Ragam

10+ Kreasi Kerajinan dari Kertas yang Unik

Seperti apa cara membuat kerajinan dari kertas bekas yang memiliki nilai jual? Penggunaan kertas memang tidak bisa kita hindari. Meskipun sudah dilakukan...

Written by dawan setiawan · 7 min read >
Kerajinan dari kertas

Seperti apa cara membuat kerajinan dari kertas bekas yang memiliki nilai jual? Penggunaan kertas memang tidak bisa kita hindari. Meskipun sudah dilakukan berbagai macam upaya untuk mengurangi penggunaan kertas, namun tetap saja sampah atau limbah kertas seolah-olah tidak pernah berkurang.

Sampah kertas bisa berserakan dimana saja dan bahkan di rumah kita sendiri tanpa disadari ada banyak sekali sampah kertas yang tidak terpakai. Ujung-ujungnya kertas tersebut malah dibuang ke tempat sampah atau dibakar yang malah asapnya hanya akan mengganggu kita dan juga orang lain di sekitar rumah kita.

Padahal jika kita mampu lebih cermat sedikit, sampah-sampah kertas tersebut bisa kita manfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan menarik. Bahkan sampah kertas tersebut bisa kita sulap menjadi sebuah karya yang bisa kita jual untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Jadi, kertas memang bisa digunakan sebagai salah satu media untuk membuat kerajinan tangan yang menarik.

Cara Membuat Kerajinan dari Kertas 

Lalu bagaimana cara membuat berbagai kerajinan unik dari bahan dasar kertas bekas? Simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Bunga dari kertas HVS

kerajinan bunga dari kertas bekasSalah satu kerajinan yang bisa kita buat adalah bunga. Bunga yang berbahan kertas memiliki nilai keindahan tersendiri dibandingkan dengan dari bahan plastik langsung jadi. Bunga dari kertas menunjukkan keseriusan dan ketelatenan serta kesabaran anda di dalam merangkai bunga tersebut.

Cara membuat kerajinan tangan dari kertas HVS merupakan hal pertama yang akan kami jelaskan kepada anda. Namun sebelum itu anda harus paham terlebih dahulu apa itu kertas HVS. HVS dinamakan juga sebagai kertas bebas serat kayu yang berasal dari bubur kertas maupun pulp tanpa lignin.

Kertas HVS hadir dengan beberapa ukuran yang berbeda-beda. Di Indonesia ukuran berat kertas HVS dibagi menjadi tiga, yakni 60g, 70g, dan juga 80g. Sementara untuk ukuran kertas HVS yang paling besar yakni Folioo atau F4 dan yang paling kecil adalah A4. Kertas HVS banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti makalah, skripsi, laporan, disertasi, dan lain sebagainya.

Kertas HVS juga merupakan salah satu kertas yang sering dibuang. Padahal, kertas HVS bisa menjadi sebuah bahan kerajinan tangan yang bagus untuk membuat karangan bunga. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat kerajinan tangan menggunakan bahan kertas HVS.

Untuk bahan-bahan yang perlu anda siapkan terlebih dahulu antara lain:

  • Kertas HVS
  • Lem
  • Gunting
  • Manik manik
  • Kawat

Kemudian untuk langkah pembuatanya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, anda harus membuat kertas dengan bentuk kubus yang setidaknya memiliki panjang 6 cm. Anda lipas dengan melewati garis diagonal yang bagian dalamnya membentuk segi berpola. Anda tinggal mengulanginya sampai berbentuk pola dua lipat segitiga.
  • Kedua, anda harus menggunting bagian segi lebar segitiga dengan melengkung sehingga nanti memiliki bentuk seperti kelopak bunga. Anda tinggal mengulangi langkah tersebut untuk kertas lipat segitiga lainnya yang sudah anda siapkan.
  • Ketiga, anda gunting satu kelopak bunga untuk lipatan kemudian untuk kelopak kedua untuk kertas kedua dan begitu seterusnya. Simpan potongan kecil tersebut karena nanti masih bisa dimanfaatkan untuk hiasan lainnya.
  • Keempat, anda oleskan lem pada kelopak bunga yang besar sehingga nanti akan saling menumpuk dengan kelopak bagian luar. Dari sini natni bisa terbentuk antara 4,5, sampai dengan 6 kelopak bunga. Anda bisa memberikan efek merekah dengan cara melipatnya ke luar. Hati-hati ketika melakukannya agar hasilnya benar-benar maksimal.
  • Kelima, untuk bagian dalam bisa anda manfaatkan potongan kelopak kecil yang sebelumnya sudah anda simpan. Anda harus membuatnya seperti corong namun hanya sedikit saja yang perlu anda olesi lem, yang penting sudah cukup untuk menempel.
  • Keenam, sekarang anda sudah siap untuk masuk ke proses perangkaian bunga. Jangan lupa untuk menyiapkan kawat yang bisa anda gunakan sebagai tangkai bunga. Anda cukup mengambil kawat secukupnya saja dengan menyesuaikan keperluan anda.

