Penyebab dan 9 Cara Ampuh Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Kartu SIM Card tidak terbaca– Smartphone akan berfungsi dengan optimal ketika di dalamnya terpasang SIM card. Tanpa SIM card, anda tidak bisa menikmati layanan utama seperti telepon, SMS, dan internet. Terdapat beberapa masalah terkait penggunaan SIM card di smartphone. Salah satunya adalah SIM card tidak bisa terdeteksi. Meskipun SIM card telah terpasang dengan benar, ada kalanya SIM card tidak terbaca. Masalah ini menyebabkan smartphone tidak bisa digunakan dan semua aktivitas menjadi terhambat.

Supaya SIM card kembali terbaca, maka anda perlu tahu penyebabnya sehingga bisa menyelesaikan masalah terkait SIM card. Kemungkinan SIM card tidak terdeteksi oleh smartphone antara lain telah melewati masa pakai, SIM card terlalu panas, atau SIM card terlalu sering tergesek.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Rusaknya SIM card akan menghambat aktivitas. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi permasalahan SIM Card tidak terbaca. Anda dapat menerapkan salah satu cara berikut untuk mengembalikan fungsi SIM Card di smartphone.

  1. Menjauhkan smartphone dari tempat panas

mengatasi overheat smartphoneSIM card dapat mengalami overheat yang mengakibatkan SIM card menjadi tidak berfungsi secara  normal. Overheat bisa disebabkan oleh posisi smartphone yang dekat dengan sumber panas atau penggunaan smartphone berlebihan. Overheat yang terjadi secara terus menerus akan membuat kuningan di SIM card menjadi rusak dan data di dalamnya tidak terbaca oleh SIM card reader di smartphone.

Hindarilah penggunaan smartphone yang frekuen di dekat sumber panas. Anda juga harus mencegah penggunaan smartphone yang berlebihan dan membuat suhunya meningkat drastis. Jika smartphone sangat panas, maka biarkan smartphone beristirahat sebentar dengan tidak menggunakannya selama beberapa saat.

  1. Periksa & Uji Kartu SIM

membersihkan slotPosisi maupun cara meletakkan kartu SIM yang tidak benar bisa jadi menjadi penyebab utama kartu sim anda tidak terbaca. Untuk itu periksalah kartu SIM anda.

Keluarkan SIM card dengan hati-hati kemudian bisa anda bersihkan slot menggunakan lap kering atau sikat halus untuk membersihkan kotoran. Bila slot SIM terlalu longgar dan dan card mudah keluar, anda perlu memberikan tekanan pada slot. Pastikan slot menggenggam sim dengan benar.

Hindari memberikan tekanan yang berlebihan pada slot karena dapat mengakibatkan kerusakan permanen. Bila masalah belum selesai, cobalah dengan menguji kartu SIM lain. Hal ini bisa menentukan apakah kartu SIM yang salah atau kerusakan pada slot.

  1. Mengganti SIM card

mengganti sim cardSetiap SIM card memiliki jangka waktu terkait masa pakainya. Biasanya SIM card dapat digunakan antara 4-5 tahun setelah pertama kali dipasang ke smartphone. Apabila SIM card rusak, maka cara terpraktis dan termudah adalah mengganti SIM card lama dengan baru.

Jangan khawatir mengenai nomor yang anda gunakan. Anda dapat mengganti SIM card tidak terbaca dengan SIM card baru tanpa perlu mengubah nomor. Cukup datang ke gerai operator dan laporkan ke customer service yang bertugas. Mereka akan memberikan SIM card baru yang telah terdaftar menggunakan nomor lama anda. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah semua memori Anda yang tersimpan dalam SIM card akan hilang.

  1. Atur ulang jaringan

atur nama akses pointSIM card tidak terdeteksi juga bisa disebabkan oleh operator yang memang sedang ada kendala. Akibatnya semua layanan SIM card tidak bisa digunakan. Sebelum  itu, pastikan semua komponen SIM card tidak rusak. Jika sudah benar-benar aman, maka anda dapat mengatur ulang jaringan.

Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu

  • Memilih menu Pengaturan dalam smartphone.
  • Pilih opsi Jaringan dan Internet,
  • lalu pilih Jaringan Mobile.
  • Pada beberapa opsi yang muncul, klik Access Point Names (APN).

Atur APN secara manual berdasarkan jenis operator yang digunakan. Masukkan username dan password, kemudian klik OK. Cari tahu data sesuai dengan operator anda dan jangan sampai salah memasukkan data. SIM card tidak terbaca akan segera teratasi dan Anda bisa menggunakan layanan yang ada. Jika belum berhasil, maka lebih baik tunggu beberapa saat sampai operator memperbaiki error yang terjadi.

