Ragam

11+ Kerajinan dari Kayu Bekas Kreatif dan Cara Membuatnya

Kayu memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan. Diolah menjadi arang, bahan baku pembuatan furnitur, tiang pondasi ruang, bahan bakar, bahan pembuatan...

Written by dawan setiawan · 6 min read >
kerajinan dari kayu bekas

Kayu memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan. Diolah menjadi arang, bahan baku pembuatan furnitur, tiang pondasi ruang, bahan bakar, bahan pembuatan kertas, dan segudang manfaat lainnya. Tentu kamu tidak sulit menemukan sampah kayu bekas sisa penebangan pohon hingga perabot kayu di rumah yang tak bisa digunakan lagi. Alih-alih dibuang, kita buat saja kerajinan dari kayu bekas yang bisa kita gunakan kembali.

Kerajinan dari Kayu Bekas

Tidak hanya batang yang berukuran besar saja, ranting-rantingnya juga bisa kita daur ulang kembali. Lantas bagaimana cara membuat berbagai produk kerajinan bernilai jual tinggi dari bahan kayu bekas :

1. Cup Holder Untuk Tepi Sofa

tempat cangkir di sofaSembari menonton televisi, tentu paling nikmat rasanya jika ditemani dengan secangkir teh atau kopi. Namun, jika di letakkan di atas meja rasa-rasanya kejauhan dan tidak terjangkau, ya. Nah, gimana kalau kita membuatnya sendiri dari sisa-sisa kayu bekas perabot rumah. Secangkir mug dapat kamu letakkan di tepi sofa tanpa perlu takut jatuh.

Alat dan bahan;

  • Klem (penjepit)
  • Meteran
  • Pensil
  • Lem kayu
  • Kayu bekas
  • Amplas
  • Jangka
  • Vernis
  • Hole saw kayu

Cara Membuat Kerajinan dari Kayu Bekas Cup Holder

  • Ukur bagian pinggir dalam dan luar tepi sofa menggunakan meteran. Setelah itu, ukur bagian atas
  • Buat pola persegi panjang papan kayu, tandai dengan pensil. Untuk bagian atas tepi sofa, tambahkan 2-3 cm agar tidak terlalu sempit dan dapat masuk ke tepi sofa
  • Ambil gelas dengan ukuran paling besar di rumahmu. Berikan tambahan 1-2 cm agar gelas dapat leluasa masuk
  • Lubangi dengan pelubang kayu/ hole saw kayu
  • Haluskan papan-papan kayu yang telah dipotong dengan amplas
  • Rekatkan papan-papan kayu dengan menggunakan lem kayu. Agar stabil dan tidak bergeser, gunakan klem (penjepit). Pastikan ujung-ujung kayu tersambungkan dengan rapi
  • Sekarang, kita buat lingkaran kayu penahan gelas untuk ditempelkan dari bagian dalam.
  1. Pertama, buat ukuran lingkaran 1-2 cm lebih besar dibandingkan dengan lubang lingkaran yang telah kita buat
  2. Kedua, rekatkan dengan lem kayu dari bagian dalam
  • Lapisi dengan vernis agar lebih mengkilap dan tampak halus
  • Sekarang, cup holder kamu sudah siap digunakan. Mau dikreasikan jadi smartphone holder? Bisa banget, tinggal kita sesuaikan saja ukurannya.

2. Gantungan Baju Dinding

gantungan baju kayu bekasGantungan baju tentu dibutuhkan banget saat kita pergi terburu-buru atau sekedar untuk meletakkan jaket sebelum kembali pergi. Kalau gantungan baju yang terpasang di dinding rumahmu, terbuat dari apa? Biasanya terbuat dari campuran plastik dan alumunium, ya. Nah, gantungan baju yang akan kita buat ini adalah contoh kerajinan dari kayu bekas yang ternyata dapat kita manfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Bahkan, kerajinan dari kayu bekas ini dijual diberbagai e-commerce dalam dan luar negeri, loh.