Anda juga bisa menambahkan manik-manik untuk memberikan hiasan yang lebih menarik. Caranya masukkan manik-manik di celah kawat dan anda tinggal peluntir kawat tersebut sampai manik-manik terkunci.

  • Ketujuh, anda bisa memasukkan kawat yang ujungnya sudah anda beri corong ke kelopak bunga. Anda bisa merekatkannya dengan lem. Ingat, lakukan proses ini dengan hati-hati agar hasilnya tidak mengecewakan.
  • Kedelapan, anda tinggal meletakkan semua rangkaian bunga anda di vas bunga atau tempat lain yang mungkin juga bisa anda buat sendiri menggunakan kertas bekas.

2. Kreasi Vas Bunga dari Kertas Kado

vas bunga dari kertasCara membuat kerajinan vas bunga dari kertas kado juga bisa menjadi salah satu jenis kerajinan yang bisa menginspirasi anda.

Kertas kado merupakan ketas yang biasanya digunakan untuk membungkus kado. Kertas ini banyak ditemukan di toko-toko ATK dan dijual dengan harga yang murah. Anda bisa membuat kertas kado menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang bisa memberikan pundi-pundi uang untuk anda.

Salah satunya adalah membuat kertas kado menjadi vas bunga yang cantik. Membuatnya tidak terlalu sulit, yang terpenting anda sudah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan agar hasilnya bisa maksimal.

Beberapa bahan yang perlu disiapkan antar lain: botol plastik, tali, kertas hias (jika diperlukan), gunting, lem kertas, cutter, lem tembak, dan tentunya kertas kado.

Lalu bagaimana langkah-langkahnya? Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang langkah-langkah pembuatan vas bunga dari kertas kado.

  • Pertama, anda harus memotong botol di bagian tengahnya. Anda bisa menggunakan cutter. Ingat, hati-hati agar proses pemotongan sempurna dan terpenting tidak sampai terkena tangan anda.
  • Kedua, anda harus melinting kertas sebanyak yang anda butuhkan.
  • Ketiga, anda harus mengoleskan lem pada bagian luar botol bekas. Anda tidak perlu panik jika nanti botol mengkerut karena hal inilah yang menjadi salah satu bagian yang akan memperindah tampilan botol.
  • Keempat, setelah anda lem maka anda sekarang harus menempelkan lintingan-lintingan yang sudah anda buat tadi. Jika setengah bagian botol sudah anda tempeli kertas, anda tinggal menempel kertas kado tersebut dengan bentuk yang mengikuti bentuk botol.
  • Langkah selanjutnya yaitu anda harus mulai menempelkan lintingan kertas sampai habis.
  • Anda bisa mengeoleskan lem pada bagian luar botol dan kemudian anda rekatkan tali agar tampilannya semakin bagus.

3. Hiasan Kupu Kupu dari Origami

hiasan kupu-kupu dari origamiCara membuat kerajinan dari kertas bekas yang ketiga yakni menyulapnya menjadi hiasan kupu-kupu.

Sebelum kami menjelaskan mungkin anda suda tahu bahwa hasil dari kerajinan ini akan memiliki tampilan yang bagus yang bisa anda tempelkan di dinding rumah anda untuk membuat tampilan ruangan menjadi lebih mengagumkan.

Kupu-kupu kertas ini juga bisa anda tempelkan sebagai bungkus kado, bingkai foto, buku catatan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggantungkan kupu-kupu tersebut di langit-langit  kamar dan membuat anda semakin betah di kamar.

Beberapa peralatan dan bahan yang harus anda siapkan yaitu kertas origami dengan berbagai macam warna sesuai keinginan, penggaris, pensil, dan juga siapkan pita berwarna sesuai keinginan.

