13 Kerajinan Cantik dari Kain Perca + Cara Membuatnya

Semenjak bersekolah dulu, tentu kita akrab dengan penggunaan barang bekas untuk kerajinan tangan. Namun siapa sangka, apa yang kita pelajari ternyata dapat menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Bahkan dari bahan-bahan yang hampir dibuang dan terabaikan begitu saja. Pernah ingin membuat kerajinan dari kain perca namun bingung dari mana memulainya?

Ikuti terus tulisan ini, ya. Soalnya akan dibahas secara mendalam dari A sampai Z mulai dari tips memilih kain perca, seni memanfaatkan kain perca, contoh kerajinan dari kain perca, dan cara membuat kerajinan dari kain perca.

Kerajinan dari Kain Perca

Sebelum membuat kerajinan dari kain perca, kita dapat memilah terlebih dahulu, kain perca berdasarkan warna, motif, maupun bahan kain. Misalnya saja jika kita ingin membuat kerajinan dari kain perca dengan tema berwarna merah. Atau, kita ingin membuat selimut dari kain perca yang harus kita sesuaikan dengan mengumpulkan kain perca berbahan lembut dan tidak panas.

Tentukan juga, style kerajinan dari kain perca yang akan kamu buat. Apakah kamu menyukai hal-hal detail sehingga masih menggunakan kain perca berukuran kecil atau tidak. Kalau kamu ingin bermain dengan kain perca berukuran kecil, tentu akan membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Sekarang, saatnya langsung eksekusi membuat kerajinan dari kain perca ini, yuk. Berikut inspirasi yang bisa kamu coba;

1. Kreasi Tas Sederhana dari Kain Perca

kerajinan tas dari kain percaJangan meremehkan tas yang terbuat dari kain perca ini. Meski dari kain perca, dengan sentuhan tangan yang rajin dan kreativitas yang tinggi, anda dapat memiliki tas yang cantik dan menawan. Untuk membuatnya sebenarnya tidak terlalu sulit kok, ,,,

Alat dan Bahan :

  • Kain perca motif dan polos
  • Busa angin tipis untuk bagian dalam
  • Benang Jahit
  • Ritsleting
  • Hiasan atau aksesoris tas

Cara Membuat tas dari kain perca :

  • Pertama buatlah pola tas tangan di atas selembar kertas.
  • Potonglah kain perca agar memiliki ukuran yang sama, dan satukan kain tadi dengan dijahit.
  • Setelah kain perca bersatu menjadi sebuah lembaran yang lebar, kini gunting kain mengikuti pola yang telah anda buat. Pastikan anda melebihkan sekitar 2 cm dari ukuran pola sebagai lipatan.
  • Berikan busa angin di atas kain, dan jahitlah pada bagian sisi-sisinya.
  • Buatlah tali pegangan tas dari kain perca dan sesuaikan dengan pola yang anda buat. Tambahkan lapisan dengan busa angin kemudian jahit dan pasangkan pada tas.
  • Pasang ritsleting dan hiasan tas untuk mempercantik tas
  • Tas sudah jadi dan siap digunakan

2. Boneka Gothic Kain Perca

boneka gothic dari kain percaPertama,jahit potongan-potongan kain perca hingga tersambung menjadi satu. Setelah itu isi dengan dakron secukupnya. Buat menyerupai dua bola dengan satu berukuran kecil dan satu yang lainnya berukuran besar.

Untuk bola kain perca berukuran kecil, tempelkan dua buah kancing pada kain yang lebih polos untuk mata boneka. Atau, bisa pakai mata ikan langsung yang banyak dijual di toko aksesoris. Taraa… boneka gothic ala-ala kain perca sudah jadi, nih.

3. Syal Kain Perca

syal dari kain percaMau bepergian jauh, syal menjadi penghangat disaat kita kedinginan berada di tempat ber-AC selama perjalanan. Kalau punya kain perca di rumah, manfaatkan untuk dijadikan syal cantik ini, yuk.

