Ragam

8 Kerajinan dari Sendok Plastik Berguna dan Cara Membuatnya

Sendok plastik tidak sulit kamu temukan pada hidangan nasi kotak siap saji. Biasanya, sendok plastik sekali pakai ini langsung dibuang begitu saja...

Written by dawan setiawan · 5 min read >
kerajinan dari sendok plastik

Sendok plastik tidak sulit kamu temukan pada hidangan nasi kotak siap saji. Biasanya, sendok plastik sekali pakai ini langsung dibuang begitu saja sehingga menghasilkan sampah. Mengingat sampah plastik baru bisa diurai hingga ratusan tahun, yuk mulai kurangi limbah plastik dengan membuat kerajinan dari sendok plastik ini. Lingkungan yang sehat dan terawat dimulai dari kamu.

Kerajinan dari Sendok Plastik

Untuk mengetahui apa saja dan bagaimana cara membuat kerajinan dari sendok plastik yang menarik dan unik, berikut adalah pembahasannya :

1. Hiasan Dinding Kumbang

hiasan dinding dari sendok plastikKumbang seringkali kita temukan di taman bunga. Tapi kali ini, saatnya hadirkan suasana taman di ruanganmu. Salah satunya adalah dengan membuat hiasan dinding berupa kumbang lengkap dengan dedaunan dan bunga. Kerajinan dari sendok plastik ini cocok untuk di pasang di kamar anak dan sekolah.

Alat dan Bahan

  • Sendok plastik (3-5 buah)
  • Kain flanel berwarna hijau
  • Cat poster warna-warni
  • Kuas kecil

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Hiasan Kumbang

  • Cat bagian gagang sendok dengan warna cokelat untuk batang pohon.
  • Untuk cekungan sendok bagian bawah, oleskan cat polos berwarna-warni. Pemilihan warna-warna terang akan membuat kumbang menjadi tampak menarik.
  • Berikan motif totol-totol di seluruh permukaan cekungan sendok bagian bawah.
  • Beri motif mata di bagian atas. Nah, ke mana arah bola mata kumbang yang akan kamu buat juga ikut mempengaruhi ekspresinya, loh.
  • Sekarang, siapkan kain flanel berwarna hijau daun. Buat pola daun di atas kain flanel, gunting sesuai pola.
  • Agar tampak lebih hidup, tambahkan garis-garis tulang daun dengan spidol berwarna hijau tua agar lebih hidup.
  • Satu sentimeter dari bagian pangkal daun, buat lubang dengan

2. Forky Toy Story

mainan sendok plastikBuat penggemar Toy Story, pasti kamu tidak asing dengan karakter baru, Forky pada Toy Story 4. Nah, daripada jauh-jauh ke Disneyland buat beli merchandise-nya, kita buat sendiri, yuk action figure-nya. Bikin kerajinan dari sendok plastik dan garpu plastik ini cukup mudah, loh. Pastinya gak akan menguras biaya banyak soalnya mudah ditemukan di rumahmu

Alat dan bahan

  • Sendok plastik atau garpu plastik
  • Mata ikan/ mata boneka
  • Stik es krim panjang, 1 buah
  • Plastisin
  • Cat berwarna merah dan biru
  • Kuas kecil
  • Kawat tipis
  • Tali merah

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Forky Action Figure

  • Siapkan garpu plastik yang akan kamu bentuk. Jika tidak memiliki garpu plastik, pakai sendok plastik juga tidak masalah, kok. Namun, potong bagian ujungnya menyerupai bentuk gerigi.
  • Setelah itu, tempelkan mata boneka pada ujung sendok plastik bergerigi bagian atas.
  • Untuk alisnya, oleskan cat berwarna merah. Sementara untuk bagian mulut, bentuk dengan cat berwarna biru.
  • Siapkan kawat tipis, ikat dengan arah kiri dan kanan. Jika tali memiliki diameter besar, masukkan kawat. Atau kamu juga bisa menggunakan kawat souvenir berwarna merah.
  • Potong stik es krim menjadi dua bagian untuk kaki Forky. 
  • Bentuk plastisin menyerupai bulat, tancapkan sendok plastik di atasnya. Sisipkan potongan stik es krim untuk bagian kaki.

Mirip banget, kan dengan aslinya. Nah, contoh kerajinan dari sendok plastik ini bisa kamu buat di rumah dengan anak-anak. Apalagi kalau ada anak-anak merengek minta mainan di rumahmu. Forky Toy Story dari sendok plastik ini ga bakalan terlupakan, deh.