Langakh-langkah yang harus anda ikuti adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah anda harus membuat pola kupu-kupu terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan pensil atau bolpoin dan penggaris, buatlah sebanyak yang anda inginkan.
  • Setelah itu, and aharus melipat kertas origami ke depan dan belakang.
  • Kemudian, anda harus mengikat pada bagian sisi tengah kertas dan pastikan bahwa ikatan anda sudah kuat agar supaya tidak mudah copot.
  • Langkah selanjutnya yaitu anda harus merentangkan sayap kupu-kuput yang berasal dari lipatan.

Sekarang seharusnya anda sudah selesai membuat kupu-kupu kertas anda. Sekedar tambahan informasi bahwa jika anda ingin membuat hasil karya anda tersebut semakin bagus, maka anda menggabungkan beberapa kupu-kupu dan satukan pada tali hingga menjadi satu rangkain.

Kemudian anda bisa menggantungkannya di atap. Ketika ada angin, maka seolah-olah kupu-kupumu sedang terbang.

Selain itu, anda juga bisa menggantungnya di dinding. Pokoknya anda bisa menyesuaikan sendiri kira-kira ruangan atau bagian mana yang perlu anda tempeli.

4. Burung Lucu

kreasi burung dari kertas origamiSelain kupu-kupu, anda juga bisa membuat hiasan burung yang berbahan kertas berwarna.

Anda bisa menggantungnya di atap yang akan memberi kenyamanan tersendiri, terlebih lagi ketika anda baru bangun dan kemudian menghadap ke atas. Burung-burung kertas anda seolah-olah sedang meyapa anda, apalagi jika ada angin maka membuat burung-burung tersebut seolah bergerak.

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang bagaimana cara-cara pembuatan burung dari bahan kertas:

  • Langkah pertama yaitu anda siapkan kertas dan kemudian lipat menjadi bentuk segitiga. Pastikan bahwa sisi kertas yang berwarna anda letakkan di bagian dalam.
  • Kemudian anda siapkan satu bagian dari sisi kertas origam, lipat ke tengah,kemudian anda lipat bagian atasnya ke belakang.
  • Langkah selanjutnya adalah anda lipat bagian luar, kemudian anda lipat bagian bawah ke arah depan dan belakang.
  • Selanjutnya, anda harus melipat sesuai dengan bentuk pola burung. Sementara di bagian kepala burung bisa anda bentuk dengan cara melipat ke bagian dalam.
  • Kemudan anda harus melipat sisi kiri ke bagian dalam dan jangan lupa untuk melipat ekornya ke luar.
  • Sekarang burung kreasi anda sudah siap untuk anda pajang.

5. Paper Bag Imut

kreasi paper bag cantikSebenarnya paper bag sudah banyak sekali tersedia di toko-toko dengan tampilan yang cukup lucu, namun tidak ada salahnya bila anda bisa membuat paper bag sendiri dengan gambar yang anda inginkan.

Persiapkan terlebih dahulu semua peralatan dan bahannya seperti kertas kado atau kertas gambar yang anda inginkan, lem dan gunting.

Potong kertas kado tadi, kemudian lipatlah pada bagian atas dan salah satu sisi selebar 1 cm. Lipatkan lagi kertas ke samping dan rekatkan dengan lem.

Untuk membuat bagian dasar kantung, lipat bagian bawah kertas dengan lebar sesuai keinginan, dan  bukalah kembali. Lipat pada ujung kanan dan kiri membentuk segitiga hingga mencapai garis lipatan, lalu buka kembali.

Buat lipatan lagi ke arah dalam, lipat bagian ujung atas dan bawah ke arah tengah, rekatkan dengan lem. Lipatkan lagi sisi kanan dan kiri dengan mengikuti ujung dasar kantung. Buka lipatan. Kemudian lipat lagi ke arah dalam dan rapikah.

Berikan lubang pada bagian atas dan pasang tali. Jadilah paper bag

6. Lampu Hias Cantik dari Kertas

lampu hias dari kertas hvsTahukah anda, bahwa anda dapat membuat sebuah kreasi lampu hias yang sangat cantik sendiri di rumah dan tanpa mengeluarkan banyak uang. Dengan kreativitas sendiri, tentunya anda dapat menciptakan sesuai dengan keinginan anda dan lampu hias ini sangat cocok sebagai lampu di kamar anda.