Nah, kalau ukuran syalnya, bisa pakai ukuran 50 cm x 10 cm. Agar syal tampak cantik namun juga hangat, pilih kain perca dengan kombinasi warna terang. Potong-potong kain perca menjadi persegi atau segitiga dan jahit sesuai dengan ukuran syal. Setelah itu, lapisi bagian belakang syal dan jahit dengan kain tebal atau kain selimut berwarna gelap. Nah, syal kain perca sudah siap digunakan saat dalam perjalanan maupun teman menikmati cuaca dingin di rumah.

4. Kerajinan Pouch dari Kain Perca

pouch dari kain percaBagi kaum wanita, penggunaan tas kecil pouch multifungsi ini sering digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari wadah kosmetik, koin, aksesories. Daripada membeli, kita bisa membuatnya sendiri, loh.

Cara membuat kerajinan dari kain perca model pouch ini gak terlalu ribet, kok. Pertama, siapkan kain polos dengan warna putih atau terang dan potong sesuai ukuran. Kedua, gambar pola yang kamu inginkan. Satu buah gambar simpel namun berkarakter boleh juga, kok. Setelah itu, tempelkan potongan kain perca. Jika ingin lebih kuat, boleh juga dijahit.

5. Karya Bantal Kursi Cantik dari Kain Perca

kreasi bantal sofa dari kain percaMemiliki sarung bantal yang bervariatif tentu akan sangat baik. Karena hal ini dapat menjaga kebersihan bantal serta kenyaman tamu rumah anda. Salah sarung bantal kursi yang patut anda hadirkan di kursi anda adalah bantal kursi dari kain perca.

Sarung bantal ini terbilang sangat sederhana namun tidak kalah cantiknya. Tertarik untuk membuatnya ? Berikut adalah langkah-langkahnya :

Pertama siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, seperti :

  • Benang dan jarum jahit tangan
  • Meteran kain
  • Ritsleting
  • Kain perca
  • Gunting kain

Langkah pembuatan :

  • Ukurlah berapa besar bantal yang ingin anda buat. Misalnya adalah 40 cm x 40 cm.
  • Persiapkan sejumlah delapan lembar kain perca dengan motif cantik berukuiran 20 cm x 20 cm ditambah kampuh sebesar 1 cm pada masing-masing sisi yang digunakan sebagai penyambung kain.
  • Bagian depan bantal dibuat terlebih dahulu dengan cara susun empat potong bahan kain perca pada meja yang datar. Tumpuk kain perca menjadi dua bagian kemudian tusukkan jarum pentul pada salah satu sisinya.
  • Kemudian jahitlah masing-masing tumpukkan bahan kain perca tadi menggunakan jarum jahit tangan. Anda akan mendapati dua lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama.
  • Selanjutnya gabungkan dua lembar bahan kain yang sama tadi dengan menyatukan sisi panjang kain sattu degan sisi kain lain sampai membentuk sebuah bidang segi empat.
  • Lakukan dengan teknik yang sama di atas untuk membuat lapisan belakang sarung bantal.
  • Tambahkan risleting pada salah satu sisi lembaran kain sebagai jalan untuk memasukkan bantal.
  • Gabungkan kedua lembar kain bagian depan dan bagian belakang.
  • Jahit sepanjang tepi sarung bantal pada bagian yang kurang bagus. Setelah selesai menjahit, anda dapat membalikkan posisi sarung bantal hingga bagian yang baik berada di luar.

6. Karpet Rebahan

kerajinan karpet dari kain percaContoh kerajinan dari kain perca ini bakalan pengen kamu buat cepat-cepat, deh. Karpet serbaguna ini bisa kamu gunakan saat bersantai di ruang keluarga atau sambil menonton televisi. Nah, kerajinan dari kain perca ini butuh potongan kain dengan ukuran besar dan tebal. Tambahkan pula spons tipis jika kamu ingin karpet lebih tebal.

