Pengalaman Mencicipi Pesona Pantai Balekambang

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata pilihan masyarakat luas. Bagaimana tidak ! Pantai dapat menjadi tempat persinggahan ketika kita ingin melepaskan penat karena rutinitas dan tugas sehari – sehari yang banyak. Pantai memiliki banyak hal, seperti pasir, bebatuan karang, pohon kelapa, ombak dan pedagang ikan yang berjejeran.

Beruntungnya kita hidup di Indonesia , dimana di negara kita memiliki garis pantai terpanjang. Terdapat ribuan pantai di Indonesia, baik itu pantai yang belum terjamah maupun yang sudah populer.

Saya akan berbagi pengalaman ketika saya berkesempatan untuk menikmati sebuah pantai yang ada di Malang selatan. Pantai Balekambang namanya, pantai ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Batur, Malang.

Pantai Balekambang membentang sangat indah, dimana terdapat karang laut sepanjang 2 km dan 200 meter ke arah laut. Di seberang pantai Balekambang, terdapat barisan pulau yang bisa kita nikmati , seperti Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman dan Pulau Ismoyo.

Perjalanan

perjalanan naik motor

by arratrrapost.com

Sekitar pertengahan tahun 2017 saya mengunjungi Pantai Balekambang rame – rame dengan teman. Kita berangkat dari tanah kelahiran kita, Kediri. Bermodalkan motor yang sebelumnya sudah dipersiapkan dan diservice, kami meluncur menuju Malang.

Tepatnya sehabis Isya, kami berenam  berangkat dengan Bismillah. Kami melewati rute utara yaitu melewati Batu, lebih jauh pastinya ! Kami harus lewat melalui Batu dikarenakan harus mampir ke rumah temen yang ada di Batu.

Memasuki Kecamatan Kasembon , Kabupaten Malang kami harus lebih hati – hati. Kalian yang biasa ke Batu lewat Kediri pasti sudah tahu kan, bagaimana situasi jalan di sini. Kabut yang tebal serta pepohonan menghalangi pancaran bulan , ditambah lagi di sini tidak ada penerangan. Gelapnya suasana , jalan yang bertebing  serta berkelok – kelok akhirnya berhasil kami lewati.

Tibalah kami sampai di kontrakan teman yang ada di Kota Batu. Di sinilah kami bermalam dan beristirahat. Jam 5 kami terbangun oleh suara alarm. Bergegaslah kita mandi dan menunaikan Ibadah. Rasa kantuk yang masih terasa tidak menghalangi kami untuk berangkat menuju pantai Balekambang.

Perjalanan dari Kota Batu menuju Pantai Balekambang menghabiskan sekitar 1,5 jam. Menurut saya akses jalan menuju pantai sudah bagus, kondisi aspalnya pun mulus. Beberapa ruas jalan agak sempit dengan tikungan sangat tajam. Nah , di sini ada banyak petunjuk arah menuju pantai, jadi kalian tidak perlu takut tersesat.

Menikmati Keindahan Pantai

nyantai di pantai

by pexels

Waaw, akhirnya tibalah kami di Pantai Balekambang. Harga tiket masuk sekitar 15 ribuan per orang kalau gak salah. Lahan parkir di sini cukup luas, kami mencari tempat parkir yang strategis agar dekat dengan tempat di mana kami nongkrong di pantai seharian.

Setelah berjalan cukup jauh dari tempat parkir , kami menemukan tempat yang rindang dan pas untuk melihat panorama pantai. Segera kami menyewa sebuah tikar yang disewakan di tiap warung.  Pantai Balekambang memiliki garis pantai yang panjang dengan pasirnya yang berwarna putih.

Waktu menunjukkan jam 8 pagi, suasana di sini sangat indah. Diatas tikar yang cukup luas dan beratapkan pepohonan yang rindang kami memandangi pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan lautan yang luas dengan air yang begitu jernih menyatu dengan warna langit yang memancarkan warna biru.

Kebersihan pantai Balekambang sangat terjaga dengan baik. Semilir angin yang berhembus membuat suasana pantai sangat tenang dan nyaman. Ditambah dengan berbagai cemilan yang menemani kami. Sungguh nikmat mana lagi yang kami dustakan !!!

pantai balekambang

by tempatme.com

Hangatnya sinar matahari sudah mulai terasa. Kami masih berada di bibir pantai Balekambang , menyaksikan landscape yang tak henti – hentinya membuat kami terpikat. Air biru yang jernih dan deburan ombak yang tidak terlalu besar seakan – akan mengajak kami untuk bermain air.

