Penjelasan Macam-Macam Energi beserta Sumber-Sumbernya

Macam-macam Energi– Energi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan manusia untuk menopang segala sesuatu kebutuhan dan kegiatan yang ada dalam hidup. Sebagai pengguna energi, sudah sepatutnya kita mengetahui mengenai energi. Nah, di artikel ini akan saya bagikan ulasan semua tentang energi dari pengertian energi, macam-macam hingga berbagai sumber energi.

Pengertian Energi

pengertian energiBerikut pengertian energi secara umum dan dari beberapa ahli :

Kata Energi berasal dari bahasa Yunani yaitu “ergon’ yang memiliki arti kerja. Yang dimaksud kerja pada hal tersebut mengacu pada kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Maka, dapat disimpulkan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha/kerja.

Kemampuan pada energi dapat dihitung berdasarkan variabel waktu serta banyaknya usaha yang dilakukan.

  • Wikipedia

Menurut Wikipedia, energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat dibah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan.

  • Pardiyono

Pardiyono berpendapat bahwa energi merupakan sebuah bentuk kekuatan yang dihasilkan atau diperoleh dari suatu benda.

  • Aip Saripudin

Aip Saripudin menjelaskan baha energi adalah kemampuan untuk melakukan urusan dan bisnis.

  • Sumantoro

Sementara Sumantoro menyatakan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya mendorong/memindahkan sebuah benda atau objek.

  • Alvin Hadivvono

Energi adalah sesuatu yang bergerak, dan juga mempunyai hubungan dengan ruang dan waktu.

  • Einteins

Dan menurut Einteins, bahwa energi adalah sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan.

Satuan Energi

Satuan Internasional (SI) untuk energi yaitu Joule (J). Satuan ini digunakan untuk mengapresiasi James Presscot Joule dan percobaannya dalam persamaan mekanik panas. Untuk istilah yang lebih mendasar yaitu :

1 Joule = 1 Newton-Meter dan 1 Joule = 1 Kg m2s-2

Hukum Kekekalan Energi

Energi tidak dapat dilihat bentuknya oleh mata manusia, namun energi dapat diamati dan dirasakan dari akibat yang ditimbulkan. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Energi juga dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.

Macam-macam Energi

  1. Energi Bunyi

energi bunyi

g-armycendekia.com

Energi bunyi adalah salah satu jenis dari bentuk perubahan energi. Energi bunyi dihasilkan dari sebuah tumbukan, benturan atau peristiwa lainnya asal terdapat penghantar seperti udara maupun benda lainnya.

Contohnya yaitu : ketika kita mendengar guntur yang keras, terkadang kaca jendela rumah juga ikut bergetar, bahkan bisa sampai pecah. Hal ini contoh energi  bunyi yang merambat melalui penghantar udara.

  1. Energi Cahaya

energi cahayaCahaya merupakan salah satu energi yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya cahaya kita tidak bisa melihat apapun, kita bisa melihat karena ada sumber cahaya dan benda yang memantulakan cahaya ke mata kita. Sumber energi cahaya terbesar yaitu Matahari.

Selain matahari, bebarapa sumber energi cahaya lainnya adalah api, lampu dan benda lain yang dapat memancarkan cahaya. Selain berfungsi untuk memberikan penerangan, cahaya juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses memasak makanan. Energi cahaya biasanya disertai dengan hadirnya energi kalor.

Contoh penggunaan energi cahaya misalnya yaitu penggunaaan lampu sebagai penerang ruang di malam hari.

  1. Energi Kalor

energi kalor

bobo.grid.id

Energi kalor juga disebut dengan energi panas. Kalor adalah bentuk energi yang mampu memberikan perubahan suhu serta perubahan wujud zat. Energi ini biasanya hadir dari perubahan bentuk energi lainnya.

Contoh :

  • Ketika kita menggosok-gosokkan kedua tangan kita ( energi kinetik) maka kedua telapak tangan kita akan terasa hangat.
  • Ketika menjemur pakaian yaitu dari  energi cahaya timbul energi panas.
  1. Energi Kimia

energi kimiaEnergi kimia adalah sebuah energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Energi ini termasuk salah satu energi yang paling dibutuhkan makhluk hidup karena dalam bentuk kimiawi, energi dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Contoh sumber energi kimia adalah

  • makanan yang kita makan sehari-hari. Energi kimia dilepas dari makanan setelah melalui proses di dalam tubuh kita dan menghasilkan energi yang kita gunakan untuk beraktivitas.
  • Energi kimia yang terkandung pada bahan bakar seperti bensin, solar, avtur dan lainnya yang dapat menggerakkan kendaraan.
  1. Energi Kinetik

energi kinetikEnergi kinetik atau energi gerak adalah energi yang ditimbulkan oleh benda atau objek yang sedang bergerak. Benda yang memiliki massa lebih berat, maka ketika bergerak akan memiliki energi kinetik lebih banyak juga.

