17+ Contoh Kerajinan dari Sabun yang Unik

Kerajinan dari sabun merupakan salah satu kerajinan yang cukup unik dan kreatif. Selain bisa menghasilkan berbagai karya bentuk yang indah, kerajinan ini juga tidak memerlukan biaya yang banyak karena hanya berasal dari bahan sabun saja. Langsung saja mari kita simak bersama apa saja aneka produk dan cara membuat kerajinan hingga manfaat dari sabun batang  ini.

Kerajinan dari Sabun Batang

Sabun batang dapat dijadikan sebuah karya seni yang memukau. Sabun memiliki tekstur yang padat namun sangat lentur. Hal ini membuatnya bisa diubah sedemikian rupa namun tetap padat. Kalian hanya perlu kreativitas dan kemauan untuk menyulap barang biasa ini menjadi bernilai tinggi.

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun

Teknik yang digunakan dalam pembuatan kerajinan bahan sabun batangan yaitu teknik ukir/pahat dan teknik lelehkan dan cetak (melt and pour).

  • Teknik ukir/pahat
    Sabun mandi batangan diukir menggunakan pisau ukir/alat ukir berdasarkan sketsa/motif dan bentuk tertentu. Tekniknya mirip mengukir pada kayu.
  • Teknik leleh dan cetak (melt and pour).
    Sabun mandi dilelehkan dan dicampurkan dengan bahan lain untuk selanjutnya dituangkan ke sebuah cetakan dengan bentuk tertentu. Teknik ini lebih mudah dan cepat daripada teknik ukir.

Teknik Ukir

cara membuat kerajinan dari sabun

youtube.com

Sulitkah mengukir sabun padat ? jawabannya ialah relatif. Bagi sebagian orang kegiatan ini sangat mudah, namun pada beberapa orang lain justru sangatlah sulit. Point penting agar mendapatkan hasil ukiran sabun yang indah adalah kemampuan berimajinasi yang tinggi.

Kalian juga harus mampu membayangkan bentuk akhir 3 dimensi yang akan kalian ukir. Untuk mengukir sabun tidak memerlukan tenaga yang besar seperti halnya mengukir batu atau kayu. Namun, faktor kegagalan juga sangat tinggi jika desain dibuat terlalu tipis dan kecil.

Alat dan Bahan :

alat dan bahan membuat kerajianan sabun

prakaryakreatif.blogspot.com

Alat-alat yang digunakan sangatlah sederhana dan mudah untuk kalian peroleh.

  1. Sabun mandi batangan
  2. Alat Ukir Lengkap
  3. Pensil
  4. Kertas Gambar

Langkah-langkah :

Berikut adalah cara membuat kerajinan sabun dengan mengukir :

  1. Pertama persiapkan semua alat dan bahan. Alat ukir yang lengkap agar dapat menghasilkan bentuk yang detail. Pilih sabun batang yang besar, semakin besar ukuran sabun batangan semakin mudah dalam mengukir.
  2. Buatlah desain gambar pada kertas gambar sesuai dengan keingin bentuk apa yang ingin kalian ukir. Tentukan obyek apa yang akan kalian buat.
  3. Permukaan sabun ratakan dari nama produk. Pada beberapa produk sabun, umumnya di atas permukaan terdapat ukiran nama brand. Sebelum mengukir ratakan permukaan terlebih dahulu.
  4. Tempelkan kertas gambar dan gambarlah yang sudah kalian gambar di atas sabun batang. Buatlah gambar sesuai dengan sketsa gambar yang sudah kalian gambar untuk diterapkan di atas permukaan sabun. Maksimalkan ukuran sabun dari sudut ke sudut sehingga bentuk yang dihasilkan tidak terlalu kecil dan nantinya tidak terlalu banyak menyerut sabun untuk dibuang.
  5. Lakukan pengukiran dengan mengikuti pola yang sudah digambar. Cukil dan serut sedikit demi sedikit di bagian tepi-tepi sabun yang berada di luar desain kita. Pastikan ketika menyukil jangan terlalu dekat dengan garis yang sudah kita gambar. Ukirlah dengan perlahan-lahan agar menghasilkan bentuk yang kokoh dan tidak mudah patah.
  6. Jika sudah terbentuk, kalian dapat menghaluskan bentuk dengan menggunakan amplas. Perbaiki jika ada retakan kecil dan goresan diluar keinginan kalian dan kemudian perhalus dengan jari anda.
  7. Lakukan hingga membentuk kerajinan sabun yang kamu inginkan.