  1. Mengaktivasi mode pesawat

cara sim card tidak terbaca airplane modeKetika SIM card tidak terdeteksi karena adanya kesalahan sementara, anda dapat memulihkannya dengan menggunakan fitur mode pesawat. Caranya adalah

  • Masuk ke menu pengaturan,
  • Kemudian klik Airplane Mode sehingga tombol tergeser menjadi on. Aktifkan mode pesawat setidaknya selama 2 menit. Setelah terlewati 2 menit, nonaktifkan dan cek kondisi SIM card tersebut.

Ada beberapa kendala yang muncul dalam proses memperbaiki SIM card tidak terbaca melalui aktivasi mode pesawat. Untuk mengatasinya, anda dapat restart HP sebelum atau sesudah mengaktivasi mode pesawat.

  1. Update/Pembaharuan sistem

pembaruan sistem untuk kartu sim card tidak terbacaSmartphone dijalankan menggunakan sistem Android. Selama masa penggunaannya akan terjadi beberapa perubahan. Munculnya error dari bug merupakan salah satu dampak perubahan tersebut. Adanya error bisa berdampak ke hardware salah satunya SIM card reader. Akibatnya, SIM card menjadi tidak terbaca ketika sistem belum diupdate.

Apabila Anda mengalami SIM card tidak terbaca dan sistem belum terupdate, maka segera update sistem untuk mengatasinya. Bisa jadi sumber masalah anda ada pada sistem yang tidak terupdate

Untuk memulai update, anda bisa :

  • Masuk ke pengaturan dan memilih opsi Tentang.
  • Selanjutnya plih Perbarui Sistem.

Selama proses, pastikan koneksi internet lancar sehingga proses update tidak terputus di tengah jalan. Anda juga bisa update melalui notifikasi update yang muncul. Klik notifikasi tersebut dan proses update akan dimulai.

  1. Factory Reset/ Reset Sistem HP

reset sistem hpFactory reset merupakan fitur suatu smartphone untuk mengatur ulang pengaturan dalam smartphone. Akibatnya, semua pengaturan akan kembali seperti saat anda membeli dan data dalam memori internal akan terhapus. Factory reset bisa menjadi pilihan ketika sistem Android juga error. Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda benar-benar memahami konsekuensinya.

Langkah yang perlu dilakukan adalah masuk ke menu pengaturan. Gulirkan pilihan dan pilih opsi Backup & reset, lalu pilih Reset. Smartphone akan mereset dalam beberapa waktu. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mematikan HP lalu menyalakannya kembali dengan menekan tombol Power, volume down, dan volume up secara bersamaan sampai masuk ke menu recovery. Pilih Wipe Data atau Factory Reset untuk mengatasi SIM card tidak terbaca.

  1. Reflash smartphone

reflash hpReflash bisa menjadi alternatif ketika pilihan update sistem dan factory reset tidak memberikan hasil. Flash smartphone diklaim sangat efektif dalam mengatasi berbagai error pada smartphone. Permasalahan SIM card yang tidak bisa terbaca dapat teratasi dengan flash smartphone bagian ROM. Cara ini sekaligus update sistem smartphone Anda.

Proses flash cukup rumit untuk mengatasi SIM card tidak terbaca. Setidaknya Anda membutuhkan perangkat berupa laptop dengan aplikasi flash dan smartphone yang akan diflash. Setiap merek dan tipe smartphone memiliki cara flash yang berbeda-beda sehingga anda perlu memperhatikan dengan saksama cara yang Anda dapatkan. Jika perlu, cari bantuan agar proses flash dapat berhasil.

  1. Servis smartphone

service smartphonePermasalahan SIM card yang tidak terbaca bisa disebabkan oleh reader atau konketor yang rusak. Untuk memastikan hal ini, Anda perlu memeriksanya di service center smartphone anda. Kemungkinan penyebab SIM card tidak terbaca antara lain konektor rusak, kotor, atau komponen di sekitar konektor rusak.

Bila anda telah membersihkan konektornya dan hasilnya tetap sama, maka untuk mengetahui dan memperbaiki masalah ini, segera membawanya ke service center.

Itulah cara-cara untuk mengatasi permasalahan SIM card tidak terbaca. Semoga cara tersebut dapat membantu dan mempermudah Anda untuk memperbaiki SIM card yang rusak.

Tags:
  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.