3. Snowman Pemanis Meja

kerajinan hiasan meja yang cantikSuasana ruang belajar yang monoton terkadang membuat kita bosan dan malas ngapa-ngapain, ya. Akhirnya, menunda-nunda pekerjaan karena rasa jenuh tidak memberikanmu ide sama sekali. Kali ini, buat kerajinan dari sendok plastik berbentuk snowman ini. Do you want to build a snowman, my friends?

Alat dan Bahan

  • Cup kertas/ cup es krim
  • Kapas
  • Sendok plastik
  • Kain flanel
  • Spidol marker kecil
  • Cat berwarna orange
  • Busa kering

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Snowman

  • Siapkan beberapa sendok plastik, buat alis, mata, dan mulut menggunakan spidol marker
  • Untuk bagian hidung, siapkan cat warna orange dengan membuat hidung mancung seperti hidung wortel Olaf, ya.
  • Setelah itu, potong kain flanel dengan lebar kurang lebih 1 cm. Potong bagian ujungnya menyerupai rumbai-rumbai pada syal.
  • Lilit kain flanel dan berikan lem tembak di bagian tengah
  • Setelah itu, saatnya kita buat topi Ambil kain flanel persegi, lilitkan dibagian atas sendok.
  • Ikat dan potong bagian ujung menyerupai rumbai-rumbai.
  • Tancapkan sendok plastik pada busa kering untuk pot bunga.
  • Untuk membuat efek salju, penuhi dengan tissue dan kapas. Bentuk kapas putih menjadi bola-bola agar tampil semakin menarik.
  • Nah, sekarang sudah jadi, deh snowman- Agar tampak memiliki banyak karakter, variasikan ekspresi dan topi snowman dengan kain flanel warna-warni.

4. Burung Merak 

kreasi merak dari sendok plastik
kreasi merak dari sendok plastik

Burung Merak terkenal sebagai burung dengan keindahan bulu-bulunya. Apalagi saat mengibaskan ekor dan sayapnya. Gradasi perpaduan aneka warna bulu yang alami dan cerah membuat kita menjadi takjub dengan ciptaan Sang Maha Kuasa ini. Bermodalkan sendok plastik, kita juga bisa membuat burung Merak yang tak kalah menarik.

Alat dan bahan

  • Kertas karton/ kardus bekas
  • Cotton bud
  • Sendok plastik
  • Lem tembak
  • Pensil
  • Gunting
  • Cat warna hijau, kuning, biru, emas/ cat glitter warna
  • Spidol marker kecil

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Burung Merak

  • Buat pola lingkaran dan pola kepala hingga leher burung Merak dengan menggunakan kertas kardus.
  • Warnai bentuk lingkaran yang sudah dipotong dengan cat emas. Lingkaran emas ini nantinya digunakan untuk badan burung merak dan tempat untuk menempelkan sendok plastik yang sudah di cat.
  • Siapkan 17-20 sendok plastik (sesuaikan dengan ukuran lingkaran)
  • Cat seluruh bagian belakang sendok dengan warna kuning.
  • Pada bagian ujung atas sendok, cat dengan warna hijau.
  • Lapisi kembali dari ujung gagang sendok hingga pangkal sendok dengan cat warna biru.
  • Supaya terlihat hidup beri coretan garis-garis di bagian ujung sendok menggunakan spidol marker kecil.
  • Pada bagian tengah setiap bulu-bulu sayapnya, berikan cat berwarna silver atau glitter berwarna silver.
  • Tempelkan sendok plastik yang sudah di cat di atas lingkaran emas menggunakan lem tembak.
  • Sekarang, siapkan cotton bud dan potong-potong hanya bagian kapasnya saja, beri cat warna biru.
  • Siapkan bagian kepalanya dengan mengambil bagian cekungan sendok, cat warna biru.
  • Tempelkan cekungan sendok berwarna biru di atas pola kepala burung.
  • Tempelkan dan tata cotton bud dengan rapi untuk bagian leher burung.
  • Pada bagian kepala, buat mata menggunakan cat berwarna kuning dan hitam
  • Untuk bulu-bulu di atas kepala, ambil cotton bud dan bagi menjadi dua bagian. Berikan cat di atas cotton bud dengan cat warna-warni agar semakin cantik.
  • Tempelkan kepala burung merak di atas badan dan sayapnya.

Gimana, gampang banget, kan contoh kerajinan dari sendok plastik berbentuk burung merak ini.

