Ragam

Cara Membuat Kerajinan dari Kulit Telur Cantik

Baru-baru ini beragam produk  kerajinan dari kulit telur menjadi paling banyak dicari, loh. Soalnya, kulit telur mudah ditemukan di mana saja. Daripada...

Written by dawan setiawan · 6 min read >
kerajinan dari kulit telur

Baru-baru ini beragam produk  kerajinan dari kulit telur menjadi paling banyak dicari, loh. Soalnya, kulit telur mudah ditemukan di mana saja. Daripada terbuang sia-sia, yuk ubah menjadi barang bernilai tinggi hanya bermodal kreativitas. Tertarik untuk mencoba? Tenang, pada tulisan ini akan kami sertakan pula contoh kerajinan dari kulit telur yang bisa kita praktikkan sekarang juga.

Telur sebagai salah satu bahan pangan dapat dikonsumsi dengan olahan apa saja. Nikmat saat dijadikan hidangan pendamping maupun hidangan utama. Kalau selama ini sudah mengenal manfaat telur yang tak perlu dipertanyakan lagi, pernahkah kita terpikirkan untuk memanfaatkan kulitnya?

Berikut adalah ulasannya, lengkap mulai dari contoh kerajinan dari kulit telur yang paling mudah, hingga yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian. Tapi sebelumnya, kita kenalan dulu, yuk dengan jenis-jenis kulit telur yang mudah untuk dibentuk.

Jenis-Jenis Kulit Telur

Kulit telur unggas menjadi bahan kulit yang paling terjangkau dan mudah untuk kita manfaatkan. Seperti telur bebek, telur ayam, telur burung puyuh, dan telur angsa. Menariknya, telur-telur ini memiliki warna dan ketebalan kulit yang berbeda-beda. Telur ayam saja dapat berwarna putih hingga cokelat tua. Telur burung puyuh dengan kulit coraknya dan telur bebek berwarna hijau tosca.

Jika menggunakan kulit telur ayam, tebal tipisnya kulit telur ditentukan oleh usia ayam petelur. Untuk mendapatkan kulit yang lebih tebal, dihasilkan dari ayam petelur dengan usia muda. Sementara itu, ayam petelur tua akan menghasilkan kulit telur yang lebih tipis.

Sebelum membuat kerajinan dari kulit telur, ada baiknya kita tentukan dulu jenis kerajinan yang akan kita buat. Soalnya, akan lebih mudah jika kita menggunakan jenis kulit telur yang tepat. Misalnya saja untuk kerajinan kulit telur berupa mozaik, akan lebih mudah jika kita menggunakan kulit telur yang lebih tipis. Untuk kerajinan berbentuk tiga dimensi, lebih cocok menggunakan kulit telur yang lebih tebal agar tidak mudah retak.

Contoh Kerajinan dari Kulit Telur

Sudah gak sabar mau mencobanya, ya. Langsung aja, nih. Berikut ini adalah inspirasi atau contoh kerajinan dari kulit telur yang dapat kamu buat. Setelah melihat-lihat inspirasi ini, buat dengan caramu sendiri dan tambahkan sentuhan manis kreativitasmu. Oke, selamat mencoba, ya.

1. Miniatur Kebun Cangkang Telur

kebun kulit telurKreasi kulit telur yang pertama adalah miniatur kebun. Banyak yang belum tahu bahwa cangkang telur yang sudah tidak terpakai dapat disulap menjadi sebuah hiasan yang cantik dan menawan.

Cara membuatnya pun tidak rumit kok. Anda hanya membutuhkan cangkang cangkang telur yang telah kering dan berukuran setengah. Cangkang cangkang ini nantinya dijadikan sebagai tempat atau wadah dari beraneka macam tanaman.

Masukkan tanah gembur secukupnya di dalam cangkang tersebut. kemudian susun cangkang cangkang tersebut dalam sebuah tempat atau juga bisa tray telur (tempat menaruh telur). Susun dengan rapi.