7. Sarung Handphone Boneka Unik

sarung handphone dari kain percaSarung handphone juga dapat dibuat dari bahan kain perca. Dengan sarung handphone ini anda tidak hanya akan melindungi dan menjaga smartphone kesayangan anda.

Akan tetapi dengan sarung yang unik dapat menambah kesan cantik pada penampilan smartphone anda. Lantas bagaimana cara membuat kerajinan sarung smartphone menggunakan kain perca ?

Alat dan bahan :

  • Gunting
  • Jarum
  • Benang
  • Lem tembak
  • Kain perca
  • Kain flanel
  • Mata Boneka
  • Busa angin sebagai lapisan
  • Kain sponbond untuk furing
  • Resleting
  • Gantungan kunci

Langkah – langkah :

  • Pertama siapkan terlebih dahulu, kertas HVS. Buatlah pola pada kertas HVS, bentuk sarung handphone yang ingin anda buat. Sebaiknya pecah pola pada bagian depan sarung, sementara bagian belakang jadikan satu.
  • Potonglah kain perca, kain sponbond, kain flanel dan busa menurut pola yang sudah anda buat. Jangan lupa untuk memberinya jarak 1 cm untuk kampuh jahitan.potonglah dua kali pada bagian kaki dan telinga.
  • Kemudian jahitlah pada potongan sayap dengan cara lipat sayap ke dalam terlebih dahulu, dan dan satukan dengan bagian kepala untuk kemudian jahit tindas.
  • Dilanjut dengan menempel bagian depan sarung pada busa angin serta jahit bagian mata dan hidung owl menindas busa angin. Jahit juga bagian kaki dan telinga.
  • Setelah selesai, sekarang jahit bagian resleting dengan posisi menelungkup dengan menggunakan teknik tusuk jujur menggunakan tangan.
  • Siapkan kain sponbond untuk furing dan jahit menggunakan teknik tusuk jelujur di atas resleting dengan posisi kain sponbond menutupi bagian luar sarung owl. Anda dapat menjahitnya menggunakan mesin jahit.
  • Lakukan dengan cara yang sama pada bagian belakang sarung owl smartphone. Bila tidak ada mesin jahit, anda bisa menggunakant tangan dengan teknik tusuk tikam jejak.
  • Resleting dan furing telah selesai, sekarang gabungkan bagian depan dan belakang sarung. Selipkan bagian kaki owl dan jahitlah mengikuti pola.
  • Menjahit furing mengkuti bentuknya.
  • Langkah terakhir adalah memasang gantungan kunci yang akan dikaitkan pada bagian kepala resltering dan menambahkan mata boneka dengan cara di lem tembak.

8. Tutup Galon Kain Perca

kreasi sarung galon dari kain percaTentu lebih senang bila galon air di rumah memiliki sarung yang unik dan sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan kain perca yang berwarna-warni.

Alat dan Bahan :

  • Mesin Jahit
  • Benang
  • Gunting
  • Penggaris
  • Kain perca
  • Mesin obras (jika ada)

Langkah – langkah :

  • Pertama guntinglah pola pada kain perca dengan :

Bahan A ( bagian atas galon) : Berbentuk lingkaran dengan diameter 29-30 cm

Bahan B ( Badan Galon)   : Berbentuk persegi panjang dengan ukuran 88 cm x 35cm

Bahan C1 dab C2 ( Renda atas dan Bawah)  : persegi panjang dengan ukuran 1,5 m x 7 cm

