Sifat – Sifat Benda Cair ( Pengertian, Contoh dan Penjelasan)

Air merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sebagai manusia. Air sebagai benda cair memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Tentu sebagai pengguna setiap harinya kita harus paham betul bagaimana sifat sifat dan contoh lain benda cair tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas bersama mengenai pengertian benda cair dan apa saja sifat-sifat pada benda cair, beserta contohnya.

Pengertian Benda Cair

pengertian benda cair

Sumber : pixabay.com

Pengertian benda cair adalah suatu benda yang berbentuk cair, yang memiliki sifat mengalir, basah, dan dapat berubah bentuk menurut bangun tempatnya karena molekulnya bergerak bebas. Dalam Bahasa Inggris, benda cair disebut liquid.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian benda cair adalah benda yang bersifat seperti air, tidak padat dan tidak berupa gas serta fase zat molekulnya secara relatif bebas mengubah kedudukannya satu terhadap yang lain, tetapi terkendala oleh gaya kohesif untuk mempertahankan volumenya yang relatif tetap.

ayo belajar juga penjelasan Benda Gas.

Zat Cair

zat cair

Sumber : sains.mpibewe.com

Zat cair digambarkan sebagai zalir (fluida). Zalir adalah zat dengan molekul-molekul yang bergerak bebas saling melewati, sehingga zalir menyesuaikan bentuk wadahnya. Zat cair juga sulit untuk dimampatkan.

Pada zat cair, molekul-molekul tersusun cukup rapat. Namun demikian, partikel-partikel tersebut memiliki cukup energi untuk mengatasi sebagian dari tarik-menariknya dengan molekul di dekatnya dan bergeser saling melewati.

Contoh Benda Cair

contoh benda cair

Sumber : pixabay.com

  1. Air
  2. Minyak goreng
  3. Bensin
  4. Solar
  5. Tinta
  6. Madu
  7. Sirup
  8. Susu
  9. Santan
  10. Oli
  11. Kecap
  12. Parfum
  13. Air kelapa
  14. Darah
  15. Keringat

Sifat Benda Cair

Seperti halnya benda padat dan benda gas, benda cair pun juga memiliki sifat sifat yang perlu kita ketahui. Berikut sifat-sifat benda cair :

Bentuk yang Tidak Tetap

sifat benda cair

Sumber : pixabay.com

Bentuk benda cair ini memiliki bentuk yang tidak tetap dan berubah-ubah, sesuai dengan wadahnya. Jika dimasukkan dalam sebuah gelas maka bentuk air akan mengikuti bentuk gelas, begitu juga bila air dimasukkann ke dalam sebuah botol maka air juga akan mengikuti bentuk dari botol tersebut.

Mengalir ke Tempat yang lebih rendah

sifat benda cair

Sumber : pixabay.com

Salah satu sifat benda cair yaitu air selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Hal ini mungkin sama halnya dengan gaya gravitasi Bumi yang terjadi pada benda-benda lainnya yang ada di Bumi, yakni berpindah dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah.

Untuk membuktikannya kita bisa dengan mudah melihat contoh dari fenomena air terjun atau air di sungai dimana air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Menekan ke segala arah

sifat benda cair

Sumber : jendelabelajar.wordpress.com

Sifat benda cair yang selanjutnya adalah air dapat menekan ke segala arah atau segala penjuru. Ketika air ditumpahkan ke atas permukaan yang datar maka air akan menyebar ke segala penjuru, baik ke kanan, kiri, depan, maupun belakang.

Air memiliki tekanan, semakin rendah suatu tempat  maka tekanan air pada tempat tersebut semakin besar. Selain itu, tekanan air menekan tidak hanya satu arah saja, melainkan ke segala arah.

Sebagai contoh adalah, jika pada sebuah ember kamu lubangi bagian atas dan bawah, maka pancaran air dari lubang yang bawah tampak lebih jauh. Dan jika ember tadi kamu lubangi dengan arah yang berbeda-beda, disitu dapat kita jumpai bahwa air akan keluar dari semua lubang.

