Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tujuan Media Pembelajaran

Pada dasarnya penggunaan media pembelajaran ini memang sangat dibutuhkan sekali. Dimana nantinya fungsi dengan media pembelajaran membuat para peserta didik bisa dapat menyerap dengan baik materi-materi pembelajaran . Jenis media pembelajaran banyak dan bermacam-macam. Seberapa besarkah manfaat dari penggunaan media pembelajaran ini ?

Coba  Anda bayangkan apabila para peserta didik tersebut cuma mendapatkan materi dari para pengajar hanya melalui penjelasan langsung saja tanpa adanya media apapun. Tentunya kegiatan belajar seperti ini akan terasa membosankan bukan? Oleh sebab itu, inilah betapa pentingnya media pembelajaran dibutuhkan oleh peserta didik dan para peserta didik juga akan bisa lebih memahami mengenai isi dari materi yang disampaikan atau dipelajarinya.

Pengertian Media Pembelajaran

Sebelum membahas panjang lebar, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari media pembelajaran?

Jadi, definisi media pembelajaran menurut Ali (1992) merupakan kumpulan dari berbagai jenis komponen yang ada di dalam sebuah lingkungan para peserta didik sehingga nantinya mereka bisa lebih terangsang untuk dapat mengikuti pelajaran dengan lebih baik lagi.

Selain itu ada juga definisi lain yang dikemukakan langsung oleh para ahli lainnya seperti Miarso (2004), dimana media pembelajaran ini suatu hal yang memang dapat dipakai oleh para pengajar untuk bisa merangsang lagi pikiran, perhatian dan kemauan para peserta didik sehingga dapat mendorong kegiatan belajar.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah sebuah alat yang berguna untuk menyampaikan pesan atau informasi yang diberikan dalam suatu pembelajaran. Media seperti ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menyalurkan sebuah pesan materi kepada para peserta didik nantinya.

Beberapa hal yang wajib diperhatikan pengajar mengenai media dalam pembelajaran (Hamalik, 1994:6), meliputi :

  • Media merupakan alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses pembelajaran
  • Fungsi media guna mencapai tujuan pendidikan
  • Seluk beluk proses pembelajaran
  • Hubungan antara metode pembelajaran dan media pendidikan
  • Nilai dan manfaat media dalam pengajaran
  • Penentuan dan penggunaan media
  • Berbagai jenis alat dan teknik media pendidikan
  • Usaha dan inovasi dalam media pendidikan
  • Media pendidikan pada setiap pelajaran

Jenis-Jenis Media Pembelajaran

media pembelajaranSeperti yang telah Anda lihat seperti di atas bahwa media  ini memang sebagai alat bantu proses sehingga para peserta didik bisa dapat lebih terangsang lagi untuk melakukan kegiatan belajar dengan lebih baik lagi.

Nah, untuk jenis media pembelajaran terdiri dari beberapa jenis yang bisa Anda lihat dengan baik seperti berikut ini.

  1. Media Audio

Media audio ini bisa sangat membantu untuk menyampaikan materi dengan lebih jelas dan berkesan. Jadi dengan adanya media audio ini bisa membantu lagi untuk meningkatkan daya tarikan terhadap suatu persembahan khususnya di dalam media pembelajaran dalam memberikan materi-materi dengan lebih baik lagi. Untuk jenis audio ini termasuk ke dalam musik, suara latar, rekaman suara dan lainnya.

  1. Teks

Teks ini merupakan salah satu elemen besar dalam menyampaikan suatu informasi yang memang memiliki berbagai jenis serta bentuk dari tulisannya akan berupaya menjadi daya tarik khususnya dalam penyampaian sebuah informasi.

  1. Media Proyeksi Gerak

Untuk media proyeksi gerak ini akan termasuk di dalamnya yaitu seperti program TV, film gerak, Video kaset yaitu CD, DVD atau VCD.

  1. Media Visual

Media visual ini merupakan sebuah media yang nantinya bisa memberikan rangsangan visual kepada peserta didik melalui foto atau gambar, diagram, sketsa, bagan grafik, poster, kartun, papan buletin dan lainnya.

  1. Benda Tiruan atau Miniatur

Benda tiruan atau miniatur ini merupakan sebuah benda-benda seperti tida dimensi yang memang bisa disentuh ataupun diraba oleh manusia khususnya para peserta didik. Jadi, media ini dibuat agar dapat mengatasi keterbatasan mengenai objek ataupun situasi sehingga nantinya pada saat proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar dan baik.

  1. Manusia

Hal ini termasuk di dalamnya yaitu seperti guru, pakar atau ahli dibidang atau materi tertentu dan siswa atau peserta didik.

Fungsi Media Pembelajaran

fungsi media pembelajaranBerikutnya ada juga fungsi media pembelajaran. Dimana pada dasarnya fungsi dari media pembelajaran ini adalah

  1. Memperjelas lagi penyajian materi-materi pembelajaran sehingga para peserta didik tidak merasa bosan dan bisa memahami dengan lebih lagi serta mudah untuk dimengerti.
  2. Mengatasi berbagai keterbatasan mengenai daya indera dan juga ruang waktu sehingga kegiatan belajar tersebut bisa dapat lebih kondusif.
  3. Menarik perhatian para peserta didik atau siswa sehingga menimbulkan sebuah gairah dan semangat belajar untuk dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih baik lagi.

