Fakta dan Manfaat Buah Durian yang Wajib Kalian Tahu

Buah yang dijuluki sebagai king of fruit ini sudah sangat dikenal dimasyarakat Indonesia. Durian banyak tumbuh di Asia Tenggara, karena buah ini hanya bisa tumbuh di Negara tropis. Buah ini beridentik dengan duri yang banyak , aroma yang khas serta daging buah yang manis dan legit. Biasanya musim durian berlangsung dari bulan September sampai Februari di Indonesia.

Buah durian mempunyai berat mencapai 1, 5 kg hingga 5 kg. Harga buah durian bervariasi, untuk durian yang mempunyai kualitas baik harganya cenderung mahal.

Fakta  buah durian yang perlu kalian ketahui banyak sekali. Manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh sangat banyak lho bahkan ada khasiat khusus  buat pria .Selain rasanya yang lezat, kalian harus tahu  akan efek dan bahaya dari buah durian ini. Sebagai penikmat durian, cara memilih durian yang berkualitas sangat perlu kalian perhatikan.

Manfaat Buah Durian

manfaat buah durian

Sumber : Deleiteseco.com

Berikut beberapa manfaat buah durian :

1. Sumber Nutrisi

Banyak yang tidak tahu bahwa buah durian kaya akan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh kita. Dalam satu porsi buah durian terdapat 33% asupan vitamin C, 25 % tiamin yang kita butuhkan setiap hari, sumber vitamin B komplek, tinggi protein, zat besi, dll.Para pecinta buah durian tidak perlu khawatir akan kolesterol, karena kandungan lemak tak jenuh pada buah ini baik bagi jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

2.Kesehatan Kulit

Tingginya kandungan protein dan vitamin C pada buah durian sangat penting bagi kesehatan kulit kita. Vitamin C dan protein bertugas menghasilkan kolagen yang diperlukan untuk mengencangkan kulit dan mempercepat penyembukan luka .

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada buah durian sangat tinggi. Serat berperan penting untuk menjaga saluran pencernaan dan baik bagi usus besar, sehingga dapat buang air besar secara teratur. Selain itu, buah ini juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.

4. Meningkatkan Energi

Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori karbohidrat. Jumlah ini cukup sebagai sumber energi tambahan. Tambahan energi lain juga bisa didapat dari 3 jenis gula alami yang  terkandung dalam  buah ini , yaitu : sukrosa, fruktosa dan glukosa.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah durian yang kelima adalah kesehatan tulang. Buah durian merupakan sumber kalium dan fosfor yang baik. Kalium baik untuk penyebaran kalsium pada tubuh. Kalium sendiri juga dapat menjaga kesehatan otot dan syaraf.

6. Melawan Depresi

Vitamin B6 yang terkandung dalam buah durian dapat menjadi obat melawan depresi. Vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi penting memproduksi serotin, hormon yang dapat mencegah depresi, rasa cemas  dan stress. Senyawa asam amino yang ada pada buah ini membuat orang mudah tidur secara alami yang memetabolisasikan hormon melatonin dan serotonin.

7.Anti kanker

Buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Fenol, Flavonoid dan kaotenoid merupakan zat yang dapat melindungi tubuh kita dari paparan bahaya radikal bebas. Seperti yang kita tahu, bahwa kanker ataupun penyakit jantung , disebabkan oleh radikal bebas. Dua zat penting lainnya, Phytonutrient dan Phytosteron dalam buah durian dipercaya mampu membunuh sel penyebab kanker serta meningkatkan system kekebalan tubuh.

Khasiat Durian untuk Pria

khasiat buah durian untuk pria

Sumber : picdeer.com

Buah yang kaya kandungan ini mempunyai khasiat khusus untuk pria. Buah ini terdapat gizi yang tinggi dan baik untuk reprodruksi pria.

Karbohidrat, protein dan lemak berperan penting dalam memproduksi sperma. Kandungan kalium dan fosfor , dapat menyehatkan kualitas sperma. Selain itu kesehatan sperma tetap terjaga dengan adanya vitamin A dan C. Sedangkan kandungan alkohol pada buah durian, dapat membakar gairah seksual pada pria.

Efek dan Bahaya Buah Durian

Efek dan bahaya buah durian

Sumber : Unsplash.com

Di samping manfaat buah durian yang banyak , mengkonsumsi buah durian dengan berlebihan akan berdampak negative pada tubuh kita. Durian memiliki kadar gula yang tinggi, ini tidak disarankan bagi penderita diabetes karena berpotensi mengganggu kadar gula darah. Sehingga dikhawatirkan penyakit diabetes tambah buruk.

