Materi, Pengertian, Karakteristik, Tujuan,Ciri Ciri Kewirausahaan

Materi kewirausahaan sangat penting untuk diberikan kepada setiap siswa yang akan lulus dan menghadapi dunia luar. Pada umumnya, materi kewirausahaan ini menjadi mata pelajaran untuk pembekalan bagi calon alumni Sekolah Menengah Kejuruan. Untuk anda yang ingin belajar menjadi pengusaha dan mencari referensi mengenai materi kewirausahaan, kami membahasnya lengkap dari Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Karakteristik hingga manfaat Kewirausahaan.

Pengertian Kewirausahaan

tujuan kewirausahaanSecara umum, pengertian kewirausahaan ialah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara yang penuh inovasi dan kreatif yang memberi manfaat untuk orang lain serta bernilai tambah.

Dalam penjelasan lain juga disebutkan jika definisi kewirausahaan ialah sebuah sikap dan mental seseorang yang mempunyai kreativitas, bercipta daya dalam membuat sesuatu yang unik, baru serta dapat bermanfaat bagi orang banyak dan mereka yang aktif. Kewirausahaan mempunyai proses yang dinamis dalam menciptakan sesuatu yang diikuti dengan tenggang waktu, sumber daya, modal serta resiko.

Secara bahasa dalam Wikipedia, pengertian kewirausahan ialah suatu proses untuk mengembangkan, mengidenfitikasi dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kara “Kewirausahaan” sendiri berasal dari kata “wira” dan “usaha” yang menurut KBBI artinya ialah “wira: pejuang, berwatak agung, berbudi luhur, berani” dan “usaha= bekerja, berbuat sesuatu, berbuat amal”.

Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami dengan mudah apa definisi dari kata Kewirausahaan, berikut penjabaran dari para ahli.

1.Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, pengertian kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

2. Drs. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro, pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

3. Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusi, definisi kewirausahaan  adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

4. Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro, pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

5. Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

6. Siswanto Sudomo

Menurut Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

7. Zimmerer

Menurut Zimmerer, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.

Karakter Kewirausahaan

karakter kewirausahaanKarakter kewirausahaan dapat anda jumpai pada setiap sikap dan tindakan yang dilakukan seorang wirausaha. Sikap dan tindakan ini mengacu pada sikap dan tindakan yang selalu dilakukan seorang wirausaha dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu karakteristik seorang wirausaha yang menonjol yakni komitmen yang kuat dan bekerja secara maksimal.

Karakteristik kewirausahaan dikutip Suryana dari M. Scarborough dan Thomas W. Zimmeree , antara lain :

  1. Desire for Responbility

Seorang wirausaha harus mempunyai sifat tanggung jawab atas semua usaha yang dilakukannya.

  1. Preference for Moderate Risk

Wirausahawan lebih menyukai untuk mengambil resiko yang moderat dan cenderung menghindari resiko rendah maupun tinggi

  1. Confidence

Wirausahawan selalu menanamkan rasa percaya diri akan kemampuannya dalam mencapai tujuan.

  1. Desire of Immediate Feedback

Seorang wirausaha menyukai dan menerima akan saran, kritik, masukan dan setiap feedback

  1. High Level of Energy

Karakteristik seorang enterpreneur sejati memiliki semangat tinggi dan etos kerjo yang keras untuk mewujudkan keinginannya

  1. Future Orientation

Menjadi wirausahawan wajib berorientasi pada masa depan, mempunyai perspektif dan wawasan jauh ke depan

  1. Skill of Organizing

Wirausahawan hendaknya memiliki ketrampilan dalam mengorganisasikan dan mengatur sumber daya yang ada.

  1. Value Achievement Over Money

Seorang wirausaha selalu menilai prestasi tidak hanya dari uang semata

Ciri-Ciri Kewirausahaan

ciri - ciri kewirausahaanBagi anda yang ingin menjadi seorang enterpreneur, modal utama yang perlu anda miliki bukanlah uang atau asset, melainkan jiwa kewirausahaan yang besar. Tanpa jiwa kewirausahaan dalam diri, maka bisnis yang sudah mulai dirintis dapat dengan mudah hancur karena tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalankan bisnis tersebut.

