Arti Lambang/Logo dan Simbol Rambu Rambu Keselamatan Kerja K3

Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh semua orang. Namun, untuk melakukan suatu pekerjaan apapun, alangkah baiknya Anda harus memperhatikan tingkat keselamatan. Kesadaran pekerja akan keselamatan sangatlah penting. Untuk itu pekerja maupun masyarakat sekitar perusahaan wajib memahami akan lambang/logo keselamatan kerja ataupun simbol rambu rambu k3 dalam Kepmenaker RI 1135/MEN/1987.

Definisi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

definisi keselamatan kerjaUntuk definisi K3 dibedakan menjadi 3 yaitu definisi K3 menurut filosofi yang diambil dari mangkunegara. Kemudian definisi K3 menurut keilmuan dan definisi K3 menurut OHSAS. Nah, berikut definisinya.

1.Menurut Filosofi

Kesehatan dan keselamatan kerja atau yang sering disebut dengan K3 ini merupakan suatu upaya dan pemikiran yang dilakukan untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani ataupun rohani para pekerja.

Khususnya untuk manusia pada umumnya agar bisa menghasilkan karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

2. Menurut Keilmuan

K3 atau bisa disebut dengan kesehatan dan keselamatan kerja yaitu semua ilmu dan penerapannya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit akibat kerja atau PAK, kecelakaan kerja, peledakan, kebakaran dan pencemaran lingkungan.

3. Menurut OHSAS

Keselamatan dan kesehatan kerja yang bisa disebut dengan K3 ini merupakan segala kondisi dan faktor yang bisa berdampak pada kesehatan dan keselamatan para pekerja. Baik itu tenaga kerja ataupun orang lain seperti kontraktor, pemasok dan lain-lain yang berada dalam lingkungan kerja tersebut.

Dari pemaparan ketiga definisi di atas, pengertian Keselamatan dan kesehatan kerja atau bisa disebut dengan K3 ini adalah suatu instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, masyarakat, serta lingkungan hidup yang ada di sekitar bahaya akibat kecelakaan kerja yang sangat berisiko. Perlindungan tersebut harus ada dalam suatu instansi atau perusahaan kerja yang bersangkutan.

Tujuan adanya K3 ini yaitu untuk mencegah, mengurangi dan meminimalisir tingkat kecelakaan kerja yang sangat berisiko bagi keselamatan para pekerja. Hal ini merupakan suatu peringatan sekaligus pengetahuan yang penting dan harus diketahui oleh semua orang yang memiliki pekerjaan berisiko.

Nah, untuk lebih hati-hati dalam melakukan suatu pekerjaan yang berisiko terhadap kesehatan sebaiknya Anda mengenali dan mempelajari tentang lambang/logo keselamatan kerja (K3).

Setiap pekerjaan yang berisiko seperti pekerja bangunan, pekerja lab dan sebagainya yang memiliki resiko tinggi terhadap kesehatan dan keamanan pastikan di area tersebut terdapat lambang ini.

Apabila tidak sebaiknya Anda mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Hal ini dikarenakan kesehatan dan keselamatan jauh lebih penting daripada pekerjaan yang dilakukan tersebut.

Definisi Kesehatan Kerja

definisi k3Nah, definisi dari kesehatan kerja itu sendiri merupakan spesialisasi dalam ilmu kedokteran atau kesehatan beserta prakteknya yang memiliki tujuan untuk memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Hal tersebut harus didapatkan oleh semua pekerja yang beresiko tanpa terkecuali.

Baik itu kesehatan secara fisik, mental ataupun sosial. Dengan usaha kuratif dan preventif terhadap penyakit serta gangguan kesehatan yang timbul akibat penyakit, virus, lingkungan pekerjaan dan lain-lain. Untuk itu, Anda harus memahami tentang sifat kesehatan kerja seperti di bawah ini.

  • Bersifat Medis

Pengertian dari sehat sendiri digambarkan sebagai suatu kondisi fisik, sosial dan mental seseorang makhluk hidup terutama manusia. sehat secara fisik sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup terlebih lagi para pekerja.