Jadilah miniatur kebun yang kecil, cantik dan menawan.

2. Bingkai Pigura

bingkai pigura kulit telurSebelumnya, siapkan styrofoam atau kayu bekas. Boleh juga bingkai pigura yang sudah tidak terpakai. Nah, kali ini kita akan memakai kulit telur bebek, ya. Remuk kulit bebek menjadi bagian kecil-kecil, namun jangan terlalu halus.

Lapisi styrofoam atau kayu bekas dengan warna-warna kalem seperti peach, cokelat kulit, dan pink muda. Soalnya, kita mau pakai kulit telur bebek dengan tampilan warna tosca, nih. Biar warnanya bisa terpadu dengan sempurna. Nah, setelah itu tempelkan serpihan kulit telur bebek pada bagian pinggir bingkai dengan lem super.

3. Confetti Kulit Telur

confetti kulit telurMau kasih surprise buat orang yang tercinta? Sekarang udah gak zaman, nih lempar telur mentah, air, dan tepung. Kayak mau bikin adonan kue aja, ya. Kalau biasanya kita bikin kaget dengan meletupkan confetti ke udara, kita bisa bikin sendiri dari kulit telur aja.

Cara membuat kerajinan dari kulit telur berbentuk confetti ini tidak membutuhkan banyak bahan, kok. Pertama, siapkan kulit telur berukuran besar dengan lubang kecil di bagian ujung. Pastikan bagian dalam kulit telur kering. Lalu, siapkan kertas kecil-kecil warna-warni. Bisa kamu ambil dari sisa-sisa dalam pelubang kertas. Masukkan ke dalam kulit telur hingga separuhnya.

Kemudian, lapisi dengan kertas tipis seperti kertas krep atau kertas minyak. Jangan lupa, hias bagian luar kulit telur dengan cat berwarna metalik. Atau, kamu dapat mewarnainya dengan cat biasa dengan tambahan glitter. Siap-siap, lempar si dia dengan confetti buatanmu.

4. Lilin Kulit Telur

lilin kuilit telurNah, kerajinan dari kulit telur ini cocok banget untuk dijadikan souvenir pernikahan. Pertama, lubangi bagian atas dan bawah telur dengan paku. Buat lubang lebih besar pada bagian atas untuk adonan lilin. Sementara bagian bawah untuk menempatkan benang sumbu.

Nah, cara membuat kerajinan dari kulit telur untuk dijadikan lilin cantik ini gampang banget. Siapkan bahan lilin atau beeswax dan potongan krayon berwarna-warni. Masukkan bahan lilin dan krayon dalam sebuah wadah, panaskan dan lelehkan. Masukkan benang sumbu dari atas ke bawah dan tutup dengan clay atau plastisin di bagian bawah agar adonan lilin tidak merembes keluar.

Masukkan adonan lilin, jepit bagian atas benang sumbu dengan penjepit baju atau sumpit agar benang sumbu dapat berdiri tegak. Tunggu hingga adonan lilin mengeras. Setelah itu kupas kulit telur yang menempel. Gunting dan rapikan bagian bawah lilin yang tidak rata. Nyalakan apinya! Cocok juga untuk ornamen tambahan kalau kamu punya usaha café atau tempat makan untuk suasana romantis.

5. Lampu Tidur

lampu tidur kulit telurKumpulkan banyak kulit telur yang sudah kering, lekatkan antara kulit telur yang satu dengan yang lainnya dengan lem super.

Bentuk menyerupai bulb atau bohlam lampu bulat. Tempatkan sis pecahan telur di bagian dalam. Voila, lampu tidur buatanmu sudah jadi, deh. Gak kalah menarik, kan dengan lampu-lampu tidur lainnya.

