Kumpulan Sketsa Gambar Burung Elang, Hantu, Merpati, Merak

Sketsa Gambar Burung– Seperti gambar hewan yang lain, menggambar burung sebenarnya juga tidak sulit jika kita melakukannya dengan benar dan cermat. Untuk menghasilkan lukisan yang utuh, kita perlu sebuah sketsa sebagai langkah awal. Di artikel ini saya akan membagikan kumpulan sketsa gambar burung lengkap berbagai jenis dari Burung Hantu, Elang, Nuri, Merpati, hingga merah lengkap dengan cara menggambarnya.

Sketsa Gambar Burung

Sketsa burung sangat penting digunakan sebelum kita menggambar binatang terbang ini. Dalam menggambar sketsa tidak perlu terlalu artistik. Yang terpenting yaitu sketsa tersebut sudah mewakili berbagai ciri secara rinci, seperti ukuran, bentuk, panjang paruh, warna, bulu, kaki, dan berbagai ciri khas lain.

Kunci utama ketika membuat sketsa burung yakni :

  • Postur tubuh burung  tegak atau datar
  • Leher burung panjang atau pendek
  • Ekornya panjang atau pendek
  • Kaki
  • Dan Bagaimanakah ciri khas pada tubuh burung

Sketsa Gambar Burung Hantu

Burung hantu merupakan salah satu satwa yang populer sejak lama dan satwa ini selalu dikaitkan dengan berbagai mitos dan dunia magis. Hal yang paling unik pada Burung hantu yakni, burung bisa memutar kepala mereka hingga 270 derajat karena memiliki 14 bagian vertebrata leher.

gambar burung hantu mewarnai

gambar sketsa burung hantu mewarnai

gambar burung hantu

gambar sketsa burung hantu

sketsa gambar burung hantu kartun

sketsa burung hantu kartun

 

gambar burung hantu sketsa

 

Sketsa burung hantu

Sketsa burung hantu anak-anak

Sketsa Gambar Burung Elang

Lain lagi dengan Burung Elang, burung ini seringkali menjadi simbol sebuah kekuatan dan perlindungan. Ini dikarenakan elang mempunyai postur tubuh yang bagus. Hal menarik lainnya, bahwa elang memiliki penglihatan yang super tajam, bahkan saking tajamnya dia bisa mengincar mangsanya ketika terbang sejauh 30 meter dari udara.

Elang termasuk hewan yang setia dengan pasangannya. Burung ini memilih jomblo ketika pasangannya mati.

sketsa gambar burung elang keren

gambar sketsa

sketsa burung elang keren

gambar burung elang

sketsa burung elang

sketsa gambar burung elang

Sketsa Gambar Burung Nuri

Burung nuri merupakan jenis burung paruh bengkok, akan tetapi burung ini sangat berbeda dengan burung paruh bengkok lainnya. Burung ini tergolong sangat langka, meski ada saja yang menjual burung ini. Jenis burung ini juga mempunyai bula warna yang begitu indah.

gambar burung nuri lucu

sketsa gambar burung nuri

sketsa burung nuri

gambar sketsa burung nuri

gambar burung nuri

sketsa burung nuri

Sketsa Gambar Burung Merpati

Burung merpati merupakan burung khas yang hidup paling dekat dengan manusia. Tidak heran jika burung ini jenis burung yang ramah. Banyak penelitian yang menyatakan, bahwa burung yang satu ini jika dilepas dari tempat yang jauh dengan mata tertutup, ia tidak akan kesulitan menemukan jalan pulang.

burung merpati

gambar sketsa merpati

gambar burung merpati

sketsa burung merpati lucu

sketsa gambar burung merpati

sketsa burung merpati unik

gambar sketsa burung merpati

Sketsa Gambar Burung Merak

Merak merupakan salah satu jenis burung terbang terbesar dengan panjang bisa mencapai 5 kaki sedangkan berat beratnya bisa antara 8-13 pound. Burung ini adalah binatang omnivora dan sangat menyukai serangga, bunga, biji, dan lain lain. Ekor merak yang sangat indah dan berwarna-warni hanya dimiliki oleh merak jantan.