Ketika mencukil pastikan tangan kalian dalam keadaan kering. Bila tangan kalian basah maupun lembab, sabun akan menjadi sangat licin. Gunakan sarung tangan plastik untuk menghindari rasa pedih yang timbul akibat jari tangan terkena sabun.

Aneka Produk Kerajinan Gambar Bunga

produk kerajinan sabun bentuk bunga

Karya kerajinan yang paling banyak dibuat dari bahan sabun adalah bunga. Memang sedikit rumit karena kalian harus membuat sabun batangan menjadi sebuah bentuk yang indah dengan sedetail mungkin. Untuk membuatnya, gambarlah sketsa gambar dengan sebaik mungkin, dan cukilkan sabun dengan perlahan-lahan agar menghasilkan sebuah detail tipis yang indah.

produk kerajinan sabun bentuk bunga indah

 

produk kerajinan sabun bentuk bunga indah 1

etsy.com

produk kerajinan sabun bentuk bunga indah 2

ebay.com

produk kerajinan sabun bentuk bunga indah 3

Aneka Produk Kerajinan Gambar Binatang

produk kerajinan sabun bentuk binatang

longzang-mold.com

Kerajinan dari sabun berbentuk binatang ini bisa menjadi salah satu pilihan membuat sikecil jadi ingin mandi. Cara membuatnya  gampang kok dan bisa dibuat hanya dengan peralatan yang ada di rumah.

Cukup sediakan sabun batangan dengan warna yang menarik, alat ukir lengkap, pensil, dan air. Langkah awalnya yaitu buat pola binatang yang akan kalian bentuk di atas permukaan sabun batangan dengan menggunakan pensil. Lalu ukir sabun tersebut di atas pola yang telah kalian buat. Kemudian ukirlah kembali dengan lebih detail. Terakhir haluskan hasil ukiran.

kerajinan dari bahan lunak

produk kerajinan sabun bentuk binatang lucu

longzang-mold.com

produk kerajinan sabun bentuk binatang lucu 1

produk kerajinan sabun bentuk binatang lucu 3

Aneka Produk Kerajinan  Bentuk Dedaunan

kerajinan dari bahan lunak dedaunan

Melihat bentuk dedaunan seperti gambar di atas tentu terlihat mengagumkan. Siapa pun yang melihatnya ingin memilikinya untuk di pajang sebagai hiasan. Tapi tahukah kalian dengan bahan dasar sabun, kita bisa membuat bentuk unik seperti gambar di atas. Dengan sedikit kreativitas maka sabun yang awalnya terlihat biasa saja berubah bentuk menjadi bentuk yang mirip dengan dedaunan.

Aneka Produk Kerajinan  Bentuk Mobil

 

produk kerajinan sabun bentuk mobil

Bagi Anda yang ingin membuat kerajinan sabun bentuk mobil maka yang Anda butuhkan selain sabun batangan dan alat ukir adalah amplas. Karena banyak sekali bagian mobil yang perlu diampelas biar hasilnya halus. Setelah membuat pola di atas sabun batangan, langkah selanjutnya adalah potong bagian sabun yang ada di luar pola. Mulai bentuk mobil sesuai dengan sketsa gambar. Kemudian mobil-mobilan yang sudah jadi itu tinggal dilakukan finishing dengan cara di ampelas.

Kerajinan sabun bentuk mobil-mobilan ini cocok sebagai alat mainan si kecil di rumah. Dampak ekonomi pun bisa dirasakan oleh para seniman sabun ini. Sabun batangan yang harga awalnya murah pun bisa meningkat seiring dengan bentuk sabun yang telah berubah menjadi sebuah kerajinan yang artistik.

produk kerajinan sabun bentuk mobil 1

kreasiarfika.blogspot.com

Aneka Produk Kerajinan  Bentuk Tokoh Kartun

kerajinan dari bahan lunak bentuk kartun

prakaryakreatif.blogspot.com\

Bagi kalian atau sikecil yang pecinta karakter kartun, kalian semua bisa membuat kerajinan dari sabun berbentuk karakter kartun kesukaanmu seperti gambar di atas. Cara membuatnya cukup gampang . Buat pola sesuai dengan karakter kartun yang diinginkan pada sabun batangan. Lalu ukir sabun itu berdasarkan pola yang telah kalian buat. Setelah ukirannya jadi tinggal melakukan penghalusan.