Alat dan bahan

  • Ranting kayu dengan cabang yang kuat
  • Paku
  • Hook gantungan (jika diperlukan)
  • Pengait berlubang untuk tempat paku

Cara Membuat Kerajinan dari Kayu Bekas Gantungan Baju

  • Ambil ranting kayu dengan cabang yang kuat. Perhatikan apakah ranting berbentuk lurus atau banyak cabang sehingga berbentuk berkelok-kelok
  • Jika memiliki banyak cabang, tentu kamu tidak memerlukan hook tambahan
  • Namun, jika ranting pohon berbentuk lurus, tambahkan hook gantungan sekitar 4-5 pcs
  • Pasang pengait berlubang di bagian atas kiri dan kanan ranting kayu. Nah, sekarang gantungan baju dari kayu bekas sudah siap digunakan.

3. Pot Bunga Beroda

kerajinann pot beroda dari kayu bekasKayu bekas juga dapat diubah menjadi sebuah karya pot bunga beroda yang indah dan bernila jual tinggi. Anda dapat memajangnya maupun menjualnya. Selain itu, kreasi cantik ini dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan muda bahkan bahannya pun juga tidak terlalu sulit.

Membuat pot bunga beroda ini tidak jauh berbeda dengan membuat rak dinding terbuka. Sebelum membuanya, anda harus memiliki design dan konsep yang matang akan model pot ini. Dengan design yang sudah siap, akan lebih mudah anda dalam proses pengerjaannya.

Alat dan Bahan :

  • Sejumlah paku dan palu
  • Roda
  • Bor Listrik
  • Sekrup
  • Gergaji
  • Amplap
  • Dan meteran

Pastikan kayu bekas yang akan anda gunakan masih cukup kokoh dan kuat.

  • Pertama ukurlah panjang kayu yang akan kamu buat, potong sesuai design dan konsep.
  • Buatlah semua komponen dari rak pot yang akan anda buat seperti bagian samping kiri kanan serta bagian alas dan juga rak. Potong kayu membentuk papan papan sesuai ukuran design.
  • Amplaslah semua komponen yang sudah anda buat hingga benar-benar halus dan bersih. Karena pada sebagian besar pada kayu bekas memiliki tekstur yang berbeda dan berbau cat.
  • Pasang masing-masing komponen mulai dari bawah ke atas tergantung berapa tingkat yang anda butuhkan. Pada proses pemasangan ini diperlukan ketelatenan dan membutuhkan waktu yang cukup lama karena memerlukan bor listrik, sekrup dan peralatan lain. Pastikan anda juga memberikan roda sebanyak 4 buah.
  • Langkah terakhir adalah mengecat dengan warna semenarik mungkin sesuai keinginan dengan cat yang tahan di lingkungan outdoor.

4. Hanger Baju

kreasi hanger baju dari kayu bekasGak kalah mudah, kayu bekas dapat kamu sulap menjadi hanger baju. Kerajinan dari kayu bekas yang satu ini benar-benar akan membantu keseharianmu, deh. Apalagi saat musim hujan, tentu banyak baju yang kurang cepat kering karena tempat jemuran yang terbatas. Memakai hanger baju dari kayu bekas bikinan sendiri ini, tentu membuat banyak baju bisa terjemur dan hemat biaya.

Alat dan bahan

  • Ranting kayu lurus atau melengkung
  • Hook atau pengait
  • Kawat (optional, jika ingin membuat hook sendiri)
  • Cat kayu/ vernis (optional)

Cara Membuat Kerajinan dari Kayu Bekas Hanger Baju

  • Siapkan ranting kayu lurus (untuk menggantungkan celana bahan, jeans, handuk, dll) dan ranting kayu melengkung (untuk kemeja, dll)
  • Bersihkan kayu dan pastikan kayu dalam kondisi kering
  • Cat ranting kayu agar lebih cantik (optional)
  • Buat lubang di bagian atas, masukkan hook atau pengait. Kamu juga bisa membuat pengait sendiri dari kawat jika ingin membuat dalam jumlah yang banyak
  • Nah, hanger baju sudah siap digunakan, nih. Apalagi buat anak kos, hanger baju kayu bekas ini akan sangat membantumu.