Sebab, sehat adalah hak dari semua pekerja yang bekerja di suatu perusahaan atau instansi tertentu. Jika semua pekerja sehat dan selamat pekerjaan pun akan selesai lebih cepat dan lancar.

  • Sasarannya adalah Manusia

Tentu sasaran dari kesehatan kerja adalah manusia. hal ini dikarenakan semua para pekerja yang berada di lingkungan pekerjaan pasti manusia yang memiliki fisik sehat. Sehingga, dianjurkan saat sedang melakukan pekerjaan apapun gunakanlah semua peralatan yang berhubungan dengan kesehatan kerja.

Definisi Keselamatan kerja

Untuk keselamatan kerja ini memiliki arti yaitu keselamatan semua pekerja yang berkaitan dengan mesin, alat kerja, bahan dan proses melakukan pekerjaan tersebut. Keselamatan kerja juga sangat ditentukan dari lingkungan tempat bekerja. Nah, untuk sifat keselamatan kerja bisa Anda simak di bawah ini.

  • Bersifat Teknik

Berbeda dari kesehatan kerja yang sifatnya adalah medis. Jika, keselamatan kerja memiliki sifat teknik karena, sebagian besar keselamatan pekerja berasal dari lingkungannya. Maka sifat dari keselamatan kerja bisa dikatakan bersifat teknik.

  • Sasarannya adalah Lingkungan Kerja

Seperti definisi yang sudah dijelaskan di atas, keselamatan kerja tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dengan lingkungan tempat bekerja. Oleh karena itu, sasaran utama dari keselamatan para pekerja yaitu lingkungan pekerjaan tersebut.

Logo/Lambang Keselamatan Kerja K3

arti dan makna k3Secara umum lambang K3 ini bisa dipasang pada seragam, helm ataupun apapun yang bersangkutan dengan suatu pekerjaan yang akan dilakukan oleh para pekerja. Nah, untuk mengidentifikasi lebih lanjut mengenai logo Keselamatan dan kesehatan kerja yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bentuk Lambang K3

Lambangnya berbentuk palang yang dilingkari dengan roda bergerigi sebelas dengan warna hijau diatas warna dasar putih. Untuk para pekerja yang memiliki seragam atau alat apapun yang dikenakan dan terdapat logo seperti yang sudah dijelaskan. Hal ini menandakan bahwa pihak perusahaan selalu memperhatikan K3 pekerja.

2. Arti dan makna logo K3

  • Palang : bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit yang disebabkan dari lingkungan tempat bekerja
  • Roda gigi : bisa bekerja dengan kesehatan rohani dan kesegaran jasmani
  • Sebelas gerigi : sebelas bab yang dicantumkan dalam undang-undang no. 1 tahun 1970 tentang keselamatan para pekerja
  • Warna putih : bersih dan suci
  • Warna hijau : sehat, selamat dan sejahtera.

Penerapan Lambang K3

Tujuan dari K3 ini untuk menjaga semua para pekerja dari kecelakaan kerja. Baik yang bersifat mental ataupun fisik. Berdasarkan Undang-Undang No. 1 tahun 1970  tentang keselamatan kerja terdapat 3 tujuan yaitu:

  • Menjamin setiap sumber produksi yang bisa digunakan secara efisien dan aman oleh para pekerja
  • Melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di lingkungan tempat kerja
  • Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas nasional.

Simbol Rambu Rambu K3

Tak hanya lambang, simbol rambu rambu kesehatan dan keselamatan kerja (k3) merupakan salah satu elemen penting dan harus diperhatikan oleh seorang pekerja. Simbol rambu rambu (k3) sangat beragam dan banyak yang sebagian besar dari anda pasti masih asing dan belum memahaminya.

Berbagai macam simbol rambu rambu (k3) ini  memiliki informasi dan peringatan yang berbeda-beda. Penggunaannya pun tergantung akan faktor keamanan dan kecelakaan kerja dari tempat tersebut.

