Produk Kerajinan dari Kulit Kerang Cantik

Makan seafood, kamu pasti akrab dengan aneka macam sajian kerang. Jenis-jenis kerang apa saja yang sering kamu makan atau pernah kamu cicipi? Umumnya sih kerang tiram, kerang darah, kerang hijau, dan tak ketinggalan kerang simping. Habis makan kerang, jangan langsung buang kulit kerangnya, ya. Soalnya kita bisa buat kerajinan dari cangkang atau kulit kerang yang cantik-cantik banget. Tak hanya kerang yang biasa kita konsumsi, kerang-kerang kecil di tepi pantai juga bisa kita sulap menjadi barang-barang menarik;

Kerajinan dari Cangkang / Kulit Kerang

Beraneka jenis kreasi dapat diciptakan dari kulit kerang ini, yang tak hanya indah saja namun juga memiliki nilai fungsi. Tak tanggung tanggung produk berbahan cangkang kerang ini pun bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

1. Kalung Kerang Laut Elegan

Kalau punya sisa kerang laut dalam jumlah sedikit, bisa kita sulap menjadi kalung kerang laut yang cantik. Kamu gak akan nyangka, contoh kerajinan dari kulit kerang ini bakalan terlihat ‘mahal’ dan elegan dengan sentuhan beberapa tambahan bahan lainnya. Kalung kerang ini cocok juga, lho kalau dipakai saat ada acara pesta;

Alat dan Bahan

  • Kulit kerang
  • Cat kuku (pilih warna-warna metalik)
  • Manik-manik/ batu permata imitasi
  • Kalung polos tanpa bandul
  • Glitter (optional)

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang Kalung Cantik

  • Keringkan kulit kerang laut dan bersihkan hingga benar-benar tidak ada debu dan kotoran lagi.
  • Siapkan cat kuku, oleskan separuh cat kuku di atas kulit kerang dan tunggu hingga kering.
  • Tempelkan manik-manik/ batu permata imitasi pada separuh kulit kerang.
  • Jika ingin menambahkan efek berkilau, tambahkan dengan glitter warna emas atau silver (optional).
  • Beri sedikit lubang pada bagian atas kulit kerang, masukkan kalung polos.
  • Taraa, kerajinan dari kulit kerang berupa kalung sudah jadi, nih. Kalung ini bisa langsung kamu pakai aja kalau ada acara pesta.

2. Biota Laut di Atas Piring

Kerajinan dari kulit kerang yang satu ini cocok dibuat dengan anak-anak dan dimodifikasi sesuai dengan kreasimu. Boleh dimulai dari desain sederhana yang mudah hingga desain yang lebih sulit. Sekarang, kita mulai dari desain biota laut yang sederhana dulu, ya. Salah satu contoh kerajinan dari kulit kerang ini juga cocok untuk dijadikan hiasan dinding atau pajangan lemari kaca.

Alat dan Bahan

  • Piring kertas
  • Cat warna-warni
  • Kuas kecil
  • Mata ikan
  • Kulit kerang
  • Glitter
  • Kertas keras
  • Lem tembak

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang Biota Laut di Atas Piring

  • Lapisi seluruh permukaan piring dengan cat berwarna biru di bagian atas dan warna kuning di bagian bawah.
  • Pilih kulit kerang dengan ukuran lebih lebar, bagi menjadi dua bagian dan cat dengan warna yang berbeda.
  • Siapkan kertas karton, bentuk pola sirip ikan besar dan kecil.
  • Lapisi sirip ikan dengan glitter warna-warni.
  • Tunggu hingga mengering, tempelkan sirip ikan besar dan kecil.
  • Tempelkan mata ikan atau mata boneka di ujung atas kulit kerang dengan lem tembak.
  • Supaya terlihat lebih hidup, buat tumbuhan laut dengan kertas karton dan glitter hijau.
  • Untuk terumbu karang, kumpulkan kulit kerang berukuran kecil, tata, dan lekatkan dengan lem tembak di bagian bawah.
  • Sekarang, tempelkan ikan dan tumbuhan lautnya. Keren banget, kan kerajinan dari kulit kerang buatanmu ini.

3. Lampu Hias Kulit Kerang

Biar suasana kamar dan ruangan tidak monoton dan membosankan, berikan sentuhan gemerlap cahaya di setiap sudutnya. Kamu gak perlu banyak lampu-lampu besar dan banyak peralatan. Cukup bermodal lampu flip-flop, kulit kerang, dan lem saja. Untuk lampu flip-flopnya, pilih lampu dengan cahaya warna kuning. Contoh kerajinan dari kulit kerang ini bisa membuat atmosfer suasana menjadi syahdu dan indah.

