Multimedia Pembelajaran : Pengertian, Manfaat dan Interaktif

Saat  ini media internet menjadi sebagai salah satu sumber informasi yang paling mudah dan tercepat sehingga paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi. Berbagai informasi tersedia seperti berita hiburan, politik, pendidikan dan sebagainya yakni melalui video, gambar, teks dan lainnya. Nah, apakah informasi yang ditawarkan melalui internet bisa dikatakan sebagai multimedia pembelajaran? dan apakah fungsi multimedia pembelajaran interaktif ?

Pengertian Multimedia Pembelajaran

Multimedia yaitu berasal dari dua kata yakni multi dan juga media. Dimana multi yang memiliki arti banyak sedangkan untuk media berarti memiliki arti sebagai sarana komunikasi untuk dapat memberikan informasi.

 (Smaldino, 2005 dikutip dari Anitah 2008 :60).

Istilah multimedia berkaitan dengan penggunaan berbagai jenis/bentuk media secara berurutan maupun simultan dalam menyampaikan suatu informasi

(Hefzallah, 2004 dikutip dari Anitah, 2008 :60)

Multimedia digunakan untuk mendeskripsikan penggunaan berbagai media secara terpadu dalam menyajikan dan mengajarkan suatu topik mata pelajaran.

Mr Cormick : 1996 ( dikutip dari Moeljadi 2006 : 20)

Multimedia merupakan kombinasi dari tiga elemen desain pesan antara lain suara, gambar dan teks.

Jadi, jika digabungkan menjadi multimedia yaitu sarana ataupun media yang dapat memberikan sebuah informasi dengan bantuan teknologi melalui teks, video, gambar, animasi dan audio untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

Tak hanya itu saja, multimedia untuk pembelajaran juga dapat diartikan sebagai salah satu proses penciptaan lingkungan yang nantinya dapat memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar.

Jadi, didalam pembelajaran hal utamanya yaitu bagaimana siswa atau peserta didik dapat belajar dengan baik. Belajar dalam pengertian ini yaitu aktivitas atau mental para siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya sehingga menghasilkan perubahan suatu perilaku yang memang bersifat relatif konstan.

Aspek penting yang wajib ada di dalam proses pembelajaran tersebut adalah lingkungan. Oleh sebab itu, sebagaimana lingkungan tersebut diciptakan dengan baik dan menata unsur-unsur akan dapat mengubah perilaku para siswa tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran adalah sebagai salah satu aplikasi multimedia yang memang nantinya digunakan untuk proses pembelajaran. Dengan kata lain yaitu menyalurkan pesan seperti pengetahuan, sikap dan juga keterampilan sehingga dapat merangsang perasaan, pikiran, perhatian dan juga kemauan belajar para siswa.

Karakteristik Mulitimedia Pembelajaran

karakteristik multimediaMenurut Suharto (1988 : 113) fungsi dan kegunaan dengan adanya media pembelajaran yaitu untuk memberi ilustrasi konsep maupun memberi kejelasan akan materi yang diajarkan.

Beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam pemiliihan dan penggunaan multimedia pembelajaran yaitu pemenuhan karakteristiknya seperti tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran.

Berikut karakteristik yang harus ada dalam multimedia, :

  1. Terdiri dari lebih dari satu media yang menyatu, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
  2. Bersifat interaktif yakni mampu mengakomodasi respon pengguna
  3. Bersifat mandiri, memberikan kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bantuan orang

Dari beragamnya jenis dan kemampuan media pembelajaran, yang menjadi pokok perhatian utama dalam penggunaan media dalam komunikasi adalah sejauh mana media ini berguna dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Tak hanya itu saja, selain memenuhi beberapa karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran memang sebaiknya juga memenuhi fungsi, diantaranya :

  • Mampu untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bisa mengontrol lagi laju kecepatan belajarnya sendiri,
  • Mampu memperkuat lagi respons pengguna, memperhatikan dengan baik bahwa para siswa dalam belajar
  • Mampu memberikan kesempatan dengan adanya partisipasi dari para pengguna khususnya dalam bentuk respons baik itu dalam berupa keputusan, jawaban, pemilihan dan lainnya.