  • Siapkan bahan C1 dan obraslah bagian tepinya dua kali. Hanya pada satu bagian pinggiran yang panjangnya 1,5 m.
  • Ambil bahan B dan satukan dengan bahan C1. Pada bahan B menghadap ke atas sementara Bahan C1 menghadap ke bawah sambil dibentuk rendan jarak 4 cm lipatan 1 cm atas bawah. Jahitlah keduanya jarak 1 cm hingga bahan B dan C1 menyatu habis.
  • Balikkan posisi pada bahan B dan C1 yang telah menyatu tadi. Tandas selebar sepatu kecil menghadap bagian luar. Tandaslah di antara sambungannya serapi mungkin.
  • Ambil bahan C2 untuk ditempelkan pada bagian B dan C1 dengan posisi sama-sama menghadap ke atas ( renda C2 akan mengikuti arah renda C1, renda tidak keluar). Tempel jahit dengan jarak 4 cm lipatan cm atas bawah hingga bahan C2 dan B menyatu habis.
  • Ambil bahan A, satukan dan jahit dengan Bahan B + C1 + C2 1 cm.
  • Buatlah garis pada bahan B ( Badan Galon) agar bisa menyatu dan jahitlah lurus saja.
  • Buka bagian tengah yang paling atas untuk kemudian jahit kunci.
  • Sebaiknya obras seluruh bagian yang tidak rapi
  • Setelah diobras, potonglah semua bahan kain yang menjuntai dan mengganggu.
  • Terakhir adalah balikkan bahan dan sarung galon telah jadi

9. Gorden Kain Perca

kreasi gorden dari kain percaJika masih memiliki sisa kain untuk membuat baju yang sudah tidak terpakai lagi, yuk kumpulkan. Ukur panjang dan lebar gorden yang diinginkan. Potong sisa kain berbentuk persegi atau segitiga. Jahit potongan-potongan kain dan berikan jarak di bagian ujung atas untuk pengait. Nah, gorden kain perca sudah siap untuk dipasang.

10. Kerajinan Hiasan Dinding dari Kain Perca

hiasan dinding kain percaNah, untuk contoh kerajinan dari kain perca ini, kita akan menambahkan inovasi dengan memainkan beberapa tambahan kain dan dekorasi tassel pada bagian ujung agar semakin menarik. Cara membuat kerajinan dari kain perca ini dirancang oleh desainer kreatif Betz White.

Pada kerajinan dari kain perca kali ini, kita akan membutuhkan banyak kain perca bermotif. Kelompokkan kain perca berdasarkan warna dan motifnya agar kita lebih mudah menyusunnya nanti. Setelah itu, buat pola berbentuk belah ketupat. Gambar pola tersebut di atas kain perca dan potong-potong.

Setelah kita mendapatkan banyak potongan kain perca belah ketupat, susun di atas kain keras (biasanya sebagai tambahan untuk kerah baju). Susun potongan belah ketupat di atas kain tersebut dengan rapat. Lapisi kembali dengan kain dan panaskan dengan setrika.

Buka kembali kain tersebut dan letakkan potongan kain flanel selebar 1 cm di bagian tepi-tepi persinggungan garis belah ketupat dan jahit. Untuk melapisi bagian belakang, gunakan kain bermotif dengan ukuran besar. Jahit pola belah ketupat dengan kain penutup bagian belakang.

Sekarang, waktunya membuat tassel, nih. Pertama, siapkan tali kur atau benang kur dan lilitkan di atas penggaris. Setelah terbentuk gulungan yang lumayan tebal, ikat bagian ujungnya dan potong bagian ujung yang lain. Jahit tassel pada tepi-tepi wall art gantung bagian bawah.

11. Quilt Kain Perca Segitiga

quilt kain percaMau bikin quilt kain perca yang akan cantik kalau dipasang di dinding? Pada inspirasi kerajinan dari kain perca kali ini, kita akan menggunakan kain-kain polos dengan berbagai macam warna. Pertama, potong kain perca berwarna polos (warna bebas) dengan bentuk persegi. Mau ukuran berapa pun, bisa disesuaikan. Namun agar terlihat dari kejauhan, buat pola persegi dengan masing-masing sisi 5 cm.

Nah, setelah kita mendapatkan pola persegi ini, tarik garis diagonal dan potong hingga berbentuk segitiga (siku-siku). Jahit segitiga-segitiga kain perca ini membentuk persegi kembali dengan komposisi warna yang berbeda.