Berikut ini adalah simbol rambu rambu k3 beserta penjelasannya :

Arti Bentuk Simbol Rambu Rambu K3

  1. Bentuk segitiga

simbol rambu rambu k3 sgitigaBentuk segitiga merupakan penunjuk faktor bahaya. Bentuk ini digambarkan dengan warna dasar orange atau kuning, piktogram warna hitam dan garis tepi warna hitam.

  1. Bentuk Lingkaran

simbol rambu rambu lingkaranBentuk lingkaran digunakan sebagai tanda intruksi atau mandatory sign menngenai keselamatan yang harus dipatuhi para pekerja. Rambu ini memiliki warna dasar berwarna biru dan piktogram warna putih.

  1. Bentuk Kotak atau Segi Panjang

simbol rambu rambu kotakBentuk ini digunakan untuk menjelaskan dimana jalan keluar/evakuasi ketika terjadi situasi darurat, tempat tempat penyimpanan peralatan P3K dan peralatan keselamatan. Simbol rambu ini mempunyai warna dasar hijau dan piktogram warna putih.

  1. Rambu larangan

simbol rambu rambu k3 laranganRambu larangan disimbolkan dengan warna dasar putih, piktogram berwarna hitam, garis tepi berwarna merah serta garis diagonal merah ditengah.

Arti Warna Simbol Rambu Rambu K3

warna simbol rambu k3Simbol rambu rambu K3 memiliki warna yang berbeda beda tergantung akan klasifikasi bahaya pada area kerja tersebut. Dengan warna, pekerja dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan.

  1. Warna Merah

Warna merah menunjukkan tanda bahaya/danger, kebakaran/fire, dan stop. Warna ini umumnya dipakai untuk mengidentifikasi bahan kimia cair yang mudah terbakar, alat pemadam kebakaran, serta tanda emergency stop.

Tak hanya itu warna ini juga digunakan sebagai tanda klasifikasi bahaya yang dapat menyebabkan cedera serius, bahkan kematian.

  1. Warna Orange

Warna orange menerangkan tanda awas/peringatan/warning. Warna ini juga digunakan untuk menandakan situasi bahaya yang dapat mengakibatkan cedera serius bahkan kematian.

Biasanya warna ini diletakkan beredekatan dengan peralatan kerja yang berbahaya. Misal ; pisau berputar, benda tajam dan mesim gerindra.

  1. Warna Kuning

Warna ini memberikan tanda waspada/caution yang berarti kondisi berbahaya dan berpotensi mengakibatkan luka sedang atau ringan. Contoh : terpeleset, tersandung, terjatuh.

  1. Warna Hijau

Warna hijau menerangkan tanda safety/emergency. Warna ini dipakai untuk menunjukkan letak penyimpanan peralatan P3K, peralatan keselamatan, atau Material Safety Data Sheet atau MSDS.

  1. Warna Biru

Warna biru menjelaskan tanda perhatian/notice. Warna ini umumnnya digunakan untuk menjelaskan informasi keselamatan, bukan informasi bahaya. Selain itu, warna ini juga menunjukkan intruksi tindakan keselamatan apa yang harus dilakukan.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai logo dan lambang keselamatan kerja serta simbol rambu rambu K3 yang bisa Anda kenali di setiap lingkungan kerja. Apabila Anda sedang bekerja di suatu tempat yang mengancam keselamatan dan kesehatan, pastikan bahwa lambang tersebut ada di area pekerjaan, dan jangan menganggap remeh mengenai keselamatan dan kesehatan para pekerja.

Hal ini dikarenakan kesehatan dan keselamatan para pekerja lebih penting dari apapun. Jika semua pekerja sudah mengerti dan paham mengenai K3 diharapkan tingkat keselamatan dan kesehatan yang diperoleh bisa lebih tinggi lagi.

Semoga informasi tersebut di atas bisa membantu Anda dalam mengenali lambang kesehatan dan keselamatan kerja. Tak hanya logo, untuk menambah wawasan anda menyangkut keselamatan kerja, baca juga simbol bahan kimia.

    1. satriasafety 10/09/2019
    2. dawan setiawan 10/09/2019

    Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.