6. Puppet Pinguin

kreasi boneka pinguin dari sendok plastikHampir sama dengan cara membuat kerajinan dari sendok plastik berbentuk kumbang, namun kali ini lebih praktis karena kita tidak membutuhkan cat warna sama sekali. Soalnya, warna putih sendok plastik polos sudah cocok dengan warna perut pada puppet pinguin. Begini contoh membuat kerajinan dari sendok plastik ala puppet pinguin.

Alat dan bahan

  • Kertas karton
  • Kain flanel berwarna hitam dan orange
  • Mata ikan
  • Gunting
  • Lem tembak

Cara Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Puppet Pinguin

  • Buat pola oval seperti sendok plastik dengan ukuran lebih besar di atas kertas karton dan kain flanel warna hitam.
  • Gunting pola dan tempelkan kain flanel di atas kertas karton.
  • Tempelkan mata ikan atau mata boneka di atas kain flanel hitam.
  • Gunting sedikit kain flanel orange menyerupai paruh, tempelkan.
  • Buat lubang di bagian bawah pola pinguin yang sudah jadi, masukkan sendok plastik polos.
  • . sekarang kerajinan dari sendok plastik ala puppet pinguin yang lucu sudah jadi, deh.

6. Mainan Bayi

mainan bayiBayi termasuk peka terhadap rangsangan, terutama suara. Daripada membeli mainan bunyi-bunyian untuk bayi, kita bisa membuatnya sendiri. Cukup dengan membuat kerajinan dari sendok plastik dan beberapa barang bekas lainnya. Goyang-goyangkan mainan bayi ini dan lihat reaksi cerianya.

Alat dan bahan

  • Sendok plastik 2 buah
  • Kinder joy 1 pcs
  • Beras secukupnya
  • Lem tembak
  • Cat berwarna merah atau orange

Cara Membuat Kerajinan Dari Sendok Plastik Mainan Bayi

  • Lepas label bungkus kinder joy dan bersihkan.
  • Setelah kering, isi cangkang kinder joy dengan sedikit beras atau potongan kertas kecil.
  • Rekatkan tepi cangkang agar isi tidak keluar dengan lem tembak.
  • Ambil 2 buah sendok plastik, rekatkan pada sisi kiri dan kanan kinder joy. 
  • Berikan motif polkadot menggunakan cat warna merah atau warna orange.
  • Nah, sekarang tinggal digoyang-goyangkan, deh. Suara yang keluar dari mainan bayi ini termasuk lembut dan tidak terlalu berisik.

7. Lampu Nanas

produk kerajinan lampu dari sendok plastikTidak hanya enak dimakan, nanas juga sering dijadikan inspirasi dalam membuat suatu karya. Sebut saja sebagai karakter rumah pada salah satu serial kartun. Untuk bowl nasi goreng dan dessert, bahkan nanas bisa dijadikan konsep untuk membuat kerajinan dari sendok plastik berbentuk lampu. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Lihat contoh kerajinan dari sendok plastik ini dan bagaimana cara membuatnya, yuk:

Alat dan bahan 

  • Lampu duduk
  • Sendok plastik
  • Botol air mineral bekas
  • Kertas asturo atau manila warna hijau muda
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Cat berwarna kuning

Cara Membuat Kerajinan Sendok Plastik Lampu Nanas

  • Ambil 10-20 sendok plastik, pisahkan dengan gagangnya.
  • Cat permukaan sendok yang sudah dipisahkan dengan cat warna kuning.
  • Siapkan botol minum plastik bekas, tempelkan sendok plastik pelan-pelan dari bawah.
  • Saat menempel sendok plastik, pastikan berbentuk mengerucut ke atas menyerupai nanas.
  • Buat pola daun nanas di atas kertas asturo atau manila hijau muda.
  • Masukkan nanas dari sendok plastik di antara lampu duduk, tutup dengan daun nanas dari kertas.
  • Nyalakan lampunya, voila lampu hias nanas benar-benar cantik untuk diletakkan di kamarmu.

8. Bingkai Cermin Unik

cermin dari sendok plastikBagaimana ya jika ada cermin yang dapat dibuat dari bahan sendok plastik ? Cermin ini bisa dibilang sangat menawan dan menarik dengan puluhan sendok yang berwarna cantik. Selain digunakan untuk bercermin, kerajinan ini juga cocok anda fungsikan sebagai hiasan dan pajangan di kamar tidur anda.

 

Mulai hari ini, kita bisa membuat kerajinan dari sendok plastik dengan berbagai macam variasi. Mau bikin contoh kerajinan dari sendok plastik yang unik banget, kamu bisa bikin mulai dari nomor 7 dulu. Atau, kamu memfavoritkan kerajinan yang nomor berapa nih? Bookmark tulisan ini biar nggak kelewatan, ya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.