Penjelasan Simbol Simbol Bahan Kimia dengan Keterangan

Kehidupan sehari-hari makhluk hidup tak lepas dari bahan kimia. Terlebih lagi para pekerja yang bekerja dalam laboratorium. Melalui simbol simbol khusus, keamanan dan keselamatan bisa lebih terjaga. Penasaran dengan berbagai simbol bahan kimia apa saja yang berbahaya ? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Seperti yang sudah Anda tahu, zat kimia memiliki kandungan dan sifat yang berbeda-beda. Ada beberapa diantara sifat tersebut yang misalnya mudah meledak dan terbakar sehingga dapat membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan para pekerja dan lingkungan (K3LH).

Jadi, tanda atau simbol sangatlah diperlukan untuk semua bahan kimia yang terdapat di lab atau pabrik kimia. Hal ini ditujukan agar Anda mengetahui zat kimia mana yang berbahaya dan yang tidak.

Simbol Bahan Kimia Berbahaya

simbol bahan kimia berbahayaSimbol bahan kimia adalah sebuah piktogram yang mempunyai latar belakang warna orange dengan garis batas berwarna hitam. Simbol yang terdapat pada piktogram menunjukkan sifat bahaya dari bahan yang dilabeli. Sehingga setiap simbol ini memiliki sifat bahaya yang berbeda – beda.

Bahan kimia disebut berbahaya bila dalam proses pembuatan, pengolahan, pengangkutan, penyimpanan dan penggunaan bahan tersebut menyebabkan atau membebaskan debu, kabut, uap, gas, serat atau radiasi.

Dampak yang dihasilkan antara lain terjadinya iritasi, kebakaran, ledakan, korosi, keracunan dan sebagainya dalam jumlah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi orang yang berhubungan langsung dengan bahan tersebut.

Berikut simbol simbol bahan kimia berbahaya beserta penjelasannya.

1. Explosive (Mudah Meledak)

simbol bahan kimia meledakUntuk bahan kimia yang memiliki simbol mudah meledak ini simpanlah dalam tempat yang aman dan gunakan secara hati-hati. Biasanya ledakan yang disebabkan dari bahan tersebut bisa terjadi karena adanya pukulan, gesekan, pemanasan, benturan atau adanya sumber percikan api.

Ledakan dari bahan yang diberi simbol ini juga bisa terjadi tanpa adanya oksigen. Nah, contoh bahan kimia yang memiliki simbol mudah meledak yaitu nitroselulosa, TNT dan ammonium nitrat.

Untuk bekerja dengan bahan kimia yang mudah meledak diperlukan pengalaman praktis sekaligus pengetahuan. Menghindari ledakan akibat bahan kimia sangat penting untuk mencegah resiko fatal bagi keselamatan para pekerja.

2. Flammable (Mudah Terbakar)

simbol bahan kimia terbakarBahan kimia yang diberi simbol flammable ini artinya memiliki sifat yang mudah terbakar. Nah, untuk sifat bahan yang satu ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu highly flammable atau yang bisa disebut dengan mudah terbakar dan extremely flammable atau bisa disebut sangat mudah terbakar.

Bahan kimia yang berjenis extremely flammable memiliki titik nyala pada suhu 0 derajat celcius dan titik didihnya yaitu 35 derajat celcius. Oleh karena bentuknya berupa gas dalam suhu normal. Biasanya bahan kimia yang satu ini disimpan dalam tabung kedap udara bertekanan tinggi.

Frase R untuk bahan kimia yang sangat mudah terbakar adalah R12. Bahan kimia yang diberi label highly flammable ini memiliki titik nyala 21 derajat celcius dan titik didihnya pada suhu yang tidak terbatas.

Pengaruh kelembaban yang mengakibatkan terbakar atau tidaknya bahan ini sangat besar. Frase R untuk bahan yang mudah terbakar ini adalah R11. Nah, berikut beberapa contoh bahan kimia yang mudah terbakar.

  • Gas yang Sangat Mudah Terbakar

Contoh : propane dan butane

Keamanan : hindari kontak langsung dengan udara dan sumber api.

  • Zat yang Bisa Terbakar Langsung

Contoh : alumunium

Keamanan : hindari kontak langsung dengan udara.

  • Cairan yang Mudah Terbakar

Contoh : benzene dan aseton

Keamanan : jauhkan dari sumber api atau loncatan bunga api.

3. Oxidizing (Mudah Teroksidasi)

simbol bahan kimia oksidasiBahan kimia yang diberi simbol oxidizing ini artinya yaitu bahan tersebut mudah menguap dan terbakar melalui oksidasi. Penyebab terjadinya kebakaran dari bahan kimia yang memiliki sifat tersebut karena reaksi dengan bahan yang bersifat reduktor, percikan api atau udara yang panas.

Untuk bekerja dengan bahan kimia yang seperti ini diperlukan pengetahuan dan pengalaman. Apabila tidak, risiko kecelakaan yang akan dialami sangat besar. Contoh bahan kimia yang memiliki simbol flammable adalah hidrogen peroksida dan kalium perklorat.

