Sketsa Kupu – Kupu (Kumpulan Gambar dan Cara Menggambar) LENGKAP

Sketsa Gambar Kupu – Kupu merupakan gambar dasar awal yang belum jadi yang biasanya digoreskan menggunakan media pensil. Sketsa kupu-kupu ini masih sangat tipis untuk kemudian bisa ditindak lanjuti dengan dilukis atau diberikan warna.

Kupu-kupu mungkin sangat menarik bagi kalian. Makhluk yang satu ini memiliki jenis yang berbeda-beda. Dari tiap jenis pun memiliki ciri dengan bentuk dan warna yang beragam.

Nah, bagi kalian yang ingin belajar menggambar kupu-kupu dan mencari sketsa kupu-kupu, di artikel ini akan tersedia lengkap. Kumpulan berbagai jenis sketsa kupu-kupu dengan beragam bentuk dapat kalian dapatkan.

Kami juga memberikan langkah-langkah untuk menggambar kupu-kupu dengan superlengkap dan mudah yang dapat kalian praktikan secara langsung. Berikut ulasan mengenai sketsa kupu-kupu dan cara menggambarnya.

Gambar Sketsa Kupu – Kupu

Kumpulan berbagai jenis sketsa gambar kupu-kupu sebagai berikut :

Sketsa Kupu – Kupu Monarch

Gambar Sketsa kupu kupu raja

design.tutsplus.com

Kupu-kupu monarch termasuk kupu-kupu yang umum dan dapat kita jumpai di belahan dunia manapun. Kupu-kupu ini terdiri dari 3 warna , yaitu dengan warna dominasi orange dikelilingi warna hitam dan titik-titik putih kecil yang memperindah binatang ini.

Sketsa Kupu-Kupu Blue Mountain Swallowtail

Gambar Sketsa Kupu-Kupu Biru

design.tutsplus.com

Kupu-kupu dengan nama unik ini mempunyai bentuk sayap yang cukup lebar dan indah. Dua warna yaitu biru tua dan hitam menyusun sayap kupu-kupu Blue Mountain Swallowtail.

Sketsa Kupu-Kupu Yellow Swallowtail

Gambar Sketsa kupu kupu 3

design.tutsplus.com

Kupu-kupu yellow swallowtail sebenarnya masih dalam satu keluarga dengan blue mountain, namun berbeda spesies. Kupu-kupu ini juga mempunyai bentuk sayap yang hampir mirip dengan Blue mountain swallotail, akan tetapi warnanya sangat jauh berbeda.

Pada kupu-kupu yellow swallowtail terdapat tiga warna, yaitu dengan warna kuning yang memblok pada sayap, hitam di sekeliling sayap serta warna biru dan merah berupa titik-titik sebagai pelengkap.

Sketsa Kupu-Kupu Amazon Angel

Gambar Sketsa kupu kupu 4

design.tutsplus.com

Kupu-kupu yang habitatnya di tengah hutan ini sudah jarang sekali untuk kita jumpai. Namun ada yang sangat menarik dari kupu-kupu ini yaitu memiliki sayap yang transparan alias tembus pandang.

Bentuk dari sayapnya pun juga unik yaitu lebih memanjang.

Sketsa Kupu-Kupu Unik dan Lucu

 

Gambar Sketsa kupu kupu 7

shutterstock

Gambar Sketsa kupu kupu 5

pinteres

 

Gambar Sketsa kupu kupu 6

pinterest

Sketsa Kupu – Kupu Kartun

Tidak hanya gambar kupu-kupu dalam alam nyata, kami juga menyajikan beberapa sketsa gambar kupu-kupu kartun. Sketsa kupu-kupu kartun ini tidak kalah menarik dan unik.

Sketsa Kupu Kupu Kartun

 

 

Sketsa Kupu Kupu Kartun sederhana

Sketsa Kupu Kupu Kartun sederhana 2

Sketsa Kupu Kupu Cantik

Sketsa Kupu Kupu Kartun 3

alamendah

Gambar Kupu – Kupu Berwarna

Kumpulan sketsa dan gambar di atas hanya sebuah kupu-kupu yang digambar dan sketsa kartun, sedangkan yang satu ini adalah beberapa kupu-kupu hidup yang diabadikan dengan kamera.

Kalian dapat memperhatikan bentuk dan warna dengan sangat detail dari setiap jenis kupu-kupu secara apa adanya.

Gambar kupu kupu cantik 5

en.butterflycorner.net

 

Gambar kupu kupu cantik 6

en.butterflycorner.net

Gambar kupu kupu cantik 7

eurekalert.org

Gambar kupu kupu cantik 8

wikipedia

Gambar kupu kupu cantik 10

en.butterflycorner.net

Gambar kupu kupu cantik 11

pinterest

Gambar Kupu – Kupu Kartun Berwarna

Tidak ketinggalan juga beberapa gambar kupu-kupu kartun berwarna yang tidak kalah menarik dan bisa kalian jadikan referensi.

