Ragam

Tips Dan Cara Membuat Kerajinan dari Lilin

Apa saja contoh kerajinan dari lilin yang mudah dibuat dan bisa bernilai jual yang cukup tinggi? Saat ini lilin tidak hanya digunakan...

Written by dawan setiawan · 5 min read >
kerajinan dari lilin

Apa saja contoh kerajinan dari lilin yang mudah dibuat dan bisa bernilai jual yang cukup tinggi? Saat ini lilin tidak hanya digunakan sebagai penerang semata. Ada banyak sekali produk kerajinan menawan yang bisa diciptakan dari bahan dasar lilin ini. Lantas , Bagaimana cara membuat kerajinan berbahan lilin ini ?

Kerajinan dari Lilin

Salah satu bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah kerajinan tangan menarik adalah dari lilin. Ya, lilin merupakan salah satu bahan yang bisa kita manfaatkan untuk menciptakan sebuah maha karya yang bagus dan menarik yang tentunya akan membuat semua orang ingin melihat karya kita.

Namun tentu saja hal ini dipengaruhi oleh seberapa kreatifitas anda di dalam menuangkan ide-ide maupun menggunakan bahan utama tersebut. Tidak jarang beberapa orang malah tidak terlalu pandai memanfaatkan media lilin padahal sebenarnya dia memiliki ide yang brilian.

Kerajinan- kerajinan yang akan kami terangkan mungkin saja bisa menjadi salah satu informasi inspiratif yang bisa memberikan ide untuk anda membuat kreasi yang sama atau bahkan lebih menarik.

Cara Membuat Kerajinan dari Lilin Warna

cara membuat kerajinan dari lilinSeperti yang sudah kami jelaskan bahwa lilin bisa menjadi salah satu bahan terbaik yang bisa membantu anda mewujudkan sebuah maha karya yang anda inginkan selama ini. Anda bisa menggabungkan antara lilin putih dan lilin berwarna tergantung seperti apa konsep atau ide kreatif yang akan anda tuangkan.

Dalam pembuatan kerajinan lilin ini, anda tidak akan terlalu kesulitan membuatnya maupun menyiapkan barang-barang apa saja yang anda perlukan.

Untuk bahan utamanya sudah pasti lilin warna-warni. Sementara beberapa bahan pendukung yang juga harus anda siapkan antara lain:

  • Wadah
  • Crayon
  • Sumbu
  • Gelas mini dan barang-barang lainnya yang mungkin ingin anda tambahkan untuk semakin membuat kerajinan anda menarik dan berbeda dengan yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Adapun untuk cara pembuatannya sendiri silahkan anda simak baik-baik informasi berikut ini:

1. Siapkan bahan-bahan

bahan bahan kerajinan lilinSeperti biasa, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan dan alat yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Ingat, jika anda memiliki ide atau ingin melakukan improvisasi terhadap kerajinan dari lilin yang akan kami jelaskan, maka silahkan anda bisa menambahkan bahan lainnya. Asalkan bahan-bahan tersebut memang bisa membuat karya anda semakin bagus.

2. Tuangkan bahan lilin ke wadah

tuangkan ke wadahKemudian, anda harus menuangkan bahan lilin yang sudah anda siapkan ke dalam wadah. Tuangkan secukupnya dengan menyesuaikan kerajinan seperti apa yang akan anda buat. Setelah itu, anda harus memanaskannya menggunakan oven maupun alat pemanas lainnya. Adapun mengenai berapa lama waktu anda memanaskan lilin sebenarnya relatif.

Jika anda merasa bahwa bahan yang anda panaskan sudah cukup, maka anda bisa mengangkatnya dari oven atau alat pemanas lainnya. Sekedar informasi bahwa tujuan anda memanaskan lilin tersebut adalah untuk melapisi sumbu sehingga nanti lilin bisa berdiri tegak.

3. Tuangkan lilin ke kaca mini

tuangkan ke kaca miniLangkah ketiga yang harus anda lakukan adalah dengan menuangkan lilin ke kaca mini yang nanti akan anda jadikan sebagai lilin hias.