Alat dan Bahan :

  • Beberapa gelas yang memiliki sisi tegak dan sejajar
  • Lampu LED
  • Kertas putih bersih tanpa garis
  • Kertas transparan berwarna
  • Silet atau pisau khusus

Langkah Pembuatan :

  • Siapakan kertas putih dan gambar sebuah pola yang cantik sesuai selera dan kreativitas, misalnya adalah bunga. Bila bingung, anda dapat mencari berbagai pola yang tersedia di internet.
  • Setelah pola telah terbentuk, anda harus mengukir pola tersebut. Pada langkah ini sangat diperlukan ketelitian, jadi anda harus sangat berhati-hati. Gunakan silet atau pisau khusus kerajinan tangan untuk membentuk pola yang sudah anda gambar. Pastikan silet tersebut cukup tajam agar bisa mendapatkan hasil maksimal.
  • Lapisi, beberapa gelas tadi dengan kertas transparan yang berwarna. Kemudian rekatkan kertas tersebut dengan lem. Terakhir lapisi kertas berwarna tersebut menggunakan kertas putih yang sudah anda ukir tadi. Pastikan cukup terekat dengan baik.
  • Langkah terakhir masukkan lampu LED di dalam gelas. Sekarang anda bisa menikmati kerajinan lampu hias yang anda buat. Cahaya redup yang cantik dan menenangkan melalui pola bunga yang telah diukir.

7. Pigura Unik

kerajinan pigura dari kertasKertas juga bisa anda sulap menjadi pigura yang unik dan menarik.

Untuk menghasilkan kreasi pigura dari kertas yang maksimal, ada baiknya anda menggunakan kertas yang tebal, bahkan lebih bagus jika dirangkap. Bagian yang dirangkap ini fungsinya untuk penampang.

Sementara pada bagian depan pigura, anda dapat menambahkan gulungan-gulungan kertas kecil sebagai hiasan. Anda juga lebih bagus lagi jika menggunakan kertas hias yang berwarna-warni.

Pastikan ukuran penampang dan gulungan kertas sesuai dengan ukuran pigura yang akan anda buat.

8. Hiasan Kartu

kartu hiasan paper wuilingKreasi dari kertas berikutnya ialah hiasan kartu. Anda dapat menciptakan kartu hiasan dengan teknik paper quiling yang sangat indah untuk kartu undangan maupun kartu ucapan.

Caranya mudah, cukup siapkan kertas bekas, dan berikann warna warni. Potong kertas tersebut menjadi helaian-helaian panjang, kemudian buatlah gulungan gulungan beragam bentuk dan ukuran.

Susunlah dan rangkai gulungan-gulungan berwarna-warni tadi hingga menjadi sebuah bunga yang cantik, sambil direkatkan ke kartu undangan atau ucapan dengan bantuan lem. Dengan warna yang tepat dan penyusunan kertas yang tepat, kartu akan sangat terlihat menarik.

9. Membuat paper craft dari kertas

paper craft unik
adahobi.com

Paper craft merupakan salah satu kerajinan dari kertas yang cukup populer di Indonesia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa ada komunitas paper craft sendiri. Langkah-langkah untuk pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan pola objeknya terlebih dahulu, bisa berupa benda, kartun, dan lain sebagainya. Misal, anda suka Harry Potter, anda bisa membuat idola kesayangan anda tersebut menjadi paper craft.
  • Siapkan bahan dan peralatan seperti kertas, gunting, lem, printer, dan lain-lain.
  • Kemudian anda tinggal mencetak pola, gunting, dan anda tempelkan pada pola.
  • Nah, paper craft buatanmu sudah jadi.

Tentunya cara ini sangat mudah dan bisa anda buat sesuai dengan karakter kesukaan anda. Anda juga bisa menempelnya di dinding rumah untuk membuat rumah anda semakin bagus dan memberi kesan nyaman dan tenang.

10. Amplop Cantik

amplop cintaKreasi yang satu ini bisa dibilang paling mudah tapi tidak kalah unik. Ya, amplop berbentuk hati dengan warna yang indah.

Caranya sangat mudah, Lipat kedua sisi lengkungnya ke arah dalam sampai bertemu di tengah-tengah. Lipat bagian bawah ke arah atas dan akan membentuk kantung amplop, jangan lupa rekatkan dengan lem.

Terakhir lipat bagian yang runcing untuk menutup amplop.

 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang beberapa kerajinan tangan dengan memanfaatkan beberapa jenis kertas. Berkreasi dari kertas bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Apalagi jika memanfaatkan kertas bekas yang sudah tidak terpakai lagi, pastinya akan sangat bermanfaat karena secara tidak langsung bisa mengurangi sampah. Selain kertas, ada juga bisa mempelajari beberapa kerajinan dari serat alam dan kerajinan dari bambu yang juga bernilai jual tinggi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu inspirasi untuk membuat kerajinan tangan yang indah dan juga bisa mengahasilkan pundi-pundi uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.