inginkan. Kerajinan yang memang tidak terlalu sulit sehingga mungkin bagi anda yang baru mempelajarinya sudah tahu tentang bagaimana cara membuatnya.

4. Frame lukisan atau foto

frame bubur kertasApakah anda pernah berpikir bahwa frame lukisan atau foto bisa anda buat dari bubur kertas?

Namun perlu anda perhatikan bahwa anda bisa membuat frame dari jenis kertas apapun. Yang terpenting dari kertas tersebut memiliki ukuran cukup tebal. Membuat frame dari kertas yang berukuran besar bisa membantu menghasilkan sebuah frame yang bisa anda berdirikan dan bisa lebih tahan lama.

Untuk kertas tebal dibutuhkan untuk bagian belakang. Sementara untuk bagian depannya anda bisa menambahkan berbagai macam hiasan yang bisa anda bentuk sesuai dengan keinginan dan selera anda.

Kemudian anda tinggal menempelkannya ke dalam bingkai foto atau lukisan tersebut. Anda bisa semakin mempercantik tampilannya dengan memberikan penambahan beberapa bahan.

5. Tempat pensil

tempat pensil bubur kertasKerajinan tangan berbentuk tempat pensil memang sudah banyak. Namun yang membedakan dari berbagai kerajinan tersebut adalah bahan yang digunakan. Tidak jarang karena bahan yang digunakan inilah yang dapat mempengaruhi kualitas dan harga dari tempat pensil tersebut.

Salah satu bahan yang akan memberikan nilai keunikan dan nilai jual  yang cukup tinggi adalah bubur kertas.

Sebelum itu ada beberapa bahan dan alat yang harus anda siapkan diantaranya:

  • Kawat yang memiliki panjang kurang lebih 2 meter
  • Bubur kertas yang sudah jadi
  • Gabus atau bisa juga sterofom
  • Pewarna

Untuk langkah-langkahnya silahkan anda simak baik-baik penjelasan kami di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah proses pembuatan sketsa. Karena sekarang anda membuat tempat pensil, maka sketsa yang anda buat pun harus berbentuk tempat pensil. Pembuatan sketsa ini dilakukan di atas sterofom. Anda bisa memberikan sedikit improvisasi sesuai dengan tingkat kreatifitas anda.
  • Untuk konstruksi patung, maka anda bisa menggunakan kawat. Caranya yaitu dengan membengkokkan kawat menggunakan tang. Anda harus melilitkan kawat menjadi lebih tipis agar supaya anda tidak kesulitan ketika akan membengkokkannya.
  • Langkah ketiga yaitu anda tempelkan bubur kertas yang sudah anda siapkan pada kawat konstruksi. Tempelkan secara perlahan-lahan dan pastikan anda menempelnya dengan rapi.
  • Jika sudah selesai, maka tahap selanjutnya anda harus menjemurnya di bawah terik matahari.
  • Anda juga bisa memberikan sedikit hiasan pada sterofom untuk semakin mempercantik tempat pensil anda.
  • Selain itu, anda juga bisa mengecatnya dan mungkin bisa membentuk motif sederhana agar supaya tempat pensil anda semakin enak dilihat.
  • Nah sekarang anda tinggal memasukkan peralatan tulis untuk diletakkan ke tempat pensil anda tersebut.

6. Membuat miniatur

miniatur bubur kertasMiniatur juga bisa menjadi salah satu kerajinan tangan dari bubur kertas yang bernilai ekonomis.

Biasanya miniatur memang dibuat dari plastik. Namun anda bisa memberikan sentuhan yang berbeda dengan cara mengubah bahan utama untuk pembuatannya, yakni menggunakan bubur kertas

Namun perlu diingat bahwa pembuatan miniatur menggunakan bubur kertas memerlukan tingkat kreativitas dan ketelitian yang tinggi. Selain itu, anda juga dituntut memiliki imajinasi yang luas agar nanti anda bisa membayangkan kira-kira bentuk asli dari miniatur yang anda buat akan seperti apa.

Kerajinan tangan berbentuk minimatur sudah menjadi salah kerajinan tangan yang banyak dibuat. Ada yang membuatnya untuk sekedar koleksi pribadi, untuk tugas sekolah, sampai anda yang membuatnya karena ingin dijual.

7. Tas Goody Bag

goody bag bubur kertasKreasi goody bag juga patut anda buat. Kerajinan ini bisa cocok anda perjualbelikan dan dijadikan sumber penghasilan sampingan.