Merapikan hasil guratan-guratan yang terlihat kasar. Untuk membuatnya lebih menarik bisa dengan memberi sentuhan akhir dengan cat warna sesuai dengan warna karakter kartun tersebut. Selain teddybear kalian bisa juga membuat kerajinan karakter kartun Hello Kitty ataupun Doraemon dengan menggunakan sabun. Cukup tingkatkan ide dan kreativitas lalu aplikasikan dalam pola di atas sabun. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan tidak putus asa.

kerajinan dari bahan lunak bentuk kartun 2

prakaryakreatif.blogspot.com

Teknik leleh dan cetak (melt and pour)

kerajinan dari bahan lunak bentuk unik

Cara yang kedua adalah dengan cara membentuk adonan sabun sehingga sabun menjadi lunak seperti plastisin dan mudah untuk dibentuk beraneka bentuk. Pada teknik ini kalian perlu bahan tambahan yaitu tepung dan air panas. Waktu yang diperlukan pun tidak terlalu lama.

Alat dan Bahan :

  • Sabun mandi
  • Tepung Tapioka
  • Air panas
  • Pewarna tambahan
  • Parutan kelapa/keju
  • Mangkok/wadah
  • Cetakan

Langkah-Langkah :

  • Parutlah sabun batang dengan menggunakan parutan keju/kelapa.
  • Masukkanlah parutan sabun batang ke dalam mangkok/wadah dan tambahkan tepung maizena/tapioca, kemudian aduklah secara merata (saat mengaduk, jangan lupa untuk tambahkan air secukupnya).
  • Jika ingin memberikan warna, masukkan hanya beberapa tetes pewarna yang sudah kalian siapkan.
  • Kemudian bentuk sesuai dengan yang kalian inginkan,bisa menggunakan cetakan yang menyediakan berbagai bentuk lucu.
  • Setelah semuanya telah selesai, tunggulah hingga mengering.

Aneka Produk Kerajinan Membentuk

produk kerajinan sabun bentuk bunga indah 5

Nah yang ini memang lebih bersifat karya seni artistik dibandingkan kerajinan tangan biasa. Kamu harus melumerkan sabun dan membuatnya jadi adonan terlebih dahulu.  Setelah dilumerkan, diamkan bahan beberapa saat sehingga menjadi satu. Lalu potonglah menjadi sebuah lembaran-lembaran.

Nah guna membentuk bunga, kamu tinggal membentuk dari lembaran-lembaran yang sudah dibuat dengan imajinasimu . Karena cukup elastis namun tetap kuat, sabun tetap bisa dengan mudah dibentuk.

Saat mencampur bahan kamu juga bisa membuat beberapa lembar dengan warna yang berbeda sehingga bisa menjadi padu padan yang cantik.

Kreasi  ini biasa dikerjakan para seniman dalam bentuk tiga dimensi. Dibuat secara manual sedikit demi sedikit dengan sentuhan dan insting seni. Guna membuat karya bunga seperti gambar diatas dari sabun memang mirip seperti membuat patung yang memerlukan keahlian khusus.

produk kerajinan sabun bentuk kue 3

Sepintas kita akan merasa bahwa ini adalah kue asli yang bisa dimakan. Padahal ini adalah kerajinan dari sabun dalam bentuk kue. Cara membuatnya pun tidak sulit. Sabun batangan yang sudah dilumerkan cukup dibentuk dengan cetakkan sesuai dengan bentuk kue di atas. Kemudian untuk membuatnya lebih nyata lagi, berikan pewarna kue dengan warna-warna cerah. Lalu keringkan sabun kue tersebut. Setelah kering sabun kue siap untuk di kemas sebagai bahan suvenir unik.

produk kerajinan sabun bentuk kue oreo

Kamu suka oreo ? Dengan adonan sabun yang sudah tercampur, kamu bisa membuat bentuk kue oreo dari sabun. Jika satu warna,kamu bisa menggunakan cetakan yang sudah banyak dijual di toko.

