Lambang dan Tabel Periodik Unsur Kimia Lengkap

Di zaman yang semakin modern ini, kehidupan manusia tidak terlepas dari bahan kimia. Terlebih lagi para pekerja yang bekerja dalam bidang zat kimia. Anda juga harus mengetahui tentang lambang unsur kimia. Dengan memahaminya Anda bisa lebih paham dan bisa berhati-hati lagi dalam bekerja. Untuk mnambah pengetahuan anda, berikut penjelasannya lengkap beserta tabel periodik unsur kimia.

Memang semua pekerjaan memiliki resiko tersendiri. Namun, dibalik resiko yang akan didapat Anda juga bisa menanggulangi atau mencegah terjadinya risiko tersebut dengan cara memahami MSDS.

Lambang Unsur Kimia

lambang unsur kimia 1

lambang unsur kimia 2

lambang unsur kimia 3

Lambang Unsur Kimia dengan Nama Latinnya

1. Lambang Unsur Timah

Nama latin dari unsur timah ini adalah Stannum dengan lambang Sn. Yang memiliki nomor atom 50 sedangkan nomor massanya yaitu 118. Timah ini memiliki fungsi yaitu sebagai lapisan pelindung yang bisa digunakan pada logam lain.

2. Lambang Unsur Kalsium

Nah, fungsi dari unsur kimia yang satu ini yaitu bisa digunakan sebagai deoxidizer dalam pembuatan berbagai jenis baja. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pereduksi dalam pembuatan logam torium, zirkonium dan lain-lain.

Lambang unsur kimia yang satu ini adalah Ca, yang memiliki nomor atom 20 dan nomor massa 40. Nama latin dari unsur kalsium ini tidak jauh berbeda dari nama unsurnya sendiri yaitu Calsium.

3. Lambang Unsur Kalium

Kalium lambangnya bisa ditulis dengan huruf K. Unsur ini memiliki nomor massa 39 dan nomor atom 19. Fungsi dari unsur kalium ini yaitu sebagai elektrolit yang berperan penting dalam menjaga cairan tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Nama latin unsur kalium sama dengan nama unsurnya yaitu Kalium.

4. Lambang Unsur Nitrogen

Unsur nitrogen sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Salah satu fungsi nitrogen untuk tanaman adalah untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Unsur nitrogen diberi lambang N. Dan memiliki nomor atom 7 serta nomor massa 14. Nama latin dari unsur kimia yang satu ini adalah Nitrogenium.

5. Lambang Unsur Belerang

Nama latin dari unsur kimia yang satu ini adalah Sulfur. Sedangkan lambang unsur belerang yaitu S. Belerang sendiri memiliki nomor massa sebanyak 32 dan memiliki nomor atom 16. Fungsi dari unsur yang satu ini adalah sebagai pembunuh bakteri, jamur dan lain-lain yang terdapat dalam kulit.

6. Lambang Unsur Natrium

Unsur kimia yang satu ini memiliki fungsi yaitu untuk membantu menjaga elektrolit dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Nama latin dari unsur ini adalah Natrium lambangnya yaitu Na. Unsur ini memiliki nomor massa 22 dan memiliki nomor atom 11.

7. Lambang Unsur Barium

Unsur kimia yang satu ini memiliki lambang Ba. Nama latin dari unsur ini adalah Barium. Bentuk fisik dari unsur ini adalah padat, putih keperakan. Sedangkan fungsi barium itu sendiri adalah untuk obat yang digunakan sebagai pengeboran minyak dan gas.

8. Lambang Unsur Polonium

Polonium merupakan salah satu unsur radioaktif yang jarang sekali ditemukan. Memiliki lambang unsur Po. Terdapat dalam periode 6 serta golongan ke 16 (p). Kategori unsur kimia ini masuk ke dalam logam transisi. Fungsi dari polonium adalah sebagai sumber terbaik untuk radiasi alpha. Nama latinnya yaitu polonium.

9. Lambang Unsur Hefnium

Nomor atom dari hefnium yaitu 72. Unsur kimia yang satu ini termasuk ke dalam kategori logam transisi. Lambang unsur ini adalah Hf, terdapat dalam periode 6 serta golongan ke 16 di SPU. Fungsi hefnium adalah sebagai penyerap neutron pada pembangkit listrik tenaga nuklir.   Nama latinnya yaitu hafnia.

10. Lambang Unsur Kimia Einsteinium

Einsteinium merupakan salah satu unsur kimia anggota deret aktinida. Unsur ini ditemukan pada hasil uji coba bom hidrogen. Lambang unsurnya yaitu Es. Sifat unsur einsteinium memiliki sifat yang khas dari aktif dan trivalent bermassa berat. Nama latin unsur ini adalah einsteinium.

Tabel Periodik Unsur Kimia

tabel periodik unsur kimiaTabel periodik unsur kimia merupakan tampilan unsur unsur kimia yang digambarkan dalam bentuk tabel. Unsur unsur kimia ini disusun dan terurut berdasarkan beberapa faktor seperti nomor atom, kongfigurasi elektron serta sifat kimia.