Berdasarkan karakteristiknya multimedia dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu seperti mutimedia linear dan juga multimedia interaktif. Dimana untuk Multimedia Linear ini merupakan multimedia yang memang tidak dilengkapi oleh alat-alat bantu apapun khususnya yang dapat dioperasikan oleh para pengguna. Misalnya yaitu seperti film, TV, musik dan lainnya.

Sementara Multimedia Interaktif adalah multimedia yang memang dilengkapi dengan beberapa alat bantu yang bisa dioperasikan langsung oleh para pengguna. Misalnya seperti contoh yaitu game, pemutar video, pembelajaran interaktif dan lainnya.

Pemilihan Multimedia Pembelajaran

pemilihan ,multimediaBeberapa aspek yang harus diperhatikan dalam penentuan multimedia (Duffy, 2003 dikutip dari Anitah, 2008 : 91-92)

  • Kesesuaian dengan kurikulum

Komponen dan perangkat dari media yang dipilih, relevan untuk mendukung konsep-konsep  kunci kurikulum dan pencapaian tujuan pembelajaran secara signifikan.

  • Interaksi pembelajar

Multimedia yang digunakan memberi kesempatan yang luas kepada pebelajar untuk saling berinteraksi dan memberikan motivasi

  • Mendukung materi pembelajaran

Media multimedia yang digunakan meningkatkan kualitas materi pembelajaran secara luas, mudah digunakan, dan merupakan kunci untuk pencapaian tujuan pembelajaran.

  • Mudah dimanfaatkan

Produk multimedia yang digunakan harus mudah penggunaannya dan memperjelas pembelajar tentang materi yang dipelajari.

  • Kualitas teknis

Kelebihan dan Kekurangan Dari Mulitimedia

Setelah Anda mengetahui apa itu pengertian dari multimedia pembelajaran maka Anda juga bisa melihat apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh multimedia maupun kekurangannya.

Dimana untuk kelebihan ini yaitu dapat menarik perhatian para siswa dan meningkatkan kualitas dalam penyampaian informasi. Sebab informasi yang disampaikan tentunya diperkuat dan didukung penuh dengan media informasi seperti teks, audio, gambar, video dan animasi.

Namun, untuk kekurangan yang ditawarkan yaitu apabila nantinya desain yang ditampilkan terlihat buruk sehingga bisa menyebabkan para audiens yang melihatnya menjadi bingung ataupun pesan yang disampaikan bisa tidak tersampaikan dengan baik.

Manfaat Multimedia Pembelajaran

Apabila nantinya multimedia pembelajaran yang dipilih dapat dikembangkan serta digunakan dengan baik dan tepat tentu akan memberikan banyak manfaat untuk guru dan juga siswa.

Secara umum, manfaat yang bisa didapatkan yaitu pada proses pembelajaran memang menjadi lebih menarik, jumlah waktu mengajar juga dapat dikurangi dan lebih interaktif. Kualitas belajar para siswa juga bisa ditingkatkan lagi hingga proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun hingga sikap belajar para siswa juga bisa ditingkatkan kembali.

Namun, Subagio (2006:19) juga memberikan contoh manfaat lainnya mengingat adanya keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu seperti:

  • Meningkatkan daya tarik serta perhatian para siswa.
  • Menyajikan benda ataupun peristiwa yang jauh yaitu seperti bintang, bulan, salju dan sebagainya.
  • Menyajikan benda-benda ataupun peristiwa yang berbahaya yakni seperti letusan gunung merapi, racun, harimau dan lainnya.
  • Memperbesar benda yang jauh lebih kecil dan memang tidak tampak oleh mata yaitu seperti elektron, kuman dan lainnya.
  • Dapat memperkecil benda-benda yang besar dan memang tidak mungkin untuk dihadirkan disekolah yaitu seperti rumah, gedung, gajah, gunung dan sebagainya.
  • Menyajikan benda-benda ataupun peristiwa yang terbilang kompleks, rumit ataupun berlangsung cepat dan lambat seperti bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet mars, sistem tubuh manusia, berkembangnya bunga dan sebagainya.