Lalu bagaimana seseorang dapat dinilai memiliki jiwa kewirausahaan? Dilihat dari pengertiannya, beberapa ciri ini dapat menjawab pertanyaan Anda.

1.Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi Tinggi

wirausaha memiliki kreasi tinggiMemiliki kreativitas saja tidaklah cukup untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis. Seorang pebisnis yang sukses ialah mereka yang mempunyai keberanian tinggi untuk berkreasi. Orang yang memiliki keberanian untuk memulai sesuatu serta tak takut dengan risiko yang mungkin terjadi sewaktu-waktu memiliki peluang sukses yang lebih besar.

Tapi dari pernyataan ini bukan berarti Anda harus berani tanpa memiliki perencanaan dan pertimbangan yang mumpuni. Jiwa kewirausahaan ini muncul karena adanya kepercayaan diri dalam mewujudkan mimpi, serta keinginan Anda untuk bisa hidup lebih baik.

2. Memiliki Semangat Tinggi dan Kemauan Keras

Tanpa adanya kemauan dan semangat tinggi, kreativitas pun tak akan cukup membawa Anda menjadi orang yang sukses. Anda harus memiliki kemauan keras serta semangat tinggi. Tujuannya ialah untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada apa yang Anda kerjakan dan hasil yang bisa diperoleh darinya.

Kemauan yang keras inilah yang akan memicu seseorang untuk memiliki tekad lebih besar dalam mewujudkan keinginannya.

3. Memiliki Daya Analisis yang Baik

wirausaha kerja keras tinggiPebisnis haruslah mempunyai daya analisis pada apa yang sedang dikerjakan. Semisal perhitungan untung rugi, nilai jual barang atau jasa, persaingan serta kemampuan analisis pasar lain.

Hal ini sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis atau wirausahawan guna meminimalisir kerugian yang bisa saja diterimanya kapan pun.

4. Membuat Keputusan Kemudian Melaksanakannya

Mengambil keputusan besar dalam sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu hal ini hanya dapat dilakukan oleh sebagian orang saja. Ya, mengambil keputusan dengan cepat dan tepat guna menghasilkan sesuatu harus bisa dilakukan oleh pebisnis sukses.

Namun bukan asal cepat, pebisnis yang sukses akan terlebih dahulu mempertimbangkan atau memiliki pertimbangan tersendiri sebelum menemukan keputusan tersebut. Baru selanjutnya melaksanakan keputusan secepat mungkin serta meminimalisir hilangnya peluang emas.

5. Memiliki Jiwa Kepemimpinan dan Tak Berperilaku Konsumtif

Walaupun bisnis Anda dirintis dari 0 dan mungkin hanya dijalankan oleh Anda sendiri, namun bukan berarti Anda tak diwajibkan memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Setiap orang tentunya membutuhkan jiwa kepemimpinan dalam sebuah bisnis, baik untuk dirinya maupun untuk bawahannya.

Selain memiliki jiwa pemimpin yang baik guna kemajuan bisnisnya, perilaku tak konsumtif juga sangat dibutuhkan untuk melihat seberapa besar penghasilan bersihnya.

6. Memiliki Pengabdian Besar pada Bisnisnya

Ketika seorang pengusaha berani mengabdikan dirinya pada pekerjaannya, maka kesuksesan sudah sangat dekat dengannya. Dalam artian, seseorang harus dapat mengesampingkan kepentingan lain yang sebenarnya ‘tidak penting’ demi memfokuskan diri pada pekerjaannya.

Tak dapat dipungkiri disini, bahwa untuk meraih kesuksesan tidaklah instan. Perlu pengabdian, pengorbanan dan waktu yang banyak agar apa yang diinginkan dapat tercapai.

Apa bila ciri-ciri di atas dimiliki oleh seseorang, maka bukan hal mustahil baginya untuk bisa meraih kesuksesan di usia yang masih bisa dikatakan sangat muda.