Meresap melalui celah celah

Benda cair memiliki sifat meresap melalui celah-celah kecil. Molekul-molekul yang dimiliki oleh air yang kecil dapat meresap di tempat yang berlubang kecil dengan lubang yang lebih besar. Celah-celah kecil ini dapat kita jumpai di berbagai tempat.

Contoh nyata yaitu, coba tuangkan air di atas permukaan tanah yang kering, maka lama kelamaan air tersebut akan habis. Hal ini terjadi karena di dalam tanah terdapat celah-celah yang sangat kecil yang digunakan air untuk meresap.

Memiliki Sifat Kapilaritas

Kapilaritas merupakan sebuah gaya yang terdapat pada air. Air dapat menuji ke atas melawan gaya gravitasi Bumi melalui gaya kapilaritas. Gaya yang dimiliki air untuk melawan gravitasi bumi disebut dengan kapilaritas. Sebagai contoh adalah, jika pada ujung kain terkena air, maka lama kelamaan air tersebut akan membasahi bagian kain yang lainnya, meski ditempat yang lebih tinggi.

Contoh lainnya adalah hal yang terjadi pada minyak lampu, sumbu lampu minyak yang selalu terbakar karena minyak di bagian dasar wadah terangkat ke bagian ujung sumbu karena sebuah gaya kapilaritas.

Permukaan tenang atau datar

sifat benda cair

Sumber : ketutbudiartawan.wordpress.com

Bentuk permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan bentuk benda cair yang sedang bergejolak. Disaat tenang, permukaan benda cair akan selalu datar walaupun wadahnya dimiringkan sekalipun.

Memiliki Volume yang Tetap

Sifat benda cair berikutnya adalah benda cair memiliki volume yang tetap. Meskipun bentuk benda cair ini dapat berubah mengikuti bentuk wadah, tetapi volume benda cair tersebut selalu sama dan tidak berubah.

Melarutkan zat

sifat benda cair

Sumber : pexel.com

Sifat unik yang dimiliki oleh benda cair ialah air dapat melarutkan beberapa zat. Warna pada benda cair dapat berubah menjadi warna tertentu jika terdapat zat yang terlarut pada air tersebut.

Contohnya adalah jika air dalam sebuah botol ditambahkan serbuk teh, maka warna air akan berubah menjadi kekuning kuningan.

Gerak Antar Partikel agak Bebas

Gerak antar partikel penyusun pada benda cair agak bebas dan renggang. Partikel-partikel zat cair lebih bebas dibanding zat padat, namun tidak sebebas zat gas.

Gaya Antar Partikel Cukup Kuat

Selain gerak antar partikel, gaya antar partikel penyusun pada benda cair juga cukup kuat, namun gaya partikel tersebut tidak sekuat partikel yang terdapat pada benda padat.

Perubahan Wujud Benda Cair

perubahan wujud benda cair menguap

sumber : viva.co.id

Berikut perubahan wujud yang  dapat terjadi pada benda cair :

Benda Cair ke Padat (Membeku)

Benda cair dapat berubah wujud menjadi benda padat yang disebut dengan membeku. Pada umumnya perubahan wujud membeku ini disebabkan oleh suhu yang rendah.

Contoh : air yang dimasukkan kedalam freezer menjadi es batu.

Benda Cair ke Gas (Menguap)

Selain membeku,benda cair juga dapat berubah wujud menjadi benda gas. Perubahan wujud benda cair menjadi gas ini disebut menguap. Perubahan wujud menguap ini disebabkan oleh suhu yang tinggi.

Contoh : air yang sedang direbus, ketika mendidih air berubah menjadi uap.

 

Demikianlah pembahasan mengenai benda cair dengan sifat – sifatnya. Nah, dengan mempelajari semua tentang benda cair , semoga dapat memberikan ilmu dan pengetahuan bagi kalian.

Yuukk pelajari juga penjelasan yang lengkap mengenai benda padat , benda gas dan bagaimana 6 perubahan wujud benda.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.