Untuk itu dengan adanya penggunaan media maka diharapkan pula anak-anak bisa belajar sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

Jadi, pada intinya untuk memilih media pembelajaran sebagai kegiatan belajar mengajar tidak boleh memilih dengan asal-asalan dan harus memilih dengan tepat. Sebab media yang dipilih nantinya harus bisa memenuhi kriteria khusus sehingga media tersebut bisa dijadikan sebagai alat agar dapat merangsang pola atau daya pikir anak dan keingintahuan para peserta didik khususnya dalam belajar.

Kemudian untuk kriteria media belajar ini dapat didukung dengan isi materi pelajaran, pengajar juga bisa mengaplikasikannya sehingga para siswa mudah dipahami atau mengerti materi yang telah disampaikan dan juga harus sesuai dengan kemampuan berpikir para siswa tersebut.

Contoh Media Pembelajaran

Setelah mengetahui dan memahami pengertian dari media belajar maka tidak lengkap pula tanpanya adanya informasi mengenai contoh media yang dapat digunakan atau dipakai di dalam kegiatan belajar mengajar bukan?

Nah, seperti berikut ini Anda bisa melihat contoh-contohnya mengenai media untuk pembelajaran.

  1. Media Audio

media audioUntuk media audio ini biasanya menggunakan indera pendengaran sehingga siswa atau peserta didik bisa menerima pelajaran dengan lebih baik lagi. Informasi atau pesan yang diberikan nantinya bersifat verbal ataupun non verbal.

Misalnya seperti contoh media belajar yang memang banyak digunakan oleh para pengajar yaitu laboratorium bahasa. Dimana lab bahasa ini akan melatih para siswa atau peserta didik untuk melakukan percakapan ataupun mendengar bahasa asing sehingga bisa memakai bahasa asing tersebut.

Tak hanya itu saja, lab seperti ini tentunya juga bisa dipakai untuk menyajikan materi-materi pelajaran yang lainnya dan pastinya sesuai dengan kebutuhan.  Selain itu, untuk media audio yang bisa digunakan lainnya khususnya dalam kegiatan belajar mengajar yaitu seperti tape recorder, radio dan sebagainya.

  1. Media Grafis

Selain media audio kini adanya media grafis. Dimana media yang satu ini merupakan media yang dapat digunakan atau dipakai dalam proses belajar. Media grafis atau visual ini berguna untuk menyampaikan sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan ditampilkan dalam bentuk visual.

Fungsi media visual ini antara lain untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan atau menjabarkan fakta yang mungkin mudah dilupakan bila tidak divisualkan. Beberapa media grafis antara lain :

  • Gambar atau foto
  • Sketsa
  • Diagram
  • Bagan/Chart
  • Grafik
  • Kartun
  • Poster
  • Peta dan Globe
  • Papan Planel dan Papan Buletin
  1. Media Proyeksi Diam

media proyeksi diamBeberapa media yang bisa diaktegorikan menjadi media proyeksi diam antara lain :

  • Film bingkai
  • Film rangkai
  • OHT
  • Opaque Projektor
  • Mikrofis
  1. Media Proyeksi Gerak dan Audio Visualmedia audio visual

  • Film gerak
  • Film gelang
  • Program TV
  • Video
  1. Multimedia

multimediaDalam multimedia, yakni sebuah kombinasi yang terdiri dari teks, seni grafik, bunyi, animasi dan video yang diterima oleh penerima pesan melalui perangkat seperti komputer.

  1. Benda

Menggunakan benda benda sekitar, baik benda asli maupun benda tiruan.

Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran

manfaat media pembelajaranPenggunaan media pembelajaran yang optimal harus didasari pada kebermaknaan dan nilai tambah yang diperoleh siswa melalui suatu pengalaman belajar di sekolah.  Dengan ini, media pembelajaran dapat membantu guru memfasilitasi kegiatan belajar mengajar agar proses belajar lebih mudah, memperjelas materi pembelajaran dengan beragam contoh yang konkret.

Adapun beberapa tujuan dan manfaat media pembelajaran antara lain :

  1. Memudahkan kepada peserta didik untuk lebih paham dan menguasai konsep, prinsip, dan ketrampilan tertentu dengan menggunakan media yang paling tepat menurut sifat bahan ajar.
  2. Mengajarkan pengalaman pembelajaran yang berbeda dan bervariasi sehingga lebih menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik untuk belajar.
  3. Mengembangkan sikap dan ketrampilan tertentu dalam teknologi karena peserta didik akan tertarik untuk menggunakan atau mengoperasikan tertentu.
  4. Menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dan tidak mudah dilupakan oleh siswa.
  5. Membuat informasi atau pesan pembelajaran semakin jelas
  6. Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar

Jadi, itulah ada beberapa informasi yang bisa Anda lihat mengenai media pembelajaran hingga sampai kepada contohnya.

Nah, pada intinya dalam suatu proses belajar mengajar memang metode mengajar dan juga penggunaan media pengajaran memang sangat penting sekali dilakukan. Sebab ini bisa menjadi salah satu motivasi dan rangsangan yang baik untuk para siswa atau peserta didik sehingga mereka bisa dapat memahami dengan lebih baik lagi.

Untuk itu, Anda sebagai pengajar memang harus menerapkan metode pembelajaran seperti ini khususnya dengan penggunaan media sehingga dapat membantu para siswa untuk bisa mengetahui lebih baik lagi terhadap materi yang disampaikan dan membuat mereka mudah mengerti.

Ketahui juga apa saja macam model pembelajaran serta Multimedia pembelajaran yang sering digunakan di dunia pendidikan.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.