6. Souvenir Cantik

souvenir kulit telurYap, kalau contoh kerajinan dari kulit telur ini cukup mudah dibuat, hanya dengan bermodal barang-barang bekas saja. Bisa juga dijadikan sebagai souvenir acara maupun pernikahan, maupun pajangan untuk lemari kaca.

Untuk membuat salah satu contoh kerajinan dari kulit telur ini, cukup membutuhkan sebutir cangkang kulit telur. Nah, jangan lupa kapas/ dakron, tusuk gigi, lem super, kancing baju besar, dan renda bekas.

Cara membuat kerajinan dari kulit telur ini hanya bermodalkan teknik memotong dan mengelem saja. Buang seperempat bagian kulit telur, lapisi dengan cat berwarna hijau (opsional). Lilitkan bagian tepi kulit telur dengan renda. Pada bagian bawah, rekatkan dengan tusuk gigi dan kaitkan bagian ujungnya dengan kancing baju. Gulung dakron putih seperti bola-bola, tambahkan mata dan paruh dengan kertas agar lebih hidup.

7. Aksesoris Gantungan Mobil

aksesoris kulit telurBisa digunakan untuk aksesoris gantungan dalam mobil dan gantungan kunci, pecahan kulit telur dapat dikreasikan seperti mosaik dengan pola dan desain tertentu. Siapkan kayu tipis, kardus, dan bahan keras lainnya. Pecah-pecah kulit telur menjadi bagian kecil-kecil dan tempelkan sesuai pola.

Setelah itu, boleh deh kamu berikan warna agar tampak lebih cantik. Jangan lewatkan untuk melubangi bagian atasnya, ya. Masukkan tali atau benang kur dari sisi atas. Kalau ingin dijadikan gantungan mobil, tarik benang kur untuk ukuran lebih panjang.

8. Lampu Hias Kulit Telur

lampu hias kulit telurLampu hias berbahan kulit telur? Kira-kira akan tampak seperti apa, ya? Seniman asal China, Wen Fuliang, memiliki ide jenius luar biasa untuk menyulap kulit telur menjadi lampu hias bernilai seni tinggi. Lampu hias ini diukir dengan motif-motif khas China dengan lampu di dalamnya. Dalam pembuatannya, Fuliang selalu mengerjakan setiap detail dengan teliti.

Kerja keras Fuliang membuahkan hasil. Menekuni seni mengukir kulit telur dan menambah nilai guna sebagai lampu, karya Fuliang menjadi banyak dicari. Tak main-main, ia membutuhkan waktu beberapa dekade untuk mengasah teknik mengukirnya dengan baik. Setiap harinya, Fuliang menghabiskan telur dalam jumlah fantastis yaitu sepuluh butir telur setiap harinya!

9. Kaligrafi Kulit Telur

kaligrafi kulit telurKreasi yang satu ini memang sudah cukup terkenal dan banyak djumpai di berbagai tempat. Namun tak ada salahnya bila anda ingin mencoba membuatnya dengan kemampuan seni dan kreativitas anda.

Cangkang telur dapat disusun dan dibentuk menjadi sebuah ayat –ayat Al Quran yang indah dan artistik.

Untuk membuat kaligrafi ini diperlukan kreativitas yang tinggi dan ketelatenan meski anda hanya menempel dan menyusunnya.

10. Lukisan Dalam Kulit Telur

kinsugi kulit telurElisa Sheehan, seniman kreatif satu ini berhasil menyulap limbah kulit telur menjadi barang bernilai seni. Melalui tangan dinginnya, ia melukis bagian dalam kulit telur yang berupa separuh bagian dengan model lukisan abstrak. Ditambah lagi dengan sentuhan golden leaf yang membuat lukisan kulit telur ini semakin indah. Hobi coret-coret? Cobain melukis di dalam telur ala Elisa Sheeran, yuk. Tuangkan ide terbaikmu.

11. Boneka Kulit Telur

boneka dari kulit telurKreasi mungil dan cantik ini sangat mudah dibuat, asalkan anda memiliki kreativitas yang tinggi.