Untuk menciptakan goody bag cantik ini tidak sulit kok, sama seperti membuat lembaran kertas daur ulang. Akan tetapi pada goody bag dibutuhkan lembaran kertas yang lumayan besar, tinggal di atuskan kemudian dibentuk sebuah tas.

Jangan lupa memberikan aksesoris tali yang berasal dari lintingan kertas daur ulang juga. Dan jadilah tas goody bag yang cantik dan menawan.

8. Celengan dari bubur kertas

celengan bubur kertasKerajinan tangan berbentuk celengan pun juga sekarang mudah anda jumpai.

Umumnya, kerajinan berbentuk celengan tersebut menggunakan tanah liat atau plastik. Kemudian dibentuk dan dicat dengan sedemikian rupa untuk semakin memperindah tampilannya. Kreasi seperti ini mungkin sudah biasa karena sudah banyak yang membuatnya.

Oleh karena itu, anda bisa membuat celengan anda sendiri dengan memanfaatkan bubur kertas sebagai bahan utamanya. Lalu apa saja bahan-bahan yang harus anda siapkan?

Bahan-bahan tersebut diantaranya: bubur pensil, toples bekas yang terbuat dari plastik, dan anda juga bisa menyiapkan beberapa hiasan tambahan jika ingin membuat celengan anda semakin menarik.

Kemudian cara pembuatan celengan dari bubur kertas akan kami jelaskan seperti di bawah ini:

  • Pertama, anda harus menyiapkan toples plastik bekas. Ingat, siapkan toples yang masih ada tutupnya. Kemudian anda beri lubang pada tutup toples untuk tempat memasukkan uang.
  • Kedua, anda mulai tempelkan bubur kertas ke toples hingga bubur kertas menutup seluruh badan toples secara merata. Anda harus menutupinya dengan hati-hati agar hasilnya rapi.
  • Anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan menarik pada toples anda untuk semakin mempercantik tampilannya.
  • Langkah terakhir, anda tinggal menjemur celengan anda tersebut di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, maka anda bisa mulai memberikan warna sesuka anda untuk membuat celengan anda semakin menarik dilihat.

9. Mainan angry bird dari bubur kertas

angry bird bubur kertasSiapa yang tidak tahu angry bird? Salah satu burung yang cukup populer ini sempat viral dan bahkan sering anda temukan dimana-mana.

Angry bird pun juga ada game-nya sendiri yang bisa anda download di Play Store. Karena saking populernya, ada beberapa orang yang berusaha membuat kerajinan angry bird menggunakan bahan tertentu.

Nah, sekarang anda juga bisa membuat angry bird menggunakan bubur kertas. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda siapkan bubur kertas yan telah diolah
  • Ambil bubur kertas secukupnya dan bentuk menjadi bola kecil. Untuk menambahkan mata, anda bisa mengambil bubur kertas secuil dan bentuk hingga mirip atau setidaknya mendekati dengan mata angry bird. Hal ini juga berlaku untuk pembuatan paruhnya.
  • Jika sudah, langkah ketiga adalah anda tinggal mengeringkannya di bawah sinar matahari.
  • Anda bisa memberi warna pada angry bird anda sesuai dengan warna pada angry bird, seperti merah, biru, hitam, kuning, dan lain-lain.

10. Gantungan Kunci

gantungan kunci bubur kertasKerajinan dari  bubur kertas yang satu ini adalah gantungan kunci. Tak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuat gantungan kunci ini.

Bahannya pun sangat mudah anda dapatkan di pasaran. Mulai dari bubur kertas, cetakan oklat ( bisa menggunakan bentuk yang lucu), rantai untuk gantungan dan cat warna.

Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan membuat aksesoris penempel kulkas yakni bubur kertas yang sudah jadi di cetak menggunakan cetakan dengan bentuk sesuai selera anda.

Masukkan satu butir rantai yang akan menjadi cantolan gantungan kunci. Pada poin ini rantai hanya dimasukkan setengah bagian saja, sementara setengah bagian  dibiarkan terlihat dari luar.

Kemudian jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering tambahkan warna warni pada cetakan anda. Terakhir tambahkan besi rantai gantungan kunci.

11. Vas Bunga

vas bubur kertasVas bunga dari bubur kertas juga tidak kalah menariknya. Dengan tambahan warna dan sentuhan kreatifitas anda, akan menjadikan kreasi vas bunga yang menawan.

 

Bagaimana ? sudah tertarik membuat kerajinan dari bubur kertas yang unik dan mudah ini ? Ketahui juga bagaimana kerajinan dari kain perca dibuat serta uniknya berbagai produk kerajinan dari bambu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.