Alat dan Bahan

  • Lampu flip-flop
  • Kulit kerang ukuran sedang
  • Lem

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang Lampu Hias

  • Siapkan lampu flip flop dan kulit kerang yang sudah dibersihkan
  • Tata dan lekatkan kulit kerang dengan lampu flip flop menggunakan lem
  • Rapikan posisi kulit kerang dan nyalakan. Cocok banget, nih buat dekorasi rumahmu saat ada acara maupun pesta.

4. Jepit Rambut Kulit Kerang

Penampilan rambut yang gitu-gitu aja tentu membosankan dong, ya. Nah, biar penampilan tambah segar, tambahkan aksesoris rambut pakai jepit rambut kulit kerang ini. Tentunya gak akan bikin penampilanmu heboh, justru terlihat lebih manis dengan aksesoris yang simpel. Kerajinan dari kulit kerang berbentuk jepit rambut ini gampang banget dibuat, kok.

Alat dan Bahan

  • Kulit kerang berukuran kecil
  • Jepit rambut polos
  • Lem
  • Cat Kuku

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang Jepit Rambut

  • Bersihkan kulit kerang dan lapisi dengan cat kuku bening agar mengkilat dan tahan lama. Jika ingin tampil lebih ceria, bisa pulaskan cat kuku berwarna metalik separuhnya.
  • Tunggu hingga cat kuku mengering, tempelkan di atas jepit rambut polos.
  • Setelah menempel dengan sempurna, baru deh kamu pasang di rambutmu. Jepit rambut kulit kerang ini tampak simpel dan menawan, bukan?

5. Lilin Kulit Kerang

Selain untuk mati lampu, lilin juga menjadi aromaterapi yang menenangkan. Ada banyak banget bahan yang bisa kamu kolaborasikan untuk membuat lilin aromaterapi, kulit kerang contohnya. Namun, kalau kamu ingin membuat lilin aromaterapi yang banyak macamnya, memang paling cocok menggunakan kulit kerang, nih. Ukurannya gak terlalu besar, jadi lebih praktis dan bisa gonta-ganti aroma. Cobain kerajinan dari kulit kerang berupa lilin aromaterapi ini, yuk.

Alat dan Bahan

  • Bahan lilin
  • Esensial untuk aromaterapi (pilih aroma favoritmu)
  • Panci
  • Sumbu lilin
  • Kulit kerang berukuran besar

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang Lilin Aromaterapi

  • Pilih kulit kerang berukuran besar, bersihkan, dan lapisi dengan cat untuk tampilan yang lebih cantik.
  • Lelehkan bahan lilin dan panaskan, tambah essensial favoritmu.
  • Ukur sumbu lilin dan potong sesuai dengan ukuran dan tinggi kerang, lapisi dengan plat/ seng tipis di bagian bawah (optional).
  • Masukkan sumbu lilin di dalam kulit kerang, tuangkan adonan lilin, tunggu hingga dingin dan mengeras.
  • Sekarang, kamu sudah bisa menggunakan lilin kulit kerang untuk aromaterapimu. Biar pikiran segar, nyalakan sebelum tidur, yuk.

6. Kain Penutup Mangkok

Buat kamu yang rajin bikin adonan kue, pasti butuh kain penutup agar adonan mengembang ketika ditinggal. Namun, gak jarang kain penutup terbang jatuh begitu saja. Nah, biar gak repot-repot cek dapur terus buat sekedar membetulkan, sudah saatnya kita buat kain penutup mangkok anti terbang seperti ini. Contoh kerajinan dari kulit kerang ini bakalan kamu butuhkan saat di dapur;

Alat dan Bahan

  • Kain lap/ kain polos untuk penutup mangkok dan baskom
  • Jarum dan benang
  • Kulit kerang

Cara Membuat Kerajinan dari Kulit Kerang Kain Penutup Mangkok

  • Siapkan empat buah kulit kerang dengan ukuran besar
  • Ambil benang wol/ tali kur masukkan ke dalam jarum dengan ukuran yang sesuai.
  • Buat lubang pada kulit kerang, jahit dengan jarum dan benang di bagian keempat ujungnya.
  • Abracadabra… kain penutup mangkoknya sekarang udah jadi, deh. Gak perlu waktu lama, bukan untuk membuat kerajinan dari kulit kerang satu ini.