5. Pohon Harapan

pohon harapan kayu bekasPunya visi dan misi bersama yang ingin diwujudkan? Nah, pohon harapan ini bisa dibuat di ruang kelas atau pojok ruang kerja untuk berdinamika bersama. Tuliskan kata-kata positif agar kita selalu bersemangat. Selain itu, kita selalu teringat dengan energi positif yang telah kita buat. Penasaran bagaimana cara membuat kerajinan dari kayu bekas berupa pohon harapan ini? Cara membuat pohon harapan ini gampang banget, kok. Bisa kamu buat bareng-bareng di kelas atau tempat kerjamu. Atau, kamu dapat membuat versi mininya di kamar.

Alat dan bahan

  • Ranting pohon dengan banyak cabang
  • Pot bunga
  • Batu-batuan (atau pasir)
  • Kertas warna – warni
  • Pelubang kertas
  • Pita atau tali warna warni

Cara Membuat Kerajinan dari Kayu Bekas Pohon Harapan

  • Ambil ranting pohon dengan banyak cabang, rapikan ujung-ujungnya
  • Cat ranting pohon dengan cat warna-warni agar lebih manis (optional)
  • Masukkan ke dalam pot bunga, isi dengan batu-batuan atau pasir agar ranting pohon dapat berdiri tegak
  • Siapkan kertas warna-warni, lubangi bagian atas dengan pelubang kertas
  • Ikat kertas warna-warni dengan menggunakan tali atau pita
  • Nah, sekarang kamu bisa menuliskan kata-kata positif setiap harinya. Saat ranting pohon penuh dengan kata-kata positif, tampilannya akan semakin cantik penuh warna

6. Kalender Kayu

kreasi kalender dari kayu bekasKalender dari kertas sudah biasa sementara kerajinan kalender dari kayu belum terlalu populer, hal ini karena anda harus membelinya dengan harga yang tidak murah. Namun, sesungguhnya anda bisa membuat sendiri lho, dan hanya dengan memanfaatkan kayu bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Untuk alat dan bahan tidak terlalu banyak kok, yaitu terdiri dari :

  • 4 kotak kayu ukuran 1,4 inch
  • Cat
  • Kardus
  • Gunting
  • Lem
  • Dan Spidol

Cara Membuat Kalender unik dari kayu bekas :

  • Berikan warna dengan cat pada 4 kotak yang telah anda siapkan. Pemberian warna ini berdasarkan jenis. ( warna berbeda untuk tanggal, hari dan bulan)
  • Ambil kardus dan potong dengan ukuran 6 x 2,4 inch sebagai alas, ukuran 6 x 1 inch sebagai bagian depan dan ukuran 6 x 2,6 inch untuk bagian belakang serta 2 potong lagi ukuran 6 x 1,4 inch untuk penyangga. Pastikan anda memberikan lem masing-masing kardus dengan sangat rapi.
  • Ambil 2 buah kardus untuk menutupi bagian penyangga kotak kalender dan pastikan anda menutup bagian yang berlubang. Berikan warna pada kardus sesuai dengan keinginan dan tulis angka pada kotak kalender.
  • Lem masing masing kotak kayu yang telah anda cat berdasarkan tanggal, hari dan bulan sehingga menjadi kalender uniik yang siap di pajang.

7. Penanda Nama Tanaman 

penanda nama tanamanBerkebun memang aktivitas yang menyenangkan. Selain melatih kesabaran, aktivitas berkebun dapat membantu mengurangi stres. Baru mau memulai aktivitas yang satu ini? Agar kebun lebih tertata, buat penanda tanaman dari kayu bekas ini, yuk. Apalagi jika tanaman dan pohon yang kamu tanam punya banyak varietas. Jadi, kita tidak akan keliru dalam merawatnya, deh.

Alat dan bahan

  • Batang kayu yang sudah dipotong
  • Spidol Marker
  • Pelapis kayu
  • Amplas
  • Kuas kecil
  • Cat

Cara Membuat Penanda Nama Tanaman

  • Amplas bagian batang pohon yang sudah dipotong agar lebih halus
  • Tuliskan nama tumbuh-tumbuhan yang akan kamu tanam dengan spidol marker
  • Untuk nama latinnya, kamu dapat menggunakan cat berwarna putih (optional)
  • Lapisi dengan vernis agar tulisan awet dan mengkilap

8. Rak Tempel

rak tempel dari kayu bekasPunya banyak koleksi buku dan barang-barang koleksi namun rumah sudah penuh dan sesak? Tanpa memakan ruang yang banyak, rak tempel dinding bisa kamu buat sebagai pengganti lemari. Contoh kerajinan dari kayu bekas berupa rak ini tidak membutuhkan banyak alat dan bahan. Tentu sangat simpel dan tidak perlu membutuhkan banyak lemari, bukan?