Cukup mencetak dalam cetakan dan jadilah kue dengan beragam bentuk yang lucu. Namun jika dibuat berwarna sesuai aslinya, caranya sedikit rumit. Kamu harus membuat bagian per bagian sesuai dengan warna asli.

produk kerajinan sabun bentuk kue

Melihat gambar di atas rasanya seperti ingin menyantapnya bukan? Namun potongan kue pada gambar di atas itu tidak bisa di makan. Karena itu adalah sebuah karya hasil olahan dari sabun. Kerajinan bentuk potongan kue ini sangat cocok sebagai hiasan di rumah atau sebagai hadiah suvenir.

Pada dasarnya proses pembuatan kerajinan unik dari sabun semua hampir sama. Semua kerajinan bisa dibuat asalkan ada kemauan dan ide yang dijalankan. Dengan bentuk – bentuk yang unik ini, sabun kini memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada sekedar sabun batangan biasa.

produk kerajinan sabun bentuk kue kue lucu

Dengan bahan dasar sabun saja dapat menghasilkan berbagai hasil kerajinan yang unik.

Yuuk, ketahui juga keunikan aneka produk kerajinan dari bahan keras dan 7 Kreasi Kerajinan dari Tanah Liat yang tidak kalah menarik dan tentunya memiliki banyak fungsi ini.

Kelebihan Kerajinan dari Sabun

  1. Mudah dibentuk

Sabun merupakan salah satu bahan lunak yang dapat dikreasikan menjadi sebuah karya kerajinan tangan. Karena berbahan lunak, sabun mudah untuk diubah menjadi beraneka bentuk seperti bunga, binatang, kue dan lain-lain.

  1. Harganya terjangkau

Kerajinan dari sabun ini hanya memerlukan sabun batangan saja sebagai bahan pokok. Kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan sebuah sabun.

  1. Mudah diperoleh

Sabun tidak akan membuat kalian pusing tujuh keliling kan. Dimanapun kalian tinggal, banyak sekali jenis sabun yang kalian jumpai.

  1. Aroma dan bau wangi

Hal ini termasuk bonus dari produk kerajinan ini, aromanya yang wangi hiasan ini dapat kalian letakkan di ruang keluarga, kamar tidur, bahkan ruang tamu.

Kekurangan Kerajinan dari Sabun

  • Tidak tahan terhadap air atau rusak jika mengenai air.
  • Tidak tahan benturan, terbentur sedikit saja pasti akan merubah bentuk hiasan dari sabun ini sehingga untuk membawa hiasan ini harus ekstra hati-hati.
  • Faktor kegagalan yang cukup tinggi, untuk membuat kerajinan ini dengan teknik ukir mudah patah jika tidak hati-hati.

Untuk membuat kerajinan ini kalian harus percaya diri dan kemampuan kalian sendiri. Teruslah berlatih dan berlatih jika hasil awalnya kurang bagus, dengan sendirinya kalian akan mampu menguasai alat-alat yang digunakan.

Manfaat Kerajinan dari Sabun

Pendidikan

  • Meningkatkan kreativitas dan potensi setiap anak dengan semua imajinasi mereka yang tertuang dalam karya seni ini.
  • Pengetahuan anak akan lebih luas dan cepat berkembang, menemukan hal baru yang unik dan menarik.
  • Melatih setiap anak menjadi cerdas dalam menemukan ide-ide

Ekonomis

Kerajinan dari sabun ini jika mengadung unsur seni yang tinggi akan menghasilkan sebuah karya yang bernilai jual tinggi. Dengan harga sabun batangan yang relatih murah, dan harga jadi yang tinggi hal ini menjadi karya seni ini menjadi peluang pendapatan yang menjanjikan.

Hiasan

Beraneka ragam bentuk yang lucu, indah dan menarik dari kerajinan sabun ini membuat banyak orang kagum ketika melihatnya. Karya seni ini juga dicari banyak orang untuk digunakan sebagai pajangan di rumah mereka.

Sekarang anda pasti sudah tidak sabar untuk mempraktikkan kerajinan ini. Selain sabun, bambu dirumah yang mungkin tidak terpakai bisa juga anda rubah menjadi Produk Unik Kerajinan dari Bambu yang indah.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.