Anda bisa membuat boneka dari cangkang telur dengan hanya melukisnya menjadi berbagai karakter animasi ataupun boneka lucu. Untuk melukisnya, sebaiknya anda menggunakan air brush daripada kuas karena lebih rapi.

Buat anda yang tertarik dengan boneka mungil ini, tambahkan aksesoris tambahan di kulit luar.

12. Seni Mozaik Kulit Telur

mozaik kulit telurContoh kerajinan dari kulit telur yang satu ini akan membuatmu kagum. Kali ini, kulit telur akan dikreasikan menjadi senimozaik.

Nah, kerajinan dari kulit telur ini dibuat diatas kay, bambu atau juga dinding rumah. Gambar sketsa gambar dan kemudian tempelkan serpihan serpihan cangkang telur sesuai dengan pola yang anda inginkan.

Desain mozaik kulit telur ini beraneka ragam. Mulai dari pemandangan, flora, dan desain-desain lainnya dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

13. Seni 3 Dimensi Kulit Telur

seni tiga dimensi kulit telurTernyata kulit telur dapat diubah menjadi karya seni tiga dimensi yang menakjubkan. Salah satunya karya dari Shi ShengBing dari Guangzhou, China. Dengan posisi kulit telur melintang, tiga perempat bagian kulit telur dilukis dengan tema burung yang indah. Tak ketinggalan, bagian dalam kulit telur dilukis dengan ikan-ikan yang menari yang tampak nyata jika dilihat dari atas.

14. Music Box

kotak musik egg shellUntuk membuat kerajinan dari kulit telur satu ini diperlukan kulit telur dengan ukuran besar, seperti telur angsa misalnya. Untuk menambah kesan mahal, hias kulit telur angsa dengan mutiara yang berkilauan. Gak perlu khawatir takut retak, music box dari kulit telur ini dibuat dengan teknik penguat khusus agar awet. Terkesan mahal dan elegan banget, kan music box kulit telur angsa yang satu ini.

15. Gantungan Telur Burung Puyuh

Meski berukuran kecil, telur burung puyuh juga cantik untuk dijadikan kerajinan dari kulit telur. Dengan diberikan cat warna – warni dan cat emas, gantungan telur burung puyuh ini cocok untuk dijadikan aksesoris pohon natal, dekorasi kafe, dan hiasan manis di jendela kamarmu. Untuk pengaitnya, cukup sediakan kawat tipis dan manik-manik transparan agar bertambah cantik.

Kulit Telur Untuk Media Seni

Kulit telur sebagai media seni ternyata sudah digunakan sejak sebelum Masehi. Salah satu karya seni yang terlukis indah di atas media telur ditemukan di Museum British, Inggris. Diperkirakan telur burung unta dengan dekorasi unik ini dibuat pada 600 SM. Ornamen yang terdapat di atas kulit telur ini sangat menarik. Terdapat ornament empat sphinx (patung singa berkepala manusia), pita, lidah-lidah, dan kuncup bunga lotus.

Tidak hanya menjadi media seni sejak sebelum Masehi. Kulit telur juga mendapatkan perhatian khusus dari penduduk Vietnam. Terdapat banyak sentra kerajinan dari kulit telur disana yang disulap menjadi souvenir-souvenir cantik yang bernilai jual tinggi. Sebut saja lukisan dari kulit telur, vas bunga, ornament mozaik, mangkuk, dan produk kreatif lainnya. Kerajinan dari kulit telur di Vietnam juga sukses menggerakkan dan memberdayakan banyak orang, terutama bagi kaum difabel disana.

 

Gimana, kerajinan dari kulit telur mana nih, yang ingin kamu coba untuk pertama kalinya? Sebagai referensi, kamu bisa lihat-lihat dulu, contoh kerajinan dari kulit telur untuk membantu memantik idemu. Siap kreatif dengan bahan kulit telur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.