Jika sudah, maka sekarang anda bisa mulai meletakkan sumbu yang sebelumnya sudah anda olesi dengan lilin ke bagian bawah gelas. Anda tinggal mengaturnya agar supaya sumbu bisa berdiri dengan tegak dan lurus di atas gelas.

4. Siapkan krayon

siapkan krayon untuk kerajinan lilinJika ketiga langkah di atas sudah anda lakukan dengan benar, maka langkah selanjutnya yaitu anda harus menyiapkan krayon.

Siapkan krayon dengan berbagai macam warna yang ada agar nanti anda tidak bingung ketika membutuhkan beberapa warna yang mungkin bisa membuat karya ini memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri.

Anda lepas bungkus pada krayon terus anda hanya perlu mengambil krayonnya saja. Kemudian, anda letakkan beberapa krayon ke dalam wadah yang sebelumnya sudah ada lilin cair. Anda harus memastikan bahwa setiap wadah yang anda siapkan tersebut harus berisi lilin dengan warna yang berbeda-beda.

Setelah itu, anda harus memanaskannya di oven dan tunggu hingga mencair.

5. Keluarkan campuran lilin dan krayon dari oven

keluarkan campuran lilin dari ovenJika campuran krayon dan juga lilin sudah mencair, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan mengeluarkannya dari oven.

Setelah itu, anda harus menyiapkan gelas kaca yang sebelumnya sudah ada isi dengan sumbu. Anda letakkan gelas pada posisi miring pada satu sisi.

Untuk membantu mempermudah pekerjaan anda, maka anda bisa menggunakan alat bantu yang digunakan untuk menyangga gelas agar supaya gelas tidak sampai bergoyang-goyang. Setelah itu barulah anda bisa menuangkan campuran lilin dan juga krayon tadi secara perlahan-lahan.

Hati-hati ketika menuangkannya karena biasanya cairan masih dalam kondisi panas.

Kami sarankan anda tuangkan satu warna saja dulu dan tidak terlalu banyak. Kemudian tunggu sampai membeku. Proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama sehingga anda mungkin bisa sambil melakukan pekerjaan lain yang memang perlu untuk dilakukan atau diselesaikan.

6. Campurkan cairan membeku dengan cairan yang berbeda

mencampur dengan warna lainJika cairan lilin sebelumnya benar-benar sudah membeku. Maka anda bisa mulai melakukan cara selanjtunya.

Cara selanjutnya yang kami maksud yaitu dengan membalik atau memiringkan gelas di posisi sebaliknya. Kemudian anda isi dengan campuran lilin dan krayon cair yang memiliki warna berbeda dengan warna sebelumnya yang sudah anda bekukan.

Yang harus anda lakukan adalah dengan menuangkan pada poisis miring berlawanan. Jika sudah, maka anda tinggal mengulangi cara-cara tersebut di atas setidaknya anda bisa mencampur 3 macam warna pada gelas. Untuk pemilihan warnanya sendiri bisa anda tentukan sesuai dengan selera anda.

7. Proses finishing

proses finishingCara membuat kerajinan dari lilin yang terakhir adalah dengan menuangkan cairan yang terakhir sebagai finishing atau tahap penyelesaian.

Anda harus menuangkan cairan lilin dengan warna yang berbeda pada gelas tadi. Namun sekarang gelas tidak perlu dimiringkan. Biarkan gelas dalam posisi tegak lurus dan anda tuangkan hingga benar-benar terisi penuh. Anda tinggal menunggunya sampai semuanya dingin dan membeku.

Sekarang seharusnya lilin hias anda sudah jadi.

Dengan kombinasi warna yang menarik, hasil kerajinan anda tersebut dijamin akan membuat siapapun terkesan. Anda bisa meletakkannya di dimana pun sesuai selera anda. Namun kami sarankan anda meletakkannya di meja makan.