7. Anting-Anting Kerang 

Tak hanya kalung berbahan kulit kerang yang cantik, bahkan kita bisa membuat anting-anting kulit kerang untuk pasangannya. Pastinya kamu gak perlu khawatir, anting-anting kulit kerang ini justru terlihat makin elegan dengan sentuhan bulir mutiara yang tampak seperti sungguhan. Mau tahu gimana caranya membuat kerajinan dari kulit kerang yang super cantik ini?

Alat dan Bahan

  • Satu pasang anting-anting polos/ kawat anting-anting
  • Satu pasang aksesoris butir mutiara
  • Satu pasang kerang kecil
  • Lem

Cara Membuat Kerajinan dari Kulit Kerang Anting-Anting Cantik

  • Siapkan satu pasang kerang kecil, buat lubang kecil seukuran kawat anting-anting di bagian atasnya.
  • Siapkan butir mutiara, lekatkan dengan lem di bagian dalam kulit kerang.
  • Tunggu kulit kerang dan butir mutiara hingga kering, masukkan kawat anting-anting/ ujung anting-anting ke dalam lubang kulit kerang.
  • Nah, kalau kulit kerang sudah dimasukkan ke dalam anting-anting lengkap satu pasang, sudah siap untuk kita pakai, nih. kamu juga bisa mix and match warna butir mutiara dengan warna kulit kerang agar tampak serasi.

8. Gantungan Kunci Es Krim

Semua orang pasti pernah melupakan kunci rumah maupun kendaraan yang pernah dibawa. Bentuk dan ukurannya yang kecil membuat barang yang satu ini mudah terselip, ya. Sekarang, kita bisa membuat kunci es krim bermodal kulit kerang yang kita kumpulkan saat bermain di tepi pantai. Contoh kerajinan dari kulit kerang yang satu ini bakalan beda dengan gantungan kunci lainnya. Langsung aja, kita cobain yuk bikin gantungan kuncinya.

Alat dan Bahan

  • Kerang kecil berbentuk kerucut
  • Kerang kecil berbentuk bulat
  • Tali/ benang
  • Pom-pom kecil
  • Lem tembak

Cara Membuat Kerajinan dari Kulit Kerang Gantungan Kunci 

  • Siapkan kulit kerang berbentuk kerucut, lekatkan dua buah kulit kerang berbentuk bulat secara bertumpuk di atasnya menggunakan lem tembak.
  • Tunggu hingga kulit kerang berbentuk kerucut dan bulat menyatu dan mengering.
  • Ambil satu buah pom-pom, kaitkan dan bentuk simpul dengan benang sebagai gantungan.
  • Tempelkan pom-pom dan tali gantungan di atas kulit kerang. Nah, sekarang kamu gak perlu khawatir lagi kehilangan kunci rumah dan kunci kendaraanmu. Biar mudah diingat, kamu boleh banget mewarnai kulit kerang atau memilih tekstur pom-pom dengan warna yang mencolok.

9. Tirai dari Kulit Kerang

kerajinan tirai cantik dari kulit kerangProduk kerajinan yang satu ini sangat tepat sebagai pajangan ruangan kamar anda. Kerajinan Tirai berasal dari cangkang kerang ini merupakan hasil dari cangkang kerang yang disusun satu sama lain sedemikian rupa menggunakan utas benang rajut yang telah diukur panjangnya.

Tirai ini sangat cantik dan menawan karena disusun dari berbagai kerang dengan warna dan bentuk yang berbeda. Selain dirumah, tak jarang kreasi ini banyak juga dimanfaatkan sebagai hiasan di berbagai café modern dengan tujuan menciptakan suasana tenang dan nyaman layaknya di pantai.

10. Bingkai dari Kerang

bingkai foto dari kulit kerangKeindahan dan uniknya kerang juga dapat kita jadikan sebagai bingkai pigura. Dengan membuat sendiri anda bisa merancang dan menyusun bentuk dan warna kerang sesuai dengan selera anda.

Untuk membuatnya pun tidak sulit kok ….!

Anda tinggal membuat pigura biasa berbahankan dari kayu triplek dengan tebal yang cukup. Setelah pigura selesai, tambahkan cat dengan warna terang seperti putih atau biru muda.

Setelah selesai, berikan kerang cantik dengan kreatifitas anda.

11. Vas Bunga Kerang

 

 

 

Kalau kamu berencana main ke pantai dalam waktu dekat, jangan lupa bawa pulang kulit kerang untuk kita manfaatkan. Begitu juga saat kamu memasak kerang laut agar menyimpan kulitnya. Hasilnya, kita bisa buat kerajinan dari kulit kerang yang kece-kece banget. gak sabar, nih mau sulap kulit kerang jadi barang-barang cantik nan menawan.

 

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.