Beberapa dari kami bermain dan merasakan air pantai. Terlihat sekumpulan batu karang di balik kejernihan air. Deburan ombak kecil berkali – kali menghantam langkah kami.

Pesona Pura Balekambang

pantai balekambang

by idntimes.com

Kami tertarik ingin mengunjungi salah satu pulau di seberang Pantai Balekambang. Namanya Pulau Ismoyo, di pulau ini terlihat berdiri sebuah pura kokoh.

Tak salah banyak orang menyebut pantai Balekambang sebagai tanah lotnya Jawa Timur. Melihat pemandangannya , sekilas Pulau Ismoyo mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Baik dari segi bentuk pulau dan keberadaannya.

Dengan hanya berjalan kita bisa pergi ke Pulau Ismoyo melalui jembatan yang disediakan. Jembatan ini mempunyai panjang sekitar 200 m menghubungkan tepi Pantai Balekambang dengan Pulau Ismoyo.

Memasuki jembatan penghubung kami melihat penampakan dekorasi batu karang besar yang indah Pulau Ismoyo. Batu Karang besar dengan Pura yang dihiasi hijaunya tumbuhan seolah – olah menjadi ciri khas dari Pantai Balekambang ini.

Sesampai di Pulau Ismoyo, kami disambut dengan suara hantaman ombak besar yang pecah saat bertemu dengan karang di bawah pulau ini. Pohon – pohon yang menghiasi pulau ini memberikan kesan dan suasana yang nyaman dan asri.

Banyaknya spot  cantik membuat para pengunjung berburu foto dengan keluarga, teman, ataupun orang terdekat mereka. Kamipun tidak mau ketinggalan mengabadikan eloknya pemandangan ini.

Pesona view di sini mengabaikan sengatan panas matahari yang semakin terik. Para pengunjung masih memenuhi kawasan ini. Setelah puas dengan hasil beberapa poto, kami beranjak meninggalkan Pulau Ismoyo.

Makan di Pinggir Pantai

makan di pinggir pantai

by wisata murahbali.com

Sebelum kembali ke pantai, kami mampir dulu ke Musholla.

Pantai Balekambang menyediakan banyak fasilitas yang menunjang aktivitas kita di pantai, seperti kamar mandi, musholla, berbagai warung dengan menu yang lengkap, tempat informasi, taman bermain anak, pendopo, serta kios cidera mata.

Saatnya kita gelar tikar lagi nih. Makanan ringan  yang kami bawa belum memuaskan, rasa lapar masih menghinggapi perut ini. Di warung yang berada di pinggir pantai kami memesan aneka olahan ikan laut yang dibakar.

Kami masih berada di bibir pantai, memandangi panorama pantai sambil menunggu pesanan tiba. Setelah cukup lama, makanan kami tiba . Aroma dan penampakan pesanan membuat nafsu makan menjadi tak tertahankan. Nasi yang hangat , aneka ikan laut bakar , sambal plus es kelapa sudah siap disantap.

Dengan semilir angin yang sejuk dan birunya laut , kami makan nikmatnya menu ini dengan lahap sambil bercengkrama . Rasanya lengkap sudah kunjungan kali ini ke Pantai Balekambang. Oh ya, harga makanan di sini, tidak terlalu mahal kok. Beda sedikit tapi masih bisa diterima lah.

karang dipantai

by pexels.com

Ketika air sedang surut, kita bisa menyaksikan keindahan berbagai macam karang laut bermunculan dan bersinar. Di bawah pantulan sinar matahari, karang ini mengeluarkan warna – warni indah seperti permata. Beraneka macam ikan kecil dan biota laut  berkerumun di antara karang.

 

Sebelum meninggalkan Pantai Balekambang, kami menyempatkan membeli beberapa olahan ikan laut sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Dengan rasa puas dan senang kami berangkat kembali ke rumah.  Kami mendapatkan energy positif, otak pun lebih segar dan siap menyambut rutinitas hari.

 

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.