Alat dan bahan

  • Kayu bekas (papan)
  • Invisible bracket
  • Bor tembok
  • Cat kayu
  • Pensil
  • Gergaji

Cara Membuat Rak Tempel

  • Ukur papan kayu bekas yang akan digunakan dan potong dengan gergaji
  • Lapisi dengan cat kayu agar tampak baru
  • Pada salah satu sisinya, buat cekungan dan lubang kurang lebih 10 cm
  • Pasang invisible bracket pada dinding
  • Masukkan ujung invisible bracket dengan lubang pada papan
  • Voila! rak tempel dari kayu bekas hasil karyamu kini siap untuk digunakan

9. Tatakan Gelas

tatakan gelas unik kopi panas maupun es kopi terkadang membuat taplak meja menjadi basah. Nah, kenapa gak bikin tatakan gelas aja? Kerajinan dari kayu bekas yang satu ini gampang banget dibuat dengan menggunakan batang kayu jenis apapun. Mau buat tatakan gelas dari kayu bekas, siapin alat dan bahan di bawah ini;

Alat dan bahan

  • Bagian tengah batang pohon
  • Kuas
  • Vernis
  • Amplas

Cara Membuat Kerajinan dari Kayu Bekas Tatakan Gelas

  • Potong bagian tengah batang kayu, haluskan permukaannya dengan amplas
  • Sapukan vernis di seluruh permukaan batang kayu
  • Setelah dilapisi dengan vernis, kamu bisa lihat perbedaannya, bukan? Serat-serat kayu menjadi lebih terlihat membuat tatakan gelas tampak lebih elegan.

10. Balok Tempat Pensil

tempat pensilTidak hanya bentuk kayu yang berbentuk panjang dan melingkar saja. Kayu bekas berbentuk balok juga bisa kita sulap menjadi tempat pensil. Bahkan, kita bisa mengkreasikan banyak tempat pensil dalam satu balok kayu.

Alat dan bahan

  • Balok Kayu
  • Vernis
  • Kuas
  • Bor
  • Mata bor dengan ukuran bervariasi
  • Pensil

Cara Membuat Kerajinan Dari Kayu Bekas Balok Tempat Pensil

  • Berikan tanda titik mana saja yang akan dilubangi dengan menggunakan pensil
  • Jika ingin membuat ukuran lebih besar agar dapat menampung beberapa pensil, pilih mata bor berukuran besar
  • Buat lubang dengan ukuran bervariasi dengan bor
  • Bersihkan sisa-sisa serbuk kayu, haluskan dengan amplas (optional)
  • Lapisi dengan varnis agar balok terlihat lebih mengkilap
  • Tempatkan pensil, pulpen, dan perlengkapan menulis lainnya dalam balok   

11. Lampu Tidur

lampu tidur dari kayu bekasAktivitas yang kita lakukan seharian membuat badan menjadi lelah. Agar waktu istirahatmu nyaman dan berkualitas, tambahkan lampu tidur dengan cahaya temaram. Untuk bahan-bahan pembuatannya, bisa memakai kayu bekas.

Alat dan bahan

  • Ranting pohon tebal
  • Kap lampu
  • bohlam lampu

Cara Membuat Kerajinan dari Kayu Bekas Lampu Tidur

  • Rapikan ujung-ujung ranting, buat lubang di bagian atas dan bawah
  • Lubang bagian bawah untuk disambungkan ke sumber listrik dan lubang bagian atas untuk tempat bohlam.
  • Tempatkan kap lampu di bagian atasnya
  • Masukkan jack ke dalam stop kontak, tarraa… lampu tidur sudah siap digunakan

Lihat di sekeliling rumahmu, adakah sisa-sisa kayu bekas yang dapat kita manfaatkan? Bisa manfaatkan sisa-sisa ranting pohon, maupun meja dan kursi di rumahmu yang sudah rusak. Kita dapat mengkreasikan kerajinan dari kayu bekas menjadi sebuah barang baru. Mau mulai buat yang mana dulu, nih? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.