Jadi, inilah yang disebut dengan manfaat dan keunggulan yang ditawarkan oleh multimedia pembelajaran yang bisa Anda ketahui dengan baik mengenai hal ini.

Multimedia Pembelajaran Interaktif

multimedia pembelajaran interakrifPada ulasan di atas telah dijelaskan dengan secara singkat apa itu multimedia pembelajaran interaktif. Dimana multimedia interatif ini memang merupakan sebuah multimedia yang dilengkapi dengan alat-alat bantu dan nantinya bisa dapat dioperasikan oleh para penggunanya.

Contoh multimedia interaktif ini yaitu meliputi aplikasi game, pemutar video dan lainnya. Sementara, untuk multimedia pembelajaran interaktif terdapat tiga karakteristik yaitu seperti:

  • Memiliki lebih dari satu media misalnya menggabungkan unsur media visual dan audio.
  • Bersifat interaktif. jadi di dalam pengertian ini memiliki kemampuan untuk bisa mengakomodasi respon para pengguna.
  • Bersifat mandiri, dimana nantinya akan memberi kemudahan dan juga kelengkapan isi informasi dengan sedemikian rupa sehingga nantinya para pengguna dapat menggunakannya tanpa bimbingan dari orang lain.

Untuk itu, hal-hal seperti inilah yang harus diperhatikan dengan baik sehingga multimedia pembelajaran bisa dilakukan dengan sebaik mungkin dan tepat.

Format Multimedia Pembelajaran

format multimedia pembelajaranUntuk melengkapi informasi mengenai hal ini maka Anda bisa juga melihat beberapa format sajian dari multimedia pembelajaran yang dikategorikan sebagai berikut.

  1. Tutorial

Format sajian seperti ini merupakan salah satu format multimedia pembelajaran yang proses penyampaian materinya akan dilakukan dengan secara tutorial yakni sebagaimana dengan layaknya tutorial yang disampaikan oleh pengajar atau guru dan instruktur. Untuk informasinya yaitu berisikan konsep dengan sajian teks, gambar hingga grafik.

  1. Simulasi

Untuk selanjutnya yaitu simulasi. Dimana untuk multimedia pembelajaran melalui format ini yaitu mencoba menyamai proses yang dinamis yang memang terjadi didunia nyata. Misalnya yaitu untuk menyimulasikan sebuah pesawat terbang sehingga simulasi ini seolah-olah memang mirip seperti sedang melakukan aktivitas dalam menerbangkan pesawat.

  1. Percobaan atau Eksperimen

Untuk format ini memang hampir mirip dengan simulasi. Namun, pada poin ini akan ditunjukkan lebih pada kegiatan yang memang bersifat eksperimen yaitu seperti kegiatan praktikum yakni di laboratorium IPA, Kimia atau Biologi.

  1. Drill dan Practice

Format ini dilakukan atau dimaksudkan untuk dapat melatih para pengguna sehingga memang memiliki kemahiran di dalam suatu keterampilan ataupun dapat memperkuat penguasaan terhadap suatu konsep.

  1. Permainan

Tentu saja bentuk dari permainan di sini yang disajikan memang tetap mengacu kepada proses pembelajaran dan juga dengan adanya program multimedia tersebut dapat diharapkan akan terjadinya aktivitas belajar mengajar sambil bermain. Jadi, dengan ada hal ini para pengguna tidak akan merasa bosan dan tidak merasakan bahwa mereka memang sesungguhnya sedang belajar. Untuk itu, format seperti ini memang cukup tepat untuk diterapkan ke dalam metode pembelajaran.

Nah, itulah ada beberapa informasi yang bisa Anda lihat seperti di atas mengenai multimedia hingga pembelajaran interaktif. Semoga dengan adanya informasi seperti ini bisa menjadi lebih bermanfaat untuk Anda khususnya bagi para pengajar.

Tidak ada salahnya anda juga membaca macam-macam model dan metode pembelajaran untuk memperkaya pengetahuan mengenai materi pembelajaran.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.