Tak hanya lambang, tabel periodik unsur kimia juga tak kalah penting untuk anda pelajari. Umumnya, tabel periodik ini meliputi dari semua unsur unsur kimia yang telah diakui secara internasional. Setiap unsur digolongkan menjadi 4 blok antara lain blok -s, -p, -d dan -f.

Tiap baris disebut dengan periode sementara kolomnya disebut dengan golongan.

1. Golongan

Kolom kolom vertikal yang terdapat pada sistem periodik disebut golongan. Letak unsur unsur pada golongan menggambarkan sifat, sehingga unsur unsur segolongan akan mempunyai sifat yang mirip satu sama lain.

Golongan terdiri dari :

  • Golongan Utama  (Golongan A)
  • Golongan IA    : Golongan Alkali
  • Golongan IIA   : Golongan Alkali Tanah
  • Golongan IIIA  : Golongan Aluminium
  • Golongan IVA  : Golongan Karbon
  • Golongan  VA  : Golongan Nitrogen
  • Golongan VIA  : Golongan Kalkogen
  • Golongan VIIA : Golongan Halogen
  • Golongan VIIIA: Golongan Gas Mulia
  • Golongan Transisi  ( Golongan B)

2. Periode

Lajur lajur horizontal yang terdapat dalam sistem periodik disebut Periode dan ditulis dengan angka arab.

Periode 1,2 dan 3 disebut dengan periode pendek karena hanya berisi sedikit unsur, sementara periode 4 dan seterusnya disebut dengan periode panjang.

Dalam satu periode, di sebelah kiri bersifat logam sementara di sebelah kanan bersifat non-logam. Enam golongan pada tabel mempunyai nama selain nomor. Fungsi tabel periodik unsur kimia ini penting dalam penurunan sifat unsur yang telah ada atau unsur baru yang belum ditentukan.

Cara Membaca Tabel Periodik Unsur Kimia

cara membaca tabel periodik

Dari gambar di atas menunjukkan bahwa M merupakan lambang unsur dari Magnesium dan pada unsur kimia tersebut memiliki nomor atom 12 sementara untuk nomor massanya adalah 24.035.

Pengertian Nomor Atom

arti atomJika Anda melihat tabel periodik unsur pasti di dalamnya terdapat angka yang berada pada simbol unsur. Angka yang berada pada bagian bawah simbol unsur tersebut menunjukkan nomor atom. Nah definisi nomor atom menurut Henry Moseley yaitu jumlah muatan positif dalam inti atom yang bisa disebut dengan proton.

Jumlah proton atau muatan positif dalam suatu unsur atom bersifat karakteristik. Jadi setiap unsur kimia pasti memiliki nomor atom yang berbeda. Nomor atom tersebut bisa diberi lambang Z. Jika suatu atom memiliki sifat netral artinya yaitu jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif.

Jadi, nomor atom = jumlah elektron = jumlah proton. Nah, untuk mengidentifikasi atom yang bersifat negatif atau positif bisa dilihat dengan cara yang mudah. Yaitu dengan melihat jumlah proton dan elektronnya. Apabila suatu atom bersifat negatif maka jumlah elektronnya lebih banyak dari jumlah proton dan sebaliknya.

Pengertian Nomor Massa

Setelah mengetahui tentang nomor atom. Hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah nomor massa. Ya, setiap materi tentu menempati ruang dan mempunyai massa. Begitu pun dengan proton, elektron dan neutron. Partikel subatomik ini juga mempunyai massa.

Nah, massa sebuah atom diberi simbol huruf A. Jadi, apabila Anda menemukan suatu unsur dengan simbol A= 4. Maka unsur tersebut memiliki nomor massa 4. Masih ingatkah Anda mengenai percobaan yang dilakukan oleh J.J Thomson?

Ya, ilmuwan tersebut menemukan elektron dengan menggunakan suatu percobaan yang dikenal dengan tetes milikan. Dalam percobaan tersebut, J.J Thomson menemukan bahwa massa elektron = 9,109 x 10-28 gram.

Cara Menghitung Nomor Massa

Sebuah atom pasti terdiri atas proton, elektron dan neutron. Jadi, cara untuk menghitung massa atom yang sederhana yaitu dengan menjumlahkan semua massa proton, elektron dan neutronnya. Oleh karena massa elektron jumlahnya jauh lebih kecil dari massa proton dan massa neutron, maka massa elektron bisa diabaikan saja.

Dengan demikian diperoleh rumus A = massa p + massa n. Dengan keterangan A sebagai nomor massa, p yaitu proton dan n yaitu neutron. Apabila Anda akan menentukan jumlah neutron yang terdapat dalam sebuah atom bisa menggunakan rumus n = A – Z dimana A adalah nomor massa, Z adalah nomor atom dan n adalah neutron.

Demikian penjelasan mengenai lambang beserta tabel unsur kimia yang bisa Anda pelajari.  Semoga penjelasan tabel kimia di atas dapat bermanfaat bagi kalian untuk pelajaran. Tak hanya tabel di atas, anda juga harus mengetahui lengkap akan kimia seperti simbol bahan kimia maupun kimia pada B3.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.