4. Toxic (Beracun)

simbol bahan kimia tengkorakBahan kimia yang diberi simbol toxic ini memiliki arti bahwa bahan tersebut beracun. Keracunan yang disebabkan dari bahan kimia seperti ini bisa bersifat kronis atau pun bersifat akut bahkan bisa menyebabkan kematian pada konsentrasi yang tinggi.

Keracunan yang terjadi akibat bahan kimia tersebut bukan hanya tertelan saja namun juga bisa melewati saluran pernafasan dan juga kontak langsung dengan kulit. Contoh bahan kimia yang beracun diantaranya seperti arsen triklorida dan merkuri klorida.

Bekerja dengan bahan yang beracun seperti itu harus sangat berhati-hati. Gunakanlah selubung masker untuk mencegah uapnya masuk ke dalam saluran pernapasan. Hindari kontak langsung dengan kulit dan juga hindari bahan tersebut dari mulut agar tidak tertelan.

5. Corrosive (Korosif)

simbol bahan kimia korosifBahan kimia yang seperti ini memiliki sifat yang mudah korosif dan bisa merusak jaringan hidup. Karakteristik bahan kimia yang memiliki simbol tersebut biasanya bisa dilihat dari tingkat keasamannya. pH dari bahan yang bersifat korosif ini biasanya berkisar antara < 2 atau lebih dari 11,5.

Contoh bahan kimia yang bersimbol korosif yaitu oksida dan klor. Saat bekerja dengan bahan yang memiliki simbol tersebut hindari kontak langsung dengan kulit dan mata, serta jangan sampai menghirup uapnya. Frase R untuk bahan korosif yaitu R34 dan R32.

6. Harmful Irritant (Bahaya Iritasi)

simbol bahan kimia harmful iritanBahan kimia yang menunjukan anda iritasi ini dibagi menjadi 2 kode yaitu kode Xn dan kode Xi. Untuk bahan kimia yang memiliki simbol harmful irritant berkode Xn artinya yaitu terdapat risiko kesehatan jika bahan tersebut masuk melalui saluran pernafasan, mulut dan melakukan kontak langsung dengan kulit.

Contoh bahan kimia yang berkode Xn adalah peridin. Sedangkan bahan kimia yang memiliki simbol bahaya iritasi dengan kode Xi  artinya yaitu bisa terjadi risiko inflamasi jika terkena kontak langsung dengan kulit dan selaput lendir.

Contoh bahan kimia yang memiliki kode Xi adalah ammonia dan benzyl klorida. Frase R untuk bahan kimia bersimbol bahaya iritasi dengan kode Xn yaitu R20, R21 dan R22. Sedangkan frase R untuk kode Xi adalah R36, R37, R38 dan R41.

7. Dangerous for Enviromental (Bahan Berbahaya bagi Lingkungan)

simbol bahan kimia berbahaya lingkunganContoh bahan kimia yang memiliki simbol dangerous for enviromental adalah protelium bensin, tributil timah klorida dan tetraklorometan. Frase R untuk bahan tersebut adalah R50, R51, R52 dan R53.

Bahan kimia yang memiliki simbol seperti ini tidak boleh dibuang langsung ke saluran pembuangan, tanah dan alam sekitar. Hal ini disebabkan karena bisa merusak ekosistem yang ada di alam. Oleh karena itu, bekerja dengan bahan seperti ini membutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang matang.

8. Harmful

simbol bahan kimia harmfulBahan kimia yang memiliki simbol harmful ini menandakan bahwa bahan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Hindari kontak langsung dengan bahan tersebut dan hindari uapnya agar tidak masuk ke dalam saluran pernafasan.

Contoh bahan kimia yang memiliki simbol seperti ini adalah etilenglikol dan diklorormetan. Untuk bekerja dengan bahan kimia seperti ini diperlukan pengetahuan dan pengalaman. Lambang dari bahan kimia yang bersimbol harmful adalah Xn.

9. Very Toxic

simbol bahan kimia toxicBahan kimia yang memiliki simbol very toxic ini berarti bahan tersebut bersifat sangat beracun. Apabila terkena kontak langsung dengan kulit bisa mengakibatkan kematian. Saat sedang bekerja dengan bahan kimia yang satu ini hindari kontak langsung dengan kulit dan hindarkan dari saluran pernafasan.

Contoh bahan kimia yang memiliki simbol very toxic adalah kalium xianida, nitrobenzene dan atripin. Untuk bekerja dengan bahan tersebut dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang matang agar tidak terjadi kecelakaan kerja yang fatal.

Demikian pembahasan mengenai bahan kimia berbahaya yang sering ditemukan dalam lab atau pun dalam pabrik kimia. Selain memiliki sifat masing-masing, apabila Anda sudah mengetahui cara mengatasinya, zat kimia berbahaya sekalipun bisa dijinakkan. Oleh karena itu, pahamilah setiap simbol bahan kimia yang terdapat dalam kemasan.

Selain bahan kimia di atas, wajib bagi anda untuk memahami apa saja logo k3 maupun simbol simbol b3.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.