Contoh energi kinetik antara lain :

  • Energi kinetik alami adalah air yang mengalir dan angin yang berhembus.
  • Energi kinetik buatan adalah gerakan kipas angin, gerakan mobil atau sepeda motor yang melaju.

Semakin cepat sebuah benda bergerak, semakin besar energi kinetiknya.

  1. Energi Listrik

energi listrikEnergi listrik adalah energi yang dihasilkan karena adanya perpindahan muatan listriik. Dari pergerakan muatan listrik inilah kemudian menimbulkan arus listrik. Listrik merupakan salah satu bentuk energi terbesar dan paling banyak digunakan manusia, karena setiap saat energi ini selalu dibutuhkan.

Contoh energi listrik dalam kehidupan kita yaitu menghidupkan lampu, memasak nasi, menyalakan televisi dan sebagainya.Energi listrik yang biasa digunakan rumah tangga bersumber dari pembangkit listrik.

  1. Energi Mekanik

enegi mekanikEnergi mekanik adalah sebuah energi yang dimiliki oleh benda karena sifat geraknya. Energi mekanik  merupakan gabungan dari energi potensial dan energi kinetik. Besarnya energi mekanaik merupakan hasil penjumlahan besarnya energi kinetik dengan energi potensial.

Contoh energi mekanik :

  • Buah apel yang telah jatuh dari pohon memiliki energi mekanik. Ketika buah apel tetap berada di pohon, energi mekaniknya sama dengan energi potensialnya. Dan saat buah apel tersebut jatuh hingga di tanah maka enegi mekaniknya sama dengan energi kinetik.
  1. Energi Nuklir

energi nuklir

pixabay.com

Energi nuklir adalah energi yang ada pada materi yang terdiri dari atom, dan bahan subatomik seperti elektron, neutron, dan juga proton. Energi ini disebabkan dari proses reaksi nuklir yang sedang berlangsung.

Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dengan melepaskan energi kalor. Reaksi nuklir banyak terdapat di matahari, bom nuklir serta reaktor nuklir. Energi yang dihasilkan dari reaksi nuklir sangat besar sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

  1. Energi Pegas

energi potensialEnergi pegas terdapat pada semua benda yang elastis ataupun lentur. Benda elastis akan kembali ke bentuk semula, jika kita telah menekan, menggulung maupun merengganggkannya dan kemudian melepaskan gaya yang kita berikan.

Saat benda elastis kita berikan gaya, maka benda tersebut memiliki energi potensial. Dan ketika gaya tersebut kita lepaskan, energi potensial pada benda berubah menjadi energi kinetik. Contoh energi pegar yakni peer, busur, panah dan sebaganiya.

  1. Energi Potensial

potensialEnergi potensial adalah sebuah energi yang dihasilkan oleh suatu benda atau objek karena letak atau kedudukan benda tersebut. Sebuah benda yang letaknya di atas permukaan Bumi, maka benda tersebut memiliki energi potensial karena adanya gaya gravitasi Bumi.

Energi potensial tergantung pada massa benda, gravitasi bumi dan ketinggian benda. Contoh :

  • Sebuah batu yang kita angkat pada ketinggian tertentu mempunyai energi potensial, apabila batu kita lepas maka batu akan bergerak ke bawah atau jatuh. Semakin besar massa batu semakin besar juga energi potensial yang dimiliki.

Energi potensial bisa dirumuskan sebagai berikut :

Ep = m.g.h

Ep        = Energi Potensial

m         = massa benda

g          = gaya gravitasi

h          = tinggi benda

Baca juga : Perubahan energi.

Sumber – Sumber  Energi

  1. Air

sumber energi airBenda yang diam menyimpan energi potensial, sementara ketika benda bergerak , benda tersebut memiliki energi yang disebut dengan energi potensial. Sama halnya dengan air,  Air menyimpan sejumlah energi.

Sumber energi air dapat dimanfaatkan sebagai penggerak turbin pada PLTA serta digunakan sebagai sarana transportasi di wilayah perairan, seperti di Kalimantan atau Sulawesi.