Tujuan Kewirausahaan

pengertian kewirausahaanSeorang melakukan kegiatan wirausaha tentu bukan tanpa tujuan, namun dengan banyak tujuan yang ingin dicapainya. Selain untuk dirinya sendiri, seorang wirausahawan juga melaksanakan kegiatan ini untuk kepentingan lingkungannya/orang lain.

Berikut ini adalah tujuan kewirausahaan bagi seseorang maupun lingkungannya.

  1. Membuka lapangan kerja bagi orang orang lain serta membantu mereka untuk bisa menjadi pengusaha mandiri.
  2. Menciptakan jaringan bisnis baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.
  3. Meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat sekitar dengan cara membuka lapangan kerja.
  4. Menularkan serta mengembangkan semangat berwirausaha pada orang lain.
  5. Membantu para pengusaha muda untuk berinovasi dan berkreasi.

Ketahui juga tujuan karir dan langkah meraihnya.

Manfaat Kewirausahaan

manfaat kewirausahaanBeberapa penelitian mengungkapkan bahwa seorang enterpreneur mikro, kecil maupun besar cenderung bekerja lebih keras dan maksimal, menghasilkan uang dan lebih membanggakan daripada bekerja di sebuah perusahaan besar.

Thomas W Zimmerer et al. (2005) menyatakan manfaat kewirausahaan antara lain :

  1. Memberikan peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri

manfaat kewirausahaan menentukan nasib sendiriDengan usaha bisnis sendiri, anda akan mendapatkan kebebasan dan peluang besar untuk mencapai tujuan hidup. Wirausahawan akan selalu memenangkan hidup mereka dan memanfaatkan usaha mereka dengan maksimal guna mencapai cita-cita.

  1. Memberikan peluang untuk melakukan perubahan

Sebagian besar seorang enterpreneur membuka usaha karena mereka menangkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan dalam hidup yang menurut mereka sangat penting dan akhirnya menjalani kehidupan yang lebih baik.

  1. Memberikan peluang untuk menggali potensi diri dengan maksimal

Dimata seorang wirausaha, tidak ada perbedaan besar antara bekerja dengan menyalurkan hobi. Bisnis yang telah mereka jalankan merupakan aktualisasi diri. Sehingga kesuksesan yang mereka capai juga merupakan sesuatu yang ditentukan oleh kreativitas, inovasi, sikap antusias dan visi mereka sendiri.

  1. Memberikan peluang untuk mencapai keuntungan semaksimal dan optimal mungkin

wirausaha mendapatkan keuntungan yang maksimalSebagian besar seorang pebisnis tidak bertujuan untuk menjadis seorang yang kaya raya, namun banyak dari mereka yang sangat berkecukupan. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa seorang yang memiliki usaha sendiri empat kali lebih besar peluangnya untuk berpenghasilan besar dibandingkan orang-orang yang bekerja untuk orang lain atau karyawan.

  1. Memberikan peluang untuk berpartisipasi dalam masyarakat lingkungan sekitar dan mendapatkan pengakuan atas usahanya
  2. Memiliki peluang untuk mengerjakan sesuatu yang disukai dan terciptanya rasa senang dalam mengerjakkannya

Dari beberapa ulasan manfaat kewirausahaan di atas, dapat anda simpulkan bahwa dengan menjadi seorang wirausaha maka seseorang lebih memiliki berbagai kebebasan yang tidak akan mungkin diperoleh seorang yang menjadi karyawan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai materi kewirausahaan. Setelah membaca uraian materi kewirausahaan di atas, apakah anda telah siap untuk menjadi seorang wirausaha ?

Mulailah bangun bisnis anda, tak peduli dari titik nol sekalipun, karena untuk sukses memang Anda perlu merangkak dan kemudian dapat berjalan menjadi seseorang yang menang atas bisnisnya.

Tak kalah pentingnya, bila kamu juga mempelajari apa sih tujuan karir dan bagaimana cara mencapainya.

Tags:
    1. Herwanto Jaya 09/18/2019
      • dawan setiawan 09/19/2019

    Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.