Gambar kupu kupu kartun

vektor

Gambar kupu kupu kartun 1

vectorstock.com

Gambar kupu kupu kartun 2

vectorstocko.com

Langkah-Langkah Menggambar Kupu-Kupu

1. Menggambar Tubuh Kupu-Kupu

Untuk menggambar seekor kupu-kupu , kita perlu menggambar tubuhnya terlebih dahulu. Gambar tubuh kupu-kupu ini dapat menarik gambar sayap dengan mudah. Anda dapat menggambar tubuh dengan sedikit efek realistik.

langkah menggambar kupu kupu

design.tutsplus.com

 

  • Pertama buatlah sketsa berbentuk oval vertikal dengan tiga oval untuk batang tubuh.
  • Silang sketsa oval batang tubuh menjadi dua dengan garis vertikal, karena ini akan menjadi panjang tubuh.
  • Tambahkan dua oval kecil di sisi kepala sebagai mata.
  • Tambahkan lagi dua oval yang lebih kecil berada di bagian depan kepala. Dua oval ini akan menjadi antena bulu pendek yang disebut palpi.
  • Gambarkan antena besar dengan sepasang kurva pada dua oval tadi.
  • Selanjutnya kita dapat menguraikan bagian tubuh kupu-kupu dan menambahkan setiap rincian yang diperlukan. Bagian perut yang tersegmentasi dan bagian tubuh yang mengembang.
  • Akhiri sepasang kurva dengan bulatan kecil di setiap ujungnya.

2. Menggambar Anatomi Sayap

langkah menggambar kupu kupu 1

design.tutsplus.com

  • Sayap kupu-kupu berbeda-beda dan sangat beragam. Ada yang kecil, besar, Lebar, berwarna ataupun transparan dan berongga.
  • Dua pasang sayap bagian depang dapat berukuran sama ataupun lebih besar dari dua pasang sayap bagian belakang. Namun bagian tidak pernah lebih kecil.
  • Sedangkan pada struktur sayap, pada umumnya semua kupu-kupu memiliki struktur sayap yang hampir sama. Sayap kupu-kupu pada dasarnya berbentuk segitiga, dengan tiga margin yang mengelilingi bentuknya.
  • seperti yang terlihat pada gambar berikut.
langkah menggambar kupu kupu 2

design.tutsplus.com

3. Menggambar Sayap Kupu-Kupu

Langkah 1

langkah menggambar kupu kupu 3

design.tutsplus.com

Langkah pertama yaitu buatlah empat bentuk segitiga yang tipis menuju ke tubuh kupu-kupu seperti gambar di atas. Sesuaikan ukuran segitiga tersebut dengan ukuran tubuh agar seimbang.

Langkah 2

langkah menggambar kupu kupu 4

design.tutsplus.com

Berikan garis tepi yang melingkari setiap sudut pada segitiga tersebut. Garis tepi yang ada pada sayap depan akan tumpang tindih dengan garis tepi sayap belakang. Untuk ukuran garis tepi ini bisa kalian buat sesuka kalian namun harus tetap sesuai.

Langkah 3

langkah menggambar kupu kupu 5

design.tutsplus.com

Berikan garis lengkungan pada masing-masing sayap bagian depan untuk menyempurnakan bentuk sayap. Garis lengkungan ini dapat anda sesuaikan bisa lebih panjang, atau kecil.

4. Menggambar Sel Sayap Kupu-Kupu

Langkah 1

langkah menggambar kupu kupu 6

design.tutsplus.com

Gambarkan garis lengkungan yang membentuk busur pada kurva dari dasari ke tepi sayap seperti gambar di atas. Pada garis tepi bagian atas juga berikan garis lengkung untuk membentuk sel.

Langkah 2

langkah menggambar kupu kupu 8

design.tutsplus.com

Pada langkah ini hubungkan setiap garis lengkungan yang ada pada masing-masing sayap yang sudah anda buat tadi. Dan buatlah sel yang berbentuk oval memanjang seperti pada gambar di atas.

Langkah 3

langkah menggambar kupu kupu 9

design.tutsplus.com

Nah,poin ini adalah tahap terakhir dalam menggambar kupu-kupu. Kita dapat memberikan garis-garis yang bervariasi untuk membuat gambar terlihat natural dan indah.

 

Demikianlah ulasan tentang sketsa kupu-kupu dan beberapa tahap untuk menggambarnya. Selamat mencoba dan mempraktikkan. Bagi kalian yang ingin belajar menggambar, kami juga menyarankan sketsa burung dan sketsa ikan.

  • Add Your Comment

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.