  1. Angin

sumber energi anginAngin merupakan sumber energi dari udara yang bergerak. Jika dikelola dan dimanfaatka, angin bisa menjadi sumber energi yang baik. Salah satu negara yang telah memanfaatkan sumber energi angin ialah Belanda.

Belanda sangat populer dengan sebutan negara kincir angin. Di negara Belanda. Kincir angin tersebut digunakan sebagai alat bantu untuk menggiling gandum. Sementara untuk nelayan, angin dimanfaatkan sebagai penggerak kapal layar.

  1. Baterai

sumber energi bateraiBaterai menjadi salah satu sumber energi, karena pada baterai tersimpan sejumlah energi kimia. Dalam penggunaanya, terjadi perubahan energi dari energi kimia menjadi energi listrik.

Sumber energi baterai mudah kita jumpai pada beberapa perangkat seperti jam dinding, radio, mobil mainan, remote control, dan sebagainya.

  1. Listrik

sumber energi listrik

pixabay.com

Beberapa ahli berpendapat bahwa listrik merupakan sumber energi yang tak terbatas seperti cahaya matahari. Sumber energi listrik merupakan salah satu energi yang berasal dari alam.

Selain itu, arus listrik dapat timbul dari arus listrik yang dihasilkan suatu pembangkit listrik. Pembangkit listrik bersumber dari PLTA (air), PLTS (surya/matahari), PLTU (uap) atau PLTD (diesel).

  1. Makanan

sumber energi makanan

pixabay.com

Sumber energi yang satu ini sudah sering kita terapkan. Makanan memiliki banyak sekali fungsi untuk tubuk kita. Tanpa makanan, kita pasti akan lemas karena kelaparan. Makanan yang kita makan akan berubah menjadi sebuah energi, sehingga kita dapat melakukan berbagai aktivitas seharian.

Selain berfungsi sebagai sumber energi, tubuh kita membutuhkan makanan yang kaya akan gizi untuk membangun semua elemen yang ada pada tubuh.

  1. Matahari

sumber energi matahari

pixabay.com

Dapat dikatakan bahwa matahari adalah sumber dari segala sumber. Matahari merupakan sumber energi kalor/ panan dan juga menjadi sumber energi cahaya terbesar di Bumi. Tanpa matahari, mungkin tidak ada kehidupan di Bumi. Cahaya matahari sangat dibutuhkan untuk semua makhluk  hidup dari tumbuhan, binatang dan manusia sendiri.

Proses fotosintesis tidak bisa terjadi tanpa cahaya matahari, sedangkan fotosintesis sendiri merupakan proses pembuatan makanan yang terjadi di sel tumbuhan. Manusia dan hewan sangat bergantung akan keberadaan tumbuhan. Jika tidak ada cahaya matahari, maka proses fotosintesis tidak bisa berlangsung sehingga kehidupan di dunia ini juga terancam.

Selain matahari, ada benda langit lain yang mempunyai cahaya sendiri yaitu bintang. Matahari merupakan salah satu dari bintang tersebut. Karena jarak antara Bumi dan Matahari yang terpaut lebih dekat dibanding jarak  bintang yang lain, mengakibatkan matahari tampak berukuran lebih besar.

Kini, teknologi manusia memanfaatkan sumber energi matahari sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dengan menggunakan sel matahari.

  1. Minyak Bumi

sumber energi minyak bumiMinyak bumi merupakan suatu bahan bakar yang terbuat dari fosil. Pembuatan minyak bumi haruslah melalui berbagai proses pengolahan terlebih dahulu. Hasil pengolahan minyak bumi antara lain berupa solar, avtur, aspal, bensin dan minyak tanah.

Pada umumnya hasil minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar. Bensin umum digunakan untuk bakar kendaraan, sementara solar untuk mesin diesel sedangkan avtur digunakan untuk bahan bakar pesawat terbang.

Selain itu, minyak tanah yang dihasilkan dari minyak bumi biasanya digunakan untuk kompor dan aspal untuk membuat jalan atau sebagai penghalusnya. Penggunaan bahan bakar tersebut haruslah hemat karena jumlahnya yang sangat terbatas dan termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Bahan bakar juga memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Tidak sedikit terjadinya kerusakan lingkungan yang diakibatkan polusi yang berlebihan. Sehingga penggunaan bahan bakar perlu diimbangi dengan pelestarian lingkungan.

Dengan membaca macam macam energi di atas rasanya kurang lengkap jika belum membaca sumber energi alternatif yang menjadi solusi energi masa depan.

 

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.