Mungkin anda bisa membayangkan konsep yang nanti bisa anda buat. Anda bisa meletakkan hiasan lilin tersebut di meja makan sambil makan malam bersama keluarga atau orang yang anda sayangi. Pastinya akan memberikan kesan yang tidak terlupakan meskipun dengan menu makanan yang sederhana.

Membuat Kerajinan dari Bahan Lilin Lunak

proses finishingBerikut ini kami juga sudah memiliki informasi lain yang tidak kalah menari kreatif yang masih menggunakan lilin sebagai bahan utamanya. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah seperti berikut ini:

Pertama, anda harus menyiapkan bahan dan alat apa saja yang akan digunakan untuk menciptakan sebuah maha karya anda.

Beberapa peralatan dan bahan yang harus anda siapkan antara lain:

cetakan kerajinan lilin

  • Panci
  • Krayon
  • Air
  • Sendok
  • Cetakan agar-agar
  • Mangkok dari stainless steel, dan tentunya anda harus menyiapkan lilin.

Langkah Langkah

  • Siapkan panci lalu tuangkan air yang anda siapkan kurang lebih 1 liter.
  • Rebus air tersebut sampai mendidih dan kemudian anda letakkan mangkok stainless steel yang anda siapkan di atas air mendiidh.
  • Ingat, biarkan kompor dalam kondisi menyala. Mengapa anda disarankan mengunakan mangkok dari stainless steel karena bahannya terbukti mampu menghantarkan panas dengan baik.
  • Kelima, anda masukkan lilin dan juga krayon ke dalam mangkok tersebut dan kemudain anda aduk secara perlahan sampai kedua bahan tersebut mencair dan tercampur secara merata. Perlu dipahami bahwa krayon bertujuan untuk memberikan warna pada karya anda nanti. Mengenai pemilihan warna krayon, anda bisa memilih warna apapun sesuai dengan selera anda.
  • Keenam, anda perhatikan sumbu pada lilin yang sudah mencair. Yang harus anda lakukan yaitu dengan membuang sumbu. Pastikan tidak ada sumbu yang masih tersisa pada cairan lilin dan krayon yang sudah anda campurkan tadi.
  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan menuangkan cairan ke dalma cetakan agar-agar yang sebelumnya sudah anda siapkan. Anda tinggal membentuknya sesuai dengan keinginan anda. Jika anda ingin menggunakan cetakan lain yang mungkin menurut anda mampu memberikan hasil yang lebih maka silahkan karena pada dasarnya kerajinan yang anda buat tersebut sesuai dengan konsep dan tingkat kreatifitas anda.
  • Kedelapan, setelah anda menunagkan cairan lilin dan krayon, maka sekarang anda tinggal menunggunya sampai benar-benar mengering. Waktunya pun tidak tentu jadi kami sarankan anda harus benar-benar memasatikan lilin anda membeku sebelum anda mulai mengangkatnya dari cetakan.
  • Terakhir, jangan lupa untuk mencuci semua peralatan yang sudah anda gunakan karena bersihan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan setelah anda selesai membuat kerajinan tangan.

Sekarang anda sudah bisa memamerkan hasil karya anda tersebut. Sebenarnya masih ada hal penting lainnya yang harus anda perhatikan ketika hendak membuat kerajinan menggunakan bahan lilin. Beberapa hal tersebut diantaranya:

  • Pada saat anda memasukkan lilin dan krayon ke wadah untuk mencairkannya, pastikan tidak sampai ada air yang masuk ke wadah tersebut. Mengapa? Karena nanti bisa berakibat lilin menjadi berlubang yang pastinya akan mempengaruhi hasil dan kualitasnya.
  • Alasan mengapa anda harus menggunakan pewarna krayon dibandingkan yang lainnya karena krayon terkenal lebih mudah menyatu dengan lilin dibandingkan dengan bahan yang lainnya.
  • Hal terakhir yang harus anda perhatikan mengenai bentuk kerajinan yang anda buat. Anda tidak perlu terfokus pada cetakan agar-agar yang kami gunakan. Anda masih ba menggunakan cetakan lainnya yang mungkin menurut hemat anda mampi memberikan karya yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.