Semakin banyak warna kain perca polos yang kita gunakan, maka akan semakin banyak pilihan variasi yang didapatkan. Jika sudah banyak mendapatkan persegi dengan warna yang berbeda, jahit dan satukan. Jahit di atas kain putih polos. Setelah itu, tempatkan pada sebuah bingkai. Nah, quilt kain perca segitigamu akan tampak seperti lukisan geometris jika dilihat dari kejauhan.

12. Keset Pintu Kain Perca

keset dari kain percaTidak jauh berbeda dengan sebelumnya, cara membuat kerajinan dari kain perca ini masih menggunakan metode jahit. Nah, kali ini kita menggunakan perca handuk bekas, ya. Cara membuat kerajinan dari kain perca handuk ini cukup mudah. Pertama, potong handuk bekas dengan ukuran persegi. Kalau memiliki beberapa variasi motif, tentu akan lebih mudah dikreasikan.

Kedua, siapkan benang untuk menjahit potongan handuk tersebut. Bila memungkinkan, jahit bagian tepi dengan tambahan kain polos atau kain perca lainnya agar semakin manis.

13. Kimekomi Art

kimekomi dari kain percaPertama kali mendengar kimekomi, apa nih yang terlintas dalam benakmu? Apakah pernah mendengar kerajinan dari kain perca ini sebelumnya? Dilihat dari namanya, seni kerajinan ini berasal dari Jepang. Negeri sakura ini emang jagonya menciptakan seni dan desain kreatif dari barang-barang yang tidak kita pikirkan sebelumnya.

Kimekomi sendiri dapat diartikan seni susun kain perca Jepang. Seni kinekomi ini sendiri sudah ada sejak abad ke 18 di Jepang. Nah, kimekomi ini juga disebut-sebut sebagai salah satu teknik membuat boneka di Jepang. Kabar baiknya, kita tidak perlu menggunakan perlengkapan jahit. Jadi, akan lebih mudah bagi kamu yang sedang belajar berkreasi dengan kain perca.

Tak perlu ribet memasukkan benang ke dalam jarum, kita tinggal menyelip-nyelipkan kain perca yang sudah di potong-potong mengikuti pola yang sudah disediakan. Pola digambar di atas cardboard, kemudian kain perca yang akan diselipkan menggunakan awl.

Nah, awl ini tidak sulit untuk didapatkan, kok. Harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp 5 ribu – Rp 7 ribu saja. Bentuknya kecil, dengan besi atau kawat tipis berpenutup. Kalau mau melatih kesabaran, membuat kimekomi art bisa kamu coba. Saat kamu telaten menyusun kain perca, hasil yang didapatkan tak kalah indah. Bahkan harga kimekomi art bisa mencapai ratusan ribu, loh per buahnya. Membuat seni kimekomi cocok banget buat kamu yang menginginkan penghasilan tambahan.

Kimekomi Bola Styrofoam

kimekomi bolaMau membuat kinekomi dari bola styrofoam? Boleh juga loh, cara membuat kerajinan kain perca kinekomi bola styrofoam ini cukup mudah. Siapkan bola styrofoam, bagi menjadi empat bagian dengan menggunakan kertas dan spidol. Setelah itu, tempelkan pola desain kimekomi sesuai kreativitasmu. Kalau bingung mau membuat apa, buat aja desain geometri, bunga, dan kartun. Tambahkan pula pita warna-warni agar semakin menarik. Tempatkan pita warna-warni pada bagian atas, ya.

 

Sekarang, yuk cek apakah ada kain perca masih tersimpan di rumahmu? Jika tidak punya, kita bisa kok mendapatkannya pada tempat-tempat konveksi yang dijamin banyak banget jenis dan motif kain perca yang bisa kita bawa pulang. Jangan lewatkan pula menyiapkan perlengkapan jahit sederhana sebelum membuatnya. Kerajinan dari kain perca nomor berapa yang menjadi wish list-mu?

Unik bukan kerajinan dari kain perca di atas ? Ada juga kerajinan dari kayu bekas yang tidak kalah uniknya dari serta berbagai kerajinan dari bambu.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.