sketsa burung merak

burung merak

gambar sketsa burung merak

sketsa burung merak

sketsa gambar burung merak

Sketsa Gambar Burung Cendrawasih

Burung ini sering dijuluki sebagai “burung surga” (bird of paradise) karena bulunya yang indah. Burung yang sudah diperkirakan hidup sejak puluhan juta tahun lalu ini hanya dapat ditemukan di Indonesia, Papua Nugini dan Australia. Untuk Cendrawasih pejantan memiliki bulu yang lebih indah untuk menarik si betina.

gambar burung cendrawasih

sketsa burung cendrawasih

gambar sketsa burung cendrawasih

sketsa gambar burung cendrawasih

Sketsa Gambar Burung Kakak tua

Burung Kakak tua memiliki paruh yang spesial, karena bentuk paruh yang bawah melengkung yang membuat mereka mampu untuk menjepit, mengunyah, dan mengendalikan makanan.

Burung ini bila dipelihara sejak kecil, akan memiliki ikatan yang kuat terhadap majikannya. Mereka akan gemar bertengger di tangan, kepala, dan pundak manusia. Kakak tua juga mudah depresi jika merasa kesepian dan kurang perhatian.

sketsa gambar burung kakak tua lucu

sketsa gambar burung kakak tua

sketsa burung kakak tua

sketsa burung kakak tua lucu

gambar sketsa burung kakak tua

Cara Mengambar Burung

Cara menggambar burung

Dalam artikel ini, kita akan belajar menggambar burung langkah demi langkah menggunakan pensil. Cara menggambar burung nuri terbang. Kamu akan dapat menggambar burung nuri dengan benar dan bahkan mempelajari teknik untuk menggambar burung jenis apapun,termasuk burung merak.

  1. Membuat Sketsa Tubuh dan Sayap Burungmenggambar burung pertamaLangkah pertama, gambarlah bentuk oval pertama di tengah-tengah lembar kertas anda. Kemudian gambarlah segitiga di bagian bawah oval tadi untuk ekor burung. Setelah selesai, kamu dapat menambahkan dua garis melengkung sebagai sayap terentang.
    menggambar burung keduaTambahkan dua garis melengkung untuk membentuk dua sayap. Sekarang sayap menyerupai seperti dua daun.
  2. Perjelas Bagian Tubuh Burungmenggambar burung ketigaTambahkan kepala dan paruh burung. Gambarlah bentuk oval yang lebih kecil untuk kepalanya dan di tengah oval tersebut menggambar mata burung. Pastikan anda mengambar dengan hati-hati dan cermat agar dapat membentuk paruh yang tepat.
    menggambar burung keempatMenggambar kerangka terakhir seekor burung. Sekarang sempurnakan bentuk akhir dada, punggung, sayap, dan ekor di kedua sisi.
  3. Berikan Garis Untuk Bulu Burungmenggambar burung kelimaSelanjutnya pada tahap yang penting, yakni menggambar bulu burung. Menggambar bulu burung membutuhkan waktu yang lebih lama karena kita harus membentuk setiap bulu dengan detail. Setiap bulu harus ditarik ke luar dan menjadi lebih tipis dan lebih kecil di bagian atas. Tambahkan bulu-bulu lembut di bawah sayap agar nampak lebih terlihat nyata.
    mengambar burung akhirSelesaikan dan perjelas semua bentuk tubuh, sayap dan ekor. Jangan lupa untuk memberikan kaki dan cakar. Hapus semua garis pensil yang tidak diperlukan lagi.

Demikian berbagai sktesa burung serta cara menggambarnya. Selain burung, jangan lewatkan juga sketsa kupu-kupu dan sketsa ikan.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.