Bagi kalian yang memiliki obesitas, konsumsi buah durian tidak dianjurkan. Kandungan kalori yang tinggi dapat memicu kenaikan berat badan yang tidak terkontrol.

Buah durian mengandung alkohol, sehingga tidak disarankan menyantap buah ini sambil minum minuman beralkohol. Bahkan bisa berakibat fatal.

Memilih Buah Durian yang Berkualitas

Memilih buah durian yang berkualitas

Sumber : Sabigaju.com

Sebagai pembeli anda harus pintar  dalam mengenali ciri – ciri buah durian yang memiliki daging tebal dan rasa yang manis serta matang. Berikut ulasan cara memilih buah durian yang berkualitas :

1. Bentuk

Bentuk buah durian

Sumber : Freeimages.com

  • Bentuk Bulat

Buah durian ada yang memiliki bentuk sedikit lonjong dan ada yang bulat. Pada umumnya buah durian yang berbentuk bulat mengandung daging yang lebih banyak dan lebih matang sedangkan bentuk lonjong cenderung berdaging sedikit.

  • Duri Pendek

Duri yang ada pada buah durian bisa dijadikan acuan dalam memilih durian. Duri buah durian yang pendek , jarang dan tumpul sudah pasti memiliki daging tebal dengan rasa manis. Duri yang panjang dan banyak bisa menjadi tanda daging buah sedikit.

  • Kulit Tertutup

Banyak pembeli cenderung tergiur dengan buah durian yang telah terbuka kulitnya. Karena uapan aroma wangi dan daging durian bisa terlihat jika matang. Mungkin kita akan mendapatkan daging yang berwarna matang jika membeli kulit terbuka, tapi pasti rasa dagingnya tidak semanis dengan buah durian tertutup.

Buah durian dengan kulit terbuka membuat dagingnya terkena angin yang masuk, hal ini membuat daging cenderung hambar. Sehingga buah durian dengan kulit tertutup rapat perlu kamu pertimbangkan juga.

  • Tangkai Durian

Sebagian besar orang tidak memperhatikan tangkai buah durian dalam membelinya. Tangkai bisa menentukan tebal  tipisnya daging buah durian . Tangkai pada  buah durian berfungsi untuk menyalurkan karbohidrat ke batang pohon. Bila tangkai itu besar dan pendek, itu adalah tanda jika asupan karbohidrat dalam daging buah juga semakin besar.

Buah durian yang memiliki tangkai pendek dan tebal pasti didalamnya terdapat daging yang banyak dan tebal.  Sementara itu , durian bertangkai kecil dan panjang merupakan petunjuk bahwa buah durian tersebut memiliki daging yang sedikit dan tidak terlalu tebal.

  • Tidak Rusak

Pastikan bentuk dan kulit buah durian bersih dan sempurna. Dalam memilih buah durian, perhatikan dengan teliti akan kulitnya. Kulit yang bolong sedikitpun atau sebagian rusak, maka bisa dipastikan sebagian pada buah tersebut ada yang busuk atau ulat didalamnya.

2. Aroma

Aroma wangi buah durian

Sumber : Earth.com

Aroma daging juga menentukan kualitas buah durian. Pada umumnya buah durian yang beraroma harum mengandung daging yang matang dan rasa yang manis. Buah durian yang benar – benar matang dan mempunyai rasa yang manis, memiliki aroma harum yang khas meski kulit buah belum terbuka.

Jika ingin mencium bau durian, cukup angkat buah dan dekatkan pada hidung, jika memang matang aroma khas akan terasa.

3. Warna

Buah durian memiliki beberapa warna yaitu , hijau, kuning dan kecoklatan. Abaikan warna dalam memilih buah durian yang super. Warna durian tidak menentukan akan kelezatan rasanya.

 

Ada tips tambahan agar bisa mendapatkan buah durian yang memiliki rasa yang enak yaitu dengan cara mengetuk buah. Kalian bisa meminjam pisau pada pembeli untuk mengetuk buah durian. Jika buah durian berbunyi nyaring maka belum matang, akan tetapi jika buah durian matang maka akan menghasilkan bunyi agak teredam dan berat.

 

Ulasan diatas semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kalian tentang buah durian. Konsumsi buah ini dengan cara sehat dan tepat. Selalu perhatikan dan teliti dalam memillih buah durian. Rasa lezat dan tubuh sehat adalah yang paling utama.

 

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.